5 Makanan dan Jajanan Nikmat Khas Semarang, Dijamin Ketagihan

By Muhammad Jodi Pratama | 23, Jun, 2023
5 Makanan dan Jajanan Nikmat Khas Semarang, Dijamin Ketagihan

Laper, laper, dan laper. Gitu aja deh kalau sudah punya agenda penuh untuk keliling kota, yang berarti harus di list dong apa yang mau dicoba? Pas banget! Jika kamu sedang berada di Semarang dengan agenda yang super penuh, jajanan dan makanan ini bisa banget untuk kamu coba di sela-sela aktivitasmu ketika berkunjung di Semarang. Dengan rasa yang menarik dan beragam, berikut adalah 5 Makanan dan Jajanan Nikmat Khas Semarang, kami jamin kamu pasti ketagihan!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Lumpia Semaranglumpia semarang

Kredit Foto: Benidiktus Hermanto di Pexels

Jajanan terpopuler dan makanan yang bisa disebut hampir cocok di lidah banyak orang ini merupakan kuliner primadona milik Kota Semarang. Tidak pas rasanya jika kamu belum pernah mencoba rasa dari lumpia ini terutama di kota asalnya. Lumpia semarang ini sendiri umumnya disantap sebagai makanan ringan. Dengan isian dari rebung, udang kering, daging ayam atau udang, dan telur yang lalu dibalut dengan kulit lumpia yang tipis, lumpia semarang memiliki rasa dan aroma yang cukup berbeda dan unik apabila dibandingkan dengan lumpia goreng dan spring roll yang biasa kamu temui.

Lumpia semarang dapat disajikan dengan cara digoreng, maupun tidak dimasak. Ya betul, tidak dimasak. Namun kami jamin bahwa makanan ini aman untuk kamu konsumsi karena isian lumpia tersebut sudah dimasak sebelumnya. Coba lah kedua jenis lumpia dan pilih varian favoritmu kolom komentar!

 

2. Tahu Gimbaltahu gimbal

Kredit Foto: M.akbar.raf, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Mungkin kamu berpikir, “kenapa sih HalalTrip suka banget rekomendasiin makanan pake bumbu kacang?”, eits jangan salah, yang ini beda banget lho! Terbuat dengan tahu goreng, berbagai sayuran, telur, dan gimbal. Ya gimbal, sejenis bakwan dengan isian udang yang semakin membuat hidangan ini semakin gurih dengan tekstur yang beragam.

Olahan bumbu kacang yang digunakan disini juga tidak seperti bumbu kacang pada umumnya, kacang goreng di tahu gimbal diulek dengan potongan yang kasar dan tidak jarang dicampur dengan petis udang. Tahu gimbal ini dapat kamu temukan di pinggir jalan manapun dan kapanpun, sehingga cocok untuk kamu santap untuk makan siangmu di Semarang.

 

3. Mie Kopyokmie kopyok

Kredit Foto: M.akbar.raf, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Semarang memang bukan kota yang dikenal dengan suhu yang dingin, namun begitu hujan datang mie kopyok ini dapat menjadi pilihan yang cocok dengan cuaca hari tersebut. Dahulu hanya dijual dengan gerobak keliling, mie kopyok ini juga dikenal dengan nama mie teng-teng yang berasal dari bunyi piring yang didentingkan demi menarik perhatian pembeli. Dalam seporsi mie kopyok, kamu dapat merasakan berbagai campuran rasa dari kuah yang hangat, irisan lontong, tahu pong, bumbu putih ulek, tetelan, dan irisan bawang goreng sebagai pelengkap.

 

4. Pisang Plenetpisang plenet

Kredit Foto: Mariska Tracy di pegipegi.com (Shutterstock)

Relatif kurang terkenal dibandingkan kawan-kawannya di artikel ini, pisang plenet mungkin merupakan jajanan tersulit untuk kamu temui di seluruh Kota Semarang, sehingga wajib hukumnya untuk kamu coba ketika kamu menemukan penjual snack manis ini! Sangat simpel, pisang plenet adalah makanan sederhana yang terbuat dari pisang kepok matang yang lalu dibakar dengan api kecil hingga agak gosong. Setelah matang, pisang tersebut dipihkan dan diberikan topping sesuai pilihanmu, seperti margarin, meses, selai nanas, dan gula bubuk.

 

5. Roti Ganjel Rel atau Gambangroti gambang

Kredit Foto: Midori, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Bisa dikatakan salah satu pastry tradisional yang cukup berbeda dari roti-roti lainnya, roti ini dibuat sengaja dengan tekstur yang alot atau bantet dengan tekstur yang tidak lembut. Dengan bentuk dan rasa tersebut lah nama roti ganjel rel berasal dan menjadi salah satu jajanan dan oleh-oleh iconic asal Semarang. Rasa dari roti ini dapat dikatakan cukup intens, kuat dengan rasa kayu manis dan coklat, taburan wijen diatasnya membuatnya memiliki tekstur yang menarik.

Roti ini juga ternyata memiliki khasiat yang baik karena menurut ahli roti, kealotan tersebut baik untuk kesehatan pencernaanmu. Selain memiliki nilai budaya bagi masyarakat Muslim, roti ini juga dinominasikan dalam daftar 50 roti terbaik CNN loh! Mengingat roti ini juga relatif sulit dibandingkan saudara roti lainnya, kami sarankan untuk kamu mencoba dan membawa sebanyak mungkin untuk oleh-oleh karena roti ini nagih banget.

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment