11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Andalusia

By Halal Trip | 06, Jul, 2023
11 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Andalusia

Kami yakin bahwa Spanyol, terutama Andalusia, adalah salah satu destinasi yang telah berada di dalam daftar tujuan perjalanan yang ingin Anda kunjungi sesegera mungkin (jika Anda belum pernah berkunjung, dan dalam hal ini Anda pasti ingin kembali lagi). Tidak heran jika Spanyol masuk dalam tiga negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ada banyak alasan menarik mengapa lebih dari 70 juta turis internasional memilih untuk mengunjungi negara ini pada tahun 2022, dengan rekor 83 juta pada tahun 2019 sebelum pandemi. Anda mungkin berpikir bahwa jumlah orang yang memilih Spanyol sebagai tujuan liburan mereka sangatlah banyak dan untuk alasan yang tepat, dan Anda benar. Namun, kami di sini untuk memberikan Anda 11 alasan kuat yang tidak hanya akan menempatkan Spanyol dan Andalusia dalam daftar tujuan perjalanan Anda, tetapi juga menjadikannya destinasi utama dan tujuan liburan Anda berikutnya.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Andalusia: Bagian dari Sejarah dan Diri AndaMuslim tourist photographing her name written in Arabic, with the background of the Alhambra

Seorang turis muslim memotret namanya yang ditulis dalam bahasa Arab, dengan latar belakang Alhambra. (Kredit Foto: LET’S GO HALAL)

Kami tidak hanya berbicara tentang sejarah masa lalu, warisan budaya yang kaya, atau pemandangan yang menakjubkan. Kami berbicara tentang emosi murni. Selama delapan abad, Andalusia telah menjadi saksi dari salah satu ekspresi paling brilian dari dan dalam peradaban Islam, dengan kota-kota seperti Cordoba menjadi pusat pengetahuan, sains, dan seni global. Hari ini, jutaan orang telah mengagumi dan mengakui kekayaan warisan-warisan ini, yang juga merupakan bagian dari Eropa. Dalam perjalanan Anda, hal ini bahkan dapat menjadi suatu pengalaman yang lebih pribadi, sebagai bagian dan menuliskan sejarah di diri Anda sendiri. Ketika Anda mengunjungi tempat-tempat seperti Masjid Cordoba atau Alhambra di Granada, kami pastikan bahwa Anda akan merasakan emosi yang tidak bisa diungkapkan.

 

2. Menjelajahi Andalusia yang Kaya Akan Warisan Islam dan Ragam BudayaDome of the Throne Room, Real Alcazar of Seville

Dome of the Throne Room, Istana Real Alcazar of Seville. (Kredit Foto: TOM PODMORE / UNSPLASH)

Warisan Al-Andalus, delapan abad ketika Islam berkembang pesat di Semenanjung Iberia (711-1492), terutama di Andalusia, telah melahirkan warisan arsitektur, seni, dan budaya yang luas dan beragam. Dengan fusi dan kontras antara pengaruh Timur dan Barat yang terwujudkan secara unik di Andalusia.

Di Andalusia, Anda tidak hanya akan menemukan beberapa monumen Islam paling penting di Barat, tetapi juga perpaduan kaya akan budaya Eropa, alam yang memukau, gastronomi yang lezat, hiburan yang hidup, surga belanja, dan bahkan sepak bola papan atas. (Ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa pada tahun 2023, Sevilla CF menjadi juara untuk kali ketujuh dalam Europa League?)

Singkatnya, Andalusia menawarkan paket atraksi yang tak tertandingi.

 

3. Merasakan Perpaduan Antara Sejarah Masa Lalu dan Dunia Modern di AndalusiaStreets of the old town of Benalmádena (Málaga, Costa del Sol)

Jalan-jalan di kota tua Benalmádena, sebuah warisan periode Al-Andalus. (Málaga, Costa del Sol). (Kredit Foto: TURISMO DE COSTA DEL SOL)

Andalusia bukan hanya tempat yang penuh dengan monumen Islam yang terawat dengan baik, tetapi juga warisan hidup yang bersemangat. Sebagai seorang wisatawan, Anda akan menemukan berbagai warisan ini dalam berbagai sudut jalan, desain taman, gastronomi, kerajinan, bahasa, dan banyak lagi. Warisan Islam terus berkembang di Andalusia modern, dan Anda akan senang menemukannya.

 

4. Andalusia: Penuh Dengan Situs Warisan Dunia UNESCOFlamenco group in a cave in Sacromonte (Granada). Flamenco is Intangible Cultural Heritage of Humanity

Kelompok Flamenco di sebuah gua di Sacromonte (Granada). Flamenco sendiri adalah Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO. (Kredit Foto: TURGRANADA)

Spanyol menduduki peringkat ketiga di dunia untuk jumlah Situs Warisan Dunia UNESCO, dengan Andalusia sebagai yang terdepan di Spanyol, terutama berkat warisan Islamnya. Tetapi tidak hanya itu, berbagai peradaban dan budaya yang berbeda juga meninggalkan warisan yang mengesankan di sini. Catatlah semua harta karun dan warisan dunia yang merupakan bagian dari Andalusia ini ke dalam agenda kunjungan Anda:

  • Masjid dan pusat sejarah Cordoba. Kunjungi pula kota Khalifah Medina Azahara yang terletak di Cordoba ketika berkunjung.
  • Alhambra, lingkungan Generalife dan Albaicín di Granada.
  • Katedral, Giralda, Istana Real Alcázar, dan Archive of the Indies of Seville.
  • Taman Nasional Doñana (terbagi atas Huelva dan Seville).
  • Seni Batu dari Wilayah Mediterania of Semenanjung Iberia (Jaen, Granada, Almería).
  • Ansambel Monumen Renaisans dari Úbeda dan Baeza (Jaen).
  • Situs Dolmen Antequera (Malaga province).
  • Selain itu, Anda harus menambahkan Flamenco, Revitalisasi kerajinan tradisional pembuatan kapur dari Morón de la Frontera (Provinsi Seville), dan Fiesta of the Patios in Cordoba, sebuah warisan budaya tak berwujud pada kemanusiaan untuk Anda kunjungi.

 

5. Aksesibilitas yang Baik, Untuk Kunjungan yang Mudah

Andalusia adalah wilayah terbesar di Spanyol, dan menawarkan berbagai daya tarik yang tak terbatas: kota-kota yang mengesankan, desa-desa yang indah, pantai-pantai yang luar biasa, dan pemandangan yang memukau. Meskipun dengan luasnya wilayah-wilayah ini, kota-kota di Andalusia yang akan menjadi bagian dari rencana perjalanan Anda (Cordoba, Granada, Seville, dan Malaga) sesungguhnya terletak sangatlah dekat antara satu dan lainnya, berjarak satu setengah jam atau paling lama dua jam. Koneksi transportasi, baik melalui jalan raya maupun kereta pun sangatlah baik. Selain itu, di setiap kota, sebagian besar pusat sejarah dan tempat-tempat menarik juga dapat dengan mudah dijelajahi hanya dengan berjalan kaki. Untuk tempat-tempat yang terletak agak jauh, seperti Alhambra (hanya 12 menit perjalanan dari pusat kota) atau Medina Azahara (8 kilometer dari Cordoba), Anda juga hanya butuh menaiki transportasi umum dalam waktu yang relatif singkat untuk membawa Anda ke sana. Sesungguhnya, Andalusia adalah tujuan yang nyaman dan mudah dijangkau untuk dikunjungi.

 

6. Kuliner Lezat dan Halal Warisan AndalusiaSeafood Paella

Paella Boga Bahari. (Kredit Foto: FREEPICK)

Kuliner yang lezat dan beragam adalah alasan lain di balik kesuksesan pariwisata Spanyol dan Andalusia, yang merupakan bagian dari penyebab terkenalnya makanan Mediterania (yang omong-omong, juga diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO). Khususnya, masakan dan hidangan Andalusia yang secara langsung diwarisi dari peninggalan Al-Andalus.

Ketika Anda mengunjungi Andalusia, pastikan untuk menikmati tidak hanya beberapa hidangan paling terkenal dari gastronomi Spanyol seperti paella atau tortilla de patatas (telur dadar kentang), tetapi juga spesialisasi khas Andalusia yang berakar dari tradisi Al-Andalus, seperti terong dengan madu atau daging domba dengan buah plum.

Selain itu, di pusat-pusat sejarah, Anda juga tidak akan kesulitan menemukan tempat-tempat makan yang menawarkan hidangan halal yang mudah dikenali.

