11 Masakan Lokal Spanyol yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung Ke Sana!

By Rashmi Wickramasinghe | 14, Dec, 2018
11 Masakan Lokal Spanyol yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung Ke Sana!

Menjadi pintu gerbang antara Benua Eropa dan Afrika serta Mediterania dan Samudra Atlantik, Spanyol telah diperebutkan oleh kekuatan-kekuatan besar seperti Romawi dan Yunani, serta Muslim dari Afrika dan Arab.

Masakan Spanyol sangat dipengaruhi oleh masa lalunya yang multikultural. Orang-orang Yunani dan Romawi memperkenalkan buah zaitun dan minyak zaitun sehingga membentuk pemeliharaan anggur di Spanyol. 

Visigoth atau Celtic memperkenalkan orang-orang Spanyol untuk membuat bir, sementara orang Moor dan Berber yang menyeberangi Selat Gibraltar selama penaklukan Muslim membawa beras, sorgum, saffron, terong, jeruk, persik, almond, dan lemon, menciptakan masakan Andalusia.

Spanyol adalah salah satu negara adidaya dalam eksplorasi dan dengan kolonisasi Amerika, bahan-bahan seperti tomat, kentang, dan paprika diperkenalkan ke masakan Spanyol.

Spanyol adalah tempat dimana cokelat diciptakan dan juga di mana gula pertama kali dicampurkan ke dalam cokelat untuk mengurangi rasa pahit alami cokelat!

Eksplorasi dan rasa ingin tahu di masa lalu telah membawa masakan Spanyol kepada rasa kita cintai dan tahu hari ini. Berikut adalah 11 hidangan dari masakan Spanyol yang harus Anda coba! 

1. Paella

Paellamungkin adalah makanan paling terkenal di Spanyol! Ini adalah hidangan yang serba guna dan sehat. Yang pasti akan membuat anda ingin mencobanya lagi dan lagi!

Pada abad ke-10, orang-orang Moor di Spanyol memperkenalkan penanaman padi yang  berdampak besar pada masakan Spanyol. Masakan Valencia menggabungkan beras ke dalam masakan sehari-hari mereka dan menyiapkan ‘casserole’ dengan kelinci dan rempah-rempah untuk acara keluarga dan pesta keagamaan.

Maka pada abad ke-15, beras diresmikan sebagai bahan dasar masakan Valencian!

Paella dapat disiapkan dengan bermacam-macam bahan tetapi unsur utamanya adalah beras, mereka biasanya menggunakan varietas ‘Bomba’ dan ‘Calasparra’ yang tumbuh di sepanjang pantai Timur Spanyol.  Varietas ini terutama digunakan karena kemampuannya untuk menyerap semua rasa dari masakan yang lain.

Paella secara tradisional disiapkan dengan kelinci atau ayam, saffron, kacang runner, dan kacang mentega, namun, ada variasi makanan laut juga. Ini bisa disiapkan dengan kerang-kerangan seperti kerang dan udang, serta cumi-cumi.

Varian paling populer untuk paella adalah campuran paella yang menggabungkan daging dan seafood.

Arroceria Marina Ventura mengklaim bahwa mereka menyajikan paella terbaik dan hidangan nasi. Kunjungilah mereka saat berada di Madrid!

Alamat: Calle Ventura de la Vega, 13 Madrid, 28014, Spanyol 
Jam buka: 1.15AM sampai 11.59PM (Setiap Hari) 
Kontak: (+34) 914 29 38 10 
Situs web: ArroceriaVentura
 

2. Gazpacho

Ini adalah hidangan klasik Spanyol yang terkenal di seluruh dunia!

Asal-usul Andalusia kuno mengarah pada Romawi yang pertama membawanya ke Spanyol. Pada saat itu, hanya sup yang terdiri dari roti, minyak zaitun, bawang putih, dan cuka.

Sejak pada abad ke-19, Gazpacho mendapatkan warna merah khasnya dari tomat yang diperkenalkan ke dalam resep dan menjadikannya sebagai hidangan dingin saat musim panas yang sangat digemari saat ini!

Gazpacho yang lebih modern dibuat dengan paprika, bawang merah, dan mentimun; mereka juga mengganti tomat dan roti dengan alpukat, semangka, anggur, kaldu daging atau bahkan seafood!

Jika Anda keluar pada hari musim panas di Spanyol, anda wjib mencoba gazpacho yang disajikan dingin! Karena bahan utamanya terdiri dari sayuran dan roti, masakan gazpacho adalah ramah Muslim jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya.

