Idul Fitri: Menikmati Makanan Khas Lebaran

By Halal Trip | 09, Apr, 2024
Idul Fitri: Menikmati Makanan Khas Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah perayaan yang selalu kita tunggu-tunggu setiap tahunnya, dan selalu dinantikan dengan penuh antusias oleh orang-orang dari segala usia. Ini adalah saat di mana teman dan keluarga berkumpul - dan di mana tradisi-tradisi Ied serta hidangan khusus Ied menjadi sorotan utama. Dengan hidangan khusus ied dan kebahagiaan yang dibawa oleh keluarga dan kerabat, akan pasti menjadikan lebaran ini yang terbaik dalam kehangatan tersebut. Oleh karena itu, waktunya untuk masuk dalam suasana kemeriahan Lebaran! Berikut adalah hidangan dan makanan khas yang tidak boleh Anda lewatkan pada Lebaran ini!

Kunjungi halaman Ramadan 2024 kami untuk lebih banyak konten mengenai Ramadan dan Ied!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Opor Ayamopor ayam

Kredit Foto: PxHere

Ini adalah salah satu menu paling terkenal di Indonesia yang semua orang tunggu-tunggu selama Lebaran. Bagi Anda yang tidak familiar dengan menu ini, hidangan ini bisa dianggap sebagai semangkuk ayam kuning bersantan yang gurih.

Hidangan tradisional ini berisi ayam yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan Ketupat. Anda juga bisa menikmati semangkuk opor dengan bawang merah goreng sebagai hiasan.

Opor didominasi oleh rasa gurih, namun Anda bisa menambahkan beberapa cabai atau sambal untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas. Sambal Goreng adalah tambahan terbaik untuk Ayam Opor Anda! Beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk memasak Opor adalah ayam potong kecil, serai, daun salam, santan, bawang merah, bawang putih, lengkuas, biji ketumbar, biji jintan, garam, dan gula. Cobalah membuat Ayam Opor Anda sendiri di Lebaran tahun ini!

 

2. Sambal Goreng

Umumnya di Indonesia, Sambal Goreng adalah teman terbaik untuk Opor, tetapi kita juga bisa memiliki Sambal Goreng sebagai menu terpisah yang dimakan bersama nasi hangat atau lontong.

Ada berbagai isian dalam Sambal Goreng, misalnya, kentang, hati ayam dan jeroan, tahu, dan bahkan tempe yang dapat diubah tergantung pada preferensi Anda. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mengoseng semua bahan dalam satu wajan. Bahan lainnya termasuk cabai merah, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, terasi, daun jeruk, dan asam jawa. Untuk isian, Anda bisa memilih apa pun yang Anda inginkan sesuai selera.

Anda akan bisa menemukan sambal goreng di banyak rumah yang akan Anda kunjungi selama lebaran karena hidangan ini cukup populer dan mudah disiapkan. Nikmatilah sambal goreng tersebut dengan memakannya bersama nasi, lontong, atau opor!

 

3. Rendangrendang

Kredit Foto: Alpha di flickr

Ini nih menu utama untuk Lebaran! Meja lebaran Indonesia tidak akan lengkap tanpa rendang dan tidak ada yang bisa menolak daya tarik dari hidangan terbaik di dunia. Hidangan ini yang berasal dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia, dinobatkan sebagai makanan terbaik di dunia oleh CNN's World's 50 Best Foods pada tahun 2011. Begitu Anda mencoba hidangan ini, tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk menikmatinya.

Rendang adalah salah satu hidangan utama yang disajikan biasanya disertai dengan ketupat dan lauk lainnya. Adonan bumbu yang terbuat terutama dari jahe, bawang merah, dan serai yang dikombinasikan dengan proses memasak yang lambat lebih meningkatkan rasa unik dari Rendang. Hidangan ini dimasak sampai semua cairan menguap - metode tradisional membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasak, yang menghasilkan daging yang sangat lembut dan bumbunya meresap dengan baik.

Hidangan ini disajikan selama acara-acara khusus untuk menghormati tamu dan juga selama musim-musim meriah seperti Idul Fitri. Dijamin akan membawa nuansa meriah ke rumah Anda tahun ini! 

 

4. Soto

Soto adalah makanan yang mudah disiapkan yang hanya membutuhkan tiga langkah. Hidangan lezat dengan kuah kental yang gurih ini sangatlah cocok untuk Eid. Bahan utamanya tidak sulit dicari; Anda bisa memilih ayam atau daging sapi sebagai isian utama, dan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica jintan, jahe, kunyit, santan, garam, dan gula untuk rempah dan bumbu yang Anda butuhkan. Untuk isian tambahan, Anda bisa menyertakan telur rebus, tomat merah, kentang rebus, keripik goreng, dan bawang merah goreng.

Soto adalah hidangan yang disukai banyak orang terutama anak-anak karena tidak pedas. Namun, jika Anda ingin menambahkan sedikit rasa pedas, Anda selalu bisa menyertakan sedikit cabai atau sambal di dalam kuahnya. Jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk extra di mangkuk soto Anda! 

 

5. Bakso

Bakso! Makanan favorit yang memiliki ruang khusus di perut bagi Anda yang merasa kenyang setelah makan semua hidangan berat itu. Dapat dikatakan bahwa menyantap bakso setelah hidangan khas lebaran tersebut merupakan kewajiban bagi banyak keluarga, dengan kuah yang segar dan bola daging yang bertestur mantap. 

Untuk Eid, bakso dengan kuah daging sapi adalah “camilan” terbaik hari itu. Untuk membuat hidangan ini lengkap, cukup sajikan bakso Anda dengan kuah daging sapi dengan mie, daun bawang, bawang goreng, sambal, kecap, tetelah, dan bahkan pilus untuk ditambahkan ke dalamnya.

 

6. Sate

Sate terkenal sebagai makanan jalanan tetapi juga termasuk dalam sebagian besar meja lebaran. Sate adalah hidangan yang terkenal di Indonesia dan juga identik dengan wujud syukuran dengan menyantap daging-dagingan. Hidangan khas ini terdiri dari daging yang dibumbui dengan baik yang ditusuk dan dipanggang - memiliki rasa pedas dan beraroma asap, dan disajikan dengan saus kacang dan kecap manis.

Anda juga bisa menyajikan Sate dengan beberapa ketupat atau Lontong. Ini akan membuat rasanya lebih enak! Waktu terbaik untuk menikmati sate adalah pada malam hari atau di malam hari. Malam perayaan lebaran akan lebih meriah dengan sate dan ketupat!

 

7. Ketupatketupat

Kredit Foto: Mufid Majnun di Unsplash

Ketupat merupakan makanan yang merupakan ikon lebaran di Indonesia. Ini adalah beras yang dimasak, dipadatkan, dan dibungkus dalam daun yang dianyam. Menghasilkan beras yang padat namun pulen, namun wangi karena cara masaknya yang unik. Ketupat adalah pengganti sempurna untuk nasi ketika Anda makan opor, sambal goreng, sate, atau rendang. 

Menyiapkan ketupat mungkin membutuhkan waktu karena Anda harus menenun ketupat (atau membelinya ke pasar) sebelum mengisinya dengan beras dengan takaran yang presisi, dan mengukusnya berjam-jam. Ketupat instan maupun ketupat jadi sudah semakin lazim untuk bisa ditemukan dimanapun, namun, jika Anda punya waktu, menyiapkan ketupat adalah kegiatan mengasyikkan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga Anda. Perayaan lebaran pasti tidak lengkap jika kita tidak makan ketupat!

 

8. Dodol

Hidangan manis lain yang sangat umum adalah dodol. Dodol adalah makanan penutup atau manisan berbasis gula aren yang dikaramelkan selama berjam-jam di atas perapian besar atau oven.

Dodol memiliki tekstur yang kenyal dan sangat padat. Kadang-kadang juga dipotong dalam berbagai bentuk. Saat ini, ada berbagai macam rasa seperti vanila, kelapa, apel, durian, atau mangga. Hidangan manis ini bisa dengan mudah ditemukan di setiap toko oleh-oleh, dan ini adalah hidangan penutup atau camilan sambil berbincang yang cocok untuk lebaran.

 

9. Kue Kering

Kita telah membahas hidangan berat dan ringan, jadi Anda pasti merasa kenyang hanya dengan membacanya, bukan? Sekarang mari kita istirahat sebentar dan makan sedikit makanan penutup. Rekomendasi pertama adalah berbagai kue kering yang biasanya disimpan dalam toples transparan dan disajikan di meja.

Baik manis maupun asin, kue-kue kering khas lebaran ini merupakan camilan yang identik dengan lebaran. Baik asin dan gurih seperti kaasstengels (kue keju), maupun manis seperti putri salju maupun nastar, kue kering ini akan selalu memikat setiap pengunjung rumah Anda baik muda maupun tua.

Perlu diingat bahwa kue-kue ini sebaiknya tidak dikonsumsi berlebih karena rasanya yang manis maupun kalorinya yang tinggi. 

 

10. Lapis Legitlapis legit

Kredit Foto: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Lapis Legit yang juga dikenal sebagai Spekkoek adalah kue yang identik dan sering dimakan selama lebaran. Kue ini harum dan mendapatkan rasa bermentega dan rempahnya dari jahe dan campuran rempah-rempah seperti bunga pekak atau kayu manis. 

Tersedia di berbakai toko roti maupun bakery, terdapat berbagai varian dari kue ini, mulai dari klasik, variasi berwarna-warni maupun dengan buah-buahan atau kacang. Pembuatannya yang cukup rumit, membuat lapis legit sebuah hidangan manis yang spesial untuk dinikmati maupun diberikan pada hari istimewa ini.

Leave a comment