8 Cara untuk Mempelajari dan Membaca Al-Qur'an dengan Sempurna

By Halal Trip | 29, Jun, 2022
8 Cara untuk Mempelajari dan Membaca Al-Qur'an dengan Sempurna

Dengan kembalinya kita ke rutinitas yang normal, Anda tidak bisa lagi bermalas-malasan dan menjadi tidak produktif, dan hal yang sama harus terjadi kepada ibadah kita sebagai manusia. Tahun ini, Anda bergerak dan berubah menjadi Muslim yang lebih baik, dan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membaca Al-Qur'an. Berikut adalah 8 cara tentang bagaimana Anda bisa meningkatkan bacaan Al-Qur'an Anda!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Mempelajari Tajwid

mempelajari tajwid dengan seksama

Image Credit: Indonesia Bertauhid on Unsplash

Karena Al-Qur'an pada dasarnya adalah dalam bahasa Arab dan tidak dalam bahasa lain, maka penting bagi Anda untuk bisa membangun fondasi Anda dalam belajar membaca bahasa Arab dengan lancar. Dengan kata lain, mempelajari tajwid adalah salah satu hal yang penting dimana tajwid sendiri berfungsi debagai seperangkat aturan untuk pengucapan yang benar dari huruf-huruf dalam Al-Qur'an untuk pembacaannya. Aturan-aturan ini akan membantu memperbaiki dan menambah keindahan bacaan Anda karena tanpanya, ilmu dan keindahan Al-Qur'an serta isinya pun akan pudar.

 

2. Lakukan dengan perlahan

Memulai dengan perlahan seperti dengan surah yang pendek dan mudah (seperti surat-surat pendek di juz 30) akan sangat membantu perkembangan Anda dalam membaca Al-Qur'an. Memulai dari surat pendek bagus untuk Anda agar bisa mempelajari dasar-dasar membaca Quran secara mendetail sampai dengan fasih. Apabila Anda sudah ahli dalam membaca surah pendek dengan bacaan yang indah dan tajwid yang benar, maka Anda bisa muali beralih ke surah panjang. Dengan melakukannya secara perlahan dapat membantu Anda untuk tidak membebani diri Anda dengan sesuatu yang terlalu sulit pada proses pembelajaran. Mulailah dari yang kecil, dan Anda pasti akan membuat kemajuan seiring berjalannya waktu.

 

 

3. Practice makes perfect

melatih membaca al-quran

Image Credit: Masjid MABA on Unsplash

Seperti kata pepatah, “practice makes perfect”. Bacalah quran dan latihlah bacaan Anda sebanyak dan sesering yang Anda bisa. Tidak ada yang mengalahkan latihan karena semakin sering Anda melakukannya, akan semakin baik Anda dalam membaca Al-Qur'an. Sebelum Anda menyadarinya, ketika Anda semakin mahir, anda akan lebih cepat untuk bertemu dan membaca halaman yang tidak dikenal dibandingkan sebelumnya!

 

4. Bacalah Al-Qur'an dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari Anda

Dengan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda bisa menanamkan kebiasaan baru dengan sesuatu yang sudah Anda kenal. Anda perlu menghubungkan kebiasaan membaca Al-Qur'an dengan sesuatu yang sudah Anda lakukan setiap hari tanpa henti. Misalnya, Anda dapat membaca Al-qur’an setelah Anda melakukan masing-masing dari 5 doa harian Anda. Anda cukup membaca 4 halaman setelah setiap doa setiap hari dan Anda menyelesaikan seluruh quran dalam sebulan!

 

5. Menghubungi guru, ahli agama, atau seseorang yang berpengetahuan mengenai Al-Qur'an

sekumpulan anak-anak belajar mengaji

Image Credit: Andri Helmansyah on Unsplash  

Walaupun Anda sering berlatih, Anda tetap perlu memastikan bahwa apa yang Anda baca benar. Hal-hal  sangat penting terutama pada tajwid tertentu seperti tanwin dan dengung yang sejujurnya tidak mudah dipelajari secara otodidak. Oleh karena itu, Anda harus menghubungi seorang ustadz atau siapapun yang berpengalaman dalam membaca al-Qur'an, agar mereka dapat membimbing Anda dan menunjukkan bagaimana Anda dapat meningkatkan kemampuan apa, serta menunjukkan apa kekuatan dan kelemahan Anda dalam membaca Al-Qur’an.

 

6. Mempelajari beberapa kosakata bahasa Arab

Menghafal Al-Qur'an tanpa mengetahui artinya adalah sama seperti membaca buku cerita tanpa mengetahui kisahnya. Sangat penting bagi Anda untuk mendidik diri sendiri tentang arti kata-kata dasar bahasa Arab sehingga setidaknya Anda memiliki petunjuk tentang apa yang dikatakan Al-Qur'an. Untuk mempermudah proses belajar Anda, Anda dapat membeli Al-Qur’an bertafsir untuk memandu Anda karena didalamnya terdapat terjemahan lain seperti bahasa Inggris atau Indonesia. Dengan fakta bahwa mempelajari 300 kata akan mencakup sekitar 70% dari keseluruhan Quran, apakah Anda masih ragu untuk mempelajari kata-kata tersebut? Jadi, jangan buang waktu dan jika Anda mulai sekarang, Anda pasti akan mengalami kemajuan yang pesat!

 

7. Mendengarkan lantunan Al-Qur’an sebelum tidur

kucing tertidur

Image Credit: Aleksandar Cvetanovic on Unsplash

Tips ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang selalu memiliki kesulitan untuk tidur karena lantunan Qur'an dapat mengobati hal tersebut. Anda dapat mengunjungi situs-situs seperti Youtube dan mencari bacaan Al-Qu’ran online dari ustadz atau qari terkenal dan terpercaya. Seiring waktu, dengan Anda mendengarkan Al-Qur’an yang dibacakan berulang-ulang, Anda akan mulai mengingat bagian-bagiannya dari bacaan tertentu dan meningkatkan bacaan Quran Anda.

 

8. Berdoa

Ingatlah, bahwa setiap kali Anda berniat untuk mencapai sesuatu, selalu berpaling kepada Allah karena Dia mengendalikan segalanya dan Dia dapat memimpin Anda ke jalan yang Anda inginkan. Katakan kepada Allah betapa besar keinginan Anda untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Anda, dan Insya Allah doa Anda akan didengar dan dijawab cepat atau lambat.

Leave a comment