10 Aneka Jajanan Pasar Khas Indonesia Yang Unik Dan Lezat

By Bella Arti | 11, Mar, 2022
10 Aneka Jajanan Pasar Khas Indonesia Yang Unik Dan Lezat

Indonesia adalah negara dengan mayoritas agama Islam yang memiliki wilayah yang cukup luas. Sehingga, tidaklah mengherankan apabila terdapat sajian kuliner khas yang Halal di setiap daerahnya. Dari begitu banyaknya jenis kuliner yang ada di negeri ini, jajanan pasar menjadi sebuah sajian kuliner yang menarik untuk dibahas.

Selain harganya murah, jajanan pasar memiliki banyak ragam serta penampilan yang menarik mata. Sehingga, saat berkeliling di pasar tradisional, lapak pedagang aneka jajanan pasar tidak pernah sepi dari pengunjung.

Bahkan, selain di pasar, makanan ini juga bisa ditemukan dijual pedagang kali lima, rumah makan, dan restoran. Namun, sebelum kita menelusuri Indonesia dan berbagai macam jajanan pasar di artikel ini, mari kita simak sejarah singkatnya terlebih dahulu.

 

Asal-usul Jajanan Pasar Indonesia

Dilansir dari Kompas.com, jajanan pasar adalah camilan atau makanan kecil hasil akulturasi dari berbagai macam budaya dari masa lampau. Memiliki lokasi maritim yang strategis untuk dagang, Indonesia merupakan bagian dari jalur sutera. Oleh sebab itu, banyak budaya adalah hasil dari segala aktivitas yang terjadi di masa lampau.

Salah satunya contoh budaya akulturasi datang dari China yang mengenalkan berbagai macam jenis kue dan makanan lainnya. Karena itulah, kue ku dan lumpia tercipta di Indonesia sebagai hasil dari akulturasi dengan budaya kuliner China.

Selain kue ku, berikut 10 macam jajanan pasar favorit masyarakat Indonesia:

 

ht40 banner

 

Rekomendasi Jajanan Pasar Indonesia

1. Klepon

klepon dengan parutan kelapa dan isian gula merah

Image Credit: foodism on flickr

 

Siapa yang belum pernah mencoba hidangan yang satu ini? Jika belum pernah mencicipinya, maka Anda wajib mencobanya!

Berbentuk bulat seperti bola - bola mini, berwarna hijau dengan taburan parutan kelapa yang yang gurih dan isian gula merah yang lumer serta manis. Begitulah ciri khas klepon kenyal yang terkenal akan kenikmatannya ini.

Jajanan pasar jadul ini tidak pernah luput menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia dengan segala umur. Selain itu, klepon sangat mudah ditemukan sehingga menyulapnya jajanan pasar kekinian. Tidak perlu bingung mencarinya, Anda bisa mendapatkan klepon di pasar hingga restoran.

 

2. Risoles

Setelah menikmati sesuatu yang manis, mari memanjakan lidah dengan sesuatu yang gurih. Risoles nikmat disantap untuk sarapan atau brunch. Makanan ini adalah jajanan pasar yang terdiri dari lapisan kulit adonan cair yang didadar, sehingga menghasilkan kulit yang cenderung lembut.

Hasil akulturasi dengan budaya kuliner Perancis, variasi risoles cukup banyak ditemukan di pasar, seperti isi ragout, mayonnaise telur, bihun, ayam, dan daging sapi. Sehingga, baiknya Anda tanyakan apa isi risoles tersebut sebelum membelinya. Hidangan ini baik dinikmati saat sedang panas dan ditemani dengan cabe rawit.

 

3. Lumpia

Nampak seperti menyerupai risoles, lumpia adalah hidangan yang rasa dan teksturnya jauh berbeda dengan risoles. Sama digulung dan memiliki kulit yang didadar, lumpia biasanya digoreng setelah digulung. Kulit lumpia yang digoreng ini menjadikan tekstur yang renyah.

Isi dari jajanan pasar unik ini bisa bermacam - macam tergantung di mana Anda berada. Salah satu contoh lumpia adalah lumpia khas Semarang yang diisi dengan isian rebung atau bambu muda. Sedangkan di Jawa Barat, terdapat lumpia basah yang disajikan dengan kulit lumpia yang lembut dan tidak digoreng.

Selain rebung, Anda juga bisa menemukan lumpia dengan isian bengkoang yang bernama popiah ala Medan ataupun isian bihun ala gorengan kaki lima.

 

4. Lemper

lemper ayam sapi

Image Credit: dhikacakep on flickr

 

Lemper adalah salah satu jajanan pasar yang melegenda. Lemper terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian diisi dengan abon sapi atau tumisan ayam. Hidangan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang. Jadi, Anda bisa membayangkan merasakan gurihnya isian lemper dengan tekstur yang kenyal dari ketan dan harumnya aroma daun pisang.

Lemper masih banyak ditemukan di pulau Jawa. Biasanya, lemper menjadi makanan kecil yang disajikan sebelum menyantap hidangan utama. Selain itu, Anda bisa menikmati lemper di pagi hari sambil menyeruput teh manis hangat.

 

5. Onde - onde

Jajanan pasar Indonesia memang banyak yang berbentuk bulat sehingga nampak menarik di mata anak - anak. Ukuran onde - onde ini bermacam - macam. Ada yang besar dan mini, sehingga dapat dimakan sekali lahap.

Onde - onde adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan tepung terigu. Adonan itu kemudian dibentuk bulat dan diisi pasta kacang hijau. Kemudian, bola - bola tersebut dilumuri kacang wijen sebelum digoreng. Anda bisa menemukan camilan ini di pasar, pedagang kaki lima dengan harga yang murah. Bahkan, Anda juga bisa menemukannya di restoran.

 

6. Getuk

Hidangan khas Jawa Tengah, terutama daerah Yogyakarta dan Magelang ini biasa disajikan dengan berbagai macam warna dan rasa. Getuk adalah makanan khas yang terbuat dari singkong yang ditumbuk dan dipadatkan. Rasanya manis dan bisa menjadi cemilan pengganjal perut.

Getuk juga merupakan camilan yang cocok dikonsumsi segala umur. Biasanya, anak - anak sangat suka menyemil makanan ini karena rasanya yang manis. Bentuknya bermacam - macam, ada yang kotak - kotak memanjang hingga silinder. Getuk yang berwarna warni ini biasa ditabur dengan parutan kelapa yang gurih.

 

7. Pastel

pastel goreng isi

Image Credit: Cookpad

 

Pastel bisa jadi Anda temukan bersama risol di pasar. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, pastel terbuat dari adonan tepung yang dibuat menyerupai kerang cantik. Adonan tersebut biasa diisi dengan bihun, ayam, kentang dan ragout.

Terdapat variasi pastel yang berbeda tergantung asal daerahnya. Di Makassar, pastel biasa disebut jalangkote. Hidangan khas Makassar tersebut memiliki kulit yang lebih tipis dan renyah dibanding pastel.

Sedangkan, di Manado terdapat panada yang menyerupai pastel namun adonannya lebih tebal dan empuk. Isiannya juga berbeda dengan pastel lainnya, panada diisi dengan tumisan berbahan ikan cakalang pedas.

Faktanya, pastel adalah hasil akulturasi dari makanan yang bernama empanada saat bangsa Portugis dan Spanyol menguasai Indonesia bagian utara di masa lampau.

 

8. Kue Pancong

Kali ini kita pergi ke Jakarta. Kue pancong adalah hidangan khas Jakarta dan Jawa Barat. Selalu dimasak dadakan menurut pesanan, kue pancong nikmat disantap hangat. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur santan. Kemudian, tepung beras campuran santan tersebut dipanggang di atas cetakan khusus kue pancong. Setelah matang, kue yang gurih tersebut kemudian diolesi gula jawa yang kental dan manis.

Kue pancong juga bisa ditemukan di Bandung dengan nama lain yaitu Bandros. Meskipun namanya berbeda, kue pancong dan bandros tidak jauh berbeda.

 

9. Carabikang

Biasa ditemukan di daerah Jawa Tengah, Carabikang yang menarik mata ini berbahan dasar tepung beras, gula, dan santan. Berbentuk seperti bunga yang merekah, carabikang merupakan hidangan yang termasuk ke dalam kue basah.

Namun, tidak hanya tampilannya yang menarik, rasa Carabikang juga nikmat dan legit. Sehingga, Anda yang menyukai makanan manis, tentu wajib mencicipi makanan ini. Jika Anda tertarik mencicipi carabikang, maka pasar tradisional adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

 

10. Putu Mayang

putu mayang kuah santan dan kinca

Image Credit: Kuweh Ulya on flickr

 

Putu mayang adalah salah satu jajanan pasar unik khas Betawi yang sudah tidak banyak ditemukan di pasar tradisional. Putu mayang termasuk hidangan kue basah yang berbahan dasar tepung beras. Adonannya dibentuk seperti gulungan - gulungan mie yang berwarna warni.

Putu mayang semakin nikmat dengan siraman kuah santan dan kinca cair yang legit dan gurih. Faktanya, kue ini merupakan hasil akulturasi dengan budaya kuliner India yang makanannya bernama Idiyappam.

Itulah ke-sepuluh jajanan pasar Indonesia yang kami rekomendasikan kepada Anda. Menurut Anda, makanan mana yang sangat ingin Anda icipi? Apakah Anda lebih memilih hidangan manis atau asin? Semua rasa akan Anda temukan di Indonesia.

Jika Anda sedang mengunjungi suatu negara ataupun daerah, alangkah baiknya untuk mengunjungi pasar tradisional demi sebuah pengalaman budaya yang unik. Maka dari itu, yuk, kita pergi ke pasar tradisional untuk jajan camilan - camilan murah yang tidak menguras kantong seperti yang sudah HalalTrip sebutkan di atas!

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi HalalTrip di Play Store dan AppStore untuk akses dan fitur - fitur Halal travel yang memudahkan aktivitas jalan - jalan Anda.

Bella enjoys sipping on hot soy latte while writing. Through Halaltrip, she communicates her love for travelling.

Leave a comment