Jelajahi Andalusia: 10 Pengalaman Tak Terlupakan yang Wajib Dicoba

By Halal Trip | 14, Dec, 2023
Jelajahi Andalusia: 10 Pengalaman Tak Terlupakan yang Wajib Dicoba

Lihatlah berbagai monumen-monumen mengagumkan, berjalan-jalan di jalanan yang hidup dan menawan, mencicipi berbagai masakan lezat, dan menelusuri sejarah, merupakan sebagian dari banyak aktivitas dan pengalaman yang dapat dinikmati di Andalusia. Bahkan, begitu banyaknya sehingga Anda tak dapat menghindar untuk memilih dari aktivitas tersebut. Untuk memudahkan proses persiapan dari perjalanan Anda, kami hadir untuk menyarankan 10 aktivitas dan pengalaman yang dapat benar-benar membuat perjalanan Anda tak terlupakan.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

Menyusuri Sungai GuadalquivirBerpesiar di sungai Guadalquivir

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCIA

Sungai Guadalquivir yang membentang sepanjang 657 kilometer, adalah sungai utama Andalusia. Sungai ini berasal dari nama asalnya yang disebut oleh orang Arab yaitu al-wādi al-kabīr, yang berarti sungai besar. Dari Sevilla hingga muaranya di Samudera Atlantik—sekitar 90 kilometer dari panjang totalnya—merupakan bagian yang dapat dilayari dan merupakan atraksi populer yang harus Anda coba. Di Sevilla, sungai ini bisa dijelajahi layaknya sebuah jalan raya monumental yang besar. Menaiki kapal pesiar adalah salah satu cara yang paling menyenangkan dan menarik untuk menjelajahi kota.

Ada berbagai jenis kapal pesiar yang dapat Anda naiki untuk menjelajahi sungai ini sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang Anda miliki. Kebanyakan perjalanan kapal pesiar ini akan berlangsung selama satu jam, menawarkan pemandangan indah Sevilla yang bersejarah dan modern (mulai dari €15, meskipun ada opsi mewah di kapal pribadi). Ada perjalanan siang dan malam, tur lebih lama mencapai muara sungai (5 hingga 6 jam navigasi), atau bahkan perjalanan beberapa hari (dari 6 hingga 8 hari) menjelajahi provinsi-provinsi Andalusia lainnya seperti Córdoba dan Cádiz.

 

Menikmati Pemandangan Granada dan Alhambra dari Berbagai Cakrawalasudut pandang cakrawala

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA

Granada adalah kota yang dibangun di atas bukit, dan Alhambra berdiri di salah satu bukit tersebut. Kawasan Albaicín (adalah salah satu area yang paling baik dalam mempertahankan esensi Muslim kota ini, ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO) meluas di bukit lain, seperti halnya Sacromonte (kawasan Spanyol Romani yang khas dan salah satu tempat lahirnya flamenco). Ada 40 titik poin pandang yang menawarkan pandangan berbeda dari kota. Mirador de San Nicolás adalah yang paling terkenal, memberikan pemandangan spektakuler Alhambra, tetapi ada banyak lainnya: Mirador de los Carvajales, San Cristóbal, atau Carmen de la Victoria adalah beberapa yang paling spektakuler.

 

Mengunjungi Masjid Granadamasjid granada

Kredit Foto: MEZQUITA MAYOR DE GRANADA

Terletak dekat dari salah satu spot yang terkenal untuk pemandangannya, Mirador de San Nicolás yang terkenal, Anda akan menemukan mungkin yang paling simbolis dari masjid-masjid baru yang dibangun di Spanyol. Diresmikan pada tahun 2003 di jantung Albaicín, hasil dari upaya keras komunitas Muslim Spanyol baru yang sangat aktif, menawarkan pemandangan spektakuler Alhambra. Kisah di balik pembukaan masjid ini dan lokasinya yang memukau akan membuat kunjungan Anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Alamat masjid ini, bersama dengan masjid-masjid signifikan lainnya di Andalusia, dapat ditemukan di panduan wisata "Andalusia for Muslim Travelers," yang diterbitkan oleh Turespaña.

 

Mengelilingi Jalan-Jalan Kota Kunojalan kota tua

Kredit Foto: TURESPAÑA

Mengembara melalui lorong-lorong apa yang dahulu adalah kota-kota Islam kuno atau yang dikenal sebagai “Medina”—Qurtuba (Córdoba), Ishbiliya (Sevilla), Gharnata (Granada), Malaqa (Málaga), Marbiliya (Marbella), dll.—merupakan pengalaman yang yang imersif atas sejarah masa lalu di ujung jari Anda. Jalan-jalan yang sempit, berliku, dan bernuansa putih yang dapat ditemukan di pusat sejarah banyak kota ini sepenuhnya mempertahankan esensi masa lalu dari Al Andalus. Di sini, rencana yang terbaik dalam menikmati nuansa ini adalah untuk tidak mengikuti peta apa pun dan biarkan diri Anda tersesat dalam pengalaman yang imersif ini.

 

Menyaksikan Kemegahan Kuda-Kuda Andalusiakuda andalusia

Kuda adalah makhluk-makhluk yang memancarkan kemegahan, dan Andalusia berbagi ikatan khusus dengan mereka. Kuda Andalusia adalah ras yang berasal dari wilayah ini, dan merupakan salah satu ras kuda tertua di dunia. Meskipun ada ras kuda lain di Spanyol, kuda Andalusia adalah jenis kuda yang umumnya dikenal sebagai kuda Spanyol dan secara resmi disebut Pura Raza Española. Bahkan khalifah Umayyad pada masanya terlibat dalam pembiakan kuda-kuda ini, kuda yang masih menjadi bagian integral dari identitas Andalusia sampai saat ini. Terdapat pula sekolah berkuda klasik dan artistik di sini yang mengoreografi pertunjukan indah dengan kuda-kuda ini. Menghadiri salah satu pertunjukan equestrian ini adalah salah satu pengalaman terbaik yang dapat Anda miliki, terutama di tempat-tempat seperti Córdoba dan Jerez (Cádiz).

Jika Anda ingin memiliki pengalaman yang lebih dekat dengan hewan-hewan cantik ini, menjelajahi jalan-jalan Córdoba atau Sevilla dengan kereta yang ditarik kuda-kuda ini juga merupakan opsi yang menyenangkan.

 

Menjelajahi Pasarmenjelajahi pasar

Kredit Foto: TURESPAÑA

Mengunjungi pasar makanan tradisional adalah salah satu aktivitas yang paling direkomendasikan untuk benar-benar memahami 'jiwa' sebuah kota. Tempat-tempat ini 'autentik,' penuh dengan kehidupan sehari-hari. Mereka memungkinkan Anda menemukan produk lokal, biasanya ditampilkan dengan sangat hati-hati dan menarik. Di Andalusia, ada pasar makanan tradisional yang indah. Salah satu yang paling menarik adalah pasar Atarazanas di Málaga, yang berada di tempat bersejarah secara historis: di mana galangan kapal Nasrid yang paling penting berada (abad ke-14).

Juga layak untuk mengunjungi beberapa pasar makanan bergaya, di mana Anda tidak hanya dapat melihat atau membeli bahan makanan, tetapi juga mencicipi mereka dalam persiapan yang lezat, biasanya disajikan sebagai 'tapas' (porsi kecil). Salah satu yang paling menarik adalah Mercado Victoria di Córdoba, di mana Anda juga akan menemukan beberapa stan yang menawarkan gastronomi halal.

Baca lebih lanjut mengenai 6 Tips untuk Menikmati Makanan Halal di Andalusia.

