5 Tren Wisata dan Liburan Populer di Indonesia

By Muhammad Jodi Pratama | 22, Aug, 2023
5 Tren Wisata dan Liburan Populer di Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya akan pesona alam dan budaya yang memikat hati. Setiap tahunnya, tren wisata liburan di Indonesia terus mengalami perkembangan yang menarik dengan berbagai gaya dalam berwisata, destinasi wisata, serta jenis pengunjung. Dari pantai-pantai yang indah hingga pegunungan yang menjulang tinggi, Indonesia memiliki segalanya dalam segi jenis atraksi, keajaiban alam, keragaman budaya, hingga keramahan warga yang tak tertandingi, tidaklah sulit untuk mengerti mengapa popularitas Indonesia sebagai tujuan wisata baik domestik maupun internasional terus menerus meningkat.

Jika Anda seorang penggemar petualangan dan ingin merasakan berwisata dengan pengalaman yang berbeda, saat ini telah terdapat berbagai jenis tren wisata yang populer tanpa mengorbankan pengalaman serta pesona Indonesia. Berikut adalah beberapa tren wisata liburan terkini yang sedang populer di tanah air yang wajib Anda coba!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Wellness Tourismwellness tourism

Kredit Foto: Patrick Robert Doyle di Unsplash

Healing, healing, dan healing. Datangnya generasi MZ yang mulai memiliki pendapatan dan ingin melarikan diri dari kesibukan perkotaan dan tekanan pekerjaan. Konsep ini diperkenalkan untuk menjaga kesehatan mental dan jasmani, dengan cara melarikan diri dari kesibukan-kesibukan tersebut dan mendekatkan diri ke alam beserta keindahannya. 

Beberapa aktivitas favorit yang berkaitan dengan wellness tourism diantaranya seperti berkemah atau glamping, hiking, maupun sebuah kunjungan singkat dan melakukan yoga di pantai. Dikelilingi oleh alam yang cantik dengan destinasi menarik nan tersembunyi merupakan pengalaman yang menjadi populer di 2023 ini, dan pastinya wajib Anda coba!

 

2. Workcationworkcation

Kredit Foto: Anastasia Nelen di Unsplash

Dengan kondisi pasca pandemi covid dan adaptasi pada lingkungan kerja, semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home atau anywhere karena dinilai memiliki efisiensi yang baik bagi perusahaan serta karyawannya. Dengan semakin banyaknya flexible arrangement dalam bekerja, semakin banyak juga orang yang yang memilih bekerja dari berbagai tempat untuk mendapatkan suasana baru maupun memiliki kesempatan untuk melepas penat setelah bekerja.

Walaupun tidak bisa diidentifikasikan sebagai liburan yang seutuhnya, memiliki kesempatan untuk melepaskan penat sementara merupakan salah satu penawaran yang menarik. Dengan semakin banyaknya paket menarik dan terjangkau dari warga lokal di destinasi wisata dan dorongan pemerintah untuk memajukan destinasi wisata domestik, tren ini dijamin akan menjadi sesuatu yang populer dalam jangka panjang.

 

3. Staycationstaycation

Kredit Foto: Edvin Johansson on Unsplash

Apakah Anda termasuk kaum mageran? Tren liburan ini sangat cocok bagi Anda yang hobi rebahan. Baik sendiri, bersama keluarga, atau sahabat, tren liburan ini berfokus untuk meluangkan waktu sendirian maupun bercengkrama dan beraktivitas dengan orang-orang terdekat, di dalam nyamannya kota atau akomodasi. Beberapa aktivitas yang umumnya dilakukan seperti menonton film, bermain permainan papan, berkuliner dan menyemil di kamar, dan berenang. 

Baik berlibur sendirian untuk merenung, maupun berpesta lucu-lucuan bersama teman-teman, tren liburan ini dapat dikreasikan sesuai keinginan dan kreativitas masing-masing. Cocok untuk liburan singkat dan mendadak!

 

4. Slow Travelslow tourism

Kredit Foto: Pierpaolo Lucarelli di Unsplash

Berbanding terbalik dengan staycation, tren liburan ini cocok untuk Anda yang memilih pengalaman liburan yang komplit, imersif, dan penuh dengan berbagai variasi. Tren ini mengedepankan pengalaman dari para pelancong dalam keterlibatan dalam sejarah, budaya, serta integrasi lokal. Dengan mengurangi mobilisasi, turis akan dapat mencoba makanan lokal, berpakaian adat, dan melakukan hal-hal yang tak jarang dilewati dalam kegiatan traveling pada umumnya.

Dalam slow tourism, poin-poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) juga acapkali menjadi poin yang diperhatikan. Walking tours, bersepeda, dan berbagai hal yang bisa mengurangi emisi serta polusi adalah hal bisa ditemukan dalam tren ini. Membuat pengalaman berlibur Anda sedikit berbeda namun tetap bermakna bagi lingkungan dan alam sekitar.

 

5. Frugal Travelfrugal travel

Kredit Foto: bady abbas di Unsplash

Tidak selalu kegiatan berlibur menghabiskan uang dan tabunganmu. Dengan planning yang baik dan menyiasati pengeluaran, berlibur dapat menjadi sesuatu yang hemat untuk cepat memperbaiki kejenuhanmu. Dalam konsep frugal travel, Anda dapat menekan berbagai macam budget dalam berbagai macam bentuk, karena fokus dalam tren ini adalah untuk memiliki pengalaman yang beragam dan menikmati perjalanan tersebut.

Dengan berkembangnya media sosial, semakin banyak konten yang berisikan tips and hacks untuk menekan budget tersebut, seperti menggunakan KRL dalam perjalanan antarkota, menggunakan akomodasi berdapur, dan berbagai jalan pintas lain. Ingat, diperlukan determinasi yang baik untuk bisa menjaga komitmen dan bertahan dengan alokasi uang yang telah Anda anggarkan sebelum berlibur

Dengan banyaknya tren liburan yang sedang naik daun di Indonesia, Anda kini dapat bereksperimen dalam berlibur, menciptakan pengalaman yang berbeda dan berbekas dalam ingatan Anda. Dari 5 tren liburan ini, mana yang menarik perhatian Anda?

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment