6 Cara Untuk Membaca Al-Qur'an dalam Perjalanan Anda

By Halal Trip | 24, Aug, 2022
6 Cara Untuk Membaca Al-Qur'an dalam Perjalanan Anda

Baik dalam perjalanan ke atraksi tertentu antar kota ketika menunjungi negara lain, sebagian dari kita tetap mendambakan koneksi dan kedekatan kepada Allah dengan tidak melewati bacaan harian kita, oleh karena itu biarkanlah Al-Qur'an menjadi teman terbaik dalam perjalanan Anda. Namun terkadang, tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat sedikit kesulitan dalam membawa kitab suci tersebut, baik karena ukuran yang terlalu besar atau tebal. 

Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah terdapat banyak cara untuk mempermudah dan membawa Al-Qur'an dan untuk mengikuti bacaan harian Anda. Berikut ini adalah 6 cara untuk menjaga agar Anda bisa berada dekat Al-Qur'an bahkan saat Anda bepergian.

HalalTrip's Uzbekistan Retreat Package

 

Membawa Al-Qur’an Berukuran Kecil

al-quran berukuran kecil

Image Credit: Wizdan Zacky Fauzan on Unsplash

Sebagian besar dari kita masih lebih suka membaca dan membawa Al-Qur'an berbentuk cetak saat bepergian, baik karena kemudahan pembacaan di mata maupun untuk memenuhi kepuasan untuk memegang Al-Qur’an dalam bentuk fisik. Oleh karena itu, pada saat ini banyak percetakan yang telah menyediakan berbagai pilihan untuk Al-Qur'an berukuran travel size yang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk bisa memenuhi preferensi Anda. Al-Qur'an berukuran kecil tersebut umumnya dapat dalam tas maupun saku Anda, membuatnya ringan dan mudah disimpan saat bepergian!

 

Meminjam dari Hotel

Ketika sedang dalam perjalanan negara-negara mayoritas Muslim atau hotel ramah Muslim, Anda dapat menemukan sebagian besar dari hotel tersebut untuk memiliki Al-Qur'an, yang ditempatkan di laci kamar atau dengan meminjamnya ke pihak hotel. Agar lebih pasti, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu atau menghubungi pihak hotel sebelumnya untuk meminta salinan ditempatkan di kamar terlebih dahulu. Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui kemudahan akses terhadap Al-Qur’an, Anda dapat juga mengecek berdasarkan penilaian hotel oleh Crescentrating terhadap aksesibilitas tersebut di HalalTrip!

 

Aplikasi Al-Qur'an

aplikasi Al-Quran

Image Credit: Bagas Rais R on Unsplash

Dengan semakin banyak wisatawan dan berkembangnya aksesibilitas ke appstore, maka lebih banyak developer yang menyediakan aplikasi-aplikasi Al-Qur’an pada ponsel genggam. Telah tersedia banyak aplikasi-aplikasi seluler seperti Muslim Pro, Holy Quran, dan banyak pilihan aplikasi lainnya yang memberi pengguna banyak pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Beberapa aplikasi juga menyediakan terjemahan bahasa dalam berbagai bahasa, rekaman audio untuk mempermudah murotal, dan bahkan add-on seperti huruf berkode warna untuk tajwid.

 

Gawai Khusus Al-Qur’an 

Ingin bebas dari distraksi dan fokus terhadap bacaan Anda? Anda dapat membeli gawai khusus Al-Qur’an yang berbentuk perangkat digital MP3 maupun MP4. Umumnya berukuran tidak lebih besar dari ponsel pintar, gawai ini dibuat khusus untuk mendengarkan dan membaca Alquran. Beberapa diantaranya juga datang dengan layanan yang dapat membantu aktivitas membaca Anda seperti pointer yang interaktif, tajwid berwarna, rekaman audio, bahkan pemindai Al-Qur’an sehingga ketika Anda menemukan bacaan tertentu dan Anda ingin mengikutinya, cukup pindai lalu Anda bisa membaca halaman, bab, atau ayat apa pun.

 

Al-Qur’an Interaktif Online

laptop untuk mengakses Al-Quran

Image Credit: Devin Pickell on Unsplash

Jika Anda sedang bepergian dan memiliki akses internet, cobalah untuk menggunakan Al-Qur’an yang tersedia secara online dan bisa diakses langsung dari peramban Anda, seperti MyIslam tau Tanzil. Keduanya menyediakan antarmuka yang mudah digunakan, dengan akses yang mudah untuk laptop atau ponsel Anda.

 

Mengunduh E-book Al-Qur'an 

E-book adalah alternatif termudah untuk membaca Al-Qur'an yang saat bepergian. E-book tersebut dapat anda unduh sebelum bepergian dari aplikasi Al-Qur’an tertentu, penyedia e-book di appstore, maupun di peramban internet Anda. Cocok untuk Anda yang menghindari pembelian paket data!

 

Cara Terbaik untuk Muslim dalam Bepergian

cara terbaik untuk muslim dalam membaca al-quran

Image Credit: The Dancing Rain on Unsplash

Yang terbaik tentu saja adalah membawa ayyah Al-Qur'an di dalam hati kita. Namun, bagi kita yang masih kesulitan dan bergelut dengan hafalan, Alhamdulillah dengan adanya perkembangan teknologi dan pilihan yang begitu beragam, kini kita bisa memilih metode termudah dan yang paling cocok untuk kita.

Untuk para wisatawan Muslim kami menyarankan Anda untuk mengunduh aplikasi HalalTrip di gawai maupun ponsel seluler untuk mempermudah perjalanan Anda. Dengan layanan yang terintegrasi penuh, Anda dapat mengetahui waktu shalat dimanapun Anda berada (bahkan dalam penerbangan), menemukan makanan dan restoran halal terdekat, merencanakan jadwal perjalanan, panduan untuk kota yang ingin dituju, mengetahui arah kiblat, menemukan masjid terdekat, dan fitur-fitur lainnya!

Leave a comment