 

Menyantap Ikan Goreng Seperti Penduduk Lokalmerasakan ikan goreng ala andalusia

Kredit Foto: TURESPAÑA

Kita semua tahu bahwa menyantap berbagai masakan lezat adalah salah satu kenikmatan pokok dari setiap perjalanan. Ikan goreng adalah salah satu kenikmatan kuliner Andalusia yang wajib Anda coba selama berkunjung. Hidangan ini juga dengan mudah dapat ditemukan di semua provinsi, bahkan di daerah pedalaman, dan selalu segar dan lezat. Seville, adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya, di mana keberadaan hidangan ini sangatlah populer. Di sana, Anda akan menemukan 'freidurías' (toko goreng-gorengan) populer yang menjual anchovy, cumi-cumi, hake, cod, dll., dilapisi dengan tepung tipis, digoreng dalam minyak zaitun suhu tinggi, dan dijual dalam kerucut kertas. Sebuah kenikmatan yang wajib Anda coba dan halal.

 

Jangan Lewatkan 'Espetos' di Malagaespestos di malaga

Kami menekankan pentingnya pengalaman gastronomi sekali lagi selama berada di Andalusia—Anda tidak dapat benar-benar menikmati perjalanan Anda di suatu tempat jika Anda tidak terjun ke dalam makanannya—dan inilah cara lain yang lezat untuk menyantap ikan di Andalusia, khususnya khas Málaga. 'Espetos' adalah 6 atau 8 potong ikan segar—biasanya sarden—yang ditusuk dan dimasak di atas lubang bara, dan diisi dengan garam. Saat Anda berjalan-jalan di sepanjang pantai Málaga dan Costa del Sol, Anda akan melihat perahu yang tujuannya bukan untuk berlayar tetapi untuk diisi dengan pasir sebagai dasar tempat arang untuk memanggang 'espetos.' Makan dan nikmatilah hidangan sederhana ini dengan jari Anda tepat di tepi laut.

 

Dan Jangan Lupakan Sepiring Paella (di Setiap Kota)dont forget paella

Kredit Foto: TURESPAÑA

Ini adalah pengalaman kuliner terakhir yang akan kami rekomendasikan. Anda mungkin sudah tahu bahwa paella adalah hidangan Spanyol yang paling terkenal di seluruh dunia (bahkan memiliki emoji sendiri). Bermula dari Timur Spanyol, khususnya di wilayah Valencia, Anda dapat menikmati paella di setiap kota Spanyol, termasuk Andalusia. Bahan kunci dalam paella adalah nasi, yang dimasak bersama dengan berbagai campuran bahan lain seperti daging, ikan, seafood, atau sayuran. Sangat sulit untuk menemukan paella daging halal di luar tempat yang dikelola oleh Muslim, tetapi paella yang hanya terbuat dari ikan atau seafood dan bahkan vegan juga memiliki rasa yang sangat spektakuler, dan dapat dinikmati oleh Muslim selama berkunjung.

 

Hadiri Pertunjukan Flamencopertunjukan flamenco

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA

Flamenco adalah ciri khas lain dari Andalusia. Keunikan dan nilai artistiknya begitu besar sehingga pada tahun 2010 UNESCO menyertakannya dan mengakuinya dalam Warisan Budaya Tak Benda. Tetapi jika deklarasi ini secara sekilas sudah berbicara tentang keunikan flamenco, tidak ada yang bisa membandingkan dengan menyaksikan pertunjukan langsung untuk benar-benar merasakan dampaknya. Di semua kota besar Andalusia, Anda akan menemukan 'tablaos' berkualitas tinggi. Sebuah 'tablao' adalah tempat tradisional di mana pertunjukan flamenco dilakukan, menggabungkan pertunjukan musik langsung, nyanyian, dan tarian dalam pengaturan intim yang dapat meningkatkan koneksi emosional antara seniman dan penonton. Sebuah pengalaman yang sangat mendalam untuk dinikmati oleh pengunjung.

Leave a comment

  • profile-image
    Wowspremiumshop

    Your post is incredibly informative and distinctive. Thank you for sharing.