7 Jajanan Khas di Hong Kong Yang Aman Dikonsumsi Muslim

By Bella Arti | 15, Jun, 2020
7 Jajanan Khas di Hong Kong Yang Aman Dikonsumsi Muslim

Artikel ini aslinya ditulis oleh Nurul Shamin dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel versi Inggris yang ditulisnya di sini.

Sebagai Muslim, sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk berburu tempat makan Halal dimanapun kita berada saat traveling. Meskipun mungkin susah untuk menemukan tempat makan Halal, apalagi di negara yang Muslimnya adalah minoritas, perasaan yang didapat ketika menemukannya menciptakan sebuah kepuasan tersendiri. Banyak orang bilang bahwa sangat sulit untuk menemukan makanan Halal di Hong Kong apalagi jajanan dan camilannya. Tapi, sekarang semua itu hanyalah mitos!

Berikut adalah 7 jajanan Halal yang wajib kamu icipi saat kamu ada di Hong Kong!

Food Eating GIF

via GIPHY


1. Es Krim Vegan

Kredit Gambar: Happy Cow  di Facebook. Mampirlah untuk makan es krim vegan saat kamu sedang mengunjungi Hong Kong Observation Wheel. Ambillah rute yang dipenuhi dengan pemandangan indah ini dan naik Star Ferry ke Causeway Bay. Kamu wajib mencicipi Cookie Smore dan pilih rasa favoritmu. Rasa favorit kami adalah Vanilla!

Happy Cow adalah produsen dan distributor makanan penutup dingin yang terbuat tanpa menggunakan susu. Happy Cow didirikan pada tahun 2013 di Hong Kong. Semua produk buatan Happy Cow adalah vegan, rendah gula dan bebas dari susu, telur, kedelai, gluten, dan kolesterol. Makanan penutup dingin mereka terbuat dari campuran santan kelapa kental dan gula aren organik, dicampur dengan selai dan buah-buahan. Tidak hanya itu saja; Makanan penutup Happy Cow sama sekali tidak mengandung perasa buatan, pewarna, pengawet dan semua produk mereka adalah vegan dan tentunya bersertifikat Halal! Cicipi seluruh menunya dan makanlah sebanyak yang kamu bisa di sini maka kamu akan tetap sehat... setidaknya itu yang kami pikir!


Happy Cow The Wheel

Status Halal: Bersertifikasi Halal

Alamat: Booth #3, Man Kwong Street, Hong Kong Observation Wheel

Untuk lokasi cabang lain, klik di sini..

Situs Web | Instagram l Facebook


2. Gulai Sapi Muda Khas Hong Kong

Kredit Gambar: Foto oleh Islam Food di Facebook

Gulai sapi muda wajib kamu coba saat berkunjung ke Hong Kong. Di banyak negara lain, biasanya gulai daging sapi muda dihidangkan sebagai hidangan bersama nasi putih hangat. Namun, beda dengan Hong Kong, disini gulai daging sapi mudanya tidak dihidangkan bersama nasi putih, tapi dimasukkan ke dalam kantung roti yang bertekstur mirip dengan roti canai. Gulai daging sapi muda yang enak di Hong Kong akan memiliki sari kaldu gurih yang lumer di mulut saat kamu menggigitnya.

Saat kamu berkunjung ke tempat ini, coba juga Sup Pangsit Daging Sapi dan Pancake Bawang Merah mereka yang tidak kalah enaknya.


Islam Food

Status Halal: Bersertifikasi Halal

(Utama) Alamat: G / F, No. 1 Lung Kong Rd, Kota Kowloon, Kowloon - Di sebelah Chow Sang Sang Securities

(Cabang) Alamat: G / F, No. 33-35 Tak Ku Ling Rd, Kota Kowloon, Kowloon

Situs Web | Facebook


Ma's Restaurant

Status halal: Bersertifikat Halal

Alamat: Toko A, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po, Hong Kong


3. Nasi Bebek Wai Kee

Kredit Gambar: Wai Kee Duck Rice oleh silverthoughts di OpenRice

Makanan ini memang bukanlah camilan, tapi bisa kami pastikan bahwa Nasi Bebek yang satu ini layak sekali untuk kamu cicipi. Setelah menghabiskan waktu berbelanja di distrik pusat perbelanjaan di Hong Kong, Causeway Bay, jalanlah sedikit ke kios bebek panggang Halal yang cukup terkenal di Hong Kong ini. Cukup berjalan lurus melalui Pasar Bowrington Road dan cari ‘Cooked Food Centre' dan voila, di sana akan kamu temukan warung Nasi Bebek Wai Kee. Makanan yang paling harus kamu coba di sini adalah daging bebek empuk yang telah direndam bumbu – bumbu otentik mereka. Selain itu! Kamu juga wajib menikmati kulit bebek renyahnya. Menu yang tidak kalah enaknya adalah, mie wonton dan wonton kuah buatan mereka.


Nasi Bebek Wai Kee

Status Halal: Milik Muslim

Alamat: 23 Bowrington Rd, Bowrington, Hong Kong


4. Dim Sum

Kredit Gambar: Islamic Center Canteen oleh Coconuts

Tidak bosan kami merekomendasikan ke kamu makanan yang satu ini, karena kamu memang harus mencicipi dim sum ketika kamu berada di Hong Kong. Dim sum adalah makanan terotentik dari Hong Kong yang mendunia. Di Hong Kong, tempat terbaik untuk mendapatkan dim sum dengan banyak pilihan adalah di Islamic Centre Canteen, yang terletak di dalam Masjid Ammar dan Pusat Islam Osman Ramju Sadick di Wan Chai. Menu favorit kita di sini adalah hidangan Tahu yang ditaburi Garam, dengan bumbu Bawang Putih dan Cabai, Udang Har Gow, Siew Mai, dan Pangsit Udang Goreng (bisa kamu tebak bukan bahwa kami menyukai udang?).

Suka tantangan? Coba Kaki Ayam Kukus dengan Saus Kedelai mereka! Kalau dim sum bukanlah makanan favoritmu, The Islamic Center Canteen juga menyajikan hidangan utama masakan khas Cina seperti Nasi Goreng Seafood, Ikan Asam Manis, dan banyak lagi pilihan lainnya. Untuk hidangan penutup, cobalah Steamed Butter Egg Cake mereka!

Jarak tempat makan dari Wan Chai MTR cukup jauh jika dengan berjalan, jadi kami menyarankanmu untuk naik salah satu trem tradisional Hong Kong yang berhenti di sepanjang Hennessey Road. Menuju kesana membutuhkan tiga menit berjalan kaki dari stasiun trem terdekat. Lalu, kamu akan berjalan menuju area perbukitan dengan jalan yang menanjak.

Catatan tambahan! Ingatlah untuk merencanakan rencana perjalananmu dengan baik dan sesuaikan perjalanan ke Islamic Center Canteen sebelum makan siang. Biasanya, penduduk setempat di Hong Kong makan dim sum di pagi hari. Jadi, jangan membuat kesalahan dengan merencanakan untuk makan dim sum sebagai makan malam, karena semua makanan pasti akan sudah habis dibeli. (Percayalah pada kami, kami pernah ke sana!)


Islamic Center Canteen

Status Halal: Milik Muslim

Alamat: 40 Salvation Army Street, Wan Chai 5/F, Masjid Ammar dan Pusat Islam Osman Ramju Sadick, Hong Kong


5. Pancake Traditional & Bola – Bola Ketan

Kredit Gambar: Ma's Restaurant oleh KiKiPangHK di OpenRice

Berkunjung ke Hong Kong akan sia-sia jika tidak mencoba makanan penutup tradisional Cina. Beberapa makanan penutup yang harus kamu coba saat berada di Hong Kong adalah Tang Yuan (Bola – bola Ketan dengan Wijen Hitam), Pancake Kacang Merah, dan Pancake Labu. Semua menu lezat ini bisa kamu dapatkan di Ma's Restaurant. Memang biasanya, para pelancong Muslim berkunjung ke Ma's Restaurant untuk memakan masakan Cina otentik Halal mereka. Tapi, bisa jadi mereka belum mencoba dan melewatkan makanan penutupnya yang juga sama enaknya!


Ma’s Restaurant

Status Halal: Bersertifikat Halal

Alamat: Toko A, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po, Hong Kong


6. Olahan Tahu di Kung Wo Tofu Factory

Kredit Gambar: Puding Tahu oleh That Food Cray

Kami tidak yakin makanan apa yang kamu suka, tapi jika ditanya, tahu adalah makanan yang paling menenangkan menurut kami. Jika kamu ingin mencoba hidangan olahan tahu yang aman dikonsumsi Muslim saat berada di Hong Kong, datanglah ke Pabrik Tahu Kung Wo. Olahan tahu buatan Pabrik Kung Wo Tofu sangat halus dan lembut. Seluruh sajian mereka bisa dijamin adalah buatan mereka sendiri dan dibuat dari bahan-bahan bebas gula.

Biasanya, menu makanan penutup mereka dinikmati dengan gula merah bubuk yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu sendiri.


Kung Wo Tofu Factory

Status Halal: Ramah Muslim (Tidak Menggunakan Bahan Non-Halal)

Alamat: 67, Fuk Lo Tsun Road, Kota Kowloon Stasiun terdekat Sham Shui Po, Hong Kong Cina (akses mudah dari pintu keluar B2 Tsuen Wan Line)


7. Egg Tart

Kredit Gambar: Chrisly Cafe di Facebook

Inilah dia menu sarapan orang – orang asli Hong Kong - Egg Tart dan Teh. Para koki di Chrisly's Bakery membutuhkan waktu hampir satu tahun untuk meracik ulang resep mereka supaya seluruh masakan mereka Halal. Resep asli Egg Tart mereka ini dulunya mengandung termasuk lemak babi (minyak babi) sebelum akhirnya para koki menggantinya dengan minyak kacang dan minyak sayur.

Kamu wajib mencoba Egg Tart mereka saat berkunjung ke Hong Kong dan kami merekomendasikan ke kamu untuk duduk dan bersantap di kafe tersebut. Di sini, setiap kue tart dan menu lainnya disajikan hangat dan fresh dari oven, dan jangan lupa untuk pesan es teh mereka!


Toko Roti Chrisly

Status Halal: Toko Roti Bersertifikat Halal (Catatan: Bukan seluruh kafe)

Alamat: Toko 10, 2 / F, Emax, 1 Trademart Drive, Kowloon Bay

Facebook 


Artikel ini dipersembahkan oleh Badan Pariwisata Hong Kong.

A writer who also works as a Personal Assistant. Enjoys traveling, singing, drawing and drinking tea or soy latte.