Andalusia: Panduan Lengkap untuk Penjelajahan dalam 6 Hari

By Halal Trip | 21, Dec, 2023
Andalusia: Panduan Lengkap untuk Penjelajahan dalam 6 Hari

Andalusia memiliki begitu banyak hal menarik untuk dilihat dan dinikmati - warisan budaya yang mengesankan dengan 12 situs atau manifestasi tak berwujud yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, dimana 5 di antaranya berasal dari asal-usul Islam. Berbagai hal dapat Anda temukan di Andalusia seperti kota dan desa dengan pemandangan yang indah; gastronomi yang memanjakan indra; berbagai jenis kegiatan yang memenuhi semua selera para pengunjungnya. Dengan begitu banyak hal untuk dieksplorasi, setiap durasi kunjungan Anda akan terasa singkat.

Namun, jika Anda bertanya-tanya tentang berapa jumlah hari minimum yang diperlukan untuk perjalanan Anda demi bisa menikmati semua hal yang harus Anda nikmati, kami akan merekomendasikan minimal enam hari. Selama waktu ini, Anda dapat meresapi esensi Andalusia dalam tur yang akan membawa Anda ke semua tempat penting. Tur ini juga mudah untuk dikelola dan diikuti baik dengan menggunakan mobil maupun kereta.

Oleh karena itu, kami menyarankan sebuah panduan yang dapat Anda ikuti dan nikmati dengan nyaman. Anda juga dapat mengikuti panduan ini atau menyesuaikannya sesuai kebutuhan atau preferensi Anda (misalnya, tergantung pada kota kedatangan Anda di wilayah ini). Koneksi transportasi di Andalusia sangatlah baik, sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dan rencana Anda dengan mudah.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Hari 1: Córdobakota cordoba

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA

Mulailah perjalanan Andalusia Anda di Córdoba, yang merupakan kota paling megah dan kuat di Al-Andalus. Mulailah eksplorasi Anda dengan mengunjungi Grand Mosque (Mosque-Cathedral), umumnya memakan waktu sekitar satu jam. Kami sarankan untuk melakukannya dengan pemandu lokal agar Anda dapat sepenuhnya menikmati monumen menakjubkan ini.

Jelajahi sekitarnya untuk menemukan atraksi lain yang patut dicatat: Roman Bridge, Torre de la Calahorra, Alcázar, tembok kota, dan gerbang-gerbang monumental. Berkelilinglah melalui jalan-jalan ramai kota tua Qurtuba, penuh dengan kafe, restoran (beberapa halal, mudah dikenali), dan toko-toko yang menarik. Jangan lupa untuk berjalan-jalan di gang yang menawan, Calleja de las Flores.

 

Hari 2: Dari Córdoba ke Sevillestasiun kereta andalusia

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA

Alokasikan pagi Anda untuk mengeksplorasi atraksi penting lainnya di daerah pinggiran Córdoba, sekitar 8 kilometer dari pusat kota adalah situs arkeologi Medina Azahara, yang diakui sebagai situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2018. Setelah kunjungan ke spot menarik ini, Anda dapat berpindah ke Sevilla. Perjalanan ke Sevilla memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit dengan mobil (atau 55 menit dengan kereta).

 

Hari 3: Sevillakota sevilla petang

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA

Sevilla, ibu kota dari Andalusia ini juga pernah menjadi salah satu ibu kota pada masa Al Andalus. Mulailah kunjungan Anda dengan menjelajahi area monumental utama kota, sebuah area Warisan Dunia UNESCO yang menampung Katedral dengan Giralda Tower dan Real Alcázar (tur berpemandu di istana ini akan memakan waktu kurang lebih 2 jam). Berjalan-jalanlah melalui jalan-jalan menawan di lingkungan Santa Cruz dan naik kapal pesiar menyusuri Sungai Guadalquivir (1 jam). Pada sore hari, Anda dapat mengunjungi Plaza de España yang memukau dan berbelanja di area pusat kota.

 

Hari 4: Dari Seville ke Granada

Habiskan pagi Anda untuk lebih mengeksplorasi pesona dalam pusat sejarah Sevilla, salah satu yang terluas di Eropa. Setelah makan siang, bersiaplah untuk tahap berikutnya dari perjalanan Anda selama 6 hari ini: Granada. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil (menempuh 250 km) atau dengan kereta.

 

Hari 5 dan 6: Granadajalan di granada

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA

Granada adalah kerajaan Muslim terakhir di Al Andalus, dan saat ini, merupakan tempat Alhambra berdiri. Monumen ikonik ini adalah salah satu yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan merupakan bagian yang esensial dari Granada.

Rencanakan kunjungan Anda ke kota ini dengan menyesuaikan pada slot waktu yang dijadwalkan untuk Alhambra, dengan memesan tiket sebelum waktu kedatangan. Alokasikan waktu 2,5 hingga 3 jam untuk kunjungan ini. Atraksi lain yang harus Anda dikunjungi di Granada adalah lingkungan Albaicín. Naik taksi atau bus ke puncak, dekat Mirador de San Nicolás (pemandangan) dan Mesjid Agung (dibangun pada tahun 2003 dengan pemandangan indah atas Alhambra), kemudian berjalan kembali turun ke pusat kota.

Pada hari keenam, manfaatkan kesempatan untuk menjelajahi area lain di pusat kota (sekitar katedral dan Jalan Darro) jika Anda belum memiliki kesempatan untuk melakukannya.

Dua ide bagus lainnya untuk hari keenam perjalanan Anda: jika musim dingin dan ada salju, Anda dapat menikmatinya di Pegunungan Sierra Nevada, sekitar 45 menit dengan mobil dari pusat kota. Ide bagus lainnya adalah mengunjungi wilayah pegunungan Alpujarras, dengan desa-desa putih yang menawan yang dahulu menjadi tempat perlindungan bagi banyak Morisco (Muslim yang tinggal di Semenanjung Iberia, yang tinggal untuk menjaga agama mereka di wilayah yang diperintah oleh orang Kristen). Untuk mengunjungi desa-desa menarik di wilayah yang menarik ini, Anda perlu menyewa kendaraan atau mendaftar untuk salah satu ekskursi yang berangkat dari kota Granada.

 

Destinasi Bonus: Malaga dan Costa del Solpusat kota malaga

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA

Jika Anda memiliki dua atau tiga hari lagi maka Malaga dan Costa del Sol adalah pilihan terbaik untuk melengkapi petualangan Andalusia Anda. Malaga saat ini merupakan salah satu destinasi paling populer di Spanyol, dikenal karena suasana kota yang hidup dan berkembang (yang juga mencakup warisan penting Al Andalus). Kota Malaga adalah ibu kota Costa del Sol (salah satu wilayah terpenting yang menjadi bagian dari provinsi Malaga), dengan destinasi terkenal seperti Marbella atau Torremolinos. Wilayah ini adalah tempat ideal untuk menikmati beberapa hari yang lebih santai di tepi Laut Mediterania. Di sini Anda dapat menemukan resor mewah, desa-desa yang indah, pantai-pantai berkualitas, taman hiburan, dan atraksi lainnya yang dikelilingi dengan warisan Al Andalus.

Anda akan menemukan informasi lebih lanjut untuk melengkapi panduan perjalanan ini dan menikmati segala yang ditawarkan Andalusia dalam panduan 'Andalusia for Muslim travelers' yang diterbitkan oleh Turespaña, Badan Pariwisata Spanyol.

 

Ditulis oleh: Noor González dalam Bahasa Inggris

Leave a comment

  • profile-image
    K9clinics1

    Very informative articles. Thank you for sharing.