5 Jajanan Pinggir Jalan, Cocok Untuk Kudapan Sore Hari Anda

By Halal Trip | 29, Aug, 2022
5 Jajanan Pinggir Jalan, Cocok Untuk Kudapan Sore Hari Anda

Di antara banyak hal yang terkenal di Indonesia, masakan dan kudapan ala Indonesia selalu mampu meninggalkan pengalaman yang istimewa. Budaya untuk berkuliner di Indonesia cukuplah kuat, dan dengan makanan yang beragam dan menggabungkan banyak rasa, terciptalah banyak hidangan yang unik dan menarik untuk Anda coba. Jika Anda mungkin ingin berkuliner ria terutama di sore hari, pastikan berkunjung ke tenda-tenda tradisional, warung makan, restoran, maupun gerobak-gerobak pedagang pinggir jalan untuk mencoba semua makanan lezat yang dijajakan. Lihatlah beberapa pilihan unik yang HalalTrip rekomendasikan dari beberapa jajanan pinggir jalan untuk kudapan sore Anda. Dijamin puas!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Soto

soto ayam bening

Image Credit: Sakurai Midori, CC BY-SA 2.1 JP, via Wikimedia Commons

Jika Anda mencari makanan tradisional di Indonesia yang memiliki rasa yang ringan namun mengenyangkan, maka soto tidak boleh dilewatkan dan harus ada di daftar teratas untuk kuliner sore Anda. Dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia yang juga terkenal di kancah internasional, soto adalah sup tradisional yang disajikan dalam berbagai variasi umumnya dengan daging ayam, kambing, dan sapi, yang dilengkapi dengan beberapa jenis sayuran. Selain itu ketika memesan soto, jangan lupa untuk memesan hidangan pendamping yang pastinya melengkapi soto tersebut. Hidangan pendamping yang wajib ada dalam menyantap soto diantaranya termasuk perkedel, kerupuk, sate-satean, telur puyuh dan banyak lagi. 

Apa yang unik dari masakan ini? Jenis dan variasi dari soto ini sendiri sangatlah beragam di setiap pelosok negeri, dengan setiap kota yang memiliki dan menciptakan versi mereka sendiri dengan memasukkan bahan atau rasa khusus mereka. Salah satu versi paling menarik yang bisa ditemukan di Indonesia adalah Soto Betawi yang berbahan dasar santan kental. Sangat cocok bagi Anda yang ingin sesuatu yang berkuah dan hangat, namun sedikit berat. Sedikit tidak sehat tapi patut dicoba.

 

2. Bakpao

bakpao isi daging sapi cincang

Image Credit: theAsianparent

Bakpao adalah contoh bagaimana budaya dan masakan internasional lainnya, yaitu dalam hal ini adalah pengaruh makanan Cina telah mempengaruhi budaya makanan Indonesia. Awalnya bakpao mengacu pada jenis roti Cina yang kebanyakan diisi dengan daging babi cincang. Tetapi karena komunitas Muslim yang besar di Indonesia, bakpao di Indonesia telah diadaptasikan dan umumnya ditawarkan dalam daging sapi cincang, ayam, vegetarian atau bahkan dengan isian manis seperti coklat dan kacang hijau. 

Pengadaptasian ini menjadikannya cocok untuk Muslim di Indonesia yang mendambakan makanan halal, sederhana namun lezat untuk dicoba. Bakpao umumnya tersedia di sebagian besar pedagang kaki lima di pinggir jalan atau pedagang keliling, memudahkan Anda untuk menemukan keberadaan bakpao. Selain bakpao yang dikukus, saat ini pedagang-pedagang di Indonesia juga senang berinovasi, melahirkan bakpao-bakpao unik seperti bakpao goreng, bakpao karakter, dan sebagainya.

 

3. Asinan Sayur

asinan betawi

Image Credit: NGOBROL!N 

Jika lidah Anda mendambakan sensasi yang mampu menggelitik lidah, maka asinan sayur adalah makanan khas Indonesia yang cocok dan wajib Anda coba. Hidangan ini dapat digambarkan sebagai campuran dari beberapa sayuran acar dan segar, yang disiram dengan saus yang unik. Asinan sayur memiliki rasa yang kuat dan khas karena proses fermentasi pada beberapa sayur. Nikmati beragam tekstur dalam asinan sayur yang bisa Anda dapatkan dari kerupuk, kol, timun, tahu, dan bahan lainnya yang lalu disajikan dengan saus kacang yang gurih, asam, manis, asin, dan pedas. Jika Anda merasa tidak bisa memakan yang asam dan pedas, terdapat juga variasi lainnya dengan rasa yang manis dan asin. Asinan sayur umumnya bisa Anda temukan dengan mudah di pedagang kaki lima, atau restoran di seluruh Indonesia.

 

4. Tahu Gejrot

tahu gejrot tradisional

Image Credit: theAsianparent

Walaupun dahulu tahu bukanlah makanan favorit masyarakat karena terbuat dari bahan pangan yang kurang baik, seiring berkembangnya waktu tahu telah menjadi salah satu bahan favorit untuk banyak masakan. Salah satu makanan lokal yang wajib disantap saat berkunjung ke Indonesia adalah Tahu Gejrot. Dinikmati oleh masyarakat dari muda hingga tua, Tahu Gejrot menyajikan tahu goreng berukuran gigitan yang direndam dalam kecap manis, cuka, bawang merah, gula merah, garam, dan sedikit irisan cabai. Camilan nikmat ini disajikan dengan cara yang unik - Anda tidak diberi garpu, sendok atau sumpit, melainkan tusuk gigi kayu. Anda juga umumnya bisa mengatur tingkat kepedasan ke penjualnya dengan meminta tabahan cabai yang diulek bersama tahu tersebut.

 

5. Pempek

pempek kapal selam

Image Credit: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Pempek adalah makanan asal Palembang yang merupakan favorit semua orang. Pempek sendiri terbuat dari gilingan lembut daging ikan yang dibumbui lalu dicampur dengan tepung dan bahan lainnya yang lalu digoreng dan dihidangkan dengan bihun atau mie kuning, timun, dan cuko. Siapa sih yang tidak suka makanan yang digoreng? Cuko dari pempek sendiri lah yang membuat rasa dari pempek tersebut semakin unik. Bentuk dari pempek yang beragam dengan bahan yang berbeda-beda umumnya menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda-beda pula. Beberapa pempek yang merupakan favorit banyak orang termasuk kapal selam (pempek berisi telur), adaan, lenjer, dan kulit ikan. Selain pempek goreng, banyak juga metode pemasakan lain yang membuat pempek semakin unik, seperti tekwan, model, lenggang, dan panggang.

Berencana untuk berangkat dan berkuliner ria disore hari? Gunakan aplikasi HalalTrip di gawai Anda untuk menemukan makanan dan restoran halal terdekat, menemukan masjid terdekat, dan fitur-fitur lainnya yang dapat membantu perjalanan Anda!

Leave a comment