8 Toko Belanja Online Terpopuler di Indonesia

By Bella Arti | 20, Oct, 2021
8 Toko Belanja Online Terpopuler di Indonesia

Perkembangan internet dan teknologi yang pesat membuat apapun menjadi semakin mudah. Hanya dengan jari – jemari, semakin banyak yang bisa kita cari dan dapatkan secara online. Bahkan, tidak perlu lagi adanya kontak secara langsung. Sekarang, kita bisa belanja apapun secara daring melalui e-commerce.

Selain itu, semenjak pandemi datang, toko belanja daring semakin bermunculan dan merajai pasar di Indonesia. Karena semakin terbatasnya ruang gerak kita, toko belanja daring menjawab kebutuhan kita di saat pandemi. Kita jadi tidak perlu banyak ke luar rumah.

Karena banyaknya platform toko belanja online yang bermunculan, kita mungkin bingung memilih platform mana yang paling tepat untuk kebutuhanmu. Oleh karena itu, HalalTrip sudah menyiapkan 8 daftar toko belanja online terpopuler di Indonesia yang sudah kami urutkan sesuai barang yang mereka jual. Scroll ke bawah untuk lihat!

Planning on a trip to Singapore? Or planning to rediscover Singapore? Find out everything you need to know when visiting Singapore with Your Muslim Visitor Guide to Singapore and the Lifestyle Guide to Singapore for Muslim Travellers!

 

Toko Serba Ada Online

Tokopedia

Menjadi e-commerce karya anak bangsa, Tokopedia dengan logo burung hantu hijaunya tidaklah asing bagi masyarakat Indonesia sendiri. Dirilis tahun 2015, Tokopedia mempunyai pengguna aktif sebanyak 70 juta setiap bulannya. Tokopedia mempunyai program untuk mendukung para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan perorangan untuk terus mengembangkan bisnis mereka melalui Tokopedia.

Tampilan antarmuka Tokopedia cukup mudah untuk dimengerti dan digunakan karena cukup sederhana. Jadi, kita akan dengan mudah menemukan barang yang ingin kita cari. Di Tokopedia pembeli bisa mencari dan membeli banyak hal seperti, barang – barang kebutuhan sehari – hari, makanan, alat tulis, buku, alat kesehatan, elektronik baru maupun bekas, pakaian, dan bahkan membayar tagihan serta pajak.

Di sini, kita dapat menyatukan dompet Ovo kita ke Tokopedia. Sehingga kita dapat mengisi dompet Ovo dan membeli barang keperluan kita kapan saja dengan lebih mudah.

Shopee

Shopee Pte Ltd adalah perusahaan teknologi multinasional Singapura yang berfokus terutama pada e-commerce. Diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura, Shopee sekarang menjadi salah satu raksasa e-commerce di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, Shopee juga merambah jangkauan ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.

Banyak dari masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan Shopee karena lengkapnya barang yang mereka jual. Pembeli bisa mendapatkan pakaian, barang elektronik, sembako, kosmetik, obat – obatan, makanan, dan bahkan kendaraan. Selain lengkap, e-commerce berlogo warna oranye juga sering mengadakan promo. Dari mulai promo ongkos kirim, hingga voucher diskon, dan diskon flash sale. Mereka juga memberikan koin gratis untuk setiap ulasan produk dan juga melalui permainan dalam aplikasi.

Selain itu, mereka juga telah merambah ke bidang payment gateway, Shopeepay dan sistem kredit Shopee Paylater yang bisa memudahakan proses pembayaran pembeli. Dengan pakai Shopeepay, pembeli bisa mendapatkan promo gratis ongkos kirim untuk syarat – syarat tertentu. Menguntungkan sekali, bukan?

Bukalapak

Selanjutnya adalah Bukalapak. Platform e-commerce berlogo warna merah muda gelap ini juga merupakan karya anak bangsa. Mempunyai model bisnis consumer to consumer, Bukalapak memungkinkan siapapun untuk membuka toko online dan melayani calon pembeli yang membeli dalam satuan maupun grosir.

Penjual di Bukalapak dapat menjual barang baru ataupaun bekas mereka. Dari mulai elektronik, bahan masak, alat masak, gadget, sepeda, alat rumah tangga dan lain sebagainya. Selain harga yang ditawarkan terjangkau, Bukalapak juga menyediakan fitur nego. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk menegosiasikan harga yang ditawarkan penjual. Sehingga, pembeli bisa puas mendapatkan harga sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk kemudahan pembayaran pembeli, Bukalapak bekerjasama dengan payment gateway Dana. Kita bisa memasukkan dana yang diinginkan dari bank pribadi ke dompet Dana. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah membeli atau meminta refund dengan Dana di Bukalapak.

 

Toko Jual Barang Bekas Online

OLX

Platform jual – beli online yang satu ini tadinya dikenal dengan Tokobagus. Pada tahun 2014, Tokobagus diakuisisi oleh OLX dan sampai sekarang masih menjadi platform jual beli yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

Kita bisa menjual dan mendapatkan banyak hal di sini. Kita bisa dapatkan semua dari jasa, lowongan kerja, barang bekas, barang kredit hingga baru. Untuk memasang iklan di sini tidak diperlukan biaya sehingga banyak masyarakat yang menggunakan OLX untuk menjual jasa dan barang – barang mereka.

Di OLX, barang yang paling banyak dijual adalah barang bekas. Ada banyak barang bekas yang dijual di sini, terutama kendaraan dan elektronik. Tidak perlu beli di dealer mobil atau toko elektronik untuk barang bekas, kita bisa langsung membelinya dari pemilik aslinya. Dengan begitu, kita akan terhindar dari biaya tambahan yang biasa toko offline berikan.

