11 Street Food ala Korea yang Wajib Kamu Coba

By Halal Trip | 30, Aug, 2022
11 Street Food ala Korea yang Wajib Kamu Coba

Pengaruh dari Korea Selatan terhadap konsumsi makanan di Indonesia, baik itu dari pengaruh yang dibawa dari atraksi wisata, budaya, maupun k-drama. Menciptakan suatu tren dan meningkatnya kepopuleran dari makanan dan jajanan Korea.

Dengan banyaknya peminat makanan ala Korea di Indonesia saat ini, menyebabkan jajanan-jajanan ini untuk mudah ditemukan dan telah aman dikonsumsi karena kehalalannya! Rasanya yang unik, harganya yang pas di kantong, dan jenisnya yang beragam sangatlah cocok untuk Anda yang ingin mencoba jajanan baru. Baik manis maupun asin, gorengan maupun rebusan, makanan hangat maupun dingin, semuanya ada disini untuk Anda coba.

Dengan banyaknya pilihan halal yang dapat meningkatkan dan menggugah selera makan Anda, cobalah beberapa jajanan ala Korea ini!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Tteokbokkispicy tteokbokki

Image Credit: Popo le Chien, CC0, via Wikimedia Commons

Tteokbokki mungkin adalah camilan Korea Selatan paling populer dan mudah ditemukan saat ini. Berawal dari jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima di hampir semua jalanan di Seoul dan dijual dalam cangkir kertas, tteokbokki sudah memasuki Indonesia dan dapat dengan mudah Anda temukan di banyak restoran, k-mart, maupun kios-kios online. Camilan ini terbuat kue beras kenyal yang ditambahkan dengan "gochujang" yang menggoda, saus manis dan pedas asli Korea yang dibuat dengan cabai merah yang digiling. Sekarang Anda juga bisa menemukan varian-varian lain seperti tteokbokki dengan eomuk (kulit tahu goreng), ayam goreng, bulgogi, bahkan keju. Pastikan dalam setiap gigitan kue beras tersebut Anda merasakan aroma saus Korea yang menghantam dengan cita rasa lokal yang sesungguhnya.

 

2. Kimbap

Apabila Anda menginginkan makanan yang lezat namun sehat dengan harga yang cocok di kantong, kimbap adalah makanan yang harus dicoba. Dengan berbagai versi hidangan dan isian yang ditawarkan, kimbap pasti bisa memenuhi keinginan semua selera. Kimbap juga merupakan nasi yang digulung di dalam lapisan rumput laut yang dilumuri minyak dan ditaburi biji wijen. Anda dapat memesan kimbap dengan berbagai isian yang lezat seperti acar lobak, seafood, daging, wortel, atau isian lainnya. Pilihan yang umumnya menjadi favorit adalah kimbap klasik, chamchi kimbap (tuna), kimchi kimbap, petal kimbap, dan samgak kimbap (berbentuk segitiga).

 

3. Hotteok

Setelah kenyang kami yakin bahwa akan ada sebuah ruang untuk makanan penutup di perut Anda, dan Hotteok adalah makanan yang tepat untuk menyelesaikan santapan Anda. Makanan penutup lokal ini cocok untuk pecinta makanan manis dan penggila makanan yang ingin bereksperimen dengan rasa dan hidangan yang berbeda. Hotteok adalah makanan penutup tradisional Korea dan umumnya merupakan favorit bagi para pelancong. Hotteok adalah panekuk, namun, dengan adonannya yang diisi dengan madu, kacang, gula merah, atau kayu manis sebagai pelengkap. Disajikan panas dan renyah, setiap suapan makanan penutup ini dijamin akan membuat Anda ketagihan.

 

4. Pajeonpajeon bawang daun

Image Credit: croxriver, CC BY 2.5, via Wikimedia Commons

Pajeon adalah pancake Korea yang berbeda dengan hotteok, namun dengan keunikannya sendiri karena memiliki rasa yg asin dan gurih. Versi ini adalah panekuk yang dibuat dari tepung terigu, adonan telur, dan untuk sentuhan Korea, dengan banyak batang daun bawang. Selain Pajeon yang klasik dengan bawang daun, terdapat jenis lain seperti disertai dengan udang atau cumi untuk Haemul Pajeon dan jenis-jenis lainnya. Pajeon umumnya disajikan dengan kecap dan saus gochujang Korea yang terkenal.

 

5. Twigim

Tidak khawatir dengan asupan kalori Andasebagai camilan Anda? Maka gorengan ala Korea ini sangatlah cocok untuk menemani Anda. Twigim adalah tempura versi Korea, yang bahan utamanya dilapisi adonan dan digoreng untuk mendapatkan tekstur yang kering dan renyah. Umumnya, twigim bisa berasal dari berbagai bahan, namun utamanya bisa berbentuk udang, sayuran, sayuran hijau, ubi jalar, bihun, bahkan mandu. Sangat cocok untuk Anda yang ingin camilan atau jajanan yang “sehat”, namun memuaskan.

 

6. Mandu

Pangsit Korea yang disebut mandu ini dijamin akan membuat Anda ingin lagi dan lagi, karena satu tidak pernah cukup! Dibuat dari tepung yang diisi dengan sayuran, ayam, atau daging, pasti dijamin lezat dan memenuh 4 sehat 5 sempurna Anda. Mandu juga dapat dinikmati dalam berbagai jenis, baik dipanggang di atas wajan panas, digoreng, maupun direbus seperti sup atau yang biasa disebut mandu-guk.

 

7. Bungeoppangbungeoppang kacang dan coklat

Image Credit: Siqbal at en.wikipedia, Public domain, via Wikimedia Commons

Ingin camilan Korea atau hidangan penutup setelah makanan utama? Salah satu pilihan yang terbaik untuk ini adalah Bungeoppang. Sebuah pastry yang bertekstur hampir seperti kue ini secara unik selalu berbentuk ikan, yang lalu diisi dengan kacang merah, krim, custard atau keju. Makanan ringan ini merupakan salah satu camilan terpopuler terutama ketika cuaca yang dingin, karena Bungeoppang paling nikmat adalah ketika dihidangkan langsung setelah dibuat oleh penjualnya.

 

8. Gyeranppang

Ingin camilan Korea yang cukup mengenyangkan? Cobalah gyeranppang!  Gyeranppang adalah sebuah hidangan asin dimana Anda dapat merasakan roti yang membungkus sebuah telur utuh dan dipanggang. Dengan kematangan yang pas sehingga telur tersebut masih cukup cair dan membalut lidah Anda ketika digigit. Umumnya gyeranppang dihiasi dengan biji, kacang, dan peterseli sebagai topping. Bagi Anda yang ingin sedikit berbeda, topping lain seperti daging atau tuna untuk menemani telur tersebut sudah dapat Anda nikmati. Gyeranppang ini dikenal sebagai pilihan favorit untuk sarapan di negara asalnya dan cocok untuk memenuhi asupan nutrisi Anda!

 

9. Eomuk

Untuk alternatif yang lebih sehat untuk beberapa camilan Korea yang sebelumnya memiliki banyak lemak, eomuk atau kue ikan yang disajikan dengan stik dan kuah hangat adalah pilihan yang tepat. Eomuk tersebut dibuat dengan cara dikukus, yang lalu direndam dan dihidangkan dengan kaldu sayuran atau seafood. Cara yang paling populer untuk menyantap eomuk adalah dengan membumbui dengan gochujang atau disantap bersama tteokbokki.

 

10. Patbingsupatbingsu original kacang merah

Image Credit: National Institute of Korean Language, CC BY-SA 2.0 KR, via Wikimedia Commons

Apabila Anda merasa hari ini terlalu panas, maka patbingsu adalah sahabat Anda. Patbingsu adalah es serut ala Korea yang dimana es tersebut diserut sangat halus sehingga Anda seakan-akan sedang memakan awan manis. Es tersebut lalu disirami berbagai saus manis dan topping kesukaan Anda! Salah satu menu terfavorit yang perlu Anda coba adalah patbingsu kacang merah (original), injeolmi (dengan bubuk kacang dan tteok), coklat, buah-buahan, dan matcha.

 

11. Corndog

Bingung ingin camilan yang manis atau asin? Merupakan adaptasi Kore dari hotdog, corndog adalah makanan yang harus dicoba untuk camilan Anda. Bisa dalam opsi manis atau asin, corndog umumnya tersedia dalam banyak isian yang lalu ditusuk dan dibalur dengan tepung atau kentang dan digoreng hingga sempurna. Menu yang paling populer untuk jenis asin adalah keju atau sosis dengan balutan kentang, sedangkan untuk manis adalah dengan isian keju dan dengan topping coklat. 

 

Berencana untuk berkuliner makanan korea? Gunakan aplikasi HalalTrip di gawai Anda untuk menemukan makanan dan restoran halal terdekat, menemukan masjid terdekat, dan fitur-fitur lainnya yang dapat membantu perjalanan Anda!

Leave a comment