4 Ruang Terbuka Hijau Untuk Melarikan Diri dari Hiruk Pikuk Jakarta

By Muhammad Jodi Pratama | 04, Jan, 2023
4 Ruang Terbuka Hijau Untuk Melarikan Diri dari Hiruk Pikuk Jakarta

Berada di tengah Kota Jakarta memang mengasyikkan, namun berada 20 lantai diatas tanah di ruang tertutup setiap hari tidak dapat dipungkiri merupakan keseharian yang membosankan. Mengunjungi ruang terbuka hijau bisa jadi pilihan yang baik untuk melarikan diri dari rutinitas tersebut, dan dengan digencarkannya penambahan ruang tersebut oleh pemerintah, ruang-ruang hijau ini bisa Anda temukan di tengah kota dan dalam jarak yang relatif dekat.

Baik untuk berakhir pekan atau menghabiskan waktu istirahat Anda yang singkat, berikut ini adalah beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa Anda kunjungi.halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

1. Hutan Kota GBKhutan kota gbk

Kredit Foto: @temantaman.jkt on Instagram

Hutan Kota GBK adalah salah satu ruang terbuka paling kekinian saat ini untuk kalangan anak muda. Merupakan hasil alihfungsi lahan dari golf driving range dalam komplek Gelora Bung Karno,hutan kota sebesar 4 hektar ini bebas dikunjungi oleh umum secara gratis (diluar biaya parkir). Dengan ruang terbuka hijau yang luas, hutan kuta ini memiliki pemandangan gedung-gedung pencakar langit Jakarta, namun tetap jauh dari keramaian dan kemacetan ibu kota. 

Walaupun bernama “hutan kota”, RTH ini tidak memiliki banyak pohon dan lebih menyerupai taman-taman besar terbuka di Amerika Serikat seperti Central Park, City Park, dan Hermann Park. Sehingga jam yang ideal bagi Anda untuk berkunjung adalah di pagi dan sore hari sebelum matahari berada tepat diatas kepala. 

Disini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa berolahraga, bersantai, bahkan berpiknik. Terdapat juga kios makanan, food court, dan restoran Plataran (area terpisah) bagi Anda yang ingin menghabiskan sore hari Anda sambil berkuliner atau menikmati segelas kopi.

Alamat:  Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Akses transportasi umum terdekat: MRT - Istora Mandiri; Transjakarta - Halte Gelora Bung Karno

 

2. Taman Lapangan Banteng taman lapangan banteng

Kredit Foto: Direktori Pariwisata Indonesia

Walaupun sekilas terlihat seperti RTH biasa, Taman Lapangan Banteng mungkin merupakan salah satu ruang terbuka ternyaman yang bisa Anda nikmati di tengah Kota Jakarta. Penuh dengan anak muda, banyak aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di taman ini. Taman yang iconic ini merupakan rumah dari Monumen Patung Pembebasan Irian Barat yang penuh dengan sejarah. 

Bagi Anda yang aktif dan gemar berolahraga, taman ini menawarkan lahan yang luas dan telah ditata rapi untuk Anda beraktivitas. Sehingga Anda dapat bermain skateboard, jogging, dan bersepeda. Anda juga dapat memanfaatkan sarana olahraga yang tersedia, yang diantaranya meliputi lapangan sepak bola, basket, dan badminton. Beberapa street food dan kios makanan juga tersedia bagi Anda yang perlu mengisi perut selama beraktivitas.

Sebelum Anda pulang, pastikan Anda menyaksikan pertunjukkan air mancur menari yang diiringi lagu tradisional Indonesia yang bisa Anda saksikan pada setiap akhir pekan maupun hari libur nasional. Pertunjukkan ini dapat Anda saksikan secara gratis pada jam dan sesi tertentu, sehingga kami sarankan bagi para pengunjung untuk memeriksa website resmi sebelum kunjungan untuk jadwal pertunjukkan.

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta10710

Akses transportasi umum terdekat: Transjakarta - Halte Juanda atau Lapangan Banteng 2 (feeder)

 

3. Taman Tribecataman tribeca

Kredit Foto: Central Park Jakarta

Jika Anda ingin berkunjung ke ruang terbuka namun merasa sulit untuk melepaskan diri dari keramaian, maka Taman Tribeca adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Terletak di pusat perbelanjaan Central Park, taman modern ini memiliki keasrian yang Anda kenal dalam sebuah taman kota, namun lengkap dengan berbagai fasilitas, atraksi, serta penataan menarik yang tidak biasa Anda jumpai. Tak hanya rindang karena dipenuhi oleh pohon, terdapat juga amphitheater, kolam ikan koi, jalur pedestrian yang ramah pejalan kaki, serta tempat bermain anak. 

Dengan penataan yang modern, nyaman, dan menarik, Anda tentunya dapat mengambil banyak foto yang instagrammable untuk Anda unggah di kemudian hari. Tidak jarang juga bagi Anda untuk dapat menemukan festival kuliner maupun perayaan pada hari tertentu, yang pastinya tidak boleh Anda lewatkan. Cuaca mulai terik dan Anda butuh berbelanja atau mencari makanan? Tidak perlu khawatir karena Anda hanya beberapa langkah dari salah satu mall terbesar dan terlengkap di Jakarta.

Alamat: Letjen S. Parman St No. Kav. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11470

Akses transportasi umum terdekat: Transjakarta - Halte S. Parman Podomoro City

 

4. Tebet Eco Parktebet eco park

Kredit Foto: Tebet Eco Park

Sesuai misi dari Tebet Eco Park yaitu “Connecting People With Nature”, taman ini telah direvitalisasi dengan ruang terbuka hijau dan fasilitas yang lebih baik. Taman ini, sesuai dengan konsepnya, memadukan ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi dalam satu wilayah dan untuk dinikmati semua orang. Terdapat sungai, rawa, konservasi tanaman, dan berbagai fitur ramah lingkungan dalam area taman, memfasilitasi serta memberikan ruang bagi masyarakat untuk berinteraksi dengan alam.

Dikelilingi oleh tumbuhan yang rindang, Anda dapat berolahraga di outdoor fitness, maupun menghabiskan waktu bersantai dengan berpiknik dalam suasana yang asri. Jika Anda bepergian dengan anak-anak, terdapat zona playground dan berbagai area lain dengan hamparan rumput yang aman bagi buah hati Anda. 

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Akses transportasi umum terdekat: Transjakarta - BUMD, Eco Park Selatan 1 dan 2; KRL - Stasiun Cawang; MRT - Stasiun Dukuh Atas BNI

 

Kredit Foto Sampul: Mike Benna on Unsplash  

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment