Keutamaan dan Manfaat Puasa Sunnah Senin - Kamis

By Halal Trip | 27, Dec, 2022
Keutamaan dan Manfaat Puasa Sunnah Senin - Kamis

Ibadah sunnah yang Allah telah berikan sebagai pilihan sangatlah banyak, namun manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui puasa Senin - Kamis merupakan salah satu yang paling mudah dan dipenuhi kebaikan untuk Anda lakukan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, puasa bukanlah hanya sebagai suatu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan menahan diri atas hal-hal tertentu, namun juga dipenuhi manfaat yang terkadung didalam prosesnya terutama dalam kesehatan apabila dilakukan dengan sebaik mungkin. Menunjukkan kepada kita bahwa hikmah dari setiap perintah Allah sangatlah dalam.

Jadi, jika Anda melakukan puasa sunnah setiap hari Senin dan Kamis, Anda telah berusahan untuk memaksimalkan kesehatan Anda dan memiliki manfaat yang berkepanjangan dan lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya berpuasa di Bulan Suci Ramadan. Pada artikel ini kita akan mengetahui lebih lanjut mengapa puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis sangatlah baik untuk dilakukan serta manfaat dari melakukannya.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Asal Mula dan Pentingnya Berpuasa Setiap Senin - Kamis 

kalender puasa senin kamis

Kredit Foto: Kyrie kim di Unsplash  

Alasan paling sederhana mengapa baik bagi Anda untuk berpuasa setiap hari Senin dan Kamis adalah karena itu adalah sunnah yang dilakukan dan diciptakan dari kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Apa saja yang Nabi Muhammad SAW lakukan sebagai kebiasaan dan contoh dalam hal ini berpuasa pada hari Senin dan Kamis,  adalah alasan yang cukup untuk ikut melakukannya juga sebagai pengikutnya. Seperti yang kita tahu, bahwa teladan Nabi (SAW) adalah sunnah yang selalu dianjurkan.

Untuk hadits yang menyebutkan tentang sunnah tersebut, dapat kita kutip pada sabda Nabi Muhammad SAW dimana ia berkata: "Berbagai amalan (manusia) dihadapkan (kepada Allah) pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sementara aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi).

Hari Senin dan Kamis juga merupakan hari dimana pintu surga dibukakan, menambahkan lebih banyak keutamaan terhadap beribadah di hari tersebut. Untuk mengenai keutamaan dari berpuasa hari Senin, Nabi berkata: "Pada hari itu aku dilahirkan, dan pada hari itu, Wahyu datang kepadaku." (HR Muslim).

Jadi, dengan mengikuti teladan Nabi (SAW) dan berbagai sunnahnya, seharusnya cukup untuk meyakinkan Anda agar bisa berpuasa setiap Senin dan Kamis.

 

Doa dan Bagaimana Cara Mengucapkan Niat Untuk Puasa Sunnah Senin dan Kamis?

niat berpuasa di pagi hari

Kredit Foto: Mink Mingle di Unsplash  

Menyatakan niat puasa pada malam sebelumnya atau sebelum subuh datang di hari Anda berpuasa adalah sama pentingnya dengan puasa itu sendiri. Anda tidak bisa begitu saja bangun dikeesokan harinya, dan menyebutnya puasa karena Anda tidak makan maupun minum di hari tersebut — karena dengan begitu puasa Anda adalah tidak sah.

Berikut adalah doa untuk menyatakan niat puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis:

Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala.

Saya niat berpuasa sunnah di hari Senin karena Allah SWT.

Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala. 

Saya niat berpuasa sunnah di hari Kamis karena Allah SWT. 

 

Doa Untuk Berbuka Puasa Sunnah

doa berbuka puasa di sore hari

Kredit Foto: Manki Kim di Unsplash  

Sebelum berbuka puasa, ada baiknya bagi Anda untuk juga membaca doa sebelum menyantap makanan dan minuman Anda.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ala rizqika aftartu. Birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih. 

 

Manfaat Kesehatan Berpuasa Secara Teratur

manfaat kesehatan berpuasa secara teratur

Kredit Foto: Vitalii Pavlyshynets on Unsplash  

Puasa tidak hanya menjaga Anda untuk memiliki pola hidup yang sehat, namun juga menjauhkan dari penyakit-penyakit berbahaya yang sulit diobati.

Sebuah fakta yang menarik untuk Anda ketahui: Sel kanker cenderung mati ketika Anda mengurangi kadar gula dalam tubuh Anda terutama melalui konsumsi sehari-hari. Itulah sebabnya apabila Anda berpuasa setiap hari Senin dan Kamis diatas puasa Ramadan Anda, Anda telah memaksimalkan perlindungan Anda terhadap kanker. 

Hal ini juga terbukti dalam sebuah penelitian dimana Muslim yang berpuasa lebih kebal terhadap potensi kanker. Sehingga, selama Anda bisa menjaga asupan buka puasa untuk tidak terlalu berlebihan, InsyaAllah semua sel kanker di tubuh Anda akan mati dan terhambat dalam perkembangannya karena kekurangan glukosa.

Manfaat kesehatan lainnya terkait puasa adalah kemampuan untuk mempercepat siklus tubuh yaitu autofagi. Autofagi adalah proses daur ulang sel-sel yang rusak di tubuh Anda dan saat Anda berpuasa, tubuh Anda memicu proses ini yang cukup penting untuk kesehatan tubuh.Hal ini disebabkan karena ketika Anda tidak mencerna makanan, badan Anda menganggap Anda dalam siklus istirahat, sehingga memicu proses autofagi tersebut.

Puasa juga membantu untuk meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan dalam tubuh Anda, yang memungkinkan otot Anda untuk sembuh lebih cepat. Jadi jika Anda melakukan angkat beban atau berolahraga secara rutin dan intens, puasa akan membantu tubuh Anda menyembuhkan dan memperbaiki kerusakan pada sel otot dengan lebih cepat.

Manfaat terakhir yang tentunya kita semua tahu adalah puasa sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Ditambah dengan olahraga dan diet sehat seimbang yang meliputi protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat alami, dan vitamin alami, puasa adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

 

Kesimpulan

Puasa sunnah adalah sebuah kegiatan spiritual yang penuh dengan kebaikan yang Allah sediakan, dapat diibaratkan seperti memukul dua burung dengan batu yang sama. Di satu sisi, Anda mengikuti teladan Nabi dan mendekatkan diri serta mendapatkan lebih banyak taqwa dalam hidup Anda. Di sisi lain, Anda juga menjaga kesehatan tubuh san meningkatkan kualitas hidup Anda dengan pesat dan melalui cara yang mudah, yaitu dengan sesekali menahan diri Anda dari terus-menerus mengonsumsi makanan yang berlebih ke dalam tubuh Anda.

Leave a comment