10 Alasan Mengapa Hong Kong Wajib Kamu Kunjungi

By Bella Arti | 08, Jun, 2020
10 Alasan Mengapa Hong Kong Wajib Kamu Kunjungi

Artikel ini aslinya ditulis oleh Assia Hamdi dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel versi Inggris yang ditulisnya di sini.

Tahukah kamu bahwa Hong Kong adalah wilayah keempat terpadat di dunia? Yup, dengan populasi lebih dari 7 juta, wilayah yang padat ini seakan - akan tak pernah tidur karena terlalu banyak hal menarik yang akan sayang untuk dilewatkan. Disini, kamu bisa melakukan banyak hal, dimulai dari mengamati monumen keagamaan bersejarah, berbelanja merek lokal ternama di puluhan mal besar mereka, dan memanjakan lidah dengan berbagai masakan lezat yang disajikan oleh macam - macam restoran halal di Hong Kong.

Jadi, kalau kamu masih berpikir-pikir tentang tempat yang harus kamu kunjungi selanjutnya, berikut adalah 10 alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan Hong Kong sebagai destinasi wisatamu.

Rosanna Pansino GIF

via GIPHY

 

1. Lokasi Sempurna Hong Kong

Kredit Gambar: Kychan di Unsplash; Bepergian ke kota-kota tetangga Hong Kong sangat mudah karena terdapat lebih dari satu cara untuk pergi kesana. Wisatawan bisa dengan mudah naik kereta, feri, bus, atau bahkan pesawat ke kota-kota tersebut.

Faktanya, Bandara Internasional Hong Kong adalah tempat transit yang sangat ideal di Asia dengan banyaknya hiburan yang tersedia. Bandara Internasional Hong Kong masuk dalam daftar bandara tersibuk di dunia, sehingga mudah sekali untuk menemukan penerbangan langsung dari atau menuju Hong Kong. Selain itu, karena Hong Kong terletak di distrik selatan Cina, menjadikannya tempat yang menarik untuk singgah dan berlibur sebelum kamu pergi menjelajahi negara Asia Timur lainnya.

Untuk kamu yang punya rencana tinggal lebih lama di Hong Kong, tidak ada salahnya untuk mampir melancong ke kota-kota tetangganya yang tidak kalah serunya, seperti Shenzhen dan Makau. Kota-kota kosmopolitan tersebut seringkali masuk dalam daftar destinasi wisatawan Hong Kong karena akses keluar masuk perbatasan yang cukup mudah. Dengan kemajuan teknologi transportasi Hong Kong, kini kamu bisa naik kereta rute Guangzhou - Shenzhen – Hong Kong Express Rail Link (XRL) hanya selama 20 menit saja dan 45 menit menggunakan Mass Transit Railway (MTR) di rute East Rail Line. Meskipun kereta api adalah moda transportasi yang paling populer di Hong Kong, ada beberapa moda transportasi lain yang juga tersedia yaitu, shuttle bus milik perusahaan swasta, kapal feri di Terminal Feri Makau Hong Kong dengan tujuan Pelabuhan Pesiar Shekou atau pesawat dengan tujuan Bandara Shenzhen.


Baca Juga: All Set For The Best Deals In Seoul? Check Out These Top 5 Night Markets in Seoul, South Korea

Jalan – Jalan Bersama Kami!: The Best of Tokyo and Osaka In 7 Nights

 

2. Kemudahan Akses Transportasi Umum

Kredit Gambar: Foto oleh Chapman Chow on Unsplash

Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Daniel Szuc, diperkirakan bahwa lebih dari 90% dari 7.4 juta orang yang tinggal di Hong Kong menggunakan transportasi umum. Catatan tersebut adalah bukti efisiensi transportasi umum di Hong Kong.

