Lepaskan Jiwa Kanak-Kanakmu di 4 Tempat Wisata Hong Kong Ini

By Leo Galuh | 05, Jun, 2020
Lepaskan Jiwa Kanak-Kanakmu di 4 Tempat Wisata Hong Kong Ini

Artikel ini aslinya ditulis oleh Rashmi Wickramasinghe dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel versi Inggris yang ditulisnya di sini.

Hong Kong punya banyak hal yang ditawarkan untuk bersenang senang. Ada banyak pilihan destinasi dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Hong Kong. Para turis sebaiknya memiliki daftar hal hal yang harus dicoba saat berada di pulau tersebut. Hong Kong adalah rumah untuk beberapa atraksi termegah dan terbesar di Asia!

Kamu mungkin akan dibuat pusing dengan banyaknya pilihan wahana dan kegiatan untuk dipilih. Jadi inilah beberapa atraksi tempat bermain untuk melepaskan jiwa anak-anak di dalam dirimu saat berada di Hong Kong!

Excited Netflix GIF by The Swoon

via GIPHY


1. Hong Kong Disneyland

Kredit Gambar: Hong Kong Disneyland

Siapa sih yang ga suka bermain di Disneyland?! Dan kamu ga perlu pergi jauh-jauh ke AS untuk mencoba bermain di Disneyland karena sama bagusnya dengan yang ada di Hong Kong. Malah ada nuansa perpaduan Timur dan Barat

Hong Kong Disneyland memiliki 7 area berbeda yang memiliki daya tarik, wahana, dan acara sendiri.

Salah satu atraksi utama di Main Street, AS adalah Hong Kong Disneyland Railroad - perjalanan kereta indah yang akan membawamu melewati seluruh negeri dan berakhir di Fantasyland. Tempat seru lainnya adalah Disney Paint the Night Parade di mana kamu bisa ikut berpesta menggunakan LED barengan semua karakter Disney selama 30 menit. Oh ya, kamu harus masuk ke Royal Princess Garden kalau kamu mau foto bareng dengan Ratu Disney favoritmu!

Wahana lain yang kamu harus datengin di adventureland adalan Festival of the Lion King. Di sini kamu bisa menyaksikan kisah animasi klasik Disney. Kamu juga bisa cobain wahana Jungle River Cruise yang seru banget karena berhadapan dengan hewan animatronic. Buat kamu yang suka naik roller coaster, kamu wajib banget ngerasain keseruan di The Big Grizlly Mountain Runaway Mine Cars dengan roller coasternya yang retro abis ala old school.

Kredit Gambar: Hong Kong Disneyland

Di Disneyland juga ada rumah hantu lho. Di area Mystic Point ada wahana namanya Mystic Manor – Disneyland Haunted Mansion versi Disneyland Hong Kong. Di situ kita bisa menikmati kisah Lord Henry Mystic dan asistennya si monyet yang menggemaskan. Di sini kamu bakal ngalami banyak kejutan.

Ada juga tempat namanya Toy Story Land yang isinya penuh kegembiraan. Lihat deh RC Racer, pipa yang terbagi dua berukuran 27 meter dengan mobil yang naik turun. Menegangkan dan mendebarkan!

Kredit Gambar: Hong Kong Disneyland

Mau liat sesuatu yang ajaib?! Fantasyland tempatnya karena ada wahana yang sayang banget untuk dilewatin namanya Mickey and the Wondrous Book. Pertunjukan di sini bisa dikatakan sebagai pertunjukan terbaik di Hong Kong. Pertunjukan tari dan music spektakuler berdurasi 30 menit yang menyatukan semua karakter Disney. Cinderella Carousel adalah suatu keharusan bagi setiap tamu, semua orang bermimpi mendapatkan satu komidi putar klasik dengan kuda jingkrak dan musik yang indah. Perjalanan terbaik di Fantasyland adalah Mad Hatter Tea Cups - cangkir teh raksasa yang akan membuat kamu pusing tetapi bersemangat.

Image Credit: Hong Kong Disneyland

Kunjungi Tomorrowland untuk menikmati atraksi dan wahana yang terinspirasi futuristik. Di Hyperspace Mountain kamu bisa meraskan perjalanan rollercoaster yang didedikasikan untuk semua penggemar Star Wars, menghindari tembakan blaster dengan soundtrack Star Wars yang disetel sebagai latar belakang menambah kesan epik. The Iron Man Experience adalah satu-satunya wahana Marvel yang tidak ditemukan di Disneyland lain. Kamu bisa terbang di atas kaki langitHong Kong dengan Iron Man dalam petualangan 3D epik ini.

Disnyeland juga memiliki resor di mana kamu dapat memesan akomodasi selama di sini. Kamarnya keren banget terutama yang suite karena bertemakan Disney. Kamu bisa memilih di antara tiga hotel. Bagi kamu yang berjiwa petualang ada Disney Explorer's Lodge. Buat kamu yang ingin merasakan tempat yang anggun bisa coba menginap di Hong Kong Disneyland Hotel. Nah yang terakhir nih buat penggemar film film Hollywood harus ngerasain tidur di Disney's Hollywood Hotel!


Rute Menuju Lokasi

Kamu bisa menuju Hong Kong Disneyland dengan kereta MTR, rutenya sangat indah dan kereta merupakan moda transportasi yang lebih murah. Kamu harus mengambil jalur Tung Chung ke Stasiun Sunny Bay, transfer ke Disneyland Resort Line dan ke Kereta Disney - kereta dihiasi dengan memorabilia bertema Disney.


Harga Tiket

Biaya tiket standar untuk 1 atau 2 hari mulai dari HK $ 639 untuk dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas.

Paket untuk 2 hari dimulai dari HK $ 719, disertai dengan voucher diskon HK $ 30 untuk barang dagangan dan akses langsung akses tiket elektronik Disney. (Kunjungan pertama harus pada atau sebelum 31 Desember 2019).

Ada juga tiket Disney Priority Ticket + Paket Combo Satu Hari mulai dari HK $ 938 dan HK $ 838 - lihat situs web untuk info lebih lanjut.


Tempat Makan dan Lokasi Belanja

Ada 2 restoran bersertifikat halal di dalam taman - Tahitian Terrace di Adventureland dan Explorer's Club Restaurant di Mystic Point.

Kamu bisa mendapatkan makanan bersertifikat Halal tersedia atas permintaan di restoran berikut:

  • Chef Mickey di Disney's Hollywood Hotel
  • Studio Lounge di Disney's Hollywood Hotel
  • Walt's Cafe di Hong Kong Disneyland Hotel
  • Dragon Wind di Disney Explorers Lodge
  • World of Color Restaurant di Disney Explorers Lodge
  • Layanan Kamar di Hong Kong Disneyland Hotel


Fasilitas Ruang Sholat

Disneyland terdapat ruang Sholat di sebelah Explorer Restaurant Club. Tempat ini juga ada fasilitas Wudhu yang luar biasa. Tapi di sini tidak ada sajadah jadi ingatlah untuk membawa sendiri.

Alamat: Pulau Lantau, Hong Kong

Jam buka: 10:30 pagi hingga 8:30 malam

Harap diingat! Waktu untuk berbagai atraksi dan wahana dapat bervariasi, jadi lihat situs web resmi mereka untuk info lebih lanjut.

Situs Web | Facebook | Instagram


2. Ocean Park

Kredit Gambar: Ocean Park on Facebook

Ocean Park adalah taman hiburan bertemakan kehidupan laut yang telah membuat wajah pengunjung tersenyum sejak tahun 1977. Jadi tentu saja destinasi ini wajib ada di dalam daftar destinasimu.

Ocean Park Hong Kong itu seperti toko serba ada. Di taman ini sungguh lengkap karena menggabungkan taman hewan hewan laut dengan hewan lainnya dalam satu taman hiburan. Di sini rumah buat dua panda raksasa namanya Le Le dan Ying Ying. Siapa sih yang ga suka Panda? Taman hiburan ini luasnya 915,000 meter persegi atau sekitar 174 kali lapangan sepak bola.

Ocean Park memiliki dua area utama yaitu The Waterfront dan The Summit yang terbagi menjadi 8 zona dengan tema berbeda. Semuanya meliputi pertunjukan acara, atraksi, dan wahana. Para pengunjung pertama akan mengunjugi The Waterfront karena dekat dengan pintu utama. Kalau kamu ingin bersenang senang sepanjang hari sepenuhnya, bisa mulai dari naik kereta gantung atau kereta ekspres langsung ke The Summit.

Hair Raiser

Kredit Gambar: Ocean Park

Di The Summit kamu akan menemukan wahana sensasi dan Polar Adventure. Ocean Park dikenal memiliki wahana yang gila seperti Hair Raiser, Raging River, The Rapids, dan The Flash. Kamu wajib nyobain Mine Train wahana rolllercoaster yang benar benar unik karena menggunakan teknologi VR! Kalau kamu  pecandu penantang adrenalin ekstrem, waha ini paling pas buat kamu.

Setelah kamu puas memacu adrenalin, mengapa tidak melakukan sesuatu yang sedikit lebih dinging, secara harfiah. Tengok deh Polar Adventure yang menampung hewan-hewan dari Kutub Utara dan Selatan, Kamu bakalan ketemu sama penguin, anjing laut, dan banyak hewan khas kutub lainnya. Kalau kamu mau lebih dekat dan akrab dengan para hewan daripada cuma melihat dari balik kaca, kamu bisa ke bagian Animal Encounter.

Giant Panda Adventure

Kredit Gambar: Ocean Park

Setelah kamu puas berkeliling The Summit, kunjungi The Waterfront, soalnya atraksi utama di sini adalah Giant Pandas, Grand Aquarium, dan Old Hong Kong Street. Grand Aquarium keren banget dengan 5000 ikan dari 400 spesies berbeda. Kamu pasti akan kagum pada varietas yang tersedia. Old Hong Kong Street oleh Kee Wah Bakery akan membawa kamu kembali ke Hong Kong di asa 1950-an dan 1970-an.

Jangan lupa untuk mengunjungi Le Le dan Ying Ying, mereka ini para jagoan andalan taman ini! Anda tidak akan bisa tahan dengan tingkah dua panda  yang berputar dan bermalas-malasan di kandang mereka. Untuk menutup harimu, pergilah ke Aqua City di mana kamu bisa menyaksikan pertunjukan 360 layar air  pertama di dunia. Ini adalah pertunjukan malam hari dengan lampu, kembang api, musik, dan animasi. Pertunjukan ini akan menjadi akhir yang sempurna untuk hari yang menyenangkan yang dihabiskan di Ocean Park Hong Kong.

Kamu bahkan bisa memesan penginapan di Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel, yang terletak di pintu masuk taman.


Rute Menuju Lokasi

  • Kamu bisa naik bus lokal atau lintas batas lalu turun setelah melewati Aberdeen Tunnel. Dari situ kamu tinggal berjalan kaki sebentar ke Ocean Park.
  • Kamu bisa mengambil rute Citybus 629 yang beroperasi setiap hari dari Central Star Ferry setiap 20-60 menit.
  • Naik kereta dari stasiun MTR ke Ocean Park melalui jalur South Island. Pastikan kamu sudah punya Octopus Card.
  • Pakai mobil juga bisa. Kamu hanya perlu ke sana dan cari tempat parkir karena di sana juga ada fasilitas parkir.


Harga Tiket

Kamu bisa membeli tiket di gerbang atau bisa langsung pesan online di situes web resmi Ocean Park. Tiketnya juga tersedia di gerai-gerai 7-11.

Tiket masuk umum dihargai HK$498 untuk orang dewasa termasuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas, sedangkan tiket anak dihargai HK$249. Kalau kamu tidak suka berdiri dalam antrian lama, kamu bisa beli tiket Ocean FasTrack (Standar) dengan harga HK$280 untuk anak-anak dan orang dewasa - ini memungkinkan akses prioritas ke 7 wahana dan atraksi. Ada dua opsi FasTrack lainnya: Deluxe (HK$400) dan Grand (HK$520).


Tempat Makan dan Lokasi Belanja

Ada banyak pilihan tempat bersantap di Ocean Park Hong Kong, dari kafe hingga restoran yang bisa kamu pilih. Ada juga banyak kios makanan yang tersebar di sekitar taman, jadi kalau kamu mau mengemil sesuatu sambil jalan jalan untuk mengembalikan tenaga kamu yang terkuras setelah naik beberapa wahana.

