UMA OMA: Kafe Nyaman Dengan Kehangatan Rumah Nenek

By Muhammad Jodi Pratama | 04, Oct, 2023
UMA OMA: Kafe Nyaman Dengan Kehangatan Rumah Nenek

Hidup di Jakarta memang penuh dengan tantangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jauh dari rumah bagi sebagian, dan kurangnya waktu bersama keluarga karena berbagai kesibukan yang menyita waktu adalah salah satu tantangan terberat yang dialami para pejuang rupiah. Untuk itu, UMA OMA telah hadir untuk menyajikan cita rasa khas Indonesia yang dipadukan dengan kenyamanan serta kehangatan dalam berkunjung ke rumah oma.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Bertemu Omapara oma

Kredit Foto: @umaomacafe di Instagram

UMA OMA bukan hanya menyediakan tempat dengan suasana yang nyaman, namun juga dengan sesuai dengan nama dan konsepnya, lengkap dengan kehadiran dari para oma yang ramah untuk mengingatkanmu akan kehangatan pelukan nenek. Begitu kamu masuk, akan ada oma yang menyapamu dengan senyuman lebar dan salam singkat yang bermakna. Tak jarang kamu akan melihat pengunjung yang datang dan menangis atas keramahan dan kasih sayang yang terpancar dari para oma kepada setiap pengunjung.

Perkenalkan, kedua oma yang kami temui ketika berkunjung ke UMA OMA, Oma Rustinah (81 tahun) dan Oma Warsinah (80 tahun). Kedua oma ini akan menyambut kedatanganmu para cucu serta menemani ketika kamu akan pulang. Para oma yang bekerja di kafe ini, adalah para oma yang ingin terus aktif di masa tua serta bertemu dengan para cucu dan bersosialisasi. 

Cucu oma. Ya, kamu akan dipanggl cucu oleh oma-oma disana. Nahloh, kebayang nggak gimana perasaanmu pas berkunjung. Ngerti ya sekarang kenapa banyak yang nangis ketika bertemu para oma? Jangan segan untuk berbincang dengan para oma sedang senggang pada kunjunganmu, karena oma-oma disini sangat senang berinteraksi dengan kamu para cucu!

 

Konsep UMA OMAkonsep uma oma

Kredit Foto: @umaomacafe di Instagram

UMA OMA sendiri menerapkan konsep program pemberdayaan lansia yang dimana mengumpulkan para oma yang masih ingin aktif di masa lansianya, sehingga oma-oma disini bisa tetap sehat dan produktif. Konsep yang sudah diterapkan di berbagai negara maju seperti Finlandia dan Australia ini, disambut baik oleh masyarakat Indonesia (bahkan sampai dikunjungi berbagai media dan UN loh!) karena telah membantu dalam menghapuskan limitasi tersebut serta memberi lapangan pekerjaan bagi para lansia. Baik yang menginginkan sebuah aktivitas maupun memang membutuhkan tempat kerja yang aman dan nyaman, kafe ini menerima para oma yang ingin bergabung tanpa terkecuali.

 

Oma Lelah Gak Ya? :’(staf uma oma

Bagi kamu yang khawatir akan kerasnya beban kerja dan tenaga yang dibutuhkan bagi bekerja di industri FnB, tidak perlu khawatir! Para oma yang bekerja disini terbatas hanya untuk melakukan pekerjaan ringan seperti greeter dan waitress di window bay, dan diberikan tempat yang nyaman dan ber AC ketika oma-oma sedang tidak menyambut tamu.

Tenang saja, tugas yang lebih berat seperti juru masak, barista, dan pelayan semua ditangani oleh staf-staf muda. Para oma disini hanya berada di lantai 1 dan berfokus untuk berbincang dengan pelanggan yang datang dan memberikan nuansa hangat tersebut. Walaupun para oma disini sudah berusia 80 tahunan, bobot pekerjaan yang dilakukan tidak akan terlalu melelahkan kok untuk para oma! 

 

Makanan Rumahan Khas Nenekmakanan uma oma

Gak cuma ditemani oleh oma yang super ramah, disini kamu juga dapat merasakan berbagai kuliner Indonesia yang sangat homey dan kaya akan rasa. Menu favorit yang wajib banget kamu coba disini adalah empal gentong oma, hampir selalu dipesan di setiap meja, potongan daging dengan kuah kental ini sangat hangat dan cocok untuk melengkapi vibes pulang ke rumah dalam kunjunganmu ini. 

Semua menu disini enak banget kok! Baik nasi lidah melawai, nasi cumi hitam oma, maupun nasi pedas bali, kami jamin bakal cocok banget sama lidah kamu dengan porsi yang cukup. Kamu juga bisa menambah lauk sesuai pilihanmu disini. Kami sendiri justru mencoba untuk memesan nasi tegal yang terlihat menarik, dengan berbagai menu yang ditunjukkan, dan memang jujurly oke banget buat dicoba dalam suasana seperti ini

Mengunjungi oma bersama cucu-cucu lain? Terdapat beberapa menu yang bisa kamu pesan untuk sharing. Makanan berat dalam bentuk tumpeng dan rantang, maupun makanan ringan seperti pisang goreng aren, jalangkote, dan kue-kue. 

 

Minuman Sederhana, Tradisional, dan Modern Bertemu Gaya Hidup Jakartabar uma oma

Dengan Jakarta yang penuh dengan kesibukannya, terkadang yang kita butuhkan hanyalah sedikit waktu untuk duduk dan menyesap minuman di sore hari. Berbagai minuman sederhana seperti teh yang wangi, cap badak, dan soda gembira bisa kamu temukan disini. UMA OMA juga menawarkan berbagai suguhan tradisional untuk memuaskan dahaga baik dingin dan hangat seperti es asam jawa oma, edang uwuh, dan susu jahe.

Kami juga merekomendasikan minuman khas warga urban jakarta baik coffee maupun non-coffee. Menu seperti cafe latte, matcha latte, coklat, serta iced peach tea merupakan beberapa menu yang selalu sold-out. Namun, terdaBEST adalah menu signature mereka, seperti kopi cucu kesayangan (butterscotch), kopi kesayangan oma (gula aren) dan es kopi jeruk. Cocok untuk diminum dengan cuaca Jakarta yang panas!

 

Tengok Oma Dong!Tengok Oma Dong!

Pas banget! Untuk mengobati kekangenanmu dengan oma, UMA OMA yang baru buka di bulan September 2023 ini lagi hangat-hangatnya nih sebagai topik pembicaraan di berbagai sosial media! Jangan ketinggalan dan bersilaturahmi dengan oma di gerainya:

Alamat: Jl. Melawai I No.28, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam Operasional: 10.00-22.00
Email : [email protected]
Telefon: 081222846446
Kendaraan Umum Terdekat: MRT Blok M (Exit Taman Literasi Martha Christina Tiahahu); Transjakarta (10H, 138, 1N, 8D, 8E, L13E, dan S21)

Website | Menu | Instagram | TikTok

 

Yuk para cucu se-Indonesia! Kunjungi dan berbincang hangat yuk dengan oma sambil menikmati suasana senja kota Jakarta. Ditunggu kehadirannya sama oma~

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment