Distrik Ramah Muslim di Hong Kong

By Halal Trip | 31, Jul, 2023
Distrik Ramah Muslim di Hong Kong

Artikel ini aslinya ditulis dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel versi Inggris yang ditulisnya di sini.

Hong Kong, sebuah kota yang dikenal karena energi yang bersemangat dan berbagai budaya yang beragam, merupakan tujuan yang selalu berhasil memikat para wisatawan. Terbagi menjadi berbagai distrik, masing-masing dengan pesonanya sendiri, Hong Kong menawarkan banyak atraksi, pilihan makanan Halal, dan fasilitas beribadah bagi para wisatawan Muslim untuk dijelajahi.

Dalam panduan komprehensif ini, kami akan membawa Anda dalam perjalanan melalui distrik-distrik di Pulau Hong Kong, Pulau Lantau, dan Kowloon, menampilkan yang terbaik dari setiap area dan bagaimana cara mencapai destinasi-destinasi ini.

 

Transportasi di sekitar Hong Kong & MTRPeta MTR

Peta MTR; Kredit Foto: MTR

Berkeliling di Hong Kong menjadi mudah dengan berbagai pilihan transportasi.

Mass Transit Railway, atau MTR, adalah tulang punggung sistem transportasi Hong Kong. Dengan jaringan kereta yang luas yang mencakup distrik-distrik utama dan berbagai jenis atraksi, MTR merupakan cara yang nyaman dan efisien untuk berkeliling kota. Oleh karena itu, dalam artikel ini, MTR akan menjadi mode transportasi utama untuk mencapai berbagai bagian di Hong Kong.

Untuk meningkatkan pengalaman perjalanan Anda, pastikan untuk mengunduh aplikasi seluler MTR, yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini menyediakan informasi waktu nyata tentang jadwal kereta, rute, dan fasilitas stasiun, sehingga menjadi alat yang sangat berharga dan berguna untuk bernavigasi dalam jaringan transportasi publik yang luas di Hong Kong.

Apple App Store | Google Playstore

Namun, kami juga telah menyertakan opsi dari mode transportasi lain yang khas akan Hong Kong agar Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lengkap dari segala yang Hong Kong telah tawarkan. Berikut adalah beberapa mode transportasi lain yang termasuk dalam artikel ini:

Tram: Tram ganda ikonis ini bukan hanya merupakan moda transportasi tetapi juga sebuah atraksi turis. Menaiki tram memungkinkan Anda merasakan atmosfer Pulau Hong Kong yang bersemangat dengan santai.

Minibus: Minibus beroperasi dengan rute tetap dan menawarkan cara fleksibel untuk mencapai tujuan yang mungkin tidak dapat diakses oleh MTR atau tram secara langsung. Bus-bus kecil ini merupakan pilihan populer untuk menjelajahi area-area di Hong Kong yang lebih jarang dikunjungi.

Peak Tram: Untuk pengalaman tak terlupakan, naiklah Peak Tram untuk mencapai puncak Victoria Peak. Perjalanan ini menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan, dan begitu Anda mencapai puncaknya, Anda akan diberi pemandangan panorama yang luar biasa.

Star Ferry: Menghubungkan Pulau Hong Kong dan Kowloon, Star Ferry adalah moda transportasi yang dicintai yang tidak hanya menyediakan cara nyaman untuk menyeberangi Victoria Harbour, tetapi juga pemandangan menakjubkan dari garis langit kota dari atas air.

Aqua Luna: Berbentuk kapal tradisional Cina yang elegan, Aqua Luna menawarkan pengalaman yang unik dengan pemandangan yang indah. Kapal mewah ini akan membawa Anda dalam pelayaran santai di sepanjang Victoria Harbour, memungkinkan Anda menikmati pemandangan kota dari perspektif yang berbeda.

 

Pulau Hong Kong: Tempat Tradisi Bertemu Modernitas

Pulau Hong Kong adalah jantung dari kota yang penuh dengan landmark ikonis, lingkungan yang ramai, dan perpaduan pesona dunia lama dan modern. Mari jelajahi dua distrik terkenal di Pulau Hong Kong: Distrik Central & Western dan Distrik Wan Chai & Eastern.

 

Central & Western District

Central & Western District Adalah pusat sejarah dan keuangan Hong Kong. Distrik ini memiliki campuran kaya destinasi budaya, pasar yang ramai, dan keajaiban arsitektur. Berikut adalah beberapa atraksi yang harus dikunjungi di distrik ini:

Atraksi

Central MarketCentral Market

Terletak tepat di jantung Central, Central Market adalah gedung bersejarah yang telah diubah menjadi pusat yang ramai akan makanan, budaya, dan kegiatan belanja. Di dalamnya, Anda akan menemukan berbagai stan yang menjual produk-produk segar, makanan lezat lokal, dan kerajinan artisanal. Tempat yang fantastis untuk merasakan suasana kuliner Hong Kong dan menemukan oleh-oleh unik.

MTR: Tsuen Wan / Island Line, Stasiun Central > 6 menit berjalan kaki

 

Victoria Peak & Peak TramPeak Tram

Kredit Gambar: Hong Kong Tourism Board

Tidak ada kunjungan ke Hong Kong yang lengkap tanpa perjalanan ke Victoria Peak, landmark paling ikonis kota ini. Dengan tinggi 552 meter di atas permukaan laut, puncak tersebut menawarkan pemandangan panorama yang tak tertandingi dari garis langit Hong Kong, Victoria Harbour, dan pulau-pulau di sekitarnya. Untuk mencapai ke puncak, naiklah Peak Tram dari Stasiun Central, dan nikmatilah perjalanan yang indah seiring tram menaiki jalur yang curam ke puncak.

MTR: Tsuen Wan / Island Line, Stasiun Central > 12 menit berjalan kaki ke The Peak Tram > Naik tram ke puncak

 

Mengikuti Tur Seni Jalanan yang Instagrammable di Hong KongSeni Jalanan yang Instagrammable di Hong Kong

Jika Anda seorang penggemar seni jalanan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi seni-seni jalanan yang berwarna di Hong Kong. Kami menyarankan Anda untuk mengikuti tur seni jalanan seperti tur dari Wanderlust Walks Hong Kong Street Art Tours di mana mereka tidak hanya akan membawa Anda ke instalasi seni tetapi juga menceritakan kisah di balik mural-mural yang menawan. Tur ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi lingkungan kota dengan berjalan kaki.

MTR: Tsuen Wan / Island Line, Stasiun Central > 7 menit berjalan kaki ke 11 Chocrane Street

 

Masjid/Fasilitas Tempat Beribadah

Masjid JamiaMasjid Jamia

Terletak di area Mid-levels Central, Masjid Jamia adalah tempat ibadah penting bagi komunitas Muslim di Hong Kong dan merupakan masjid tertua di Hong Kong. Masjid Jamia juga baru-baru ini direnovasi, memberikan tampilan baru yang segar pada masjid yang megah ini dan menjadikannya pusat kegiatan Islami yang menakjubkan. Sebuah tempat yang bagus untuk singgah di mana Anda dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman di oasis kedamaian dan ketenangan di jalanan ramai Hong Kong.

Jarak dari Central Market: 13 menit berjalan kaki (dapat diakses melalui Eskalator Mid-levels)

 

Makanan Halal

Flaming FrangoFlaming Frango

Jika Anda mencari ayam panggang gaya Portugis yang lezat, kunjungilah Flaming Frango. Terletak dekat Central Market, restoran populer ini menawarkan berbagai hidangan yang menggoda, mulai dari daging panggang hingga hidangan samping yang penuh rasa.

Jarak dari Central Market: 8 menit berjalan kaki (dapat diakses melalui Eskalator Mid-levels)

 

Wan Chai & Eastern District

Wan Chai & Eastern District adalah lingkungan yang ramai dengan beragam landmark budaya, peluang belanja, dan kenikmatan kuliner. Berikut adalah beberapa sorotan distrik ini:

Atraksi

Causeway BayCauseway Bay

Dikenal sebagai surga belanja Hong Kong, Causeway Bay adalah distrik yang ramai dengan pusat perbelanjaan, butik, dan pasar jalanan. Jelajahi Times Square, Lee Gardens, dan jalan-jalan sekitarnya, di mana Anda akan menemukan berbagai merek internasional, toko-toko desainer lokal, dan butik fashion trendi.

MTR: Island Line, Stasiun Causeway Bay

 

Arte MArte M

Para pecinta seni tidak boleh melewatkan kunjungan ke Arte M, galeri seni kontemporer yang terletak di Quarry Bay. Galeri ini menampilkan beragam karya seni dari seniman lokal maupun internasional, menyediakan platform bagi ekspresi kreatif dan pertukaran budaya.

MTR: Island Line, Stasiun Quarry Bay > 7 menit berjalan kaki

 

Masjid/Fasilitas Tempat Beribadah

Masjid AmmarMasjid Ammar

Masjid Ammar, yang terletak di Wan Chai, adalah tempat ibadah penting bagi komunitas Muslim di Hong Kong. Masjid ini menyediakan fasilitas beribadah dan sebagai tuan rumah dari berbagai acara komunitas dan kegiatan keagamaan.