Kamu bisa menemukan makanan halal di Cafe Ocean, Dive into A Float (di Marine World), Panda Cafe Food To Go (di Amazing Asian Animals), dan Popcorn Cart (di Aqua City). Semua hidangan yang disajikan di restoran dan kios ini telah disertifikasi oleh Trustee Incorporated dari Islamic Community Fund Hong Kong sebagaimana dinyatakan di situs web taman resmi.

Ada juga banyak toko suvenir di taman, jadi pastikan kamu beli suvenir untuk kenang kenangan dari taman ini.


Fasilitas Ruang Sholat

Tersedia ruang sholat dengan petunjuk kiblat. Ruang sholat bisa ditemukan di Guest Relations Offices yang terletak di pintu masuk utama dan di Thrill Mountain di The Summit.

Alamat: Aberdeen, Hong Kong

Jam buka: Senin hingga Jumat, 10:00 pagi - 7:00 malam

                  Sabtu dan Minggu, 10:00 pagi - 9:00 malam

Situs Web | Facebook | Instagram | Twitter


3. SuperPark Hong Kong

Kredit Gambar: SuperPark Hong Kong on Facebook

Taman olahraga dalam ruangan dengan segudang kegiatan untuk semua orang. Kamu benar-benar bisa bebas dan bersenang-senang! SuperPark Hong Kong adalah jaringan dari Finlandia dan memiliki banyak cabang secara global. Fokus utama perusahaan ini adalah bersenang senang, jadi ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan jiwa kanak-kanakmu untuk bermain!

Image Credit: SuperPark Hong Kong on Facebook

Taman ini dibagi menjadi 3 bagian - Adventure, Game Arena, dan Freestyle Hall. Ada banyak pilihan permainan di Area Adventure seluncur di dalam tabung, flying fox dan, bahkan trek menjajakan mobil! Arena permainan adalah tempat semua kesenangan! Dengan macam macam permainan menarik seperti Superball, Hotstepper, dan pinball super,  kamu bisa berkeringat dan tidak lelah selama berjam-jam karena kamu akan begitu asyik bersenang-senang! Mereka bahkan memiliki RoboKeeper sebagai kiper sepakbola! Freestyle Hall mungkin adalah bagian terbaik di Superpark karena memiliki trampolin! Siapa sih yang tidak suka lompat-lompatan?! Mereka juga memiliki tas tinju yang dikendalikan AI SuperBoxer dan dinding panjat 8 meter di SuperClimb!


Rute Menuju Lokasi

Kamu bisa naik kereta MTR dari Olympian City dan dari sana hanya 15 menit berjalan kaki. Kamu bisa naik bus yang melewati rute-rute berikut: 13D, 43C, 87B, 701 / 701S, 971, N23, E21, A21. Rute mini bus adalah: 46, 78, 70


Harga Tiket

Harga tiket  didasarkan pada hari kamu berkunjung ke sana. Periksa kalender tiket di situs web resmi untuk mengetahui tanggal dan harga.


Tiket Reguler

  • Tiket Satu Hari: HK$180
  • Setelah jam 18.00 : HK$120

Tiket Super Day

  • Morning mayhem (09.00 sampai 13.00): HK$180
  • Middle Session (13:30 sampai 17:30): HK$210
  • Setelah jam 18.00: HK$150
  • Tiket satu hari: HK$250


Tempat Makan dan Lokasi Belanja

SuperPark Hong Kong memiliki satu restoran di dalam taman tapi tidak halal.


Fasilitas Ruang Sholat

Sayangnya Superpark Hong Kong tidak memiliki fasilitas ruang sholat jadi bawalah sajadah, buku saku doa dan pakaian untuk berdoa!

Alamat: G/F One SilverSea, No 18 Hoi Fai Road, Kowloon, Hong Kong (near Olympian City)

Jam Buka: Senin sampai Jumat, 10:00 – 21:00
                 Akhir pekan, libur sekolah dan hari libur, 9:00 – 21:00

Situs Web | Facebook | Instagram


4. Noah's Ark

Kredit Gambar: Noah's Ark on Facebook

Noah's Ark atau Bahtera Nuh sebenarnya berasal dari kisah di Alkitab tapi kamu bisa menemukannya di Hong Kong. Ini bukan Bahtera Nuh yang sesungguhnya, tapi sebuah taman hiburan yang dibangun mengadaptasi konsep cerita dan bahkan membuat replika bahtera yang sesuai ukuran aslinya.

Image Credit: Noah's Ark on Facebook

Noah's Ark lebih bernuansa pendidikan daripada mendebarkan, jadi kalau kamu mau pengalaman yang lebih santai, tempat ini cocok untukmu. Taman ini dibagi menjadi 3 bagian utama - yaitu Noah's Ark, Solar Tower dan Nature Garden. Sebagian besar fokus taman ini adalah pada hewan dan alam sehingga kamu akan menemukan banyak hewan hidup yang dipamerkan serta beberapa patung seukuran aslinya menyambutmu di pintu masuk.

Tempat ini lebih lanjut dibagi menjadi Ark Garden, Ark Expo - rumah salah satu meteorit terbesar yang dipamerkan di Hong Kong, Adventureland adalah tempat kamu bakalan menemukan kesenangan bermain halang rintang. Sementara itu Ark Life Education House, Treasure House dan e-Planet semuanya menawarkan kegiatan interaktif untuk anak-anak. Noah's Arl juga memiliki sebuah hotel di mana kamu bisa memesan akomodasi saat berkunjung ke situ.

Solar Tower memiliki salah satu teleskop surya vakum profesional terbesar di Asia yang terbuka untuk umum. Solar Tower sebagian besar berfokus pada sains dan teknologi dan menawarkan banyak kegiatan interaktif. The Nature Park adalah rumah bagi berbagai pohon dan tanaman hijau yang menawarkan pemandangan menakjubkan untuk tempat berfoto.

Alamat: 33 Pak Yan Rd, Ma Wan, Hong Kong

Jam Buka: Taman ini beroperasi dari jam 10:00 sampai 18:00.
The Noah’s Ark Hotel and Resort beroperasi 24 jam.
The Harvest Restaurant (10:00 to 21:30)
The Nature Garden (8:00 to 18:00)

Harap Diingat! Setiap wahana punya jam tutup yang berbeda:

  • Solar Tower: 17:00
  • Nature garden: 17:00
  • Ark Expo: 17:15
  • Treasure house: 17:45
  • Ark Garden: 17:45


Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai di sana kamu harus naik feri dari Dermaga Feri Central 2 dan menyeberangi Victoria Harbour ke Pulau Wan AMA. Perjalanan dengan feri akan dikenakan biaya sekitar HK $ 27 dan akan memakan waktu sekitar 30 menit.


Harga Tiket

Kamu bisa membeli tiket di gerbang atau bahkan melakukan pemesanan online melalui situs web resmi mereka.

Tiket masuk umum dihargai $ 198HK sedangkan tiket anak dan senior dihargai HK $ 158. Tiket termasuk tiket masuk ke semua atraksi di taman kecuali untuk Adventureland.


Tempat Makan dan Lokasi Belanja

Taman ini memiliki dua restoran: Harvest Restaurant dan Noah's Kitchen. Harvest restoran menawarkan makanan yang mewah yaitu prasmanan internasional. Noah’s Kitchen lebih seperti sebuah kafe dengan lebih fokus pada makanan penutup dan minuman.

Tidak ada informasi yang menyatakan jika makanan yang disajikan di restoran itu Halal, namun, kamu selalu bisa memilih opsi vegetarian atau makanan laut.

Rainbow Gallery dan Kid’s Deck adalah toko-toko suvenir dan menawarkan mainan lunak, boneka, dan alat tulis bertema binatang yang lucu.


Fasilitas ruang sholat

Tempat ini tidak memiliki tempat sholat. Sebaiknya kamu membawa sajadah dan pakaian sholat sendiri.

Sekarang kamu sudah tahu taman hiburan / tema mana yang harus dikunjungi ketika berada di Hong Kong. Ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan - jadi kendurkan otot otot yang tegang dan nikmati!

Situs Web | Facebook | Instagram | Twitter


Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.

Happy Fairly Oddparents GIF

via GIPHY

Freelance journalist. Currently aggregating economic news for analytical news service dedicated to competition law and regulatory developments around the world. Former reporter of tvOne (Indonesian television news channel) and NHK (Japan Broadcasting Corporation).