Carousell

Punya banyak barang di lemarimu yang sudah tidak pernah kita gunakan lagi? Jual saja di Carousell secara online! Manfaatkan barang bekasmu yang masih berkualitas dan layak pakai (preloved) sebagai sumber pemasukan tambahan.

Selain menjadi tempat untuk menjual barang preloved, kita juga bisa membelinya di marketplace asal Singapura ini. Harga yang ditawarkan di Carousell-pun cukup murah daripada membeli barang baru. Selain itu, kita bisa mengurangi polusi sampah pakaian dengan membeli pakaian bekas.

Alur penjualan barang di Carousell sangatlah mudah dan singkat. Tidak ada proses penilaian barang, memakai Carousell, barangmu bisa langsung terupload dan masuk ke dalam iklan barang yang dijual. Prosesnya dimulai dari, memfoto barang, olah foto, tulis deskripsi, dan jual. Begitu juga dengan alur pembeliannya, kita bisa mencari barang apapun yang kita inginkan dengan fitur search dan filter searchnya.

 

Toko Pakaian Online

Zalora

Jika ingin membeli pakaian bermerk dari lokal hingga internasional, Zalora tempatnya. Zalora yang dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia, menjual kebutuhan berpakaian kita seperti tas, baju, celana, rok, sepatu, sandal, sepatu hak tinggi, dan lain sebagainya. Kita bisa tinggal memakai memanfaatkan fitur search untuk mencari barang yang kita inginkan, termasuk pengelompokan warna dan ukuran.

Yang paling menguntungkan saat memakai platform aplikasi atau website Zalora adalah promonya. Mereka sering mengadakan promo diskon dan gratis ongkos kirim. Bahkan, kita bisa memilih barang berdasarkan urutan barang yang didiskon. Selain itu, Zalora menyediakan garansi retur barang jika barang yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Sangat praktis untuk kita hanya duduk di rumah dan mendapatkan barang yang kita mau di Zalora. Apalagi kita tidak perlu takut kalau tidak bisa mengembalikan barang yang kita terima tidak sesuai dengan apa yang kita lihat di gambar. Fitur garansi Zalora menjadi sebuah garansi yang cukup spesial dan meyakinkan para calon pembeli.

 

Toko Sembako Online

TaniHub

Di masa pandemi seperti ini, mungkin masih menyebabkan banyak dari kita masih takut untuk pergi ke pasar. Nah, salah satu solusi untuk tidak pergi ke pasar adalah untuk memakai aplikasi TaniHub. Aplikasi yang berfokus pada aglikultur ini digarap oleh anak bangsa untuk tujuan menyejahterakan para petani kecil.

Sejak 2016, TaniHub semakin berhasil mengambil hati masyarakat, terutama pada saat masa PPKM (Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dengan meroketnya penjualan mereka hingga 3 kali lipat. TaniHub memungkinkanmu untuk membeli barang secara online dan mengantarkannya ke rumahmu menggunakan kurir mereka.

Di TaniHub, kita bisa membeli kebutuhan yang biasa kita beli di pasar, seperti buah – buahan, sayur - mayur, daging, hasil tangkapan laut, beras, teh, minyak, kopi, gula, dan banyak lainnya. Tidak perlu khawatir dengan kualitas barang mereka, semuanya telah dipastikan segar dan beratnya sesuai dengan deskripsi. Selain itu, jika kamu membeli barang dengan jumlah tertentu, kamu akan mendapatkan gratis ongkos kirim.

SayurBox

Didirikan oleh Amanda Susanti, SayurBox memiliki misi yang mulia, yaitu untuk meningkatkan pendapatan para petani lokal. Selain itu, Amanda juga ingin memberikan kesempatan bagi pembeli untuk lebih memilih membeli hasil para tani lokal daripada impor melalui SayurBox.

Selama PPKM, Sayurbox juga mendapatkan peningkatan drastis pada penjualan mereka. Ini terbukti bahwa masih banyak orang memilih untuk belanja online di masa pandemi ini demi keamanan dan kesehatan. Selain itu, kepercayaan masyarakat untuk membeli sembako online juga terbukti dari peningkatan penjualan tersebut.

SayurBox mengambil barang – barang yang kamu beli langsung dari petaninya. Di sini kamu bisa mendapatkan sembako, dari buah – buahan, sayur - mayur, susu, telur, tepung, minyak, daging, hingga hasil laut dan lain sebagainya. Seluruh barang itu kemudian akan dikemas dalam kardus dan bungkus kertas yang bebas dari plastik. SayurBox dapat melayani pesanan dari wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Depok.\

 

Jadi itulah kedelapan toko belanja online terpopuler di Indonesia menurut HalalTrip. Wah, ternyata banyak juga toko belanja online di Indonesia baik karya anak bangsa ataupun luar negeri yang sudah banyak mempermudah keseharian dan kebutuhan kita selama pandemi. Untuk itu, kita perlu bersyukur karena masih diberikan kemudahan dalam keseharian kita selama masa seperti ini. Menurutmu, dari kedelapan itu mana yang paling menarik? Atau ternyata ada beberapa yang sudah sering kamu gunakan?

Ceritakan ke kami dan download HalalTrip di Apple Appstore ataupun di Google Playstore untuk artikel informatif lainnya!

Bella enjoys sipping on hot soy latte while writing. Through Halaltrip, she communicates her love for travelling.

Leave a comment