Panduan Wisata Halal Asik di Solo, Cocok Untuk Sehari

By Muhammad Jodi Pratama | 28, Jul, 2023
Panduan Wisata Halal Asik di Solo, Cocok Untuk Sehari

Kembali lagi bersama HalalTrip untuk menikmati perjalanan keliling pulau Jawa. Dalam perjalanan Anda, coba kunjungilah setiap kota yang akan Anda lewati, karena kami jamin setiap menit Anda akan dipenuhi dengan pengalaman menarik! Berada di Jawa Tengah? Kami sarankan Anda untuk mampir ke Solo, kota yang penuh dengan budaya dan gaya hidup yang tenang. Terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan di Solo, mulai dari menjelajahi kuliner yang lezat sampai dengan wisata bersejarah. Memiliki waktu yang terbatas? Solo juga cocok untuk kamu nikmati hanya dalam sehari lho! Berikut adalah paduan wisata halal asik di Solo.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Sarapan: Mie Sumatera

Mengawali aktivitas Anda di pagi hari dengan energi yang cukup untuk satu hari di Solo yang dipenuhi dengan petualangan sangatlah penting demi kenyamanan bereksplorasi. Dengan porsi yang mengenyangkan, rasa yang lezat dan harga yang terjangkau, santaplah semangkuk mie dengan topping ayam yang lezat dan gurih, dan kuah yang hangat. Cocok untuk membangunkan semangat Anda di pagi hari. 

Mereka juga menyediakan menu-menu lain untuk Anda yang menginginkan rasa atau tekstur beragam, seperti yamie, bihun, dan kwetiaw. Topping yang ditawarkan untuk Anda pilih juga beragam, seperti ayam, jamur, bakso, siomay, dan pangsit. Terlalu banyak untuk sarapan? Pesan saja ukuran setengah porsi! 

Alamat: Jl. Ir. Juanda No.128A, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122

Jam Operasional: Setiap Hari, 07.30 - 21.00 WIB

 

2. The Heritage Palacethe heritage palace

Kredit Foto: Selfiadaimatu, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Jika Anda menginginkan pengalaman yang unik dan beragam di tempat yang penuh dengan memori masa lalu, tempat ini sangatlah cocok bagi Anda baik yang berjiwa muda maupun sudah berkeluarga. Berfungsi sebagai pabrik gula pada masanya dan dibangun pada 1892, bangunan dari The Heritage Palace sangatlah kental dengan gaya arsitektur Eropa klasik dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Dengan itu, Anda dapat mengambil banyak foto cantik yang instagrammable dengan banyaknya spot yang tersedia.

The Heritage Palace saat ini tidak hanya sebuah tempat foto yang keren, namun juga rumah dari berbagai jenis museum dan wahana untuk pengunjung nikmati. Salah satunya adalah museum transportasi yang terletak di halaman bangunan, dimana Anda bisa melihat berbagai kendaraan bersejarah. Pengunjung juga bisa memilih wahana lain sesuai dengan keinginan, diantaranya adalah Museum Industri, Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Convention Hall, serta Kids Town & Food Street. Baik singkat maupun panjang, The Heritage Palace adalah destinasi yang tepat untuk berbagai macam pengunjung.

Alamat: Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 - 16.00 WIB

 

3. Museum Batik Danar Hadimuseum batik danar hadi solo

Kredit Foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo

Masih memiliki waktu atau lebih memilih mempelajari sesuatu yang terkait budaya? Solo dan Jawa sangatlah identik dengan Batik serta budaya tradisional. Anda dapat belajar mulai dari sejarah, jenis, cara pembuatan, bahkan filosofi dari setiap bentuk batik. Koleksi yang ditampilkan di museum ini juga beragam, berasal dari usaha Rumah Batik Danar Hadi yang sudah berlangsung selama turun menurun pula. Museum batik ini juga memegang rekor MURI untuk koleksi batik terbanyak. Salah satu batik yang dapat anda temukan di museum ini termasuk batik dengan pengaruh Eropa, Djawa Hokokai, China, Sudagaran, dan sebagainya.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Surakarta City, Central Java 57141

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 - 17.00 WIB

 

4. Makan Siang: The French Press Kopi Warungthe french press kopi warung

Kredit Foto: @tfpkopiwarun di Instagram

Makan siang memang waktu istirahat yang terbaik untuk berhenti dan nongkrong sebentar. TFPKW adalah tempat yang tepat untuk suasana lokal yang nyaman, dengan kualitas restoran, dan yang harga murah. TFPKW sendiri terletak di tengah Pasar Gede Solo, ya betul, tempat makan ini bukanlah restoran, namun lebih menyerupai kafe lokal ataupun warung. Sehingga menawarkan lebih pengalaman yang lebih autentik dan unik dalam menikmati makanan enak dengan plating estetik namun di tengah hiruk pikuk keramaian pasar.

TFPKW menawarkan fokus pada hidangan western, dengan pilihan makanan dan minuman dari berbagai jenis main course, pasta, salad, sandwich, pancake, teh, kopi, dan sebagainya. TFPKW juga memiliki menu of the day yang selalu berganti coba setiap harinya, sehingga selalu ada pilihan berbeda untuk Anda coba pada setiap kunjungan.

Alamat: Pasar Gede Barat Lt.2 (Balkon Barat), Surakarta 

Jam Operasional:

Senin, 10.00-20.00 WIB

Selasa-Sabtu, 08.00-20.00 WIB

Minggu, 08.00-13.00 WIB

 

5. Kudapan Siang: Es Kapal

Pada saat berpindah dari satu atraksi ke atraksi lain, jangan lupa untuk singgah sebentar untuk membeli es kapal. Nama ini muncul bukan karena dibuat dengan bentuk yang mirip atau dengan rasa kapal, namun berasal dari bentuk gerobak yang digunakan para pedagan yang berbentuk menyerupai kapal. Dengan kota Solo yang tidak bisa dibilang dingin, campuran santan, sirup gula jawa, es parut, dan roti tawar ini sangat cocok untuk kudapan ringan di siang hari yang terik. Tidak perlu bingung untuk mencari pedagang es kapal, karena jajanan tradisional ini dapat Anda temukan dengan mudah dimana pun.

 

6. Keraton Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan SurakartaKeraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta; Kredit Foto: Jo Chryst, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Sudah kenyang waktunya jalan-jalan lagi. Bagaimana kalau mengunjungi istana sekaligus tempat pemerintahan jaman dahulu? Kedua Keraton ini merupakan destinasi yang tepat untuk Anda yang ingin menenggelamkan diri di dalam arsitektur megah dan lingkungan yang memancarkan pesona sejarah masa lalu.

Walaupun merupakan istana dari dua kesultanan atau kerajaan yang berbeda, Anda akan menemukan kesamaan yang lalu berkembang dalam keunikannya masing-masing karena sejatinya keduanya merupakan satu kesultanan pada masa sebelum perpecahannya. Anda dapat menemukan arsitektur jawa dengan pengaruh eropa, taman-taman yang indah, serta peninggalan dan barang-barang yang digunakan di dalam keraton tersebut. Butuh pemandu untuk pengalaman lengkap? Abdi dalem dan pemandu wisata selalu ada untuk membantu Anda mengerti dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. 

Tips: Kami juga menyarankan Anda untuk mengunjungi kedua keraton tersebut dalam waktu yang berdekatan karena jarak yang cukup dekat (~3km). 

Keraton Mangkunegaran

Alamat: Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Jam Operasional: 

Jumat-Rabu, 08.00-15.00 WIB

Kamis, 08.00-14.30 WIB

Keraton Kasunanan Surakarta

Alamat: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144

Jam Operasional: 

Senin-Kamis, 09.00-14.00 WIB

Sabtu-Minggu, 09.00-15.00 WIB

 

7. Kudapan Siang: Es Kapal

Pada saat berpindah dari satu keraton ke keraton lain, jangan lupa untuk singgah sebentar untuk membeli es kapal. Nama ini muncul bukan karena dibuat dengan bentuk yang mirip atau dengan rasa kapal, namun berasal dari bentuk gerobak yang digunakan para pedagan yang berbentuk menyerupai kapal. Dengan kota Solo yang tidak bisa dibilang dingin, campuran santan, sirup gula jawa, es parut, dan roti tawar ini sangat cocok untuk kudapan ringan di siang hari yang terik. Tidak perlu bingung untuk mencari pedagang es kapal, karena jajanan tradisional ini dapat Anda temukan dengan mudah dimana pun.

 

8. Kudapan Sore dan Makan Malam: Es Krim Tentremes krim tentrem

Kredit Foto: @neweskrimtentrem di Instagram

Kita bisa menyepakati bahwa tidak ada istilah terlalu banyak camilan dan manisan dalam sehari, sehingga pastikan bahwa Anda memprioritaskan toko ini untuk Anda kunjungi. Telah berjualan sejak 1952, toko Es Krim Tentrem ini sangatlah terkenal dan penuh pengunjung untuk es krim rumahannya yang legendaris. Toko ini juga menggunakan bahan-bahan alami dalam pembuatannya, menyediakan berbagai jenis dan bentuk untuk dinikmati pengunjung. Beberapa rasa favorit yang umumnya pengunjung beli diantaranya adalah coklat, vanila, durian, kopyor, stroberi, tutti fruity, dan mentos.

Untuk Anda yang perlu lebih dari satu scoop es krim, terdapat pula beragam topping dan pugasan untuk Anda pilih dan nikmati sesuai dengan keinginan Anda. Terlanjur lapar? Toko ini juga menyediakan berbagai pilihan makanan berat khas solo maupun camilan untuk ‘menyabarkan’ perut keroncongan. Mulai dari nasi liwet, nasi gudeg, bubur gudeg, bratwurst, sampai dengan klappertaart, semuanya bisa Anda temukan di toko ini dan kami jamin lidahmu akan puas.

Alamat: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144

Jam Operasional: 

Senin-Kamis, 09.00-14.00 WIB

Sabtu-Minggu, 09.00-15.00 WIB

 

9. Alun-alun Kidul

Tutup lah kegiatan Anda setelah seharian bertualang dengan mengunjungi Alun-alun Kidul di kota Solo. Baik bersantai, jajan-jajan kecil, mengunjungi pasar malam, maupun makan malam, semua dapat ditemukan di jantung kegiatan kota Solo ini. Warga lokal umumnya bersantai dengan berpiknik di lapangan alun-alun, dan jajan-jajan di gerobak-gerobak yang tersedia ketika malam datang. Anda juga bisa menantang diri Anda dengan mitos lama untuk mencoba berjalan dengan mata tertutup diantara kedua pohon beringin tua bagi yang belum pernah mencobanya. Seiring matahari terbenam, dan lampu-lampu terang serta warga lokal berhamburan menikmati malam yang tenang, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dan menutup hari dengan senyum di wajah Anda.

 

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment