7 Kuliner Legendaris Khas Bandung

By Muhammad Jodi Pratama | 05, Jun, 2023
7 Kuliner Legendaris Khas Bandung

Memang Bandung adalah kota dengan penuh cerita, dengan berbagai tempat keren untuk berfoto serta nongkrong, dan sejarah yang menarik. Namun, tidaklah lengkap perjalananmu di Bandung tanpa menulis sejarahmu sendiri dengan mencoba jajanan favorit warga lokal di Bandung! Bagi kamu yang ingin lebih dari hanya ngopi sore di Braga atau memakan makanan yang lebih terkenal untuk turis, beberapa toko, restoran, dan bahkan warung di bawah ini adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin berkuliner dan melebur seperti lokal. Berikut adalah 7 kuliner legendaris khas Bandung yang wajib kamu coba!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Mih Kocok Mang Dadengmih kocok mang dadeng

Kredit Foto: Agie Permadi di kompas.com

Salah satu kuliner Bandung yang kamu harus coba adalah mie kocok, dan Mih Kocok Mang Dadeng adalah tempat terbaik untuk pengalaman pertamamu! Ya, mih dalam pengucapan orang Sunda. Menggunakan resep keluarga yang telah dipertahankan selama 3 generasi, mie kocok ini selalu ramai bahkan dari sesaat mereka membuka pintunya untuk para pelanggan. Dengan mie kuning gepeng, tauge, kikil, urat, seledri, daun bawah, bawang goreng, serta jeruk nipis yang disiram kaldu sapi yang gurih, mie kocok ini kaya akan rempah dan jenis topping. Cocok untuk disantap disaat cuaca hujan dengan suhu Bandung yang dingin.

Harga: 

  • Makanan: Rp24.000 - 47.000
  • Minuman: Rp4.000 - 15.000

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 61419

Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 22.00 WIB

 

2. Lotek Kalipah Apo 42

Bukan gado-gado maupun ketoprak, lotek adalah makanan khas Sunda dengan rasa yang cukup berbeda untuk kamu semua pencinta sayur. Dengan sayur yang disiram bumbu kacang yang di-rendos bersama kencur, dijamin kamu akan ketagihan. Pilihan kami untuk kamu menikmati sepiring lotek terbaik adalah Lotek Kalipah Apo 42. Telah berjualan sejak 1953, lotek ini telah menerima Penghargaan Anugerah Budaya Kota Bandung dari segi kuliner dari Wali Kota Bandung pada tahun 2021, menjadikannya kuliner legendaris yang harus kamu coba. Dengan sayuran yang selalu segar dan rasa yang lekoh, kamu dapat memilih untuk menggunakan sayuran mentah atau matang sesuai preferensi kamu! Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai pilihan kuliner ala Bandung lain, mulai dari es-esan, nasi-nasian, hingga bubur-buburan. Selalu ada pilihan untuk kamu yang ingin mengeksplor lebih banyak!

Harga: 

  • Makanan: Rp5.000 - 38.500
  • Minuman: Rp2.500 - 18.000

Alamat: Jl. Aceh No.30, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka: Senin - Kamis, 09.00 - 23.00 WIB; Jumat - Minggu, 08.00 - 23.00 WIB

 

3. Bandoengshe Melk Centrale 1928 (BMC)bmc 1928

Kredit Foto: @bmc1928 di Instagram

Untuk kamu yang mencintai berbagai minuman berbasis susu namun ingin menemukan berbagai kuliner dan jajanan ala Bandung, Bandoengshe Melk Centrale 1928 atau yang dikenal sebagai BMC mungkin dapat menjadi alternatif yang tepat bagi Anda. Seperti namanya, BMC merupakan tempat yang tepat untuk menemukan hidangan berbasis susu di tempat yang antik. Memang bukan jajanan umum yang sangat “Bandung”, namun telah berdiri sejak 1928, makanan yang disajikan sangatlah familiar bagi warga lokal terutama di akhir pekan. Tidak hanya susu, es krim, dan yoghurt, kamu juga bisa membeli makanan berat, snack, bahkan jajanan khas Bandung seperti batagor yang tentunya dibuat ala BMC. 

Harga: 

  • Makanan: Rp28.000 - 191.000
  • Minuman: Rp24.000 - 95.000

Alamat: Jl. Aceh No.30, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka: Senin - Kamis, 09.00 - 23.00 WIB; Jumat - Minggu, 08.00 - 23.00 WIB

 

4. Es Cendol Elizabeth

Berawal dari es cendol yang dipapah keliling oleh Pak Rohman sampai dengan menjadi es cendol paling terkenal, Es Cendol Elizabeth mungkin adalah es cendol paling ikonik dengan rasa terlezat saat ini di seantero Bandung. Es Cendol Elizabeth dinamai bukan dari mendiang Ratu Inggris Elizabeth, namun dari nama pelanggan setianya yaitu Bu Eli. Dengan rumah Bu Eli yang lalu berubah menjadi toko tas, Es Cendol milik Pa Rohman pun menetap di area toko tas Elizabeth dan berubah nama mengikuti toko tersebut. Dengan rasa minuman yang manis serta wangi dari santan, gula merah, dan daun pandan, membuat es cendol pemuas dahaga yang tepat untuk petualanganmu di Bandung. Kamu juga dapat mencoba Es Goyobod dan menemukan berbagai cabang dari es cendol ini diseluruh Bandung.

Harga: Rp22.000 - 32.000

Alamat: Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40243

Jam Buka: Senin - Minggu, 07.00 - 17.00 WIB

 

5.Warung Nasi Mak Ehawarung nasi mak eha

Kredit Foto: @warungnasibu_eha di Instagram

Terletak di dalam gang Pasar Cihapit, Warung Nasi Mak Eha adalah tempat terotentik untuk mendapatkan berbagai olahan masakan Sunda. Dengan harg dan suasana yang merakyat, kamu dapat merasakan nikmatnya makanan ala warung makan pada umumnya, namun dengan rasa yang enak. Disajikan dalam gaya prasmanan, kamu dapat memilih pepes, telur, tahu tempe, ayam, sayur dan sebagainya. Kamu dapat juga bertemu dengan Mak Eha, yang telah berjualan sejak 1947 bersama ibunya, standby di warung tersebut dan berbincang dengan para pengunjung. Lihatlah sejarah warung favorit dari banyak tokoh terkenal ini sambil merasakan makanan Sunda otentik yang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain. Pastikan untuk datang sepagi mungkin agar tidak kehabisan!

Harga: Rp3.000 - 25.000

Alamat: Ps. Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Jam Buka: Senin - Sabtu, 06.00 - 15.00 WIB

 

6. Mie Baso Akung

Warga Bandung identik dengan kecintaannya dengan mie baso, dan Mie Baso Akung adalah tempat favorit warga lokal untuk mendapatkan berbagai variasi dari makanan tersebut. Telah menjadi sebuah legenda setelah berpuluh-puluh tahun lamanya, kualitas dan kekhasannya selalu terjaga untuk memastikan semangkuk mie baso terbaik di Bandung. Kamu dapat memilih beberapa topping dalam yang tersedia, dikenal dengan BPTSC - Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, dan Ceker). Dengan berbagai variasi topping yang bisa pembeli pilih, porsi yang besar, dan rasa yang enak, popularitas dari Mie Baso Akung memang pantas dimiliki.

Harga: 

  • Makanan: Rp16.500 - 57.000
  • Minuman: Rp6.500 - 35.000

Alamat: Jl. Lodaya No.123, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Jam Buka: Sabtu - Kamis, 10.00 - 20.00 WIB

 

7. Sari Sarisari sari bandung

Kredit Foto: Fikri Rasyid di Unsplash

Butuh cemilan atau aneka kue? Kamu dapat mengunjungi Sari Sari untuk menemukan aneka kue jajanan pasar. Dengan harga yang kompetitif dengan pedagang di pasar, tempat yang nyaman, banyaknya variasi yang ditawarkan, serta rasa yang enak, kamu dapat menikmati dan bahkan membawa pulang aneka jajanan pasar tersebut tanpa harus mengompromikan salah satu faktor tersebut. Mulai dari aneka kue basah, jajanan pasar tradisional, snack kering, bahkan sampai dengan kue-kue dari berbagai negara dapat kamu temukan disini. Dengan stok yang berlimpah dan bahkan diantar langsung ke cabangnya ke Jakarta setiap hari, kami sarankan agar kamu untuk berbelanja sebanyak mungkin di Sari Sari untuk kue terenak dan terfresh se Bandung. Ingat bahwa dengan banyaknya pelanggan kamu juga harus bersiap untuk antrian yang panjang ya!

Harga: 

  • Kue dan Jajanan: Rp1.400 - 17.000
  • Paket Kue dan Jajanan: Rp290.000 - 435.000 (110-165pcs)
  • Makanan: Rp7.000 - 29.000

Alamat: Jl. Sultan Tirtayasa No.17, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Jam Buka: Senin - Minggu, 05.00 - 18.00 WIB

 

 

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment