Jakarta Aquarium & Safari: Mengenal Biota Laut Lebih Dekat

By Leo Galuh | 24, Jun, 2021
Jakarta Aquarium & Safari: Mengenal Biota Laut Lebih Dekat

Jakarta Aquarium & Safari (JAQS), salah satu destinasi pariwisata di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang masih memanjakan serta menyajikan berbagai macam kegiatan dan fasilitas saat pandemi Covid 19. Dibukanya Aquarium raksasa ini menjadi alternatif untuk melepas penat bagi warga Jakarta yang mungkin sudah terlalu bosan berada di dalam rumah.

Untuk menunjang kegiatan, pihak JAQS tentunya menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, seperti pembatasan kapasitas pengunjung maksimal sejumlah 30 persen dari jumlah pengunjung normal dan seluruh pegawai yang bertugas dipastikan telah tes swab antigen dan divaksinasi Covid-19. Selain itu, pihak pengelola juga melakukan disinfektan area secara rutin.

JAQS yang letaknya didalam mall ini tidak hanya ssbagai tempat jalan-jalan bagi keluarga maupun bagi anda para pasangan. Namun termpat ini juga memberikan banyak keseruan, memiliki nilai edukasi, dan tentunya instagramable.

Ada juga sensasi yang berbeda saat kita pergi ke Mall Neo Soho Jakarta Barat. Bukan hanya tempat perbelanjaan saja, tapi kita bisa merasakan sensasi di bawah laut yang jarang bisa kita temui. Tempat ini adalah Living Planet indoor terbesar di Indonesia, kerja sama antara Taman Safari Indonesia dan Aquaria KLCC, Malaysia. Dalam konservasi sebesar satu hektar dan ada lebih dari 3500 spesies hewan air dan non-akuatik.

Buat anda yang hobi berswafoto, tempat ini sangat sesuai untuk anda, banyak spot-spot foto menarik yang bisa anda temukan. Kami sudah merangkum informasi-informasi yang anda butuhkan. Untuk tau seperti apa keunikan Jakarta Aquarium Safari, simak beberapa wahana menarik ditempat ini

Get information regarding Hajj, Umrah, and Eid Al-Adha 2021, you can also visit our page dedicated to everything about Hajj, Umrah, and Eid Al-Adha 2021!

Visit our Hajj & Umrah page for more Umrah, Hajj and Eid content!

 

Peta Jakarta Aquarium Safari

Jakarta Aquarium & Safari Map Indonesia

Kredit Foto: Jakarta Aquarium & Safari

 

Otter Tunnel
Otter Tunnel Jakarta Aquarium Safari Indonesia

Kredit Foto: Sutea55CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Kamu bisa menikmati pertunjukan berang berang lucu di wahana Otter Tunnel. Berang berang di sini begitu pintar. Mereka dilatih untuk melakukan beberapa hal layaknya manusia. Pasti Anda akan dibuat takjub saat menyaksikan.

Tentunya wahan ini menjadi favorit anak-anak di area Jakarta Aquarium. Mereka bisa merangkak ke dalam, berdiri di tengah terowongan dan melihat habitat berang beranf dari balik kaca. Anak-anak Anda bisa bermain masuk ke dalam lorong dari berbagai jalur dan kembali bertemu di sisi lain.

Untuk melihat aksi lain dari berang berang ini, Anda juga bisa mengunjunginya saat pawang sedang memberi mereka makan antara pukul 10.15 - 10.30 dan 15.30 - 15.45.

 

Meerkat Feeding
Meerkat Jakarta Aquarium & Safari Indonesia

Kredit Foto: Sara&Joachim&MebeCC BY-SA 2.0, via Wikimedia Commons

Di wahana Jakarta aquarium bagian Meerkat Feeding anda akan disuguhkan secara langsung binatang yang berasal dari daerah Padang Gunung Selatan Afrika. Binatang tersebut bernama Timon seperti pada film Lion King. Tidak hanya melihat secara langsung anda juga bisa berinteraksi bahkan juga bisa memberi makan hewan ini.

 

Teater Akuarium
Teater Akuarium Jakarta Aquarium & Safari Indonesia

Kredit Foto: Crisco 1492CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Wahana ini termasuk yang paling istimewa, yakni seni pertunjukan teater di atas panggung dengan cerita yang menarik. Pertunjukan Pearl of The South Sea, sebuah kisah tentang kerajaan di Selatan Pulau Jawa. cerita ini diambil dari cerita rakyat Indonesia, sehingga selain menghibur juga menambah edukasi pengunjung. anda akan dibawa terhanyut oleh alur cerita, aksi panggung, dan akting para aktornya yang memukau.

Aksi panggung semakin menarik saat muncul efek asap, musik, dan lighting, yang menampakkan trik ilusi. Terutama dengan latar berupa akuarium besar, sehingga akan tampak seperti berada di dalam laut sungguhan.

Penonton juga tidak kalah terpukau dengan penampilan Putri Duyung yang melakukan tarian air . Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukannya, datang lebih awal agar tidak ketinggalan. Pertunjukan digelar pukul 13.00 tiap Rabu-Kamis, Jumat 15.00, dan weekend pukul 13.00, 15.00, dan 17.00.

 

Aqua Trekking

Dalam area Aqua Trekking, anda bisa merasakan sensasi menyelam secara langsung dan berinteraksi dengan biota yang sangat jarang kita temui seperti, grouper raksasa, ikan pari dan berbagai hewan lainnya yang bikin kegiatan liburan anda terasa sangat berbeda dan lebih berkesan.

 

Sea Explorer

Wahana menarik lainnya dari JAQS adalah Sea Explorer. Di sini Anda akan diajak menikmati keindahan bawah laut menggunakan kapal selam. Perjalanan ini memberi sensasi seperti menjelajah keindahan bawah laut secara langsung.

Pengunjung dapat mengunjungi zona 5D Theater yang akan menyuguhkan petualangan 5D ke dalam laut. Anda akan merasa seperti berada dalam kapal selam sungguhan, dikelilingi ikan-ikan cantik sejauh mata anda memandang.

 

Kolam Sentuh

Anda bisa melakukan aktifitas bercengkrama bersama dengan hewan-hewan laut dan bisa saling bersentuhan secara langsung. Sebelum memegang aneka biota laut itu, anda akan diberikan pengarahan khusus agar nantinya binatang -binatang ini tidak merasa kaget dan stress.

Selain ikan, di sini anda dapat menyentuh bintang laut, teripang, tiram, dan hewan laut lainnya. Namun, diperlukan kehati-hatian.

 

Create Your Own Fish

Kegiatan melukis hewan laut bisa di lakukan di Jakarta Aquarium dengan nama Create your own fish. Wahana ini sangat pas untuk rekreasi sambil belajar anak. Mereka Diajak mengembangkan kreativitas dalam bentuk gambar dan berkreasi membuat gambar biota laut yang di inginkan dan diwarnai sesuka hati.

Hasil dari gambar yang dibuat kemudian akan di-scan menggunakan printer 3D dan akan ditampilkan dalam layar untuk disaksikan bersama. Wahana ini dapat anda temukan di zona Kid’s Classroom.

 

Menyelam Bersama Hiu

Menyelam bersama ikan hiu akan menjadi pengalaman yang mungkin hanya terjadi sekali dalam umur hidup, Jakarta Aquarium memberikam fasikitas itu untuk anda. Bagi yang tertarik, anda akan menyelam bersama hiu karang. Namun sayangnya tidak semua pengunjung bisa menyelam bersama hiu karena cukup berbahaya, hanya pengunjung yang ahli menyelam saja yang diperbolehkan.

Jika Anda dinilai layak menyelam, instruktur profesional akan memandu dan menjaga keamanan. Anda yang ingin mencobanya dapat menghubungi langsung pihak pengelola untuk mendapatkan informasi yang menarik ini.

 

Memberi Makan Hewan

Wahana lain yang bisa anda nikmati di Jakarta Aquarium adalah memberi makan binatang secara langsung. Anda bisa memberikan makan mulai dari pinguin, berang-berang, ikan piranha, Belut Moray, ikan Pemanah, bahkan ikan Hiu dan lain lain

Untuk kegiatan yang satu ini hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu yang sudah dijadwalkan. Tentunya anda disarankan datang lebih awal agar tidak melewatkannya atau anda bisa mengecek jadwalnya di website resmi Jakarta Aquarium.

 

Harga Tiket Jakarta Aquarium dan Maklumat Lanjut
Jakarta Aquarium & Safari Indonesia

Kredit Foto: Crisco 1492CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Harga tiket Jakarta Aquarium terbilang cukup mahal, namun sebanding dengan serunya atraksi yang tersedia. Tiket masuk Jakarta Aquarium ada yang Reguler dan juga Premium yang mencakup wahana 5D Theater.

Untuk harga tiket masuk Jakarta Awuarium sendiri ada dua jenis yaitu tiket reguler dan premium. Ketika anda memilih tiket reguler, anda akan mengeluarkan kocek mulai dari Rp 145.000 di hari senin sampai jumat dan Rp 165.000 hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional.

Jika anda memilih menggunakan tiket masuk premium, anda harus merogoh kantong lebih dalam, yakni mulai dari Rp 165.000 di hari Senin sampai Jumat dan Rp 212.000 pada hari sabtu, minggu maupun hari libur nasional. Dengan membeli tiket premium kamu akan mendapatkan semua fasilitas yang tersedia.

Beberapa hal perlu diperlu anda perhatikan adalah, tiket Reguler sudah termasuk Jakarta Aquarium Tour (1 kali masuk) ditambah dengan All Animal Show. Sedangkan Tiket Premium sudah termasuk Jakarta Aquarium Tour (Masuk beberapa kali dengan lebih dari 4 jam), All Animal Show, ARV, 5D Submarine Simulator, Masker (terbatas), Tote Bag (terbatas) dan welcome drink.

Pembelian tiket dapat melalui website (klik di sini) atau bisa membeli secara langsung di loket yang tersedia. Anak usia 2 tahun ke atas atau tinggi badan 120 Cm sudah wajib mempunyai tiket. Tidak ada batasan usia untuk masuk ke Jakarta Aquarium. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan

 

Jam Buka Jakarta Aquarium

Jika ingin menikmati segala keseruan atraksi di Jakarta Aquarium, datanglah mulai pagi hari. Pengunjung dapat menikmati segala keseruan wahana yang tersedia, setiap hari dari pagi hingga malam hari. Operasional Jakarta Aquarium mengikuti operasional Neo Soho Mall dari mulai pukul 10.00, terakhir masuk pukul 19.30 dan tutup pukul 20.00.

Pengunjung bisa datang lebih awal untuk dapat mengikuti jadwal atraksi agar tidak ketinggalan

 

Fasilitas di Jakarta Aquarium

Fasilitas penunjang yang terdapat di Jakarta Akuarium terbilang cukup lengkap demi menunjang kenyamanan pengunjung. Anda dapat menggunakan fasilitas toilet dan kamar mandi untuk kebutuhan yang berada di lantai LG, di zona Rivers of Indonesia.

Bagi yang memiliki bayi, terdapat fasilitas ruang ganti untuk ibu dan bayinya. Ibu yang menyusui atau mengganti popok bisa melakukan aktifitas itu di lantai LG, di zona Rivers of Indonesia. Ada juga akses masuk untuk kursi roda bagi bayi yang menggunakan kereta dorong atau pengunjung lainnya yang menggunakan kursi roda.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, tersedia fasilitas locker untuk menyimpan barang – barang bawaan dengan membayar harga sewa. Ada juga juga fasilitas Wifi yang dapat digunakan di dalam area.

Bagi pengunjung yang lelah setelah berkeliling, anda dapat singgah di Cafetaria dan Restoran Pingoo yang tersedia dalam Jakarta Aquarium di Lantai LG. Setelah puas berwisata, pengunjung dapat menikmati waktu di toko Souvenir gerai Ocean Wonders. Terdapat banyak souvenir dan cinderamata cantik yang dapat anda bawa pulang sebagai buah tangan.

 

Angkutan Umum

Lokasi Jakarta Aquarium terletak di pusat kota , sehingga cukup mudah untuk meñggapainya dengan kendaraan umum. Jika pengunjung menggunakan KRL Commuter Line darimana saja, dapat turun di Stasiun Grogol dan berganti dengan bus TransJakarta koridor 9 menuju ke halte Central Park Mall. Dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 7 menit ke Mall Neo Soho. Naik ke lantai LG 101 – LGM 101 untuk tiba di Jakarta Aquarium.

Tunggu apa lagi, yuk segera ajak keluarga Anda berjalan jalan di Jakarta Aquarium Safari!

 

Freelance journalist. Currently aggregating economic news for analytical news service dedicated to competition law and regulatory developments around the world. Former reporter of tvOne (Indonesian television news channel) and NHK (Japan Broadcasting Corporation).

Leave a comment