Acaraki: Memperkenalkan Kembali Seni dari Jamu

By Muhammad Jodi Pratama | 12, Sep, 2022
Acaraki: Memperkenalkan Kembali Seni dari Jamu

Jamu, sebuah minuman tradisional Indonesia, telah melewati banyak abad dan mengalami berbagai bentuk jatuh-bangun dalam popularitasnya. Dengan jamu yang berasal dari masa lalu dan datangnya generasi baru, sangatlah menarik untuk mengetahui bagaimana perpaduan dari keduanya untuk menciptakan suatu harmoni. Disinilah Acaraki datang dan memperkenalkan kembali seni dari jamu.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Sejarah, Khasiat, dan Jamu Tradisional

Masyarakat yang modern, perkembangan teknologi, dan bergesernya tren populer di Indonesia telah menyebabkan warganya yang seiring waktu untuk melupakan budaya dan tradisi nenek moyangnya. Hilangnya kebudayaan tersebut mengakibatkan banyaknya harta peninggalan penting, yang diantaranya adalah jamu.

Berasal dari abad ke-16, jamu merupakan peninggalan turun temurun yang memiliki peran utama sebagai obat tradisional dengan khasiat kesehatan bagi tubuh. Jamu sendiri merupakan racikan obat tradisional yang terbuat dari bahan alami atau herbal, seperti akar-akaran, daun, dan buah. Dengan berbagai jenis kombinasi, cara pembuatan, dan khasiat, setiap jamu memiliki ciri khasnya yang unik dan khasiatnya masing-masing.

Jamu tradisional umumnya dijajakan oleh para penjual jamu gendong, dan umumnya memiliki rasa yang kuat karena penggunaan rempah dan bahan-bahan herbal. Walaupun jamu memiliki khasiat yang telah terbukti (dengan penelitian), namun tidak bisa dipungkiri bahwa tingkat popularitas dari jamu dalam generasi kini telah menurun. Dengan rasa yang pekat yang kadangkala terlalu kuat untuk beberapa orang, berkurangnya jumlah penjaja jamu gendong, dan terbatasnya perkembangan dari jamu menyebabkan kehadirannya yang semakin sulit untuk dijumpai.

 

Acaraki: Mengembalikan dan Melestarikan Jamu

barista jamu acaraki

Berkurangnya popularitas dari jamu sangatlah disayangkan, sehingga oleh karena itu Acaraki hadir - dengan gaya unik Acaraki - untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus memperkenalkan kembali jamu pada generasi muda dan kehidupan masyarakat. Tujuan Acaraki sangatlah simpel, untuk menjadikan jamu sebagai minuman enak yang dikenal secara internasional dan menjadi gaya hidup masyarakat.

Jamu ala Acaraki diproses dan disajikan dengan sentuhan modern, baik dalam pengolahan maupun bahan yang digunakan. Dengan mengadaptasi jamu dengan pengolahan seperti kopi, teh, dan matcha, jamu ala Acaraki pastinya memiliki rasa dan pengalaman konsumsi yang berbeda. 

 

Pilih Jamu Favoritmu!

beberapa menu acaraki

Dengan rasa jamu yang bisa dihasilkan dari bahan-bahan dan pengolahan yang berbeda, Anda bisa berkreasi dan memilih jamu favorit Anda! Secara umum terdapat dua macam menu dari Acaraki, yaitu:

1. Specialty Jamu

Specialty Jamu merupakan set menu pertama yang ditawarkan oleh Acaraki. Berbekalkan metode pengolahan yang beragam, Anda bisa memilih berbagai jenis pengolahan kopi untuk kunyit asam atau beras kencur Anda. Dengan metode V60, tubruk dengan French Press, maupun espresso, hasil ekstraksi dari masing-masing jamu pilihan Anda akan menjadi jauh lebih unik. Baik rasa manis maupun asam, ringan maupun padat, maupun taste note yang bersih atau pekat, bisa Anda dapatkan dengan memilih metode yang sesuai preferensi pribadi Anda.

2. Jamu New Wave

Berbeda dengan Specialty Jamu, Jamu New Wave merupakan inovasi modern yang dibawakan oleh Acaraki dalam mengonsumsi jamu. Dengan bahan dasar yang bisa Anda temukan dalam jamu tradisional seperti beras, kencur, kunyit, asam, jahe, temulawak, dan sambiloto, bahan-bahan tradisional tersebut kemudian diolah dan dijadikan minuman modern dengan campuran-campuran unik yang belum pernah terbayangkan.

Penggunaan dari bahan-bahan yang biasa bisa Anda temukan di mocktail atau minuman modern seperti sparkling water, es krim, hibiskus, dan yogurt, akan membuat Anda untuk merasakan sensasi minum jamu yang berbeda. Walaupun sebagian besar disajikan dingin, namun dapat dipastikan bahwa “rasa sehat dan hangat dari jamu” tersebut tetap bisa Anda rasakan. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba rasa dari minuman tradisional ini!

 

Tidak Hanya Sebatas Minum Jamusuasana cafe acaraki

Minum jamu di Acaraki tidak hanya sebatas rasa yang enak, namun juga experience. Anda bisa menyaksikan bagaimana minuman Anda dibuat, menikmati suasana yang nyaman, serta merasakan jajanan-jajanan Indonesia seperti pisang goreng dan tape ala Acaraki. Minum jamu sambil nongkrong, baik itu di Kota Tua maupun untuk mengakhiri rangkaian belanja Anda menjadi suatu pengalaman yang mengasyikkan. Berbagai buku dan permainan tradisional seperti congklak juga tersedia untuk Anda gunakan selagi menikmati segelas jamu. Cocok untuk menemani perjalanan Anda untuk memasuki gaya hidup baru dengan jamu!

 

Gerai Acaraki Untuk Anda Kunjungi

logo acaraki

Sejak kehadiran Acaraki di tahun 2018, telah terdapat dua gerai yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya:

1. Kota Tua

Terletak di Kota Tua, gerai ini merupakan perpaduan dari sejarah masa lalu dan jamu yang modern. Dengan perpaduan gedung lama yang indah dan interior yang modern, gerai ini akan cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dan pengalaman yang unik.

Alamat: Acaraki Jamu, Gedung Kerta Niaga 3, Kota Tua, Jl. Pintu Besar Utara No.11, RT.4/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Operasional: 08.00-18.00

2. AEON Tanjung Barat

Terletak di AEON Tanjung Barat, Acaraki ini membuka gerainya di tahun 2022. Cocok untuk Anda yang ingin merasakan jamu yang unik sebagai pemuas dahaga Anda.

Alamat: Lantai GF, Jl. Dapur Susu No.11, RT.2/RW.9, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Jam Operasional: 10.00-22.00

Tidak ada waktu atau ingin mencoba untuk meracik sendiri jamu Anda? Anda juga bisa membeli jamu kemasan atau golden sparkling jamu dalam bentuk kaleng untuk dibawa pulang di semua gerai Acaraki. 

Kunjungan Anda ke Acaraki dijamin akan selalu menjadi pengalaman yang unik dan tidak terlupakan. Jadi, jamu apa yang akan Anda coba ketika berkunjung?

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment