8 Aktivitas Seru untuk Pecinta Alam di Andalusia

By Halal Trip | 01, Nov, 2023
8 Aktivitas Seru untuk Pecinta Alam di Andalusia

Ada banyak alasan mengapa Spanyol, khususnya Andalusia, masuk ke dalam daftar destinasi yang paling diinginkan untuk dikunjungi di dunia oleh turis, terutama bagi para pelancong Muslim. Diantaranya adalah dikarenakan oleh warisan sejarah dan budaya yang mengesankan, hidangan lezat, infrastruktur pariwisata berkualitas tinggi, cuaca yang nyaman, orang yang ramah, dan banyak lagi.

Jika Anda tidak hanya tertarik pada budaya dan warisan, tetapi juga seorang pecinta alam yang suka menemukan lanskap baru, Andalusia bisa menjadi destinasi yang fantastis bagi Anda, tempat di mana Anda dapat menggabungkan budaya yang kaya dan alam yang memukau.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keragaman, luas, dan kekayaan lingkungan wilayah Andalusia sangatlah memukau. Andalusia adalah rumah bagi puncak tertinggi di Semenanjung Iberia, yang terletak di Sierra Nevada (Granada), lahan basah yang luas seperti Marsh ("Marismas") dari Sungai Guadalquivir, hutan Mediterania yang lebat seperti Taman Alam Sierra de Cazorla (Jaén), dan gurun vulkanik dan garis pantai yang tidak berpenghuni, seperti Taman Alam Cabo de Gata di Almería. Lebih dari 18% wilayah Andalusia adalah wilayah terlindungi, dengan lebih dari dua puluh Taman Alam yang menjadi sorotan di antara area-area ini.

Berikut beberapa destinasi dengan aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh pecinta alam yang mengunjungi Andalusia:

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Salju di Sierra Nevada (Granada)Salju Sierra Nevada

Kredit Foto: TURGRANADA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Sierra Nevada adalah rumah bagi puncak tertinggi di Semenanjung Iberia: gunung Veleta dan Mulhacén, yang mencapai ketinggian 3.481 meter. Daerah pegunungan ini, yang erat hubungannya dengan sejarah Moriscos (Muslim yang tinggal di apa yang dulunya adalah Al Andalus, tetapi dipaksa untuk berpindah ke agama Kristen oleh Raja-Raja Katolik untuk terus tinggal di tanah air mereka), adalah taman alam terluas di Spanyol dan resor ski utama di Eropa selatan.

Tempat yang sempurna bagi para penggemar olahraga musim dingin (biasanya dari Desember hingga Maret). Kabar baiknya: hanya membutuhkan sekitar 45 menit dari kota Granada, jadi mengunjungi Alhambra dan bermain salju pada hari yang sama adalah kegiatan yang mungkin untuk dilaksanakan.

 

Lynx, Elang Kekaisaran, dan Bukit Pasir di Doñana (Cádiz, Huelva, dan Seville)Lynx Iberia

Seekor lynx Iberia di Taman Nasional Doñana; Kredit Foto: JUNTA DE ANDALUCÍA

Tersebar di provinsi Cádiz, Huelva, dan Seville, Doñana adalah salah satu Taman Nasional terpenting di Spanyol, cadangan ekologi terbesar di Eropa, dan Biosphere Reserve. Ini memiliki keanekaragaman hayati yang unik, termasuk spesies ikonik seperti lynx Iberia dan elang kekaisaran, keduanya terancam punah.

Terdapat pula berbagai ekosistem hidup di sini, seperti laguna, rawa-rawa, hutan Mediterania, pantai, dan bukit pasir. Pada tahun 1994, UNESCO telah mencatat keajaiban ekosistem tersebut kedalam Daftar Warisan Dunia. Berbagai warisan dunia ini bisa dikunjungi dari salah satu dari tiga provinsi (Cádiz, Huelva, dan Seville) melalui berbagai pintu masuk, lengkap dengan 6 pusat pengunjung.

 

Bersantai sambil Melihat Lautan Pohon Zaitun Lautan Pohon Zaitun_2

Bentang alam yang disebut "Laut Zaitun" di Jaén; Kredit Foto: DIPUTACIÓN DE JAÉN

Barisan pohon zaitun yang tak berujung membentang hingga ke cakrawala, menyerupai pemandangan laut. Lanskap unik ini di Andalusia - yang juga disebut dengan lautan pohon zaitun - juga merupakan salah satu atraksi menarik yang diharapkan menjadi Situs Warisan Dunia. Jenis lanskap ini dapat ditemukan di 6 dari 8 provinsi Andalusia: Jaén, Córdoba, Granada, Seville, Málaga, dan Cádiz. Wilayah penuh pohon zaitun ini membentang lebih dari 300 kilometer panjang dan 150 kilometer lebar.

 

Koloni Flamingo Merah Muda (Málaga)Flamingo merah muda di Laguna Fuente Piedra (Málaga)

Flamingo merah muda di Laguna Fuente Piedra (Málaga); Kredit Foto: DIPUTACIÓN DE MÁLAGA

Laguna Fuente de Piedra, yang terletak di provinsi Málaga, di daerah Antequera, merupakan tuan rumah dari koloni flamingo terbesar di Semenanjung Iberia dan kedua terbesar di Eropa. Tingkat air di laguna akan bergantung pada hujan, dan kehadiran burung merah muda yang indah ini juga berubah sesuai kondisi tersebut. Pada tahun dengan curah hujan normal, flamingo akan tiba pada bulan Januari dan tinggal hingga Juli. Untuk pengalaman maksimal, Anda dapat menyaksikan dan mengamati konsentrasi tertinggi dari burung-burung indah ini pada bulan April.

 

Menikmati Ketenangan dan Keindahan Ladang Bunga yang Indahladang bunga

Lanskap bunga poppy di Córdoba; Kredit Foto: Jorge Fernández Salas di Unsplash

Bayangkan untuk berada dikelilingi alam dan menikmati ladang bunga matahari yang berwarna cerah di provinsi Córdoba dan Seville (Anda dapat menemukannya di pertengahan musim panas, pada bulan Juli dan Agustus). 

Jika Anda lebih suka warna ungu daripada kuning-orange, Anda juga dapat memilih ladang lavender, atau ladang merah tua yang penuh dengan bunga poppy. Semuanya dapat Anda kunjungi di provinsi yang sama pada puncak musim panas

Pada musim semi, dari akhir Maret hingga pertengahan April, pohon almond dan ceri yang mekar bisa dilihat di Sierra de Mágina (Jaén) dan Alfarnate (Málaga). 

Ladang-ladang bunga ini hanya beberapa contoh dari pertunjukan alam yang indah untuk dinikmati indera Anda.

 

Menonton Lumba-lumba (Cádiz, Málaga, dan Almería)Lumba-lumba

Laut Alboran adalah bagian barat laut dari Laut Mediterania, yang membentang dari Gibraltar ke titik paling timur Andalusia (Almería). Daerah ini terkenal karena kelimpahan dan keragaman dari berbagai mamalia laut, dengan lumba-lumba sebagai binatang yang paling melimpah. 

Telah tersedia banyak perusahaan yang mengorganisir paket liburan untuk melihat spesies ini, terutama berangkat dari pelabuhan utama di Costa del Sol (diantaranya Marbella, Estepona, dan Benalmádena) dan Tarifa.

 

Olahraga AirBerselancar

Kredit Foto: BENALMADENA

Andalusia memiliki sekitar 945 kilometer garis pantai, dimana sebagian di antaranya diterpa oleh Samudra Atlantik (dari Tarifa ke barat) dan sebagian terbesarnya yang membentang sepanjang Laut Mediterania, dari Tarifa ke timur (sekitar 600 kilometer).

Jika Anda menyukai untuk beraktivitas diluar dan tetap aktif, olahraga air adalah pilihan fantastis di Andalusia. Terutama pada musim semi dan musim panas dimana menyelam, berselancar, kite surfing, dan paddle surfing merupakan beberapa aktivitas yang populer  - sebuah kegiatan menyenangkan untuk menikmati alam.

 

Melihat BintangLangit berbintang di Sierra Sur Jaén

Langit berbintang di Sierra Sur Jaén; Kredit Foto: FUNDACIÓN STARLIGHT

Beberapa rangkaian pegunungan dan 67 kota Andalusia adalah bagian dari kelompok destinasi eksklusif yang mendapatkan sertifikasi Starlight internasional, sebuah penghargaan yang didukung oleh UNESCO yang menunjukkan kualitas langit malam. Wilayah-wilayah ini dan cocok untuk kegiatan berbau astronomi dan pengamatan bintang dalam kondisi optimal. Destinasi di Andalusia yang termasuk kedalam sertifikasi Starlight ini diantaranya Sierra de Cádiz, Valle del Alto Guadiato (Córdoba), Sierra Sur de Jaén, dan Sierra Morena (Seville, Jaén, dan Córdoba).

 

Jika Anda adalah seorang pecinta alam, maka Andalusia adalah destinasi yang sempurna bagi Anda.

 

Penulis Artikel: Noor González dalam Bahasa Inggris

Leave a comment