Bogor Kota Hujan: Wisata Sejuk Nan Asri

By Leo Galuh | 11, Aug, 2021
Bogor Kota Hujan: Wisata Sejuk Nan Asri

Bogor, Jawa Barat selalu menarik untuk dikunjungi sebagai kota dengan destinasi wisata sangat menarik. Kota yang dijuluki dengan kota hujan ini memang tidak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang patut diacungi jempol.

Memiliki letak geografis yang lebih tinggi dari kota-kota lain disekitarnya, membuat kota ini memiliki udara yang sangat sejuk. Tidak hanya itu, Bogor merupakan tempat yang cocok untuk Anda jadikan peristirahatan. Berlibur bersama keluarga, teman, sahabat, maupun orang yang anda kasihi.

Kawasan Kota Bogor sebagai kota tujuan wisata merupakan tempat yang sangat tepat untuk Anda coba. Selain mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan dan berkesan, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Berbagai destinasi alam dapat Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur atau hanya untuk mengisi waktu luang Anda. Jika Anda ingin mengunjungi Bogor, tidak perlu bingung. Karena hahal trip sudah memnyajikan beberapa Tempat Wisata di Bogor yang menarik untuk anda kunjungi.

Planning on a trip to Singapore? Or planning to rediscover Singapore? Find out everything you need to know when visiting Singapore with Your Muslim Visitor Guide to Singapore and the Lifestyle Guide to Singapore for Muslim Travellers!

 

Istana Bogor
Istana Bogor Indonesia

Kredit foto: masbebet christianto dari Pixabay 

Tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bogor ialah Istana Bogor. Istana kepresidenan yang sekarang menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor.

Istana Bogor memiliki tampilan berbeda dengan adanya deretan hewan rusa yang lucu dan menggemaskan di bagian halaman. Warga yang mengisi waktu luang dengan olah raga di akhir pekan dapat menikmati pemandangan ini dan bisa sambil memberi makan rusa.

Pada awalnya Istana Bogor merupakan tempat peristirahatan bagi gubernur Belanda dengan julukan istana Buitenzorg dan sempat mengalami perbaikan di tahun 1850 karena rusak parah akibat gempa bumi.

Istana Bogor dibangun tahun 1744 di tanah seluas 28 hektar dan mempunyai bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan. Bangunan induk biasa digunakan untuk penyelenggaraan acara kenegaraan, bangunan sayap kiri digunakan untuk menyambut tamu negara luar negeri, dan bangunan sayap kanan untuk menyambut kepala negara dari luar negeri.

Ada juga ruang kantor pribadi kepala negara, perpusatakaan, dan beberapa koleksi karya seni hadiah dari tamu negara, antara lain lukisan, patung, keramik, dan juga perabotan kayu dari Jepara.

Walaupun sekarang istana Bogor menjadi tempat tinggal presiden, namun masyarakat umum tetap bisa berkunjung ke dalamnya, tentu dengan meminta izin ke pihak istana terlebih dahulu. Setiap tahun istana dibuka untuk masyarakat yang mau melihat kemegahannya.

Meski begitu, wisatawan wajib menaati ketentuan peserta yang telah ditetapkan panitia bersama Paspampres dan pihak protokoler Istana, seperti memiliki tiket masuk, tidak boleh membawa barang bawaan, usia minimal 10 tahun, mengenakan pakaian kemeja, batik dan menggunakan sepatu, dan tidak boleh membawa kamera untuk mengambil gambar.

 

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor Indonesia

Kredit Foto: Cep Budhi DarmaCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Wisata kebun Raya Bogor masih satu wilayah dengan Istana Bogor. Sambil melihat istana bogor, anda bisa langsung menyambangi kebun raya untuk melihat beragam koleksi tanaman dari berbagai macam negara. Ada sekitar 15.000 pohon dan tanaman dari dalam maupun luar negeri yang menjadi koleksi dari kebun raya bogor saat ini.

Kebun raya bogor memiliki museum zoologi yang mengkoleksi kerangka dan hewan yang telah diawetkan, selain itu di tempat ini sering dijadikan penelitian beberapa tanaman, baik dari dalam maupun luar negeri oleh para ahli botani.

Salah satu spot di Kebun Raya Bogor yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto adalah jembatan Gantung merah karena mempunyai latar pemandangan yang indah. Fasilitas lainya yang ada di kebun raya bogor seperti taman meksiko, Kolam teratai, tugu reindwart dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membeli souvenir atau bibit tanaman di Garden shop.

Sejarah kebun raya bogor, dahulu adalah hutan buatan pada masa pemerintahan prabu suliwangi kerajaan pajajaran. Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles, ketika tinggal di istana Bogor kemudian mengembangkannya menjadi taman yang indah.

 

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia Bogor

Kredit Foto: Cep Budhi DarmaCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Taman Safari berada daerah Cisarua, Bogor dan termasuk tempat wisata yang sangat diminati para wisatawan. Di tempat ini pengunjung akan berkeliling menggunakan mobil dan dapat berinteraksi lebih dekat dengan berbagai jenis hewan.

Wisatawan akan disuguhi sekitar 2.500 satwa berbagai jenis dari seluruh dunia, seperti harimau Benggala, singa, gajah, berbagai jenis burung dan lainnya. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana rekreasi dan juga melihat pementasan atraksi hewan lucu.

Salah satu program unggulan yang ditawarkan pengelola taman safari adalah Night Safari atau Safari Malam. Di sini pengunjung akan merasakan pegalaman bersafari melihat kehidupan hewan-hewan di malam hari.

Dengan menggunakan kereta mini terbuka yang sudah disediakan, pengunjung akan berkeliling di taman safari di temani oleh guide yang akan memandu perjalanan.

Taman Safari Indonesia

Kredit Foto: ArisdpCC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Setelah bersafari malam, pengunjung juga dapat menikmati beragam pertunjukan yang disajikan di Night Safari tersebut, seperti pertunjukan tentang drama perburuan hewan dan juga fire dance. Night Safari itu sendiri berlangsung setiap hari sabtu atau di hari libur mulai pukul 18.30 sampai 21.00 WIB.

 

Little Venice
Little Venice Kota Bunga Bogor Indonesia

Kredit Foto: CuadtkjCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Jika ingin merasakan suaasana ala kota Venezia di Italia, tak perlu jauh-jauh untuk pergi kesana. Little Venice terletak di Jalan Hanjawar, Desa Sukanagalih Kota Bunga, Cinapas, Jawa Barat. Seperti namanya, konsep tempat wisata ini adalah dibuat mirip Kota Venesia dengan kanal-kanal air yang dilewati gondola.

Pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati fasilitas sepeda air, perahu naga, kolam renang, lapangan tenis, hingga penyewaan kuda. Little Venice juga menyediakan replika Menara Eiffel Paris, Kuil Itsukushima Jepang, dan Patung Merlion Singapura.

Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjun dikenakan tiket masuk mulai dari 25.000 rupiah per orangnya. Sedangkan untuk mengelilingi Little Venice menggunakan Gondola atau yang lainnya, pengunjung dikenakan biaya mulai dari 20.000 per orangnya

Little Venice kota bunga ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 9.00 pagi hingga 16.00 sore.

 

Devoyage
Devoyage Bogor Indonesia

Kredit Foto: @prtd_31 di Instagram

Tempat ini masih memiliki kemiripan dengan litle venice, sebuah wisata yang mengangkat konsep Eropa mini di Bogor. Di sini anda bahkan bisa menemukan tiruan Menara Eiffel (Paris, Perancis), Manneken Pis (Brussels, Belgia), Kincir Angin (Belanda), hingga Red Telephone Box (London, Inggris).

Jadi anda yang ingin berswafoto tidak usah takut kehabisan spot foto, karena begitu banyak tempat yang bisa dijadikan latar untuk anda mengabadikan kegiatan anda bersama keluarga, teman, sahabat serta orang-orang yang ada kasihi.

Devoyage bukan cuma menyediakan tempat foto-foto dengan latar belakang ala Eropa. Tempat ini juga punya banyak aktivitas menarik yang bisa anda lakukan, seperti mendayung perahu mungil mengitari kanal kecil, berfoto dengan kostum khas Eropa oleh fotografer profesional, memanah ala Robin Hood, atau bahkan mengikuti tantangan labirin yang sudah pasti seru dan mungkin bisa membuat anda tersesat.

 

Taman Sakura
Pohon Sakura

Kredit Foto: Crystal Kay on Unsplash  

Di Bogor ada tempat wisata dimana pengunjung bisa menikmati keindahan pohon khas jepang ini, taman sakura namanya. Di Taman yang berada di Kebun Raya Cibodas ini terdapat sekitar 435 pohon dengan 7 jenis sakura yang sudah ditanam mulai sejak tahun 1938.

Jika di Negara asalnya, Jepang, bunga sakura hanya mekar sekali setahun saat musim semi, bunga sakura yang ada di Kebun raya Cibodas ini mekar 2 kali setahun, yaitu antara bulan Januari dan Februari serta bulan Juli dan Agustus.

Wisatawan juga bisa piknik di tepi sungai hanya untuk bersantai dan bercengkrama bersama teman atau keluarga sambil menikmati keindahan bunga sakura. Jika tidak membawa tikar, pengunjung bisa menyewa tikar disini seharga 5.000 per jamnya.

 

Taman Buah Mekarsari
Taman Buah Mekarsari Bogor Indonesia

Kredit Foto: Mekarsari

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini juga menjadi tempat konservasi dan pengembangan beragam jenis tanaman, khususnya buah- buahan. Di tempat ini setidaknya ada 1.470 varietas buah dan sekitar 100.000 pohon dari beragam jenis dari seluruh wilayah di indonesia dan mancanegara. Hal ini menjadikan Taman buah Mekarsari seluas 264 hektar ini sebagai taman buah terbesar di dunia.

Anda bisa berkeliling melihat taman buah dengan kereta atau piknik di pinggir danau yang ada di taman sambil menikmati pemandangan yang indah. Kurang pas rasanya jika berkunjung ke taman buah Mekarsari tidak memetik buah yang ada di taman, terutama ketika sedang musim panen.

 

Curug Cilember
Curug Cilember Bogor Indonesia

Kredit Foto: Fajar roisCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Ada cukup banyak curug di wilayah Bogor, dan butuh waktu yang cukup banyak untuk anda bisa mengunjungi semuanya. Namun ada pilihan yang cukup menarik jika anda ingin mengunjungi lebih dari satu curug dalam satu kesempatan, Curug Cilember tempatnya.

Kawasan wisata ini menawarkan 7 curug sekaligus. Orang biasa menyebutnya air terjun tujuh tingkat.

Tidak hanya pemandangan alam saja yang enak untuk dinikmati, karena ditempat wisata yang satu ini sudah dibangun banyak fasilitas baru untuk berbagai aktivitas seru bagi wisatawan, diantaranya zipline bike, dan area menembak.

 

The Ranch Bogor
The Ranch Bogor Indonesia

Kredit Foto: @richardchandra8 di Instagram

Kawasan Puncak Bogor saat ini memiliki objek wisata bertema peternakan. Tempat wisata ini bernama The Ranch Puncak. Anda tidak hanya bisa berfoto ala koboi, tapi anda juga akan diajak kedalam suasana eropa di abad pertengahan.

Tentunya nuansa berbeda akan terasa saat anda bergaya ala koboi sambil menikmati indahnya alam pegunungan, bermain di area peternakan dan berinteraksi dengan hewan-hewan.

Area panahan juga tidak kalah menarik untuk didatangi dan tidak lupa berswafoto dengan spot keren.

 

Ranggon Hills
Ranggon Hills Bogor Indonesia

Kredit Foto: @gustopocandra1985 di Instagram

Ranggon Hills merupakan tempat wisata Bogor di kaki Gunung Salak dengan pemandangan alam yang luar biasa. Suasana yang dipadukan dengan berbagai fasilitas sangat menarik membuat Ranggon Hills jadi salah satu tempat wisata andalan berswafoto di Bogor.

Ranggon Air Balloon merupakan yang paling populer, anda yang sejak dulu ingin berfoto di dalam balon udara, tempat ini menyajikannya untuk anda. Camping dengan udara sejuk juga bisa menjadi pilihan seru bagi anda dengan tenda yang sudah disiapkan.

 

Gunung Pancar
Gunung Pancar Bogor Indonesia

Kredit Foto: Achmad Soerio Hutomo, CC BY 2.0, di flickr

Wisata alam Gunung Pancar semakin menjadi perhatian wisatawan dalam kurun waktu terakhir, hal ini tentu karena keindahan alam dan lokasinya yang cukup strategis tidak jauh dari Sentul. Wisata alam Bogor yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik untuk camping, trekking, wisata curug, bahkan gathering atai outbound.

Ada jejeran hammock warna-warni yang disusun ke atas, rumah-rumah pohon, tenda kecil, serta meja dan kursi untuk bersantai sambil menikmati panorama alam dari ketinggian sekitar 300-800 meter di atas permukaan laut.

Gunung pancar juga merupakan salah satu tempat populer untuk pemandian air hangat. Tempat pemandian air panas di tempat ini memang cukup sederhana karena masih dikelola swadaya oleh warga sebagai karyawan, juru pijat, terapis, dan tenaga kebersihan.

 

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari Bogor Indonesia

Kredit Foto: @rinaldiiakbar di Instagram

Tempat wisata di Bogor yang satu ini selain mempunyai banyak wahana permainan yang seru juga bisa menjadi sarana adukasi anak agar lebih dekat dengan alam, seperti wahana Agro sawah, wahana ternak, serta wahana pendidikan alam.

Ada juga beragam wahana permainan yang seru untuk keluarga, teman , serta sahabat. Anda bisa melakulan keseruan bersama di wahana waterpark, sepeda air, perahu motor, dan masih banyak lagi.

Di Taman Wisata Matahari ini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam Gunung Gede Pangrango dan sungai Ciliwung dari menara pandang setinggi 12 meter. Jadi tunggu apa lagi.

 

Freelance journalist. Currently aggregating economic news for analytical news service dedicated to competition law and regulatory developments around the world. Former reporter of tvOne (Indonesian television news channel) and NHK (Japan Broadcasting Corporation).

Leave a comment