Banjarnegara: Kota Pensiunan Penuh Kedamaian

By Leo Galuh | 17, Dec, 2020
Banjarnegara: Kota Pensiunan Penuh Kedamaian

Imej: erhan untoro 

Banjarnegara; Kabupaten di Jawa Tengah ini menawarkan keindahan alam dan ketenangan khas desa. Saking tenangnya, Banjarnegara mendapat julukan Kota Pensiunan, karena di sini orang bisa menikmati masa tua dengan damai. Hamparan kebun dan sawah bisa ditemukan dengan mudah, juga sungai yang mengalir jernih.

HalalTrip mengulas Kabupaten Banjarnegara untuk memberi pilihan tempat wisata dan kuliner bagi turis domestik dan mancanegara. Untuk mencapai Kabupaten Banjarnegara cukup mudah karena kebanyakan ditempuh melalui jalur darat.

Perjalanan menuju Banjarnegara bisa ditempuh melalui dua kota besar di Pulau Jawa yaitu Jakarta dan Semarang. Bila melalui Jakarta, Anda dapat memilih beberapa pilihan bus di Terminal Pulogebang dengan rute Jakarta - Yogyakarta. Namun Anda harus mengingatkan kepada kondektur untuk berhenti di Banjarnegara. Perjalanan dari Jakarta ke Banjarnegara sekitar 5 jam.

Sedangkan bila Anda melalui Semarang, perjalanan darat bisa dimulai dari Terminal Terboyo. Pilihan bus pun cukup banyak dan anda bisa langsung memilih rute Semarang - Banjarnegara. Perjalanan dari Semarang ke Banjarnegara pun memakan waktu sekitar 5 jam.

Berikut rekomendasi lokasi wisata di Banjarnegara yang sayang untuk dilewatkan.

 

1. Dieng

Dieng Plateau

Imej: manuel secher | Flickr

Dataran tinggi dengan kawah dan kompleks candi adalah perpaduan magis dan alami yang mengagumkan.

Anda juga bisa berburu matahari terbit dan tenggelam disini. Jika beruntung bisa menyaksikan embun bak salju dengan suhu di bawah nol derajat. Jika ingin merasakan negeri di atas awan, Dieng menjadi pilihan yang tepat. Kawah Sikidang menjadi pusatnya.

Kawahnya unik karena setidaknya setiap 4 tahun, kolam kawah berpindah. Karena itulah diberi nama kawah Sikidang yang artinya Kijang. Kawah yang berpindah ini seperti melompat dari tempat ke tempat lain seperti Kijang. Kawah ini menjadi spot foto wajib jika ke Dieng. Sementara untuk candi, yang paling menjadi favorit pengunjung adalah Candi Arjuna. Sedangkan candi lainnya ada Candi Gatotkaca, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Semar. Candi-candi ini warisan luar biasa dari abad ke 7.

 

2. Taman Rekreasi Margasatwa Seruling Mas

Seruling Mas Zoo

Imej: @serulingmas_zoo | Instagram

Meski bukan kebun binatang besar, namun setidaknya di sini kita bisa menikmati suasana kebun binatang tanpa hiruk pikuk pengunjung. Selain bisa melihat aneka satwa, pengunjung juga bisa menikmati lembah Sungai Serayu yang penuh dengan lahan persawahan dan perkebunan bak permadani. Wisata edukasi untuk keluarga juga tersedia.

 

3. Sungai Serayu

Sungai Serayu

Imej: @kasmad.pic | Instagram

Sungai yang melintasi lima kabupaten dengan bermuara di Samudera Hindia ini menawarkan pemandangan sisi kiri dan kanan yang menawan. Bagi anda pecinta Arung Jeram, Sungai Serayu menawarkan arus menantang dengan pemandangan indah persawahan, perkebunan, tebing dan bukit menawan. Atau anda bisa sekedar menikmati duduk di pinggir sungai dengan bebatuan raksasa. Bahkan saat anda melintasi Banjarnegara menuju kabupaten tetangga Wonosobo, Sungai Serayu terlihat seperti naga berwarna putih yang gagah perkasa. Arus sungai yang terpecah oleh bebatuan menjadikan air beriak seperti berwarna putih. Sungai Serayu ini "ular naga" seperti menjaga sawah dan bukit tetap hijau.

 

4. Kolam Renang Tirta Teja

Kolam Renang Tirta Teja

Imej: @dkrsusii | Instagram

Kolam renang ini terletak di dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan menawarkan pemandangan perbukitan yang menenangkan. Jadi anda bisa merasakan kesegaran air dan juga mata yang dimanjakan hijaunya perbukitan.

 

5. Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Imej: @diyaahyn | Instagram

Taman one-stop untuk keluarga. Ada wisata belanja, taman air, Rafting, dan juga bioskop. Lokasi wisata ini menawarkan sisi wisata modern.

 

6. Alun-Alun Banjarnegara

Alun-Alun Banjarnegara

Imej: @banjarnegarazone | Instagram

Inilah jantung kota Banjarnegara. Di alun-alun ini, anda bisa menikmati suasana tengah kota namun nyaris hening tanpa banyak orang berlalu lalang. Ada pohon beringin raksasa berusia ratusan tahun yang mengelilingi alun-alun ini. Bisa menjadi tempat olahraga yang sangat menyenangkan. Dari alun-alun anda juga bisa menikmati bangunan kantor Bupati.

Itu enam rekomandasi lokasi wisata di Banjarnegara. Tapi sebenarnya sih setiap jengkal tanah di Banjarnegara itu indah. Anda bisa berwisata kapan saja dan dimana saja.

Lalu bagaimana dengan kulinernya? Dijamin semua makanan di Banjarnegara halal. Tak perlu khawatir.

Dan berikut rekomendasi kuliner di Banjarnegara yang wajib dicoba:

 

1. Dawet Ayu

Dawet Ayu

Imej: @novemlawalata | Instagram

Minuman legendaris khas Banjarnegara ini terbuat dari perpaduan rebusan tepung beras dengan warna hijau yang terbuat dari perasan daun pandan disajikan dengan gula kelapa dan santan. Disajikan dingin minuman ini sungguh nikmat. Yang paling top rasanya adalah Dawet Jamil berlokasi di perempatan Desa Tapen.

 

2. Bakso Gondang Rejo

Bakso Gondang Rejo

Imej: @henrymulyowibowo8391 | Instagram

Berlokasi di depan alun-alun Banjarnegara bakso ini menjadi incaran mereka yang berkunjung ke ibu kota kabupaten atau bagi mereka yang pulang dari rantau. Yang membedakan bakso di Banjarnegara dengan bakso dari daerah lain adalah, bakso di Banjarnegara disajikan dengan ketupat. Jadi buat anda yang merasa belum makan jika belum makan nasi, bakso Banjarnegara sangat cocok. Gurihnya kuah bakso akan meresap ke dalam potongan-potongan ketupat berpadu dengan bakso dengan daging yang empuk.

 

3. Buntil

Buntil

Imej: @kuliner_asiksolo | Instagram 

Buntil adalah makanan yang dibuat dari bahan utama daun talas atau daun singkong atau daun pepaya. Daun talas, daun pepaya atau daun singkong digunakan untuk membalut parutan kelapa yang dicampur dengan teri dan petai cina. Lalu disajikan dengan kuah santan kental yang gurih dan pedas. Bisa disantap dengan nasi putih atau nasi jagung hangat. Yang menjadi pilihan utama bisanya buntil daun talas. Tekstur daun talas yang dimasak hingga lembut akan serasa lumer di lidah, berpadu dengan kuah kental yang gurih.

 

4. Gejos/Ondol

Gejos/Ondol

Imej: @tegalfoodies | Instagram

Terbuat dari singkong yang diparut kemudian dicampur dengan tepung tapioka. Bumbunya sederhana hanya garam, bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan. Semua bahan diaduk lalu dibentuk bulat atau pipih dan digoreng.

Enak disantap hangat dengan cabai hijau segar. Camilan yang enak untuk teman nimun teh atau kopi.

Nah itu tadi rekomendasi lokasi wisata dan juga kuliner di Banjarnegara. Lalu bagaimana soal penginapan atau hotel?

Jika ingin suasana menginap modern anda bisa beristirahat dengan nyaman di Hotel Surya Yudha, dan jika ingin menikmati suasana menginap alami bisa ke di Pikas Adventure Resort. Di Pikas juga menawarkan paket wisata petualang.

Yuk datang ke Banjarnegara, dijamin anda tidak akan kecewa. Destinasi wisata yang cocok buat kamu untuk mencari ketenangan dan menghindari keramaian.

Freelance journalist. Currently aggregating economic news for analytical news service dedicated to competition law and regulatory developments around the world. Former reporter of tvOne (Indonesian television news channel) and NHK (Japan Broadcasting Corporation).

Leave a comment