Berwisata di Nusa Penida: Hidden Gem Bali yang Paling Anti-Mainstream

By Bella Arti | 03, Feb, 2021
Berwisata di Nusa Penida: Hidden Gem Bali yang Paling Anti-Mainstream

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali. Meskipun terpisah oleh selat Badung, Nusa Penida masih menjadi bagian dari Provinsi Bali. Karena keindahannya, pulau yang indah ini semakin banyak dikenal oleh turis lokal ataupun mancanegara. Tak sedikit dari mereka yang kembali berkunjung kembali ke pulau ini untuk kembali menikmati keindahannya, terutama mereka para thrill-seeker. Nusa Penida ini bukan untuk Anda yang ingin bersantai, tapi untuk Anda yang mencari tantangan dan menyukai perjalanan yang menegangkan. Selain itu, hidden gem Bali yang anti-mainstream ini memang secantik apa yang orang - orang katakan. Maka jika Anda berkunjung ke Bali, sayang sekali kalau tidak sempat berkunjung ke Nusa Penida. Coba saja, kami yakin Anda pasti akan kembali lagi ke Nusa Penida untuk kedua kalinya.

Sebelum kita jelajahi tempat – tempat wisata Nusa Penida, berikut adalah cara – cara menuju ke Nusa Penida.

Jika Anda mencari sesuatu untuk mendengar saat Anda membaca, dengerin The Halal Travel Podcast yang diselenggarakan oleh Hazirah, Nurul dan Raudha. Dengerin mereka berbicara tentang travel, makanan, kehidupan dan segala sesuatu di antaranya dan terkadang dengan tamu yang luar biasa! Dengarkan sekarang!

 

Cara – cara menuju ke Nusa Penida Bali:
Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit Foto: Touann Gatouillat Vergos di Unsplash

Ada beberapa cara untuk menuju ke Nusa Penida Bali yang bisa Anda sesuaikan dengan rute dan jadwal pilihan Anda. Namun, kami sangat merekomendasikan menggunakan sarana penyeberangan teraman dan terefektif yaitu Fast Boat. Ada beberapa rute Fast Boat dengan titik awal dan titik akhir yang berbeda – beda untuk menuju Nusa Penida dengan harga yang relatif sama yaitu sekitaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000 sekali jalan, di antaranya:

1. Maruti Express

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Banjar Nyuh: 7:30, 15:00

Kedatangan dari Pelabuhan Banjar Nyuh ke Pelabuhan Sanur: 7:30, 16:30

Nomor telepon: +6281 246 892 524 / +6281 338 754 848

2. Angel Billabong Fast Cruise

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Banjar Nyuh atau Toya Pakeh: 8:00, 14:00, dan 17:00

Kedatangan dari Pelabuhan Banjar Nyuh ke Pelabuhan Sanur atau Toya Pakeh: 7:00, 13:00, dan 16:00

Nomor telepon: +6282 144 048 323

3. Sanjaya

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Banjar Nyuh: 8:00

Kedatangan dari Pelabuhan Banjar Nyuh ke Pelabuhan Sanur: 16:00

Nomor telepon: +6285 215 288 878

Email: sanjayafastboat@gmail.com

4. Ray Fish

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Banjar Nyuh: 8:15

Kedatangan dari Pelabuhan Banjar Nyuh ke Pelabuhan Sanur: 16:00

Nomor telepon: +6282 339 616 768

Email: rayfishfatscruises@gmail.com

5. Idola Express

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Sampalan: 8:30

Kedatangan dari Pelabuhan Sampalan ke Pelabuhan Sanur: 7:30

WhatsApp: +6281 808 072 488

Email: info@idolaexpress.com

6. Mola-Mola Express

Keberangkatan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Sampalan: 8:30, 17.00

Kedatangan dari Pelabuhan Sampalan ke Pelabuhan Sanur: 7:30, 16:00

WhatsApp: +6281 236 189 001

7. Gangga Express

Keberangkatan dari Kusamba ke Sampalan atau Buyuk : 6:30, 7:00, 8:00, 9:00 dan 10.30, 12:15, 14:00 dan 16:00

Kedatangan dari Sampalan atau Buyuk ke Kusamba : 6:30, 7:00, 7:30, 8:00 dan 11:00, 13:00, 15:00 dan 16:00

Dengan begitu banyaknya pilihan fast boat yang ada menuju Nusa Penida dari Bali, menjadikan akses menuju Nusa Penida relatif mudah dan terjangkau. Selain itu, keamanan dan protokol COVID-19 lebih terjamin dengan menggunakan fast boat. Dengan informasi di atas, sekarang Anda bisa menyesuaikan rute pilihan dan jadwalnya yang sesuai.

 

Tempat – tempat wisata pilihan HalalTrip di Nusa Penida:

Sebelum kita membahas tentang tempat – tempat wisata rekomendasi yang ada di Nusa Penida, Anda harus ketahui bahwa tidak ada kendaraan umum tersedia di sana. Maka dari itu, Anda sebaiknya mempersiapkan diri untuk menyewa motor atau mobil. Cukup mudah untuk menemukan tempat rental motor atau mobil di Nusa Penida. Anda bisa menyewa motor seharga mulai dari Rp 75.000 dan mobil seharga mulai dari Rp 220.000 per-harinya. Namun sebelum itu, demi keamanan dan kenyamanan traveling Anda, pastikan untuk selalu membawa Surat Ijin Mengemudi dan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku sebagai persyaratan menyewa.

Sudah siap? Berikut adalah tempat – tempat wisata populer dan juga hidden gems yang ada di Nusa Penida. Ingat dan catat, ya!

 

1. Pantai Kelingking
Pantai Kelingking Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit foto: Christian Becker di Unsplash

Pantai Kelingking atau yang dikenal secara internasional sebagai Kelingking Beach adalah Pantai terpopuler di Nusa Penida. Saking terkenalnya, mungkin Anda pernah tidak sengaja melihat fotonya di halaman Instagram seseorang terkenal yang Anda ikuti, baik lokal maupun mancanegara. Faktanya, Pantai Kelingking adalah tujuan pertama pelancong lokal, domestik, maupun mancanegara saat berkunjung ke Nusa Penida. Mereka ke tempat ini untuk menikmati pemandangan dan berfoto – foto dengan latar belakang pemandangan spektakuler laut dan tebing karstnya yang membentuk seperti jari kelingking.

Untuk menuju ke Pantai Kelingking dari Pelabuhan Banjar Nyuh membutuhkan sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan akses jalan yang cukup berkelak kelok dan menegangkan. Jadi, baiknya Anda isi penuh bensin, siapkan lotion, air minum, uang tunai, bekal dan pakai pakaian yang nyaman saat ke sana. Percayalah bahwa semua usaha dan keringat Anda tidak akan sia-sia sesampainya di sana.

Tiket: Rp 5.000/orang dan Parkir Motor Rp 5.000 | Mobil Rp 10.000.

Jam Buka: 8:00 – 19:00

Lokasi: Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali 80771

Catatan penulis: Hindari mendatangi lokasi saat curah hujan tinggi dan perhatikan langkah saat menuruni tebing.

 

2. Pasih Uug (Broken Beach)
Pasih Uug Broken Beach Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit Foto: Simon Schafstall di Unsplash

Pasih Uug atau Broken Beach adalah teluk kecil yang berada di bagian barat pulau Nusa Penida, tidak jauh dari Pantai Kelingking. Tempat ini disebut Broken Beach karena lengkungan yang seolah - olah membungkus teluk. Air laut mengalir masuk dan keluar menuju lengkungan tersebut. Tempat ini tidak sepopuler Pantai Kelingking, namun kecantikannya tidak kalah tanding. Jadi, jika Anda bukan penyuka keramaian, datanglah ke Pasih Uug. Selain itu, tempat ini sangat tepat bagi Anda yang membawa drone.

Sama seperti Pantai Kelingking, jalanan menuju Pasih Uug juga cukup berkelak kelok dan curam. Namun, bagi Anda petualang dan pemburu ketegangan, justru inilah yang Anda cari. Broken Beach paling dekat dengan Pelabuhan Banjar Nyuh. Waktu untuk menuju ke Pasih Uug dari Banjar Nyuh memakan sekitar 45 menit.

Tiket: Rp 5.000/orang dan Parkir Motor Rp 5.000 | Mobil Rp 10.000.

Jam Buka: 24 jam

Lokasi: Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali 80771

 

3. Diamond Beach
Diamond Beach Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit Foto: Alessio Roversi di Unsplash

Hidden gem di Nusa Penida? Diamond Beach adalah jawabannya! Permata tersembunyi ini baru saja dibuka tahun 2018. Jadi, tidak banyak orang yang tahu tentang tempat ini padahal panoramanya sangat spektakuler. Menurut kami, Diamond Beach jauh lebih menarik, bersih dan tenang daripada Pantai Kelingking yang sudah ramai pengunjung. Perpaduan pasir putih dan warna biru lautnya sungguh luar biasa. Selain itu, spot foto bertebaran dimana – mana. Sempurna untuk menghiasi postingan Instagram Anda.

Nah, karena berada di sebelah timur Pulau Nusa Penida, jauh lebih dekat apabila Anda turun di Pelabuhan Sampalan. Di sana, Anda bisa menyewa kendaraan roda dua atau empat untuk menuju Diamond Beach. Untuk menuju ke Diamond Beach dari Pelabuhan Sampalan membutuhkan sekitar 45 menit. Baiknya siapkan uang tunai dan tenaga.

Tiket: Rp 5.000/orang dan siapkan uang tunai ekstra untuk parkir

Jam Buka: 24 jam

Lokasi: Pejukutan, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali 80771

Catatan penulis: Perhatikan langkah saat menuruni tebing dan pilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Diamond Beach. Hindari datang saat cuaca hujan.

 

4. Angel’s Billabong
Angel's Billabong Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit Foto: Melvin Melvin di Unsplash

Angel's Billabong adalah salah satu tempat paling menarik di Nusa Penida dan sangat dekat dengan Broken Beach atau Pasih Uug. Anda bisa berjalan dari Broken Beach ke Angel’s Billabong selama 2 menit saja. Ini bisa jadi tempat yang sempurna untuk Anda yang ingin merasaka sensasi berenang di alam bebas dengan pemandangan serta warna – warna yang tak terlupakan. Bila datang di cuaca yang cerah di atas jam 9.30 pagi, Anda akan disuguhi dengan pemandangan serta ombak dan air yang tenang sehingga memungkinkan untuk Anda berenang.

Tiket: Gratis namun Anda perlu membayar Parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000

Jam Buka: 24 jam

Lokasi: Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali 80771

 

5. Crystal Bay
Crystal Bay Nusa Penida Bali Indonesia

Kredit Foto: Touann Gatouillat Vergos di Unsplash

Crystal Bay adalah panti terbaik di Nusa Penida untuk menikmati matahari terbenam matahari karena menghadap langsung ke barat.Bayangkan berkumpul bersama teman – teman menikmati indahnya matahari terbenam. Beda dengan pantai – pantai lain yang ada di Nusa Penida, Crystal Bay merupakan tempat berenang, snorkeling, dan menyelam yang aman karena ombaknya yang relatif tenang. Bahkan jika Anda beruntung, penyu – penyu cantik mungkin akan melintas di depan mata Anda saat snorkerling.

Untuk menuju ke Crystal Bay hanya membutuhkan 30 menit saja dari Pelabuhan Toya Pakeh. Di Crystal Bay ada banyak warung makan dan kamar mandi jadi Anda tidak perlu repot - repot untuk membawa makanan atau minuman sendiri.

Tiket: Rp 10.000 dan siapkan uang tunai untuk parkir

Jam Buka: 24 jam

Lokasi: Sakti, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali 80771

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk mendatangi Nusa Penida yang menegangkan? HalalTrip sih, selalu siap. Beberapa saran dari kami adalah saat mengunjungi Nusa Penida, Anda harus cukup pandai menyetir atau mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, siapkan uang tunai selalu dan wajib ketahui cuaca serta waktu yang baik untuk berkunjung. Pastikan juga untuk mematuhi protokol kesehatan saat pandemi COVID-19, juga tidak lupa menghormati norma dan adat setempat. Maka insya Allah perjalanan Anda akan aman dan nyaman.

Selamat berlibur!

Although working as a full-time Personal Assistant, Bella also enjoys traveling and writing. She finally finds a way to share and publish her writings through HalalTrip. P.S. Bella enjoys having a good tea and coffee.

Leave a comment