Begitu kamu menginjakkan kaki di Hong Kong, hal pertama yang wajib kamu dapatkan adalah kartu Octopus, kartu multiguna untuk berbagai moda transportasi umum. Kamu bisa pilih tiket mingguan atau tiket wisatawan yang akan menghemat pengeluaran biaya wisatamu di Hong Kong. Namun, jika kamu lebih memilih untuk bepergian dengan transportasi umum seperlunya saja, tiket untuk sekali pergi juga tersedia. Walaupun begitu, kartu Octopus akan membantumu melewati antrian yang mengular saat jam sibuk di loket stasiun kereta. Top up dana secukupnya dalam kartu Octopus-mu, maka kartumu bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk teropong di Victoria's Peak, mini-market dan vending machine.

Tempelkan kartu Octopusmu untuk akses naik kereta, trem, dan Star Ferry yang ada di seberang Victoria Harbour. Di akhir perjalanan, kartu Octopus bisa kamu bawa pulang untuk kenangan. Selain itu, kamu bisa mengembalikan kartu Octopus di Pusat Layanan Pelanggan di bandara atau stasiun MTR untuk mendapatkan pengembalian uang deposit sebesar HK$50 dan dana yang tersisa.

 

3. Beragam Pilihan Makanan Halal

Sempatkan diri untuk menikmati lezatnya hidangan lokal Hong Kong - Dim Sum! Mudah sekali. Datangi saja Islamic Centre Canteen yang berada di kota.

Tip! Pastikan untuk beli Dim Sum di pagi hari. Orang-orang Hong Kong makan Dim Sum untuk sarapan, jadi kami sarankan untuk beli Dim Sum-mu pagi - pagi sebelum kehabisan!

Tidak perlu khawatir tentang ketersediaan makanan Halal saat kamu berada di Hong Kong! #Alhamdulillah

Hal yang paling kamu perlu tahu tentang Hong Kong adalah bahwa ada banyak restoran yang dimiliki oleh Muslim dan Bersertifikat Halal. Restoran – restoran tersebut biasanya yang menyajikan masakan Kanton lokal di setiap distrik. Walaupun mungkin akan sedikit mengharuskanmu untuk berjalan mencarinya, sebegitunya sampai di lokasi, percayalah bahwa hasilnya akan sepadan!

Akan mudah menemukan banyak restoran halal yang menyajikan masakan Kanton, masakan Turki, masakan India, dan masakan Indonesia. Kami memiliki tiga tempat makanan Halal yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Hong Kong.


Islamic Center Canteen

Memang kedengarannya klise, tetapi apapun tujuan perjalananmu sewaktu ke Hong Kong kamu wajib untuk makan di Islamic Centre Canteen. Terletak di lantai 5 Osman Ramju Sadick Islamic Center, makanan di sini pasti terjangkau, salah satunya hidangan Dim Sum seharga mulai dari HKD13.

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: 5 / F, Masjid Ammar dan Pusat Islam Osman Ramju Sadick, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai, Pulau Hong Kong

Jam Buka: 10 pagi – 9 malam


Wai Kee

Wai Kee adalah restoran selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu kunjungi saat berada di Hong Kong. Restoran ini menyajikan nasi bebek bakar khas Hong Kong seharga HKD38. Sekalinya kesini, kamu pasti datang lagi.

Status Halal: Milik Muslim

Alamat: Stall # 5 Bowrington Cooked Food Center 1 / F Bowrington Road Market, 23 Bowrington Road, Wan Chai, Hong Kong

Jam Buka: 10 pagi - 6 sore


Ma’s Restaurant

Ma's Restaurant adalah restoran yang menyajikan hidangan khas Xinjiang. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam pilihan menunya. Restoran ini adalah satu – satunya restoran yang menyajikan hidangan Halal khasnya, Braised Beef Brisket Noodle (Mie dengan topping daging sapi sandung lamur yang direndam dalam berbagai macam bumbu) seharga HKD50, dan makanan pendamping yang paling direkomendasikan adalah Veal Goulash seharga HKD42.

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: Shop A, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po, Hong Kong

Jam Buka: 11.30 pagi - 11 malam

Asal kamu tahu, tempat makanan di atas hanyalah sedikit dari banyaknya restoran Halal yang ada di Hong Kong. Nyatanya, ada lebih dari 70 restoran Halal di kota ini! Jadi pastikan untuk merencanakan jadwal perjalananmu dengan baik untuk menyempatkan diri mencicipi masakan lokal khas Hong Kong!


Baca Juga: Never Go Hungry in Hong Kong With These Halal Food Places

 

4. Tersedianya Fasilitas Ibadah untuk Muslim

Kredit Gambar: Foto oleh Joshua J. Cotten di Unsplash

Menurut sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2016, ada sekitar 300.000 Muslim yang tinggal di Hong Kong, yang berarti sekitar 4,1% dari total populasi. Muslim di Hong Kong terdiri dari banyak ras seperti Cina, Indonesia dan Pakistan, yang sebagian besar dari mereka adalah Muslim Sunni.

Hong Kong memiliki total lima masjid resmi, yang terbesar adalah Masjid Kowloon dan Islamic Centre yang dapat menampung 3.500 orang. Masjid Kowloon didirikan pada tahun 1896, awalnya dibangun untuk pasukan Muslim India milik tentara Inggris untuk menjalankan tugas keagamaan mereka. Terdapat 4 menara di sekitar masjid berbentuk persegi ini, fasad dan lantainya terbuat dari marmer berwarna putih, atapnya merah muda dan kubah besar di atasnya.

Empat masjid lainnya di Hong Kong adalah Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Masjid Jamia, Masjid Chai Wan dan Masjid Stanley.

Selain masjid-masjid ini, orang dapat menemukan ruang sholat di tempat-tempat wisata besar seperti Hong Kong Disneyland dan Oceanpark.

 

5. Gemerlap Cahaya dan Tingginya Gedung Pencakar Langit

Menurut Guinness World Records, Hong Kong sejauh ini merupakan aglomerasi perkotaan tertinggi di dunia, karena ketinggian total semua gedung pencakar langitnya, melebihi 330 kilometer. Dengan berbagai gedung pencakar langitnya yang menghiasi pelabuhan, Hong Kong sangat terkenal akan gedung pencakar langitnya yang mengagumkan. Apalagi di gelapnya malam, akan nampak garis cakrawala yang diramaikan oleh bermacam - macam lampu warna-warni yang menghiasi tepi laut Victoria Peak.

Terlebih lagi, pada Desember 2005, Hong Kong memecahkan Guinness World Record lainnya untuk “Pertunjukan Cahaya dan Suara Permanen Terbesar”. Pertunjukan 10 menit ini disebut A Symphony of Lights, yang dimulai setiap pukul 8 malam. Pertunjukan ini menampilkan tampilan efek visual yang mempesona saat laser dan lampu kilat menerangi langit malam, diiringi dengan musik yang ceria. Sayang sekali bila kamu lewatkan pertunjukan ini saat berada di Hong Kong!

Di akhir acara, kamu bisa mengunjungi hotspot populer seperti Lan Kwai Fong dan SoHo untuk pengalaman malam yang meriah. Selain itu, jika kamu mencari pengalaman yang lebih menenangkan, kamu bisa mencoba berlayar di sepanjang Victoria Harbour atau mengunjungi Night Market di Temple Street di mana kamu bisa membeli barang-barang antik dan perlengkapan teh sebagai oleh - oleh teman – teman atau saudara – saudara kamu di rumah.


Baca Juga
6 Best Boutique Hotels & Hostels to Stay in Hong Kong!

 

6. Disinilah Seni Jalanan Hidup

Kredit Gambar: Lysander Yuen di Unsplash

Hong Kong memiliki sederet tempat yang ramai akan seni jalanan di mana kamu bisa mendapatkan foto OOTD (Outfit of the Day) yang keren. Tidaklah sulit untuk menemukannya, karena tempat tersebut diberi nama Art Lane yang berarti Gang Seni. Disana terdapat mural penuh warna yang dilukis pada bangunan - bangunan tua, menyatukan seni dan musik.

Selain itu, terletak di antara salah satu kawasan tersibuk di Hong Kong, terdapat Public Square Street. Tempat mural ini memiliki tangga yang dicat dengan desain bunga kuning, biru dan merah yang cerah – Instagrammable banget!

Spot seni jalanan lainnya adalah Sing Lei Mahjong Parlor, yang terletak di tengah Pasar Temple Street. Disini terdapat karikatur keren dimana para pemimpin politik penuh senda gurau sedang memainkan mahjong.


Baca Juga: According to Hong Kong's Street Photographers, These Are The Best Places to Capture Hong Kong

 

7. Destinasi Wisata Ramah Muslim

Tidak ada yang mengalahkan serunya bermain bersama keluarga di taman hiburan terbaik Hong Kong. Hidupkan kembali impian masa kecilmu dan habiskan harimu di Hong Kong Disneyland. Khawatir tentang makanan Halal? Tidak perlu, karena ada restoran bersertifikat Halal dan kios makanan tersedia disini! Selain itu, terdapat ruang sholat di dalam taman hiburan di sebelah Tahitian Terrace Restaurant (Halal).

Disini, tidak perlu menjadi anak-anak untuk menikmati taman hiburan Hong Kong karena selalu ada sesuatu untuk setiap kelompok umur. Hong Kong Disneyland adalah tempat yang semua orang inginkan jika kalian mencari liburan yang tidak terlupakan di Hong Kong. Menginap selama satu atau dua malam di resor mereka akan cukup untuk membuat jiwa anak – anak yang ada di dalam dirimu bahagia.

Penggemar berat wahana ekstrim? Benteng Ocean Park jawabannya. Taman hiburan berusia 40 tahun ini mungkin terlihat kuno di luar, tapi sempatkanlah datang kesini saat di Hong Kong. Alasan pertamanya adalah taman hiburan ini SANGAT BESAR. Coba permainan klasik mereka seperti seperti Hair Raiser, The Flash, The Mine Train dan The Dragon. Ketika azan tiba, mampir untuk Salat di dalam Taman tersebut. Cukup bertanya ke staf Guess Relation Office dan mereka akan mengantarmu ke ruang salat. Pacu adrenalinmu dan kenyangkan perutmu di restoran Bersertifikat Halal di Ocean Park - Cafe Ocean, Selami Float di Marina World dan Panda Cafe Food To Go di Amazing Asian Animals.

Tip! Bawalah peralatan salatmu, seperti sajadah dan mukena sendiri. Arah kiblat-pun sudah ditandai di dalam ruangan. Wudhu bisa dilakukan di kamar mandi terdekat.

Saat malam tiba, sempatkan diri untuk menaiki Bauhinia Harbour Cruises dan nikmati pemandangan spektakuler Victoria Harbour. Dinamakan seperti kota bunga Hong Kong, Bauhinia, di Bauhinia Harbour Cruises kamu akan disuguhi pengalaman seru di dalam kapal-kapal yang telah menjadi bagian dari sistem transportasi umum Hong Kong ini. Pilih dan nikmati menu Halal Makan Malam Bauhinia Harbour Cruises-mu atau nikmati udara segar dan semilir angin di atas dek.

Tip! Bauhinia Harbour Cruises berhenti di North Point dan Hung Hom Pier. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.cruise.com.hk

 

8. Nikmati Indahnya Alam di Hong Kong

Kredit Gambar: @hannyg_3 on Instagram

Meskipun kecil, Hong Kong berhasil melestarikan bentang alamnya. Baik itu pantai atau daerah pegunungannya. Wisatawan dan penduduk asli Hong Kong dapat menikmati hiking, berjalan, dan berenang di alam. Hong Kong Global Geopark salah satunya. Tempat tersebut adalah area besar dengan formasi batuan unik yang menawarkan pemandangan indah.

Selanjutnya adalah Taman Kowloon, yang sempurna untuk pengamat burung, piknik, dan relaksasi. Terdapat juga Pantai Big Wave Bay, Pantai Repulse Bay dan Pantai Mui Wo dan SilverMine Bay. Dikelilingi oleh perbukitan, tanaman hijau, dan pegunungan, pantai-pantainya kaya akan pemandangan alam biru dan hijau.

Luangkan satu hari saja saat di Hong Kong untuk mendaki Dragon's Back. Dimana pendakian ini akan mengantarkan kamu ke indahnya Big Wave Bay. Selama mendaki, akan terlihat pemandangan panorama garis pantai kota. Mendaki Dragon’s Back pasti akan memompa jantungmu tetapi bebas juga bagimu untuk berjalan pelan - pelan.

 

9. Budaya dan Sejarah

Kredit Gambar: Foto oleh Jason Cooper di Unsplash

Percayakah kamu bahwa Hong Kong pertama dihuni sejak Zaman Batu? Hampir 9 abad yang lalu! Kini, Hong Kong menjadi penuh dengan banyak harta karun unik, salah satunya 'Big Buddha', yang tingginya 34 meter. Big Buddha berada di biara Po Lin, dan kuil-kuil modernnya seperti Kuil Wong Tai Sin yang berfungsi sebagai rumah bagi tiga agama - Taoisme , Buddhisme, dan Konfusianisme.

Bagaimana cara menuju Big Buddha? Pertama, naik Kereta MTR dan turun di Stasiun Tung Chung, Keluar B. Maka kamu akan menemukan Citygate Outlet Mall tepat di luar stasiun kereta. Jalan terus ke depan menuju Terminal Kereta Gantung Ngong Ping dan naik kereta gantung 25 menit ke Ngong Ping 360. Atau, naik bus 23 dari Stasiun Tung Chung untuk naik 50 menit ke Terminal Bus Ngong Ping.

Situs bersejarah lainnya yang layak kami tuliskan adalah Haw Par Mansions yang menggabungkan unsur-unsur Cina dan Barat dalam gaya arsitekturnya, dan Gua Kamikaze yang dulu ditempati oleh pasukan Jepang selama Perang Dunia II.

Jelajahi Museum Sejarah Hong Kong dan bayangkan bagaimana para pemukim awal tiba di Hong Kong dengan kapal Junk mereka. Gali lebih dalam dan pelajari tentang perkembangan dan modernisasi Hong Kong di bawah koloni Inggris. Jangan lewatkan Kowloon City Walled Park saat ada di Hong Kong dan saksikan bagaimana kota ini dulunya dikenal sebagai tempat paling padat penduduknya di planet ini. Kota ini memiliki 35.000 orang yang kebanyakan menghuni apartemen kecil. Namun, coba dengarkan kisah-kisah penduduk Kowloon. Gaya hidup mereka mungkin terlihat aneh tetapi disini mereka bahagia.

 

10. Telusuri Night Market di Hong Kong

Kredit Gambar: Foto oleh Annie Spratt di Unsplash

Alasan terakhir adalah Hong Kong tidak akan bisa sehidup ini tanpa penduduk asli mereka yang meyebut tempat itu rumah. Disini, cobalah bangun jam 5 pagi dan intip luar jendelamu, maka penduduk setempat sudah bangun dan berlatih Tai Chi, atau duduklah sebentar di warung makan malam hari, maka orang lokal akan datang dan memulai percakapan ramah denganmu. Tanpa peduli kamu bisa berbicara dalam bahasa yang sama atau tidak.

Tidak hanya itu, bahkan jika kamu tersesat, penduduk setempat akan siap sedia untuk membantu menunjukkan jalan yang kamu cari. Pastikan untuk pelajari sedikit frasa Kanton!

Tip! Inilah lembar contekan frase Bahasa Kanton untuk kamu:

m.discoverhongkong.com/seasia/muslim-friendly/phrase-sheet.jsp 

 

Ada banyak lagi yang bisa dijelajahi di Hong Kong. Hong Kong telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Temukan hal – hal baru di Hong Kong dan alami sisi lain dari Hong Kong.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.

Get Going Lets Go GIF by CBC

via GIPHY

A writer who also works as a Personal Assistant. Enjoys traveling, singing, drawing and drinking tea or soy latte.