Anda dapat menemukan hidangan ini di El Torreón Restaurante.

Alamat: Playa Butibamba , La Cala de Mijas , 29649 Mijas Costa, Spanyol 
Jam buka: 10AM sampai 11.59PM (Setiap Hari) 
Kontak: (+34) 913 76 07 77 
Situs web: RestaurantElTorreonLaCala 

3. Tortilla Española

Juga disebut sebagai tortilla de patatas atau tortilla de papas, yang dikenal sebagai omelette Spanyol dalam bahasa Inggris.

Referensi pertama tortilla ditemukan dalam dokumen Navarra anonim yang dialamatkan ke pengadilan pada tahun 1817, yang menjelaskan kesulitan yang dihadapi oleh penduduk setempat.

Dikatakan bahwa para wanita telah belajar menyiapkan tortilla dengan mencampur lebih sedikit telur, kentang, dan bahan-bahan lain.

Namun, legenda di balik tortilla adalah bahwa seorang jenderal Carlist menciptakan hidangan baru yang disebut 'tortilla de patatas' sebagai hidangan yang mudah dan bergizi untuk menutupi kelangkaan tentara Carlist.

Legenda lain menyatakan bahwa sang jenderal mendapat ide dari seorang istri petani.

Ini adalah hidangan sederhana yang terdiri dari telur, kentang, dan terkadang bawang merah; Namun, penambahan bawang merah dianggap sebagai kontroversi oleh penikmat makanan ekstrim. Hidangan ini boleh disajikan dingin atau hangat.

Anda dapat menemukan tortilla de patatas terbaik di Casa Dan dengan harga ekonomis dan rasa Spanyol asli! Mereka adalah kantin kecil yang tersembunyi di dalam Mercado de la Paz.

Alamat: Calle de Ayala, 28, 28001 Madrid, Spanyol 
Jam buka: 7AM sampai 7PM (Senin-Sabtu) 
Kontak: (+34) 915 75 59 25 

4. Turrón

Turrón telah ada sejak abad ke-15 dan dikonsumsi di seluruh Spanyol hingga ke hari ini.

Kembang gula ini memiliki akar Islam; versi modern saat ini mungkin berasal dari resep Muslim yang disiapkan di daerah negara-negara Islam dan dikenal sebagai turun.

Kembang gula yang mirip juga dijual pada zaman Romawi Kuno dan dikenali sebagai cupeto atau cupedia.

Turrón terbuat dari kacang almond, susu, putih telur, gula dan madu; itu adalah jenis nougat dan terutama dikonsumsi selama Natal.

Ia dapat ditemukan dalam dua varietas, keras dan lembut; turron keras dibuat dari kacang almond utuh sementara turrón lunak dibuat dari pasta almond dan minyak.

Anda akan dapat menemukan turrón hampir di mana saja di Spanyol; kunjungan ke TORRONS VICENS PETRITXOL adalah suatu keharusan. 

Alamat: Carrer de Petritxol , 15, 08002 Barcelona, ​​Spanyol 
Jam buka: 10AM sampai 10.30PM (Senin-Sabtu) 
                  11AM sampai 10PM (Minggu) 
Kontak: (+34) 933 04 37 36 
Situs web: Vicens
 

5. Gambasal ailljo

Secara harafiah diterjemahkan menjadi udang dalam saus bawang putih dan mendengarnya saja sudah cukup untuk membuatnya kedengaran lezat!   

Asal-usul dari hidangan ini tidak diketahui, tetapi bagaimanapun, ia menjadi bahan utama Tapas.

Tapas merupakan bagian penting dari masakan Spanyol. Dikatakan bahwa ia berasal dari abad ke-13 ketika Raja Castillian Alfonso X menderita penyakit yang mengharuskan dia untuk mengkonsumsi sejumlah kecil makanan disertai dengan anggur. Setelah kesembuhannya, dia menjadikannya sebagai hukum untuk menyajikan anggur sebagai pengiring makanan.

Kedai di seluruh Spanyol mulai melayani wadah anggur dengan sepotong roti dan keju atau selai di atasnya. Tapa adalah kata Spanyol untuk tutup, dan dengan demikian lahirlah Tapas!

Tapas biasanya disajikan di bar, namun, ia makanan yang harus dicoba – berhati-hatilah karena mereka melayani alkohol di restoran dan bar tersebut. Tapas juga termasuk hidangan sederhana yang disiapkan dengan bahan-bahan sederhana namun kaya rasa!

La Casa Del Abuelo adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk mencoba gambas al ailljo, mereka bahkan sampai ke situs Lonely Planet.

Ini adalah pendirian tradisional lama yang telah ada selama lebih dari seratus tahun sehingga anda akan terjamin makanan berkualitas terbaik yang disiapkan dengan penuh cinta. 

Alamat: Calle de la Victoria, 12, 28012 Madrid, Spanyol 
Jam buka: 12PM sampai 11.59PM (Minggu-Kamis) 
                  12PM sampai 1AM (Jumat & Sabtu) 
Kontak: (+34) 910 00 01 33 
Situs web: LaCasaDeLaBuelo 

6. Pulpoal la gallega

Ini adalah hidangan gurita Galician tradisional, yang juga disebut sebagai polbo á feira atau pulpo estilo feira.

Hidangan ini telah disiapkan dengan cara yang sama selama berabad-abad. Pulpo al la gallega pertama kali dibawa sekitar 125 tahun lalu ketika penggembala keledai pertama kali mengangkut gurita ke pameran ternak pedalaman di mana mereka memasaknya dengan minyak zaitun dan paprika.

Gurita disiapkan dalam kuali tembaga yang menambah rasa hidangan.

Gurita merupakan bagian besar dari makanan laut Spanyol dan orang-orang Spanyol tahu bagaimana menyiapkan hidangan gurita yang baik jadi pastikan untuk mencobanya ketika di sana!

Cicipi Galecian pulpo al la gallega yang otentik di Rias de Gallecia.

Alamat: Carrer de Lleida, 7, 08004 Barcelona, ​​Spanyol 
Jam buka: 1PM sampai 4PM | 8PM sampai 11.30PM (Senin-Minggu) 
Kontak: (+34) 934 24 81 52 
Situs web: RiasDeGalicia

7. Pisto

Juga dikenal sebagai pisto manchego, ini adalah hidangan asli Murcia dan Castilla La Mancha. Ia disiapkan dengan tomat, bawang merah, terong atau zucchini, paprika hijau dan merah, dan minyak zaitun.

Ia juga dikenal sebagai ratatouille Spanyol dan disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan pengiring untuk hidangan lain.

Pisto sering disajikan dengan telur goreng dan sepotong roti; ini juga bisa menjadi hidangan vegan yang luar biasa. Pisto juga bisa digunakan sebagai isian untuk empanada dan tortilla.

Coba pisto otentik di Taberna Malaspina di Calle de Cádiz!

Alamat: Calle de Cádiz, 9, 28012 Madrid, Spanyol 
Jam buka: 10AM sampai 2AM(Minggu-Kamis) 
                  10AM sampai 2.30AM (Jumat & Sabtu) 
Kontak: (+34) 915 23 40 24

Facebook

8. CremaCatalana

Crème brûlée versi Spanyol yang sangat digemari ini adalah bagian dari masakan Catalana. Banyak orang ingin mengklaim penciptaan makanan penutup yang manis ini tapi Catalonia mengatakan bahwa mereka yang awalnya menciptakannya. Catalonia memimpin di sudut timur laut Spanyol, dekat dengan perbatasan Prancis.

Resep untuk crema Catalana dapat ditemukan di buku resep yang ditulis pada abad ke-14 dan 16, ini digambarkan sebagai krim custard dengan bagian atas yang dibakar; lapisan gula di atas dibakar menggunakan batang logam panas untuk memberikannya kerak hitam yang khas.

Crema Catalana juga disebut sebagai Crema de San José (krim Saint Joseph) yang juga dianggap sebagai hari ayah di Spanyol , dan hanya akan disajikan pada hari itu, namun, di zaman modern Anda dapat menemukan makanan penutup ini di mana saja!

Untuk mencoba kreasi Catalana crema, pergi ke Patisserie Escriba!

Alamat: Gran Via de Les Corts Catalanes , 546, 08011 Barcelona, ​​Spanyol 
Jam buka: 8.30AM sampai 9PM (Senin-Jumat) 
                  8AM sampai 9PM (Sabtu-Minggu) 
Kontak: +34 934 54 75 35 
Situs web: www.escriba.es

Empanada

Sebuah masakan klasik Galisia, Anda tidak akan salah dengan empanada!

Empanada diciptakan pada tahun 1520 dan tidak seperti empanada Latin yang terkenal disajikan sebagai pai-pai kecil individu. Empanada Galician disajikan sebagai pai besar tunggal yang bisa berbentuk persegi atau lingkaran dan kemudian diiris menjadi potongan-potongan individu.

Empanada terkenal di kalangan petani, yang akan membawanya ke ladang bersama mereka untuk camilan saat bekerja.

Empanada adalah adonan pie beragi yang diisi dengan tumisan bawang merah, paprika, bawang putih, dan sejenis protein. Tuna atau bonito dan ayam, atau gurita boleh digunakan sebagai proteinnya.

Tempat apa yang lebih baik untuk mencoba empanada daripada tempat spesialisasi nya? Coba empanada di El Club de L 'Empanada.

Alamat: Carrer de la Dagueria , 7, 08002 Barcelona, ​​Spanyol 
Jam buka: 9AM sampai 5PM | 7PM hingga 11PM (Senin-Sabtu) 
Kontak: +34 933 10 76 47 
Situs web: clubdelaempanada.com 

10. Berenjenascon Miel 

Hidangan sederhana namun sangat lezat. Jangan lewatkan yang satu ini!

Contoh lain di mana bangs Moors memengaruhi masakan Spanyol, berenjenas con miel diperkenalkan pada tahun 700 pendudukan bangsa Moors di Semenanjung Iberia.

Hidangan ini menggabungkan rasa manis dan asin dan menambah tekstur sutera yang dimiliki terong, itu suguhan yang pasti!

Berenjenas con Miel hanyalah terung goreng yang disajikan dengan madu. Hidangan sederhana ini menjadi hidangan pembuka yang enak dan bisa dicoba di Taberna Las Meigas.

Alamat: Calle Emancipación , 11, 29640 Fuengirola, Málaga, Spanyol 
Jam buka: 12PM sampai 5PM | 10PM sampai 11.59PM (Senin-Minggu) 
Kontak: +34 951 77 65 99

Facebook
 

11. Churros

Untuk mengakhiri artikel ini dengan catatan manis, di manakah tempat yang lebih baik untuk mencoba camilan yang digemari khalayak internasional daripada di negara asalnya ?!

Sajian manis ini memiliki sejarah yang eksotis. Beberapa spekulasi menyatakan bahwa ia pertama kali diperkenalkan oleh orang Portugis yang melakukan perjalanan ke Timur dan membawa churros dengan mereka dan resepnya melompati perbatasan ke Spanyol.  Waktu ini, resepnya diubah menjadi manisan yang memiliki adonan yang diekstrusi melalui cetakan berbentuk bintang dibandingakan dengan hasil tarikan yang merupakan teknik Cina asli.

Teori lain menunjukkan bahwa pertama kali ia diciptakan oleh gembala Spanyol yang tinggal di pegunungan sebagai pengganti bahan makanan yang dipanggang karena adonannya yang ringan dan lebih mudah disiapkan.

Saat ini, churros dapat ditemukan di seluruh Spanyol; di restoran sebagai sarapan, oleh pedagang kaki lima sebagai camilan untuk dinikmati sewaktu-waktu, dan bahkan di spesialis churrerías.

Churros dapat disajikan dengan berbagai cara; ia dapat disajikan dengan gula dicampur bubuk kayu manis, cokelat, dulce de leche dan bahkan café con leche - kopi Spanyol. Cicipi churros terbaik di salah satu Chocolatiers tertua di Spanyol, Chocolatería San Ginés.

Alamat: Pasadizo de San Ginés , 5, 28013 Madrid, Spanyol 
Jam buka: 24/7 (Senin-Minggu) 
Kontak: +34 913 65 65 46 
Situs web: ChocolateriaSanGines.com 
 

Menemukan makanan halal di Spanyol tidak akan menjadi hal yang sulit karena sebagian besar makanan mereka ramah Muslim dan Halal karena makanan tersebut terdiri dari banyak makanan laut dan sayuran, serta banyak pengaruh Muslim terdapat dalam masakan mereka.

Alasan lain mengapa menemukan makanan halal di Spanyol akan menjadi mudah adalah karena Aplikasi HalalTrip: Makanan, Restoran, Travel & Jadwal Sholat.

Jadi berkemas-kemaslah untuk pergi ke Spanyol yang indah untuk menikmati makanan mereka yang lezat! 

Panduan Transportasi: Cara Untuk Berkeliling Spanyol

An introverted old soul who loves writing, reading, art, music, food, and cats.