 

7. Andalusia: Surga Kebahagiaan dan KeramahanGroup of young Andalusians having fun at the April Fair in Seville

Sekelompok anak muda Andalusia sedang bersenang-senang di April Fair di Seville. (Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA)

Andalusia, seperti Spanyol pada umumnya, adalah salah satu wilayah yang paling aman di dunia. Meskipun, tentu saja, sebagai turis seperti di negara lain, penting bagi Anda untuk peka dan mempersiapkan tindakan keamanan dasar. Andalusia juga merupakan tujuan yang aman bagi perempuan yang bepergian sendiri.

Selain itu, orang-orang Andalusia juga terkenal di seluruh Spanyol karena sifat yang hangat dan ramah, sehingga mereka umumnya dianggap sebagai salah satu orang paling bahagia di Spanyol. Karakter terbuka dan ramah dari orang-orang Andalusia menciptakan suasana yang sangat istimewa di kota-kota mereka, membuat semua pengunjung merasa nyaman dan diterima dengan baik. Kegembiraan adalah sesuatu menular di Andalusia.

 

8. Infrastruktur Berkualitas dan Nilai Kepuasan Terbaik

Spanyol adalah salah satu kekuatan pariwisata global, dengan Andalusia sebagai salah satu destinasi utamanya. Faktanya, Andalusia sendiri termasuk sebagai destinasi pilihan warga lokal Spanyol dan merupakan pilihan ketiga yang paling populer (setelah Catalonia dan Kepulauan Canary) bagi wisatawan asing. Sehingga, Anda akan menemukan infrastruktur yang sangat baik dalam hal transportasi, akomodasi, restoran, dan lainnya, yang semuanya menawarkan nilai yang luar biasa sesuai standar Eropa.

 

9. Andalusia: Sempurna dan Cocok Untuk Berbagai Selera dan Preferensi

Baik Anda yang lebih menyukai pengalaman mewah atau petualangan backpacking, Andalusia mampu memenuhi semua gaya perjalanan tersebut. Keberagaman dan kualitas infrastruktur pariwisata memastikan bahwa Anda akan selalu menemukan akomodasi, restoran, dan layanan lainnya yang sesuai dengan anggaran Anda. Andalusia adalah destinasi yang penuh keramahan yang menyambut semua orang.

 

10. Menikmati Andalusia: Sempurna Setiap Saat, Sepanjang TahunA Muslim tourist in the streets of Seville, in winter, when the thousands of orange trees bear fruit

Seorang turis Muslim di jalan-jalan Sevilla, di musim dingin, saat ribuan pohon jeruk berbuah. (Kredit: LET’S GO HALAL)

Andalusia menawarkan sesuatu yang istimewa di setiap musim: musim semi, musim panas, musim gugur, atau musim dingin. Setiap musim memiliki daya tariknya tersendiri. Pada musim semi, Anda akan terpesona oleh cahaya yang memukau dan jalan-jalan yang dipenuhi aroma bunga yang mekar. Musim panas dapat memberikan kegembiraan maksimal di jalan-jalan dengan banyaknya jam siang hari untuk eksplorasi, walaupun suhu di hari tesebut bisa tinggi. Musim gugur memanjakan Anda dengan suhu yang nyaman, keindahan nada emas di pohon-pohon, dan dedaunan yang jatuh. Di musim dingin, Anda dapat merasakan keajaiban salju, kota yang telah dihias penuh untuk Natal, dan suhu yang lebih sejuk dibandingkan dengan daerah lain di Eropa. Cukup pilih waktu yang paling cocok untuk Anda, dan Anda tidak akan kecewa.

 

11. Menikmati Gaya Hidup yang Mengagumkan

Andalusia memiliki gaya hidup yang mengagumkan, ditandai dengan seni, keindahan, kualitas hidup, iklim yang sejuk, dan kehidupan sosial yang bersemangat. Andalusia adalah destinasi kedua/rumah kedua dan tempat pensiun yang dipilih oleh banyak orang Eropa. Selain itu, jumlah digital nomad yang memilih Andalusia sebagai tempat mereka bernaung pun semakin bertambah. Bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa hari luang, Andalusia adalah destinasi yang pantas untuk Anda datangi dan rasakan.

 

Apakah dengan alasan-alasan tersebut, sudah terpikirkan dalam benak Anda bahwa Andalusia adalah kandidat yang tepat untuk liburan Anda berikutnya?

 

[Kredit Foto Cover: GIRL WITH RED HAT / UNSPLASH / TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA / VISIT SEVILLA]

 

Leave a comment