10 Destinasi Wisata Ramah Muslim Terbaik di Tahun 2022

By Halal Trip | 15, Jun, 2022
10 Destinasi Wisata Ramah Muslim Terbaik di Tahun 2022

Pandemi coronavirus telah merampas banyak kesempatan dan hal-hal hebat yang mungkin terjadi di kehidupan kita, salah satunya adalah untuk bepergian dan berlibur. Dengan kondisi pandemi yang perlahan semakin membaik, sekarang adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan kembali rencana perjalanan di tahun ini.

Halaltrip akan membahas 10 destinasi wisata ramah Muslim teratas pada tahun 2022. Tunggu apa lagi? 10 destinasi ini menunggu dengan tangan terbuka untuk menyambut kedatangan Anda! 

 

1. Uzbekistan

keindahan arsitektur uzbekistan

Image Credit: JK Baseer on Unsplash

Uzbekistan adalah salah satu negara terindah yang saat ini belum banyak diketahui di dunia, berisikan kota-kota Islam yang mempesona dengan paduan arsitektur Soviet yang luar biasa. 

Pertama, Anda dapat mengunjungi Tashkent, sebuah kota yang dipenuhi dengan taman-taman yang indah, jalan yang luas, dan gedung-gedung yang menjulang tinggi yang melengkapi keindahan kota secara keseluruhan. Anda juga dapat mengunjungi Kompleks Registan di Samarkand untuk mengagumi arsitektur Islam yang indah dan beragam seperti Madrasah dan Masjid.

Jangan lupa untuk mengunjungi makam Shah-i-Zinda, makam ini adalah mahakarya indah di Uzbekistan yang menampung makam para pemimpin bersejarah di masa lalu. Anda juga dapat mengunjungi kompleks masjid Po-i-Kalyan di Bukhara yang umumnya merupakan daya tarik utama bagi umat Islam di seluruh dunia untuk mengunjungi Uzbekistan.

 

2. Mesir 

Mesir adalah rumah bagi sejumlah besar situs Islam dimana Ibukota Mesir, Kairo, dikenal sebagai “Kota 1000 Menara”.

Anda dapat menunjungi masa lalu dengan mengunjungi salah satu masjid di daerah Alexandria yang paling indah, Masjid Abu al-Abbas al-Mursi. Selama berada di Alexandria, Anda juga dapat sekaligus menikmati angin laut dan menjelajahi garis pantai Alexandria yang memukau.

Apabila Anda menginginkan ketenangan dan kedamaian, Anda dapat berkunjung ke Masjid Al-Hakim untuk menyaksikan kebesaran dan keindahan arsitektur Era Fatimiyah yang memukau.

Jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Al Hussein di Kairo. Masjid ini memiliki manuskrip lengkap tertua dari Al-Qur’an, dan oleh karena itu Masjid ini dianggap sebagai tempat integral dalam sejarah Islam. Terakhir, Anda dapat mengunjungi Islamic Cairo atau kota tua Cairo yang menampung situs-situs dan monumen-monumen Islam yang signifikan dalam Islam.

 

3. Oman

Oman adalah negara yang dipenuhi dengan gurun emas di satu sisi, lautan biru kehijauan di sisi lain, dan dengan arsitektur Islam yang kuat.

Pasar Muttrah di Muscat adalah pasar yang ramai dan menarik untuk dikunjungi dimana di pasar tersebut Anda bisa mendapatkan beberapa artikel Arab terbaik.

Destinasi lainnya yang wajib dikunjungi adalah Benteng Bahla, sebuah karya seni besar yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia karena menjadi rumah bagi budaya dan sejarah yang melimpah.

Masjid Agung Sultan Qaboos juga wajib dikunjungi di Muscat karena merupakan Masjid tertua di tersebut. Masjid tersebut juga dihiasi dengan ayat-ayat suci Al-Qur'an tertulis di dinding halamannya.

Mausoleum Bibi Maryam di Qalhat adalah satu-satunya peninggalan dari kota kuno Qalhat yang tersisa, sehingga untuk melindungi peninggalan tersebut, maka kota ini diresmikan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Pada masanya, Qalhat adalah kota yang yang terkenal dengan bazaar dan masjid yang indah, seperti yang dijelaskan oleh Ibn Battuta setelah ia mengunjunginya pada abad ke-14. Qalhat juga memegang banyak sejarah karena memegang banyak nilai sejarah dan kekuatan pada masanya, seperti kunjungan Marco Polo pada abad ke-13 dan Zheng He pada abad ke-15 yang semakin memperkuat peran kota abad pertengahan ini sebagai pusat perdagangan terkemuka di masa lalu. Penduduk lokal juga mempercayai bahwa Maryam sendirilah yang membangunnya sebagai situs ini untuk masjid.

 

4. Afrika Selatan

penampakan alam afrika selatan

Image Credit: Thomas Bennie on Unsplash

Afrika Selatan adalah salah satu negara yang memiliki populasi Muslim yang sangat besar, itulah sebabnya Afrika Selatan menjadi salah satu dari 10 tujuan wisata ramah Muslim teratas pada tahun 2022.

Afrika Selatan adalah surga bagi mereka yang selalu mengagumi alam dan satwa liar yang spektakuler. Namun tidak hanya memiliki daya tarik alam, Afrika Selatan juga menampung beberapa Masjid yang sangat indah.

Anda dapat mengunjungi Palm Tree Mosque yang merupakan bangunan tertua asli tanpa diubah yang berasal dari abad ke-19. Kemudian, Anda dapat mengunjungi Kwantu Game Reserve Lodge untuk menikmati berbagai makanan halal.

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang menakjubkan, maka terbanglah ke Table Mountain dan saksikan pemandangan alam yang mempesona. Sedangkan bagi Anda yang mencintai sedikit kemewahan dalam perjalanan Anda, maka Anda dapat memesan safari mewah pada Taman Nasional Kruger dan mendapatkan pemandangan satwa liar dari dekat.

Jangan lupa sebelum meninggalkan Afrika Selatan untuk mengunjungi Bo Kaap untuk mempelajari seni memasak Muslim di wilayah tersebut.

 

5. Korea Selatan

Korea Selatan saat ini telah menjadi tujuan wisata yang populer dengan adanya K-Pop dan K-Drama. Korea Selatan juga merupakan tempat yang tepat untuk mengunjungi beberapa arsitektur buatan manusia yang menakjubkan.

Untuk ini, Anda bisa naik ke Menara Seoul atau yang biasa dikenal sebagai Menara Namsan. Menara ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam dan pemandangan kota yang diterangi lampu-lampu terang di malam hari.

Untuk menikmati keindahan pemandangan negara ini, maka Pulau Nami adalah tempat yang ideal untuk perjalanan keluarga. Anda akan dihadiahi dengan pemandangan menakjubkan dari lanskap pulau tersebut.

Itaewon juga merupakan kunjungan wajib bagi semua wisatawan Muslim karena merupakan tempat berdirinya Masjid pertama di Korea dan dipenuhi oleh makanan halal.

Jika Anda ingin mengemas beberapa produk Korea untuk dikonsumsi atau dibawa pulang, maka Myeongdong adalah salah satu tempat terbaik untuk berbelanja berbagai macam barang seperti pakaian, tas, dan produk lainnya!

 

6. Maldives/Maladewa

Maladewa atau yang biasa kita kenal sebagai Maldives adalah permata sejati dalam hal tujuan wisata ramah Muslim. Karena merupakan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, maka wajar bagi Maldives untuk memiliki sederetan resor dan makanan Halal yang menunggu untuk Anda jelajahi!

Pertama, kunjungilah Coco Palm Bodu Hithi yang merupakan tujuan ideal untuk Anda yang ingin melarikan diri dari suasana kota yang monoton. Disini Anda dapat mengunjungi pantai dan taman pribadi yang pasti menawarkan kenyamanan dan kemewahan yang dibutuhkan.

Anda juga dapat mengunjungi LUX Maldives yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati aktivitas air yang penuh petualangan seperti scuba diving. LUX Maldivesjuga menyediakan delapan restoran fine dining yang dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga yang berbeda-beda.

Kudafushi di Maldives adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama apabila terdapat anak kecil. Kudafushi memiliki fasilitas pusat penitipan anak dan fasilitas spa santai untuk orang dewasa sehingga cocok untuk keluarga. 

Pulau Bandos juga merupakan harta karun lain yang terletak di Maladewa dengan berbagai kegiatan yang ditawarkan di dalamnya.

 

7. Yunani

yunani, kota yang dipenuhi cerita rakyat dan sejarah

Image Credit: Patrick P on Unsplash

Jika Anda memiliki ketertarikan tertentu terhadap cerita rakyat dan sejarah, maka Yunani harus berada di urutan teratas daftar Anda! Yunani memiliki kumpulan pantai, museum, dan situs lokal yang luar biasa untuk menyerap esensi dari bepergian ke negara ini.

Rhodes Island adalah surga yang sempurna bagi keluarga karena perairan di sini sangat dangkal. Corfu juga wajib dikunjungi sebagai tuan rumah situs Warisan Dunia.

Terdapat pula Villa Kassiopi, adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin melarikan diri dari kesibukan, lingkungannya yang dikelilingi oleh pohon zaitun merupakan tempat perlindungan yang tepat dari dunia yang sibuk dan menuju atmosfer baru. Anda juga bisa mengunjungi Masjid Sulaiman yang merupakan salah satu masjid paling terkemuka di Yunani.

Bagi pecinta sejarah, Athena adalah tempat terbaik untuk dikunjungi. Dipenuhi dengan reruntuhan peradaban kuno, seperti Pantheon, dengan suasana cerita mitologis yang melayang di seluruh kota, kota ini pasti akan membuat Anda terpesona.

Terakhir, jika Anda tertarik dengan kota Atlantis yang hilang, Anda bisa mengunjungi Santorini yang oleh berbagai arkeolog dianggap sebagai Atlantis!

 

8. Kanada

Kanada adalah salah satu tujuan ramah Muslim teratas di dunia karena sangat terbuka dan mempromosikan multikulturalisme.

Anda dapat mengunjungi beberapa Masjid terbaik di Kanada seperti Masjid Madina, Masjid Ut Taqwa, dan Masjid Baitul Mukarram. Untuk pengalaman yang unik, Anda juga dapat mengunjungi Akuarium Ripley Kanada di Toronto dan menjelajahi berbagai kehidupan laut yang ditampilkan di sini. 

Memiliki ketertarikan untuk seni? Pergilah ke Museum Seni Keramik Gardiner untuk belajar tentang seni keramik. Terakhir, Anda dapat mengunjungi Galeri Seni Ontario dan melihat beberapa mahakarya seni yang ditampilkan di galeri.

Jika Anda ingin menjelajahi sisi alam dari Kanada bersama keluarga, Anda dapat melakukan perjalanan ke Banff, kota resor yang spektakuler di Alberta.

 

9. Slovenia

Slovenia adalah salah satu tujuan yang paling tepat untuk liburan berbasis alam di Eropa dengan pegunungan bersalju dan jalur alamnya.

Jika Anda ingin memiliki waktu berpetualang, lakukan perjalanan menyusuri Tolmin Gorge Trail dan melewati pemandangan indah yang terdiri dari sungai, aliran air, dan bebatuan yang tertutup lumut.

Danau Jasna adalah lokasi yang sangat indah dimana Anda dapat melihat perbukitan hijau subur yang tercermin dan terpantul pada air danau yang berkilauan. Untuk menyimpan kenangan perjalanan, Kota Tua Ljubljana adalah tempat yang sempurna untuk membeli beberapa produk segar dan suvenir lokal.

Sebelum Anda pergi, pastikan untuk menjelajahi sisi budaya dari Slovenia dengan mengunjungi Ptuj, sebuah kota tepi laut yang terdiri atas budaya Slovenia yang luar biasa.

 

10. Austria

pemandangan musim salju austria

Image Credit: Fineas Anton on Unsplash

Austria adalah salah satu tujuan ramah Muslim terbaik karena dapat memenuhi kebutuhan wisatawan.

Ibu kota Austria, Wina memiliki beberapa restoran halal dan masjid seperti Masjid Quba, Pusat Islam Wina, dan Masjid Haci Bayram.

Selain itu, Salzburg juga sangatlah menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak taman dan perbukitan yang memberikan keindahan alam tertentu. Kota ini juga memiliki banyak restoran Halal mewah seperti Taj Mahal dan Ali Baba.

Graz adalah salah satu kota yang harus dikunjungi dengan di Austria. Kota ini penuh dengan pesona dengan banyaknya pilihan untuk berbelanja, makanan Halal, museum, musholla, dan kastil.

Terakhir sebelum Anda pergi, jangan lupa untuk mengunjungi kota Zell am See! Zell am See adalah tujuan paling populer dan mendebarkan di Austria karena pemandangannya yang spektakuler dan pilihan ski yang menantang.

 

Kesimpulan

Meskipun beberapa tahun terakhir telah memaksa kita untuk membatalkan semua rencana perjalanan dan liburan kita, bukan berarti di tahun ini kita harus mengikuti rutinitas yang membosankan terutama dengan kondisi pandemi yang semakin membaik.

Dengan langkah-langkah dan pedoman keselamatan yang benar seperti sering melakukan sanitasi, memakai masker, dan menjaga jarak, Anda dapat melakukan perjalanan yang aman namun menyenangkan.

Anda juga dapat membaca artikel mendalam lainnya di blog perjalanan Halaltrip.

Jadi tunggu apalagi, kunjungi 10 destinasi wisata ramah Muslim terbaik di tahun 2022 ini!

Leave a comment