Pulau Komodo | Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Masuk ke Bucket List Anda!

By Bella Arti | 17, Feb, 2021
Pulau Komodo | Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Masuk ke Bucket List Anda!

Inilah pulau yang menjadi habitat asli spesies yang unik dan spesial, Pulau Komodo. Buat mata Anda terbelalak dengan betapa elegannya sebuah spesies kuno bak naga yang berjalan di sekitar pulau dan nikmati indahnya pemandangan – pemandangan yang tak terlupakan di pulau ini. Saking indah dan spesialnya, Pulau Komodo masuk sebagai salah satu dari New7Wonders of Nature pada tahun 2011 dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Faktanya, ada banyak hal yang dapat Anda nikmati di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Untuk Anda yang penasaran tentang letaknya, Pulau Komodo ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, sebelah timur Pulau Sumbawa. Pulau Komodo merupakan sebuah Kawasan Taman Nasional yang terdiri dari 3 pulau besar dan beberapa pulau – pulau kecil lainnya. Di sini ada sekitar 2500 ekor naga Komodo yang berjalan berkeliaran di sekitar pulau. Selain Komodo, Pulau Komodo mempunyai banyak wisata alam yang bisa Anda kunjungi dan jelajahi. Tetapi pertama – tama, Anda pasti penasaran tentang bagaimana cara - cara terbaik menuju ke Pulau Komodo dan budget-nya. Yuk, simak penjelasan kami di bawah ini untuk menjawab rasa penasaran Anda!

Jika Anda mencari sesuatu untuk mendengar saat Anda membaca, dengerin The Halal Travel Podcast yang diselenggarakan oleh Hazirah, Nurul dan Raudha. Dengerin mereka berbicara tentang travel, makanan, kehidupan dan segala sesuatu di antaranya dan terkadang dengan tamu yang luar biasa! Dengarkan sekarang!

 

Cara - cara terbaik menuju ke Pulau Komodo dan rincian budget-nya:

1. Open Trip Sailing

Menurut penilaian kami, jasa Open Trip merupakan cara terbaik pertama yang paling cocok untuk backpacker yang pergi sendiri maupun berkelompok. Open Trip memungkinkan seorang backpacker untuk bertemu dengan backpacker lainnya dalam satu tempat untuk memenuhi quota sebuah trip. Dimana Anda bisa berkenalan dan bencengkrama dengan sesama pelancong.

Jasa Open Trip yang ada di Komodo cukup beda dan menarik. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk dapat merasakan serunya keliling Pulau Komodo dengan menginap dan berlayar menggunakan Kapal Pinisi layaknya dongeng.

Selain itu, Open Trip menawarkan harga yang cukup terjangkau, dari sekitar Rp 2.250.000,00/orang untuk 3 hari 2 malam dengan kamar kabin hingga paket luxury dengan harga sekitar Rp 6.625.000,00/orang. Para penyedia Open Trip akan membawa Anda ke berbagai macam penjuru dan spot – spot keren Pulau Komodo dan sekitarnya. Jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan mau kemana dan bagaimana. Mereka juga menyediakan makanan sehari – hari untuk memastikan perut Anda terisi penuh selama trip.

Kekurangan dari pilihan ini adalah Anda harus datang ke meeting point dengan budget dan cara Anda sendiri. Meskipun begitu, Open Trip akan tetap menjadi pilihan paling murah dan praktis. Selanjutnya, Anda hanya perlu untuk menentukan cara bagaimana Anda menuju ke meeting point. Tenang saja dan tetap scrolling artikel ini, karena kami sudah mencari tahu dan menyusun cara – caranya di paragraf selanjutnya.

Website penyedia Open Trip Komodo:

https://kemanalagi.com/produk/open-trip-komodo-3h2m/

https://indonesiajuara.asia/

2. Surabaya – Labuan Bajo

Untuk menuju ke Pulau Komodo, Anda bisa memilih rute Surabaya – Labuan Bajo menggunakan kapal Pelni ataupun pesawat terbang. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut penjelasannya:

Kapal Pelni

Jika Anda memilih untuk menggunakan kapal Pelni, maka Anda akan lebih menghemat uang transport Anda. Harga 1 tiket dewasa kapal Pelni bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 425.000,00 (rate Desember 2020). Namun, kekurangan dari akomodasi ini adalah waktu penyeberangan yang cukup lama yaitu 34-36 jam.

Informasi dan pemesanan tiket kapal Pelni: https://www.pelni.co.id/

Pesawat Terbang

Untuk Anda yang menyukai efisiensi, maka pesawat terbang adalah cara ke Labuan Bajo dari Surabaya yang tepat untuk Anda. Tiket paling murah bisa Anda dapatkan dengan menggunakan maskapai Batik Air. Harga tiketnya dimulai dari sekitar Rp 750.000,00 dengan waktu tempuh yang cukup singkat yaitu 1 jam 30 menit saja.

3. Makassar – Labuan Bajo

Nah, untuk Anda yang mungkin berangkat dari bagian utara Indonesia, rute Makassar – Labuan Bajo mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Sama seperti dari Surabaya, Anda dapat menggunakan kapal Pelni ataupun pesawat terbang dari Makassar. Berikut adalah penjelasannya:

Kapal Pelni

Menggunakan Kapal Pelni untuk menuju ke Labuan Bajo dari Makassar sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 180.000,00 saja. Lama penyeberangan-pun tidak terlalu lama yaitu sekitar 20 jam saja.

Informasi dan pemesanan tiket kapal Pelni: https://www.pelni.co.id/

Pesawat Terbang

Menggunakan Pesawat Terbang dari Makassar ke Labuan Bajo sebenarnya tidaklah efektif karena tidak adanya penerbangan langsung. Sehingga, pesawat harus transit di Bali untuk beberapa jam. Namun, jika Anda ingin mampir ke Bali sebelum ke Labuan Bajo, mungkin ini akan menjadi pilihan yang sempurna. Harga 1 tiket pesawat dimulai dari Rp 824.200,00 menggunakan maskapai Citilink.

4. Bali – Labuan Bajo

Untuk Anda yang sedang di Bali atau merencanakan untuk ke Bali dan berkeliling ke pulau – pulau di sebelahnya seperti Sumba atau Pulau Komodo, maka Anda harus tau tentang rute Kapal Pelni dan Pesawat Terbang Bali – Labuan Bajo. Berikut adalah penjelasannya:

Kapal Pelni

1 tiket dewasa Kapal Pelni tujuan Labuan Bajo dari Bali dipatok seharga sekitar Rp 230.000,00. Sedikit lebih mahal dari rute Makassar – Labuan Bajo. Lama tempuh Kapal adalah sekitar 33 jam.

Informasi dan pemesanan tiket kapal Pelni: https://www.pelni.co.id/

Pesawat Terbang

Rute ini paling efisien menggunakan pesawat terbang karena tanpa transit dan hanya memakan 1 jam saja. Harga 1 tiket Bali – Labuan Bajo bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 437.200 saja.

5. Bima – Labuan Bajo

Menuju Labuan Bajo dari Bima adalah cara yang termudah dan terdekat. Namun, akses pesawat terbang belum terlalu familiar di sana. Jadi, menggunakan Kapal Pelni adalah cara terbaik yang kami sarankan. Harga 1 tiket dewasa Kapal Pelni sangatlah murah, hanya Rp 80.000,00 saja. Lama penyebrangan-pun hanyalah 8 jam saja.

Informasi dan pemesanan tiket kapal Pelni: https://www.pelni.co.id/

Itulah ke-lima cara – cara terbaik menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Simpan informasi tersebut untuk Anda pertimbangkan nanti. Sekarang, yuk! Kita cari tahu apa saja Wisata Alam yang menarik di Pulau Komodo!

 

Wisata Alam di Pulau Komodo:

1. Pink Beach
Pink Beach Nusa Tengara Pulau Komodo Indonesia

Kredit Foto: MEDZ on Unsplash

Pink Beach atau Pantai Merah di Pulau Komodo adalah salah satu dari ke-7 Pantai berwarna merah muda yang ada di dunia. Wah, kita sebagai warga Indonesia patut bangga akan fakta tersebut. Maka dari itu, Pink Beach Komodo kami letakkan di urutan pertama kami karena kecantikannya yang sangat unik. Kami serius, Anda benar – benar harus menyaksikan dan membuktikannya dengan mata kepala Anda sendiri!

2. Loh Liang – Komodo National Park (ada Manta Point)
Loh Liang Komodo National Park Pulau Komodo Indonesia

Kredit Foto: Guillaume Marques on Unsplash

Loh Liang, yang berarti Teluk Lubang dalam bahasa Labuan Bajo diambil dari sarang – sarang komodo yang berbentuk seperti lubang. Loh Liang adalah tempat di mana flora dan fauna endemik Pulau Komodo berada. Di sini, Anda bisa berkeliling hutan ditemani dengan guide khusus dari Komodo National Park yang paham betul tentang Komodo dan flora fauna endemik Pulau Komodo lainnya. Di sini Anda bisa memilih beberapa pilihan trek, yaitu adventure trek, long trek, medium trek, short trek and super short trek.

Selain itu, Anda juga bisa datang ke Manta Point untuk snorkeling dan menyelam guna melihat Ikan Pari Manta.

Catatan penting: Pastikan untuk menaati peraturan, membawa minum dan uang tunai yang cukup ya!

3. Batu Bolong Reef
Batu Bolong Reef Pulau Komodo Indonesia

Kredit Foto: Chad Taylor on Unsplash

Untuk Anda pecinta diving atau menyelam, Batu Bolong Reef adalah salah satu hidden gem kelas dunia di Pulau Komodo yang wajib Anda masukkan ke dalam bucket list Anda! Di sini Anda akan disuguhi dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Anda bisa menyaksikan pemandangan terumbu karang, penyu, dan berbagai macam spesies ikan yang berwarna-warni.

Kontak guide penyelam profesional demi keamanan Anda:

Flores Diving Centre (0812-3880-1183)

Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

4. Pulau Rinca
Pulau RInca Komodo Indonesia

Kredit Foto: Azis Pradana on Unsplash

Pulau Rinca adalah salah satu tempat wisata cukup nge-hits di sosial media. Faktanya, Pulau Rinca ini termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Seperti Loh Liang, Pulau Rinca juga merupakan tempat di mana Komodo berada. Bedanya, Pulau Rinca punya lebih banyak savana daripada hutan.

Catatan penting: Pastikan untuk menaati peraturan, membawa minum dan uang tunai yang cukup. Selain itu, tiket akan lebih murah jika Anda mengunjungi Pulau Padar dalam hari yang sama. Kurang lebih total Rp 170.000,00/orang.

5. Pulau Padar
Pulau Padar Komodo Indonesia

Kredit Foto: Fajruddin Mudzakkir on Unsplash

Pulau Padar mungkin adalah salah satu spot wisata paling terkenal di Pulau Komodo. Pulau ini terkenal karena panorama luar biasa dari bukit – bukit yang menghadap ke samudera luas. Di sini pun, Anda bisa menyaksikan 3 pantai dengan warna yang berbeda, yaitu putih, merah muda, dan hitam. Fakta lainnya adalah bahwa pulau ini tidak dihuni oleh Komodo dan juga masih termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Jangan lupa bawa kameramu karena tempat ini sangat instagrammable!

Catatan penting: Karena dikelilingi oleh savanna, bawalah air minum yang cukup dan tabir surya.

6. Gili Lawa
Gili Lawa Darat Pulau Komodo Indonesia

Kredit Foto: Marcella Oscar on Unsplash

Jika Anda menggunakan jasa Open Trip, maka kemungkinan Anda akan mampir ke tempat surgawi ini. Sebuah pulau tak berpenghuni yang terletak di sebelah utara Pulau Komodo, NTT. Gili Lawa atau yang juga dikenal dengan sebutan Gili Laba ini memiliki spot foto andalannya di mana ada perairan atau selat yang diapit oleh dua pulau.

7. Taka Makassar
Taka Makassar Pulau Komodo Indonesia

Kredit Foto: NickoasmaraCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Taka Makassar adalah salah satu pulau yang paling unik di Nusa Tenggara Timur. Luasnya hanya tak lebih dari lapangan sepak bola. Pasir putih yang timbul dari laut Bak satu usapan kuas dari Yang Maha Kuasa. Nah, karena begitu spesial, pulau ini hanya ada saat air sedang surut. Di sini, Anda bisa menikmati keanekaragaman biota laut dari wisata bahari yang tiada duanya dengan snorkeling atau diving.

Itulah ke-tujuh tempat wisata terbaik dan permata tersembunyi yang ada di Pulau Komodo dan sekitarnya. Yuk! Kita ramaikan wisata dalam negeri kita di dalam masa yang sulit ini untuk membantu sesama sambil refreshing. Tempat wisata mana di Pulau Komodo, NTT yang paling Anda inginkan untuk kunjungi? Unduh aplikasi HalalTrip untuk mendapatkan informasi dan tips melancong Halal!

Bella enjoys sipping on hot soy latte while writing. Through Halaltrip, she communicates her love for travelling.

Leave a comment