Tram: Tonnochy Road > 3 menit berjalan kaki
ATAU
Bus: 101, 111, 115 Heard Street; Wan Chai Road > 3 menit berjalan kaki

 

Makanan Halal

Islamic Centre CanteenIslamic Centre Canteen Dim Sum

Terletak di dalam Masjid Ammar, Islamic Centre Canteen adalah tempat populer untuk makanan Halal. Tempat ini menawarkan berbagai hidangan, termasuk masakan lokal dan internasional, menjadikannya tempat yang ideal untuk makanan enak yang memuaskan.

Lokasi yang sama dengan Masjid Ammar.

 

JAJA (Restoran Vegetarian)JAJA

Jika Anda mencari pilihan vegetarian, JAJA adalah pilihan yang fantastis. Restoran ini, terletak dekat Wan Chai, menawarkan berbagai hidangan vegetarian dan vegan yang tidak hanya sehat tetapi juga lezat.

Bus: 18, 720, 722, 788 Immigration Tower, Gloucester Road > 3 menit berjalan kaki

 

Southern District: Ketenangan di Tengah Alam

Bagi mereka yang mencari ketenangan dari hutan beton perkotaan, Southern District dari Pulau Hong Kong menawarkan pelarian yang tenang dengan pantai-pantai indah, jalur-jalur pendakian yang indah, dan atraksi budaya. Mari jelajahi beberapa atraksi dan fasilitas kunci di distrik ini:

Atraksi

Ocean ParkOcean Park

Sebuah tujuan tercinta bagi keluarga dan pecinta alam, Ocean Park adalah taman hiburan dan taman tema laut dalam satu paket. Rasakan wahana yang memacu adrenalin, temui makhluk laut yang menakjubkan, dan nikmati pertunjukan menarik.

MTR: South Island Line, Stasiun Ocean Park

 

Masjid/Fasilitas Tempat Beribadah

Ruang Ibadah (Ocean Park)Ruang Ibadah (Ocean Park)

Terletak di samping pintu masuk taman, Anda akan menemukan ruang ibadah di dalam Kantor Hubungan Tamu yang lengkap dengan ruang Wudhu sehingga pengunjung dapat beribadah dan mencari momen yang penuh akan ketenangan. Untuk menggunakan ruang ini, cukup beri tahu staf di loket Kantor Hubungan Tamu bahwa Anda ingin menggunakan ruang ibadah untuk beribadah.

Tepat di samping pintu masuk Ocean Park.

 

Makanan Halal

Clown Corner, Thrill Mountain

Terletak di dalam Ocean Park, Clown Corner di Thrill Mountain menawarkan pilihan hidangan bersertifikat Halal, memastikan bahwa pengunjung Muslim dapat menikmati pengalaman makan yang lezat saat menjelajahi taman.

Dapat diakses melalui Kereta Gantung atau Ocean Express.

 

Pulau Lantau: Surga Keindahan Alam

Pulau Lantau, pulau terbesar di Hong Kong, dikenal karena pemandangan alamnya yang menakjubkan, landmark budayanya, dan atraksi yang ramah keluarga. Mari jelajahi Tsuen Wan District & Island District, di mana Anda akan menemukan atraksi ikonis seperti Hong Kong Disneyland dan Ngong Ping 360.

 

Tsuen Wan District & Island District

Tsuen Wan District & Island District menawarkan campuran menarik dari atraksi yang ramah keluarga, pengalaman budaya, dan pemandangan indah. Berikut adalah beberapa sorotan dari distrik ini:

Atraksi

Hong Kong DisneylandHong Kong Disneyland

Mulailah perjalanan ajaib di Hong Kong Disneyland, taman hiburan kelas dunia yang menawarkan pesona dan kegembiraan bagi pengunjung dari segala usia. Jelajahi taman bertema, kunjungi wahana-wahana menarik, temui karakter Disney yang tercinta, dan nikmati pilihan makanan lezat. Tinggallah hingga akhir dan saksikan pertunjukan di kastil Hong Kong Disneyland yang magis untuk mengakhiri malam Anda yang gemilang.

MTR: Tung Chung Line, Stasiun Sunny Bay > Disneyland Resort Line, Stasiun Disneyland Resort > 8 menit berjalan kaki

 

Ngong Ping & Ngong Ping 360Ngong Ping

Kredit Gambar: Artur Kornakov on Unsplash

Temukan harta karun budaya Pulau Lantau dengan mengunjungi Ngong Ping. Naiklah kereta gantung dengan pemandangan yang indah dari Stasiun Tung Chung ke Desa Ngong Ping, di mana Anda akan menemukan Patung Buddha Tian Tan (Big Buddha), Biara Po Lin, dan pengalaman budaya yang menyenangkan.

MTR:
Tung Chung Line, Stasiun Tung Chung > Ngong Ping 360
ATAU
Tung Chung Line, Stasiun Tung Chung > Bus 23

 

Tai-O Fishing Village Desa Tai O

Kredit Gambar: Camille Bismonte on Unsplash

Rasakan pesona desa nelayan tradisional di Tai-O Fishing Village . Jelajahi rumah-rumah bertiang, kios pasar yang ramai, dan nikmati hidangan seafood segar. Naiklah perahu untuk melihat lumba-lumba merah muda terkenal yang menghuni perairan sekitar Tai-O Fishing Village .

Bus
Bus dari Ngong Ping: 21
ATAU
Bus dari Tung Chung: 11

 

Masjid/Fasilitas Tempat Beribadah

Ruang Tenang (Hong Kong Disneyland)Ruang Tenang dengan area wudhu (Disneyland)

Area Wudhu juga tersedia di area tempat beribadah.

Terletak di samping Explorer's Club Restaurant di Hong Kong Disneyland, Ruang Tenang menyediakan tempat yang damai untuk beribadah dan merenung.

Tepat di samping Explorer's Club Restaurant, Disneyland.

 

Madrasah Tung Chung

Madrasah Tung Chung berfungsi sebagai tempat ibadah bagi komunitas Muslim, menyediakan fasilitas tempat beribadah dan mengadakan kegiatan keagamaan.

Bus dari Yu Tung Court dekat Stasiun Tung Chung: 38, Rumah Kui Yat; Jalan Yat Tung > 2 menit berjalan kaki

 

Madrasah Taleem-ul-Quran

Madrasah Taleem-ul-Quran adalah tempat ibadah lain di Tung Chung, menawarkan fasilitas tempat beribadah dan pendidikan keagamaan.

Bus dari Fu Tung Plaza dekat Stasiun Tung Chung: 11, Ha Lang Pei > 1 menit berjalan kaki

 

Makanan Halal

Tahitian Terrace (Disneyland)Tahitian Terrace

Terletak di dalam Hong Kong Disneyland, Tahitian Terrace menawarkan hidangan bersertifikat Halal yang terinspirasi dari masakan Asia Tenggara dan Polinesia. Nikmati pengalaman makanan yang lezat di dalam dunia Hong Kong Disneyland yang menakjubkan.

 

Ebeneezer's Kebabs & Pizzeria (Halal)

Ebeneezer's Kebabs & Pizzeria adalah restoran bersertifikat Halal dengan cabang di Ngong Ping dan Tung Chung. Nikmati kebab lezat, pizza, dan hidangan lain yang terinspirasi dari Timur Tengah dan India.

Ngong Ping: Toko 9A, G/F, Ngong Ping Themed Village, Ngong Ping, Pulau Lantau

Tung Chung: Toko G11, Sheraton Hotel, 9 Yi Tung Road, Tung Chung, New Territories

 

Kowloon: Tempat Berkumpul yang Bersemangat

Berpindah ke Kowloon, pengunjung akan disambut oleh lingkungan yang hidup dan penuh keragaman. Mari jelajahi Yau Tsim Mong District, yang merupakan rumah bagi pasar-pasar yang ramai, atraksi budaya, dan masjid terbesar di Hong Kong—Masjid Kowloon.

 

Yau Tsim Mong District

Yau Tsim Mong District adalah kawasan yang hidup dan bersemangat yang menawarkan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan, atraksi budaya, dan tempat-tempat menarik lainnya. Berikut adalah beberapa sorotan distrik ini:

Atraksi

Temple Street Night MarketTemple Street

Kredit Foto: Natalie Leung di Unsplash

Temple Street Night Market adalah pasar malam terkenal yang menawarkan pengalaman yang mengasyikkan. Di sini, Anda akan menemukan barang-barang antik, pakaian, pernak-pernik, dan makanan jalanan lezat. Nikmati suasana malam yang bersemangat dan kesempatan untuk mencoba tangan Anda dalam seni tawar-menawar.

MTR: Tsuen Wan Line, Stasiun Jordan > 4 menit berjalan kaki

 

M+M+

Terletak di  West Kowloon Cultural District, M+ adalah museum seni kontemporer yang menampilkan beragam seni visual, desain, dan arsitektur. Jelajahi pameran-pameran yang dapat memprovokasi pikiran dan nikmati keindahan kreativitas kontemporer.

MTR: Tung Chung Line, Stasiun Kowloon > berjalan kaki 5 menit

 

Hong Kong Palace Museum

Berdekatan dengan M+ ada museum lain yang patut Anda kunjungi, yaitu Hong Kong Palace Museum. Museum Istana Hong Kong menampilkan koleksi seni dan budaya Tiongkok berkelas dunia. Lengkap dengan beragam seni visual, desain, dan arsitektur mulai dari kontemporer hingga harta karun tak ternilai dari masa lalu, kunjungan ini akan memberikan pengalaman sejati dari apa yang ditawarkan pusat budaya ini.

Hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari M+.

 

Mong Kok (Pasar Wanita Mong Kok)Mong Kok (Pasar Wanita Mong Kok)

Mong Kok adalah lingkungan yang ramai, dikenal karena kehidupan jalanan yang bersemangat dan peluang berbelanja. Pasar Wanita Mong Kok, khususnya, merupakan tujuan wajib dikunjungi, menawarkan beragam pakaian, aksesori, dan suvenir dengan harga murah.

MTR: Tsuen Wan Line, Stasiun Mong Kok > 4 menit berjalan kaki 

 

Victoria Harbour & Harbour CityVictoria Harbour di Harbour CIty

Victoria Harbour yang ikonik adalah pemandangan yang menakjubkan, dengan latar belakang langit-langit yang memukau. Berjalan-jalanlah santai di sepanjang promenade dan nikmati pemandangan yang mempesona. Bagi para pecinta belanja, mengunjungi Harbour City, salah satu kompleks perbelanjaan terbesar di Hong Kong, adalah suatu keharusan.

Star Ferry:
Dari Central Pier 9 ke Tsim Sha Tsui Star Ferry Pier
ATAU
Dari Tsim Sha Tsui Star Ferry Pier ke Central Pier 9

 

Symphony of Lights Cruise (Aqua Luna)Aqua Luna Symphony of Lights

Kredit Gambar: Badan Pariwisata Hong Kong.

Nikmati pertunjukan Symphony of Lights yang terkenal di dunia, sebuah pertunjukan multimedia cahaya dan suara yang menerangi langit-langit Hong Kong. Berlayarlah dengan perahu jung Aqua Luna yang menawan untuk mendapatkan tempat duduk di barisan depan demi pertunjukan menakjubkan ini.

Aqua Luna Cruise:
Dari Central Pier 9 ke Tsim Sha Tsui Public Pier 1
ATAU
Dari Tsim Sha Tsui Public Pier 1 ke Central Pier 9

 

Masjid/Fasilitas Shalat

Masjid KowloonMasjid Kowloon

Sebagai masjid terbesar di Hong Kong, Masjid Kowloon berfungsi sebagai tempat ibadah penting dan pusat komunitas Muslim. Tempat ini menyediakan fasilitas shalat dan menyelenggarakan berbagai acara keagamaan dan kegiatan komunitas.

MTR: Tsuen Wan Line, Stasiun Tsim Sha Tsui, Exit A1

 

Makanan Halal

Gaylord Indian Restaurant Gaylord Indian Restaurant

Nikmati masakan India otentik di Gaylord Indian Restaurant, sebuah tempat makan terkenal yang dikenal dengan hidangan lezat dan suasana hangatnya.

MTR: Tsuen Wan Line, Stasiun Tsim Sha Tsui, Exit E

 

Imperial PatisserieImperial Patisserie

Puaskan keinginan Anda akan makanan manis dengan pastri dan camilan lezat bersertifikat Halal dari Imperial Patisserie, sebuah toko roti terkenal yang terletak di Tsim Sha Tsui.

MTR: Tsuen Wan Line, Stasiun Tsim Sha Tsui, Exit A1

 

Kesimpulan

Hong Kong, dengan distrik-distrik yang ramai dan beragam atraksinya, menawarkan berbagai pengalaman yang luar biasa bagi setiap pelancong. Mulai dari menjelajahi landmark ikonis di Pulau Hong Kong hingga menikmati keindahan alam Pulau Lantau dan merasakan perpaduan budaya di Kowloon, kota ini adalah harta karun yang menunggu untuk ditemukan.

Dengan sistem transportasi umum yang efisien, termasuk MTR, trem, minibus, Peak Tram, Star Ferry, dan Aqua Luna, menjelajahi kota ini menjadi lebih mudah. Temukan atraksi-atraksi menarik, nikmati makanan Halal yang lezat, dan temukan tempat-tempat ibadah dengan mudah saat Anda memulai perjalanan tak terlupakan melalui kota yang memukau ini.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh Badan Pariwisata Hong Kong.

 

 

Leave a comment