10 Masjid Tertua di Dunia

By Halal Trip | 08, Jun, 2022
10 Masjid Tertua di Dunia

10 Masjid Tertua di Dunia ini akan membuat Anda bangga dan bahkan bernostalgia dengan kebesaran Islam di seluruh penjuru dunia. Masjid-masjid ini merupakan saksi atas sejarah, kisah, kerajaan, dan perang di masa lalu, dan telah berdiri sebagai simbol Muslim sejak masa lalu. Sejarah-sejarah tersebut seakan membuat kita sebagai Muslim untuk pergi ke sana.

 

1. Masjidil Haram (Masjid Al-Haram)

foto masjidil haram

Image Credit: Ishan @seefromthesky on Unsplash

Masjidil Haram (Ka'bah) di Makkah merupakan masjid pertama dan tertua di dunia. Masjid ini merupakan tempat di mana Nabi Ibrahim AS dan putranya, Ismail AS, biasa berdoa. Masjid ini juga merupakan tempat paling suci dan terpenting di dalam Islam. Keutamaan masjid ini terefleksikan berdasarkan fakta dimana Muslim di seluruh dunia menoleh ke arah kiblat setidaknya Ka'bah 5 kali sehari untuk melakukan salat. Ini adalah rumah pertama bagi umat manusia, yang dibangun untuk menyembah Tuhan Yang Maha Esa, Allah.

 

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Dibangun tepat setelah Nabi Muhammad SAW bermigrasi dari Makkah ke Madinah, dan dianggap sebagai situs tersuci kedua dalam Islam. Pada usianya yang telah menginjak 1.400 tahun, Masjid Nabawi pada kondisinya saat ini telah mengalami banyak perluasan dari yang awalnya sebagai struktur sederhana, hingga sekarang menjadi masjid terbesar kedua di dunia.

 

3. Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa adalah sebuah masjid di Yerusalem yang dibangun pada tahun 705 M dan merupakan situs yang sangat penting dan suci bagi umat Islam. Menurut sebuah hadis oleh Al Bukhari, masjid ini adalah situs tersuci ke-3 yang dimana setiap doa yang dibacakan di sana akan setara dan bernilai 1000 doa. Masjid ini merupakan tempat Nabi Muhammad SAW berdoa pada malam peristiwa Isra Miraj. Masjid pernah berperan sebagai arah kiblat selama 17 bulan setelah peristiwa migrasi ke Madinah dan sebelum adanya wahyu yang mengarahkan kiblat kembali ke arah Ka'bah. Al Aqsa telah bertahan dari banyak gempa bumi, peperangan, dan penaklukan, Al-Aqsa pada akhirnya dikembalikan ke kejayaannya oleh Saladin dari tentara salib setelah penaklukan Yerusalem.

 

4. Masjid Agung Sana’a

masjid agung sana'a

Image Credit: Yarinya, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Masjid Agung Sana'a, juga dikenal sebagai Al-Jami al-Kabīr bi-Ṣanʿāʾ adalah masjid yang terletak di Sana'a, Yaman dan dibangun pada abad ke 7-8. Masjid ini dibangun di sebelah situs Istana Ghumdan dan memiliki arsitektur yang besar dan megah dikarenakan dibangun dari waktu ke waktu dalam era yang berbeda. Pada tahun 1130, dilakukan renovasi besar-besaran oleh Ratu Arwa Ibn Ahmed pada masjid ini dan dikarenakan sejarahnya dan umurnya, Masjid ini juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

 

5. Masjid Uqba/Masjid Agung Kairouan

Masjid Uqba, atau yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan adalah masjid yang terletak di kota Kairouan, Tunisia. Kota ini adalah kota Warisan Dunia UNESCO dan masjid ini juga termasuk dalam warisan dunia tersebut. Masjid Uqba dibangun oleh Jenderal Arab Uqba Ibn Nafi pada tahun 670 bersamaan dengan pendirian kota Kairouan. Masjid ini merupakan masjid yang berperan penting di Tunisia dan memiliki pengaruh sebagai gaya arsitektur utama yang diikuti masjid-masjid di seluruh wilayah Maghreb (Afrika Utara). Pada masanya, masjid ini berfungsi sebagai pusat pembelajaran baik dalam pemikiran Islam dan ilmu-ilmu sekuler, sebelum pada akhirnya bermunculan universitas dan pusat-pusat pendidikan di sekitar Tunis pada abad ke-11.

 

6. Masjid Ummayad/Masjid Agung Damaskus

Masjid Ummayad atau yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus dan merupakan salah satu Masjid di tertua yang dibangun pada tahun 634. Masjid ini dibangun setelah penaklukan Arab di bekas situs Basilika yang pendiriannya didedikasikan untuk Nabi Yahya AS. Masjid ini telah bertahan melalui banyak dinasti dan periode kekuasaan, dan saat ini merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Suriah karena arsitekturnya yang indah dan sejarah yang ia miliki.

 

7. Masjid Quba

masjid quba

Image Credit: Vogue Arabia

Masjid Quba (masjid) adalah salah satu masjid tertua di dunia, dimana batu pertama untuk pembangunan Masjid diletakkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri pada tahun 622, tepat setelah peristiwa hijrah dari Mekkah ke Madinah. Dalam hadis Sahih oleh Bukhari disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa berkendara atau berjalan kaki ke Masjid Quba pada setiap hari Sabtu untuk melakukan shalat 2 rakaat.

 

8. Masjid Palaiya Jumma Palli

Masjid Palaiya Jumma Palli atau Masjid Tua Jum’at (translasi Bahasa Indonesia) adalah masjid yang berada di Kilakarai, Tamil Nadu. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Pandiya oleh Pedagang Yaman setelah diperintahkan oleh Kaisar Yaman untuk menerima Islam pada masa Nabi. Masjid ini diibangun pada tahun 628 dan lalu direkonstruksi kembali pada abad ke-11. Masjid ini terbukti telah berdiri kokoh, teruji oleh waktu dan merupakan simbol Islam pada masa jayanya yang menunjukkan penyebaran Islam melalui jalur laut. Ibnu Batutah juga menyebutkan Masjid ini dalam Rihla-nya dengan mengatakan bahwa “penduduk di sana hidup seolah-olah mereka berada di tanah Arab”.

 

9. Masjid Agung Kufah

Masjid Agung Kufah di Irak adalah masjid yang dibangun pada 670 M dan merupakan salah satu tempat salat yang terkenal dan dihormati di antara para penganut Muslim. Diawal pendiriannya, masjid ini juga utamanya berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pengajaran utama sahabat nabi, Kalifah Ali RA yang disampaikan melalui ceramah, pendidikan tafsir Quran, dan ilmu-ilmu lainnya.

 

10. Masjid Agung Xi’an

masjid agung xi'an

Image Credit: chensiyuan, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Masjid Agung Xi'an adalah masjid tertua di Cina yang dibangun dan selesai pada 742. Berbeda dengan Masjid di seluruh dunia dengan kubah dan menara, Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur pagoda Cina yang dilengkapi dengan tulisan Arab di dalam Masjid. Keunikan dari masjid ini juga terbukti telah menjadi daya tarik wisata yang kuat bagi orang-orang yang berkunjung ke tempat tersebut. 

 

Ketika Anda melakukan perjalanan dan mengunjungi negara-negara ini, pastikan Anda untuk mengunjungi masjid-masjid tertua ini untuk mengetahui lebih lanjut sejarah dan pesona yang dimilikinya. 

Leave a comment