5 Manfaat dan Tujuan dari Haji

By Halal Trip | 14, Jun, 2022
5 Manfaat dan Tujuan dari Haji

Haji merupakan salah satu ibadah terpenting yang harus dilakukan oleh seorang muslim, terutama sebagai salah satu rukun islam. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkata dalam sebuah khotbah: “Hai manusia, Allah telah memerintahkan haji atasmu, maka lakukanlah haji” (HR. Muslim). 

Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa dari kelima rukun Islam tersebut, Haji merupakan paling sulit untuk dicapai dan karena terdapatnya batasan-batasan tertentu. Karena perlu diingat bahwa haji bukanlah hanya perjalanan emosional dan spiritual, tetapi juga merupakan upaya yang cukup melelahkan secara fisik. 

Terpaparnya dengan panas yang ekstrim dan tantangan ketahanan tubuh menyebabkan beberapa orang untuk kesulitan dalam menunaikan haji. Haji juga membutuhkan perjalanan udara yang disertai dengan biaya yang besar, mencegah sebagian besar untuk menunaikan haji. Sehingga Haji merupakan suatu kewajiban hanya bagi beberapa muslim yang mampu untuk menunaikannya saja atas izin Allah, karena Ialah yang memberik kesehatan dan rejeki bagi hambaNya.

Namun demikian, jika Anda bugar dan mampu untuk berhaji, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk menundanya dan mengikuti perintahNya yang utama.  Walaupun terdapat banyak cobaan dan kesulitan yang mungkin harus Anda hadapi selama berhaju, yakinlah bahwa terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh baik sebagai individu dan sebagai komunitas serta sebagai umat Islam dan sebagai manusia. Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat haji yang bisa kita dapatkan.

Dapatkan informasi seputar Haji, Umrah, dan Idul Adha disini!

 

1. Dampak Sosial Haji

orang-orang bertawaf mengelilingi kabah

Image Credit: ibrahim uz on Unsplash

Haji adalah salah satu bentuk dari pertemuan tahunan terbesar dimana muslim dari seluruh dunia berkumpul di tanah suci. Orang-orang dengan berbagai negara dengan berbagai warna kulit, latar belakang, dan kekayaan berkumpul secara setara di depan pencipta mereka. Tidak ada lagi perbedaan warna kulit, kaya atau miskin, dan perbedaan-perbedaan lainnya, semua yang tersisa hanyalah sekumpulan muslim. Setiap orang memakai ihram yang sama untuk menandakan bahwa tidak ada yang lebih baik dari saudara Muslimnya. Hal ini menciptakan persatuan di antara umat Islam di dunia, menumbuhkan persaudaraan dan cinta karena Allah SWT.

 

2. Manfaat Spiritual Haji

Sebagai umat Islam, kita harus selalu mengingat Allah dalam setiap tahapan kehidupan kita, dimanapun dan kapanpun. Namun sayang, kebanyakan dari kita menyerah pada tekanan duniawi dan tidak mengingat bahwa kebaikan dan izin Allah lah yang menghendaki seluruh kemudahan dalam hidup kita. Oleh karena itu haji hadir sebagai peringatan terakhir dari Allah.

 

3. Haji sebagai Pembebasan dan Pengampunan Dosa

seseorang yang berdoa untuk pengampunan dosa

Image Credit: CBC

Kita semua adalah manusia yang tidak lepas dari dosa sehingga mencari pengampunan atas kesalahan dan dosa yang telah diperbuat melalui permohonan kepada Allah adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu menghapus dosa-dosa terdahulu melalui haji adalah salah satu cara untuk memohon ampunanNya. Karena haji merupakan cara terbaik untuk menghapus dosa dari orang mukmin yang hajinya diterima. Betapa besarnya belas kasih Allah dan anugerahnya.

Abu Hurairah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa, “Barang siapa yang menunaikan haji dan tidak melakukan Rafath (kecabulan) atau Fusuq (pelanggaran), maka dia kembali (bebas dari dosa) seperti hari ibunya melahirkannya” (HR. Bukhari).

 

4. Signifikansi Haji dalam Karakter Seseorang

Berhaji tentu datang dengan pengorbanannya yang besar baik secara fisik dan emosional bagi umatNya. Namun seorang Muslim wajib mempercayai bahwa pada akhirnya Anda akan semakin dekat dengan Allah, dan yakin bahwa semua dosa Anda diampuni. Masya Allah. Berhaji adalah sebuah pengalaman yang pasti akan mengubah Anda menjadi lebih baik. Mengajarkan Anda nilai kesabaran, kedisiplinan, dan mempererat ikatan antara sesama Muslim.

 

5. Keutamaan dan Tujuan Akhir Haji

membaca alquran di masjidil haram menghadap ka'bah

Image Credit: Romeltea

Sebagai Muslim, ada satu tujuan yang kita semua perjuangkan dan percayai sepanjang hidup kita. Bahwa seorang Muslim percaya bahwa dunia ini bukanlah tempat peristirahatan, tetapi hanyalah tempat singgah dan fase yang akan berlalu, sehingga berusaha, beribadah, dan melakukan apa pun yang kita bisa untuk menjamin tempat kami di surga tertinggi adalah tujuan akhir kita. Itulah tujuan utama kita dan pahala utama yang kita ingin capai dengan berhaji.

Abu Hurairah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa: "Tidak ada balasan bagi haji yang diterima kecuali Surga." (HR. Bukhari dan Muslim).

Leave a comment