Apa Itu Sedekah?: Manfaat dan Keutamaan

By Halal Trip | 22, Aug, 2022
Apa Itu Sedekah?: Manfaat dan Keutamaan

Apa itu Sedekah?

Berasal dari kata Arab yaitu “Sadq” yang berarti kebenaran, Sedekah adalah semua tindakan kebajikan yang sesuai dengan kebenaran dalam hukum dan menurut Islam. Secara harfiah makna dari sedekah adalah untuk menafkahkan harta dan kemampuan seseorang di jalan Allah SWT. Berdasarkan kepercayaan dari Muslim dan amalannya, bersedekah adalah salah satu bentuk dari tindakan mencari keridhaan Allah SWT dengan memberi atau membantu orang lain yang membutuhkan.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Apa perbedaan Sedekah dengan Zakat?

Walaupun secara teori konsep sedekah terdengar cukup mirip dengan zakat, keduanya secara faktor dan tindakan adalah hal yang berbeda. Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam, sehingga sifatnya adalah wajib dan harus dilakukan oleh semua Muslim yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Di sisi lain, sedekah adalah tindakan membantu atau kebajikan yang disengaja dan terus menerus yang dapat dilakukan oleh setiap orang tanpa memandang status sosial, sehingga sedekah adalah sunnah yang disarankan dan dilakukan secara sukarela, tidak ada paksaan atau kewajiban dalam melakukannya.

 

Keutamaan dan Manfaat Sedekah dalam Islam

  1. Melindungi diri dari bencana yang mungkin terjadi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Bersedekahlah segera, karena itu menghalangi bencana.” [HR Al-Tirmidzi]
  2. Sebagai amal perbuatan untuk di akhirat, berdasarkan sedekah yang kita lakukan selama hidup di dunia. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika seseorang meninggal dunia, terputus amalnya kecuali tiga hal: Sedekah Jariyah (sedekah yang tiada henti); ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya (bagi yang meninggal). [HR Muslim]
  3. Memberikan lindungan dan naungan di hari kiamat melalui sedekah, seperti yang pernah disabdakan oleh Nabi SAW: “Naungan seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” [HR Al-Tirmidzi]
  4. Meninggikan kehormatan dan derajat manusia yang melakukan sedekah. Nabi Muhammad SAW, bersabda: “Sedekah tidak sedikit pun mengurangi harta dan hamba yang memaafkan Allah SWT menambah kehormatannya; dan orang yang rendah hati, maka Allah meninggikan derajatnya dalam penilaian (manusia).” [HR Muslim]
  5. Melipat gandakan harta dari seseorang yang melakukan sedekah. “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” [Al-Baqarah, 2: 261]

 

Bentuk-bentuk Sedekah

Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan oleh beberapa kelompok orang dan dilakukan dalam bentuk uang, benda atau harta. Namun bisa saja dalam bentuk-bentuk lain yang mungkin bisa saja Anda tidak sadari, sehingga mungkin bagi Anda untuk sudah memberi sedekah bahkan ketika Anda tidak menyadarinya! Berikut adalah beberapa bentuk sedekah yang bisa Anda berikan dalam bentuk lain:

Berdoa untuk seseorang

Mendoakan seseorang berarti menunjukkan bahwa Anda peduli pada seseorang, baik itu untuk orang tua Anda, kerabat Anda, teman Anda, guru Anda, pasangan Anda, dan sebagainya. Berdoa menunjukkan betapa mudahnya memberi sedekah.

Menyebarkan ilmu dan pengetahuan

Salah satu amalan yang tidak ada habisnya walaupun telah meninggal dunia adalah menebar ilmu dan pengetahuan. Menebarkan pengetahuan tersebut akan menjadi lebih utama dan baik ketika Anda sedang menyebarkan ilmu kepada mereka yang kesulitan untuk mendapatkannya.

Membantu orang lain

Memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, bahkan jika Anda berpikir bahwa bantuan yang Anda berikan tidak berarti atau kecil, bantuan tersebut akan tetap terhitung sebagai amal Anda dan merupakan salah satu dari banyak cara untuk bersedekah. Menyelesaikan masalah orang lain juga bisa menjadi hal yang bisa Anda lakukan untuk sedekah.

Memberikan atau menyebarkan kebahagiaan

Mungkin bukan cara yang mudah dan umum dalam bersedekah, namun dalam prosesnya dapat menjadi bermanfaat bagi orang lain dan memberikan kepuasan tersendiri untuk diri kita. Dengan membahagiakan seseorang atau menjadi bagian dari kebahagiaan seseorang, kita dapat mencegah seseorang untuk jatuh ke dalam kecemburuan. Seperti yang kita semua tahu, cemburu adalah cara termudah untuk menghancurkan kebaikan yang ada di dalam hati kita.

Meluangkan waktu untuk orang lain

Menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai memang menyenangkan, tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa meluangkan waktu untuk mereka juga merupakan bentuk sedekah, seperti orang tua, keluarga, dan pasangan Anda.

Mengucapkan salam dan bertegur sapa

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Tersenyum di depan saudaramu (yang lain) adalah tindakan amal.”

Berbicara dengan lembut, tersenyum, menyapa orang lain, dan bertemu dengan orang lain adalah salah satu bentuk dari sedekah. Bersikap hormat kepada yang lebih tua dan yang lebih muda dan selalu rendah hati kepada orang lain adalah hal yang baik untuk dilakukan. Kita juga harus harus mengingat bahwa bertegur sapa tidak hanya terbatas pada Muslim lain, namun bagi semua manusia di muka bumi ini.

Bertamu atau mengunjungi orang lain, terutama orang sakit

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka ia akan tetap berada di kebun surga sampai ia kembali.”

 

Bersedekah tidaklah terbatas pada kehidupan dunia

Sangat mudah untuk berpikir bahwa Sadaqah itu sulit, terutama ketika seseorang memiliki keterbatasan secara moneter. Tetapi seperti yang kita lihat dan bahas sebelumnya, sedekah datang dalam banyak cara berbeda dan sangat mudah dilakukan. Bahkan jika Anda memilih untuk bersedekah melalui sumbangan harta Anda sendiri, anggap saja bahwa semua yang Anda berikan dan keluarkan adalah seperti investasi untuk Akhirat. Apa yang kita berikan di ketika hidup di dunia ini adalah apa yang kita peroleh untuk Akhirat. Itulah sebabnya ketika memberikan harta benda Anda, untuk jangan pernah merasa rugi karena ketika melakukan sedekah manfaat yang akan kita dapatkan akan kita peroleh di Akhirat kelak. Sehingga, mari kita ikuti kebaikan dan tata krama yang telah diajarkan oleh nabi dan sunnahnya, dan menerapkan sedekah ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Kunjungi HalalTrip untuk lebih banyak kisah islami serta pembahasan hadits. Unduh aplikasi HalalTrip ke gawai Anda untuk mendapatkan informasi untuk makanan halal dan masjid terdekat!

Cover Image Credit: micheile dot com on Unsplash  

Leave a comment