6 Destinasi Terbaik di Andalusia Untuk Muslim

By Halal Trip | 27, Jul, 2023
6 Destinasi Terbaik di Andalusia Untuk Muslim

Andalusia adalah tujuan impian bagi banyak umat Muslim dari seluruh dunia, dan terdapat banyak alasan untuk itu. Alasan utamanya adalah warisan Islamnya yang kaya, dengan monumen ikonik dan megah seperti Alhambra atau Masjid Cordoba. Tetapi Andalusia juga menawarkan banyak hal lain, seperti kontribusi mengesankan dari berbagai tahapan sejarah dan budaya, pemandangan indah, masakan lezat, infrastruktur pariwisata yang baik, penduduk yang ramah, kehidupan luar ruangan yang mengagumkan, dan banyak pilihan tempat halal dan ramah Muslim. Andalusia benar-benar menawarkan campuran daya tarik yang sulit untuk ditandingi.

Kami berani mengatakan bahwa ada begitu banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dilakukan di Andalusia dari delapan provinsinya, sehingga 'masalah' sebenarnya adalah memilih destinasi terbaik untuk Anda kunjungi. Oleh karena itu, kami hadirkan enam destinasi terbaik di Andalusia untuk para pengunjung Muslim. Jika Anda dapat membuat jadwal perjalanan yang mencakup keenam destinasi ini, Anda akan mendapatkan program terbaik untuk seorang pelancong Muslim: lengkap, beragam, dan penuh dengan sentimen serta memori baik.

Keenam tempat ini mewakili semua keindahan yang beragam dari wilayah selatan semenanjung Spanyol.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Cordobacordoba

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA

Ketika mengunjungi Andalusia untuk pertama kali, sangat tidak bisa bayangkan jika Cordoba tidak ada dalam susunan perjalanan Anda. Sehingga tentu saja, Cordoba sudah pasti harus ada dalam tujuan yang Anda kunjungi. Cordoba adalah kota di Andalusia dengan jumlah situs terbanyak yang termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO: selain Masjid Besar yang mengesankan beserta seluruh pusat sejarahnya - yang bisa dianggap sebagai medina kuno dari Qurtuba Islam, terdapat juga kota khalifah Medina Azahara (8 kilometer dari pusat kota), dan Fiesta de los Patios. Festival ini berlangsung pada bulan Mei, ketika banyak rumah di pusat sejarah membuka pintu mereka dan bersaing untuk menampilkan halaman-halaman indah mereka yang penuh dengan pot bunga. Untungnya, pengunjung akan tetap dapat menyaksikan beberapa dari halaman indah ini sepanjang tahun dengan tanaman yang selalu berbunga. (Kami menyarankan yang berada di Calle San Basilio 44).

Tetapi daftar sorotan dari atraksi yang layak dikunjungi di Cordoba tidak berakhir di sini: jembatan Romawi di atas sungai Guadalquivir, Torre de la Calahorra - yang menjadi Museum Hidup Al-Andalus, tembok kota dan gerbang akses monumen ke kota - seperti Puerta de Almodóvar atau Puerta del Puente, Alcázar dari Raja-Raja Kristen, Hammam Kordoba (Caliphal Baths), alun-alun seperti Plaza del Potro, Las Tendillas atau La Corredera, dan berbagai destinasi wisata lainnya. Anda juga akan menyukai menjelajahi jalanan medina kuno dan kawasan Yahudi, yang memiliki banyak toko dengan kerajinan dan produk gourmét. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman maksimal di kota ini, alokasikan setidaknya beberapa hari untuk mengunjungi seluruh bagian dari kota ini beserta spot-spot menariknya.

 

2. Granadagranada

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE ANDALUCIA

Bagi banyak orang, Granada menduduki posisi pertama di antara kota-kota Andalusia yang harus dikunjungi, dan alasannya tak lain adalah karena keberadaan situs warisan dunia yaitu Alhambra. Mengunjungi kota istana menakjubkan yang berdiri di atas salah satu bukit kota ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Luangkan waktu juga untuk menjelajahi Albaicín, sebuah kawasan Muslim lama yang juga merupakan situs warisan dunia. Albaicín terletak membentang di atas bukit Granada yang lain, sehingga perjalan menuju area tersebut sama menariknya dengan kecuraman tersebut. Kami sarankan Anda memulai kunjungan Anda di area atas (misalnya, dari Mirador de San Nicolás dan Masjid Agung Granada, keduanya menawarkan pemandangan Alhambra yang luar biasa) dan kemudian turun melalui jalanan berliku putih.

Sacromonte adalah salah satu lingkungan dengan karakter paling khas di Granada, sebuah area dengan rumah-rumah gua yang digali ke dalam pegunungan tempat komunitas Gipsi telah tinggal selama berabad-abad, dan kini berfungsi sebagai panggung untuk pertunjukan flamenco. Katedral dan sekitarnya - seperti pasar Alcaicería, alun-alun Bib-Rambla, Paseo del Darro, atau jalan-jalan perbelanjaan di pusat kota - adalah tempat-tempat lain yang harus Anda catat dan kunjungi dalam agenda Anda. Anda tidak akan dapat menikmati semua ini dalam waktu kurang dari dua hari.

 

3. Alpujarraalpujarra

Kredit Foto: TURGRANADA

Keindahan dan esensi Andalusia tidak hanya terungkap dalam kota-kota monumentalnya tetapi juga dalam lanskap pedesaannya dan di desa-desa putih kecil yang penuh pesona. Alpujarra adalah kawasan pegunungan sekitar 50 kilometer dari kota Granada di mana Anda bisa mengunjungi beberapa desa putih paling indah di Andalusia.

Kawasan ini juga memiliki makna khusus bagi umat Muslim. Setelah runtuhnya Kerajaan Nasrid Granada pada tahun 1492, banyak Muslim (yang kemudian mulai disebut Moriscos) mencari perlindungan di pegunungan ini. Dari sana, mereka melancarkan pemberontakan terkenal pada tahun 1568 yang dikenal sebagai Pemberontakan Alpujarras ketika Raja Felipe II mengeluarkan perintah untuk membatasi kebebasan agama dan budaya yang mereka nikmati sebagai Muslim. 

Setelah kekalahan mereka, Moriscos diusir dari kawasan tersebut, tetapi rumah-rumah putih mereka dengan arsitektur unik yang disesuaikan dengan pegunungan, tanaman dan cara bekerja di ladang, tenun karpet dan 'jarapas' (sejenis karpet yang khas yang dibuat oleh Moriscos dari sisa-sisa kain), dan pengaruh mereka terhadap masakan lokal tetap bertahan, sehingga warisan-warisan tersebut masih hidup hingga saat ini. Pada akhir abad yang lalu, muncullah keberadaan keluarga-keluarga Muslim baru dari berbagai bagian dunia, terutama dari Barat, yang memilih untuk kembali ke tanah subur ini untuk menetap. Akibatnya, Anda akan menemukan dua masjid kecil dan beberapa restoran halal di sana, terletak bersamaan dengan desa-desa dan lanskap yang penuh pesona.

Órgiva adalah kota terbesar di kawasan ini dan merupakan gerbang masuk ke Alpujarras. Namun, di jantung kawasan ini, Anda akan dapat menemukan tiga desa paling menarik dan indah untuk dikunjungi, yaitu Pampaneira, Bubión, dan Capileira. Rute ini dapat dilakukan dengan mobil dalam satu hari.

 

4. Sevillasevilla

Kredit Foto: TURISMO Y DEPORTE DE ANDALUCÍA

Sevilla, kota ketiga dari kota-kota besar yang terletak di Islamic Spain atau area Al-Andalus ini tidak boleh absen dari rangkaian perjalanan Anda. Sebagai ibu kota Andalusia saat ini, kota ini juga pernah menjadi ibu kota Al-Andalus. Kemudian disebut Ishbiliya, sebagian warisannya saat ini telah menjadi cikal bakal dua ikon utama kota ini. Kami berbicara tentang Giralda, menara lonceng saat ini dari Katedral yang dulunya adalah menara lonceng dari Masjid Agung, dan Torre del Oro, sebuah menara di tepi Sungai Guadalquivir yang dibangun pada abad ke-13 oleh penguasa Almohad sebagai bagian dari sistem pertahanan kota. Real Alcázar, merupakan sorotan besar lainnya di Sevilla, yang juga memiliki asal-usul Islam dan merupakan situs warisan dunia seperti Giralda dan Katedral.

Tidak hanya itu, Sevilla juga menawarkan banyak hal menarik untuk dinikmati, seperti harta karun arsitektur Gotik, Renaissance, dan Baroque, puluhan istana (banyak di antaranya telah diubah menjadi hotel-hotel megah), sungai yang bisa dilayari yang sarat akan sejarah, lingkungan pittoresk seperti Santa Cruz atau Triana, jalan-jalan yang penuh semangat, aroma harum dari bunga melati dan bunga jeruk, area perbelanjaan menarik, tapas lezat, flamenco, dan berbagai hal lain yang terbayangkan untuk Anda rasakan. Singkatnya, ini adalah perpaduan penuh daya tarik yang menawan.

Jangan ragu - Sevilla, yang sering dianggap sebagai salah satu kota paling indah di Spanyol ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi selama perjalanan Anda ke Andalusia. Anda akan membutuhkan setidaknya beberapa hari di sini untuk benar-benar merasakan keajaiban kota ini.

 

5. Malagamalaga

Kredit Foto: AREA DE TURISMO DEL AYUNTAMIENTO DE MALAGA

Sejauh ini, kami telah mengusulkan sebuah destinasi pedesaan yang khas dan tiga permata perkotaan di Andalusia dalam perjalanan spektakuler ini. Sekarang, kami menyarankan untuk menuju lebih jauh ke selatan, menuju pantai. Pesisir Andalusia merupakan destinasi yang tepat untuk dimasukkan dalam rencana perjalanan Anda, dan Malaga adalah tujuan istimewa yang menggabungkan keindahan dan atmosfer santai dari Laut Tengah dengan yang semua hal terbaik dalam sebuah kota yang dipenuhi dengan sejarah, seni, dan budaya.

Saat ini, Malaga adalah salah satu destinasi paling populer, tidak hanya di Andalusia tetapi juga di seluruh Spanyol. Dengan reinkarnasi terbarunya sebagai salah satu ibu kota seni di Eropa, saat ini terdapat lebih dari 40 museum yang beberapa di antaranya seperti Museum Picasso atau Pusat Pompidou yang memainkan peran penting dalam kelahirannya sebagai destinasi seni. Selain itu, Malaga memiliki atribut-atribut khas Spanyol seperti keramahan hangat, keindahan alam, dan cahaya yang unik. Selama periode Al-Andalus, Malaga juga menjadi pusat budaya yang penting dan pelabuhan yang krusial.

Alcazaba, sebuah istana benteng Arab, kastil Gibralfaro, dan Atarazanas, bekas galangan kapal Nasrid yang kini diubah menjadi salah satu pasar makanan utama dan paling menarik di kota, menjadi bagian dari warisan penting ini. Namun, perjalanan Anda juga sebaiknya mencakup tempat-tempat emblematis lainnya seperti Teater Romawi, beberapa dari banyak museumnya, Katedral dan sekitarnya, atau berjalan-jalan santai di Muelle Uno, area hiburan dan perbelanjaan yang hidup yang merupakan bagian dari pelabuhan yang diperbarui kota ini. Jika memungkinkan, siapkan beberapa hari ekstra untuk Malaga.


6. Costa del Solcosta del sol

Kredit Foto: VISIT COSTA DEL SOL

Tidak ada perjalanan ke Andalusia yang lengkap tanpa mengunjungi salah satu destinasi paling khasnya: Costa del Sol - tempat lahirnya pariwisata di Spanyol. Kami berbicara tentang lebih dari 150 kilometer garis pantai yang diterpa Laut Tengah, yang juga merupakan bagian dari provinsi Malaga. Di sini, Anda akan menemukan tempat-tempat dan atraksi yang khas seperti Marbella, Torremolinos, atau Estepona, di bagian Barat (dari kota Malaga hingga Gibraltar), atau Nerja di bagian Timur, yaitu di sebelah Timur kota Malaga. Meskipun kota Malaga sendiri adalah ibu kota Costa del Sol dan memiliki pantai-pantai menarik, untuk benar-benar merasakan dan menikmati kawasan ini, kami sarankan meninggalkan lanskap perkotaan urban tersebut.

Di Costa del Sol, Anda akan menemukan resor mewah, desa-desa yang indah, pantai-pantai berkualitas, taman hiburan, dan beragam pilihan halal dan ramah Muslim. Warisan Al Andalus juga hadir, yang dapat Anda temukan di menara-menara pengawas yang tersebar di sepanjang pantai, kastil-kastil tua, benteng-benteng, dan tata letak pusat-pusat bersejarah yang dulunya merupakan bagian dari medina Islam kuno. Nama-nama Arab mereka masih melekat dalam ingatan: Marbella dari Marbiliya; Estepona, Istibuna; Mijas, Mixa; dan Nerja, Narixa.

Nikmati beberapa hari kesenangan serta sedikit waktu istirahat di Costa del Sol dan rasakan dimensi lain dari keindahan Andalusia. Kami jamin ketika Anda bersantai di salah satu bagian tepian pantai yang hidup tersebut, Anda akan langsung merencanakan kapan Anda dapat kembali lagi ke Andalusia tanpa ragu.

 

Kredit Foto Cover: VISIT COSTA DEL SOL

Leave a comment