Makanan Khas Indonesia: Sebuah Perjalanan Kuliner

By Halal Trip | 15, Aug, 2022
Makanan Khas Indonesia: Sebuah Perjalanan Kuliner

Setiap negara memiliki jenis makanan yang berbeda dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing, baik dalam rasa, warna maupun bentuk yang khas, Indonesia bukanlah sebuah pengecualian. Dikenal sebagai surga kuliner dunia, Indonesia merupakan salah satu dari beberapa negara yang dikenal dengan kenikmatan makanannya, dimana beberapa makanan disini telah memiliki reputasi yang besar di berbagai belahan dunia karena makanan-makanan ini memiliki kenikmatan yang tiada duanya.

Terdiri atas beribu latar belakang budaya dan banyaknya masakan lezat yang dapat ditemukan di setiap pulaunya, petualangan kuliner di Indonesia merupakan sesuatu yang tidak bisa kita lewati. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa makanan khas Indonesia memiliki reputasi yang baik dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena makanannya yang menggugah selera.

Dengan banyaknya makanan Indonesia yang semakin terkenal, masa sih kita sebagai warga lokal melewati kesempatan untuk berkuliner dan menyantap makanan Indonesia? Untuk kamu yang entah bagaimana bisa belum pernah mencoba beberapa makanan ini karena hidup dibawah batu atau kamu yang kangen dengan makanan Indonesia karena saat ini berada di luar negeri, berikut adalah beberapa makanan Indonesia yang memiliki reputasi internasional (dan umumnya tersedia secara luas) untuk kamu coba maupun mengobati kekangenan kamu dengan Indonesia.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Rendang

Rendang adalah salah satu makanan paling terkenal di dunia yang berasal dari provinsi Sumatera Barat. Reputasi rendang yang baik dalam segi rasa juga membawa rendang untuk dinobatkan sebagai makanan paling lezat oleh CNN International, bahkan di atas sushi, makanan khas Jepang yang saat ini sangat populer di Indonesia dan dunia.

Rendang diproses dan dihasilkan melalui proses pemasakan daging yang dilakukan pada suhu rendah dalam waktu yang lama. Bahan utama yang umumnya digunakan dalam memasak rendang adalah daging sapi yang dicampur dengan santan, cabai, dan bumbu. 

Dalam memasak rendang, faktor waktu menjadi bagian penting dalam memasak masakan khas Sumatera Barat ini. Setidaknya Anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar empat jam untuk memasak rendang hingga meresap dan empuk. Beberapa orang bahkan memasak rendang dengan durasi lebih dari empat jam untuk menghasilkan rendang yang lebih kering. 

Umumnya rendang dengan rasanya yang kuat disajikan dan disantap dengan nasi putih hangat. Selain dengan daging sapi dalam bahan utama, rendang juga dapat ditemukan dalam bahan lain seperti ayam dan telur. Dengan rasa rendang yang gurih dan lezat, maka tidak heran bagi rendang untuk berhasil masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia.

 

2. Sate

Satay Sate Indonesia Indonesian food

Image Credit: Nita Anggraeni Goenawan on Unsplash

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang dikenal dengan rasa dan aromanya yang sedap. Sate umumnya ditemukan dipersiapkan menggunakan beberapa protein hewani seperti daging kambing, sapi, dan ayam yang lalu dipotong kecil-kecil, dan ditusuk dengan lidi.

Sate sendiri dimasak melalui proses pembakaran menggunakan arang, sehingga menciptakan cita rasa tersendiri yang unik dan khas bagi sate. Umumnya sate akan dihidangkan bersamaan dengan bumbu kacang atau sambal kecap, sesuai dengan jenis sate dan daging yang digunakan.

Berkat kepopuleran sate di kalangan wisatawan lokal dan internasional, sate berhasil masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia versi CNN World's Best Foods 2017.

 

3. Nasi Goreng

“Siapa sih yang nggak suka nasi goreng?” adalah pernyataan paling tepat di masyarakat Indonesia. Nasi goreng khas Indonesia adalah masakan berbahan dasar nasi paling umum yang dapat ditemukan di setiap sudut di Indonesia. 

Nasi goreng khas Indonesia umumnya dimasak dengan berbagai bumbu dan bahkan terkadang menggunakan rempah-rempah eksotis untuk beberapa jenis tertentu. Kenikmatan dari rasa tersebut telah berhasil menobatkan nasi goreng sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Makanan khas Indonesia ini bisa Anda temukan di seluruh pelosok Indonesia.

Setiap rumah, dapur, maupun restoran di Indonesia memiliki resepnya tersendiri sehingga mustahil untuk menemukan rasa yang sama. Namun umumnya, nasi goreng di Indonesia dimasak dengan seperti berbagai bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, asam jawa, dan bumbu lainnya. Seiring berjalannya waktu, nasi goreng berkembang dengan banyak varian rasa dan dengan berbagai topping, antara lain nasi goreng spesial, hijau, ikan asin, ayam, dan masih banyak lagi. Penyelamat utama ketika lapar, karena mudah dibuat dan bisa dibeli dimana-mana.

 

4. Gudeg

Gudeg adalah hidangan tradisional paling iconic yang harus dicoba ketika Anda mengunjungi Yogyakarta. Rasa dari gudeg yang gurih dan manis, membuat makanan legendaris zaman dahulu ini sangat digemari semua kalangan dan dikenal dunia.

Bahan utama pembuatan gudeg umumnya menggunakan nangka muda yang dimasak dalam waktu yang lama bersamaan dengan santan dan bumbu-bumbu halus lainnya. Meski begitu, kini banyak ditemukan gudeg dengan unsur lain seperti mangga, jamur, atau salak.

Pada saat disajikan, biasanya gudeg ditambah dengan nasi putih, telur, dan daging ayam. Pendamping yang wajib disantap dengan gudeg umumnya adalah krecek, olahan kulit sapi yang pedas dan sesuai untuk menyeimbangkan rasa manis dari gudeg. Dengan rasanya yang enak, harga seporsi gudeg juga terjangkau dan sepadan dengan pengalaman kuliner yang didapatkan.

 

5. Rawon

Rawon Indonesia Indonesian Food

Image Credit: @andreyongz on Instagram

Makanan khas Indonesia lainnya yang paling dikenal adalah rawon. Rawon dengan mudah dapat ditemukan diseluruh provinsi Jawa Timur, khususnya di Surabaya sebagai ibu kota provinsi. Namun, karena kepopularitasan dan keunikannya, saat ini Anda pun bisa menemukan Rawon dimanapun.

Ini adalah jenis sup daging berwarna hitam dengan campuran bumbu khusus menggunakan kluwek. Kluwek sendiri merupakan rempah yang membentuk warna hitam yang pekat dan tekstur yang gurih dalam rawon. Bumbu lain yang digunakan adalah jahe, kemiri, kunyit, cabai merah, dan garam. Setelah itu, dagingnya direbus bersama bumbu hingga matang dan empuk, lalu disajikan dengan sepiring nasi hangat beserta kecambah tauge, jeruk nipis, sambal dan kerupuk. 

Rasa yang unik dan sangat mudah diingat, membuat semua orang untuk mendambakan lebih dan kembali menyantap rawon setelah mencoba untuk pertama kalinya. Mulut kita akan dimanjakan dengan cita rasa perpaduan gurih rempah-rempah, dan daging yang empuk.

 

6. Pempek

Pempek adalah makanan yang termasuk ringan untuk disantap dan berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Terbuat dari adonan ikan yang digiling halus yang lalu dicampurkan dengan tepung tapioka untuk menciptakan tekstur yang kenyal dan gurih.

Berbagai jenis pempek ini nantinya akan dibentuk bermacam-macam berdasarkan bahannya. Misalnya, Pempek Kapal Selam yang berisi telur yang dibungkus dengan adonan. Sedangkan Pempek Kulit ditambah dengan kulit sehingga rasa ikannya lebih kuat.

Pempek biasa digoreng hingga garing dan disajikan dengan saus Cuko, sebuah saus berbahan dasar cuka yang rasanya asam, manis dan pedas.

 

7. Mie Aceh

Mie Aceh berasal dari daerah Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, di provinsi paling barat Indonesia. Mie Aceh adalah masakan mie dengan tekstur yang lebih kental dari mie kebanyakan, berisi irisan daging, bumbu-bumbu rempah spesial yang kuat, dan terkadang memiliki rasa pedas.

Mie Aceh sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu, digoreng, direbus, atau ditumis dengan masing-masing memiliki rasa yang khas. Untuk pilihan topping, Anda bisa memilih untuk disajikan dengan daging seperti sapi dan kambing, atau dengan boga bahari seperti cumi-cumi, udang, dan sebagainya.

 

8. Gado-gado

Gado Gado Surabaya Indonesia Indonesian Food

Image Credit: Bynnasim, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Gado Gado adalah olahan sayur atau yang biasa disebut salad khas Indonesia yang terbuat dari berbagai bahan yang direbus. Isian dari gado-gado umumnya melipitu sayuran, kentang, tempe, tahu, dan telur, yang kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang telah digoreng dan dihaluskan.

Rasanya yang manis, asin, dan creamy dengan dominasi kacang membuat menu ini cukup populer di Australia. Cukup banyak restoran Indonesia di negeri kanguru yang menjual menu ini dan cukup laris. Gado-gado tidak hanya digemari oleh orang Indonesia yang tinggal di sana, tetapi juga penduduk asli Australia.

Gado-gado ini juga cukup sehat untuk dikonsumsi karena tidak mengandung lemak dari penggorengan dan daging, dan kaya akan vitamin dan protein nabati.

 

9. Ketoprak

Ketoprak adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dikukus dalam daun yang kita kenal dengan ketupat, tahu, tauge, dan mie bihun yang diberi bumbu kacang. Ketoprak berasal dari Jakarta dan bisa ditemui di gerobak atau warung-warung pinggir jalan.

Walaupun terdapat kemiripan dari ketoprak dan gado-gado, dikarenakan perbedaan dari mayoritas bahan yang digunakan, ketoprak akan mengandung jauh lebih banyak kalori sedangkan gado-gado pada serat dan vitamin. Ketoprak disajikan dengan kerupuk, bawang goreng, kecap, dan telur rebus. Ketoprak juga merupakan hidangan vegetarian karena tidak mengandung daging, cocok bagi Anda yang sedang dalam diet daging. Karena harganya yang sangat murah, ketoprak telah menjadi masakan favorit di Jakarta terutama untuk sarapan.

 

10. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah masakan tradisional yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Anda akan dapat menemukan nasi liwet di banyak bagian Kota Solo di pagi dan sore hari. Nasi Liwet juga termasuk kuliner populer di pinggir jalan, sehingga Anda bisa merasakan suasana kota Solo sambil menyantap Nasi Liwet.

Proses pembuatan dari nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, serai, daun salam, dan dimasak menggunakan kendi spesial.

Selain itu nasi liwet biasa dijumpai dengan beberapa lauk umum yaitu ayam, telur, dan sambal goreng. 

 

11. Kerak Telor

Kerak Telor Indonesia Indonesian Food

Image Credit: Dainsleaf, Public domain, via Wikimedia Commons

Merupakan salah satu jajanan pinggir jalan yang populer, Anda dapat merasakan masakan khas Indonesia yang berhubungan dengan budaya Betawi. Kerak Telor bisa Anda temukan dengan mudah di Jakarta, terutama di daerah yang mudah dijangkau wisatawan.

Kerak telor terbuat dari ketan dan telur yang digoreng sebagai telur dadar, kemudian ditaburi kelapa parut dan bawang merah goreng.

Kerak telor sendiri dapat dimasak dengan memasukan segenggam ketan di wajan arang yang lalu ditambahkan telur. Setelah cukup matang, Anda tinggal membalik kulit telur dan memakannya.

 

Berikut adalah beberapa makanan khas Indonesia yang patut dicoba. Makanan-makanan ini juga juga umumnya berbahan dasar halal, jadi Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya dan memutuskan makanan mana yang menjadi favorit Anda.

Download HalalTrip Mobile App untuk membantu Anda menemukan masjid, restoran halal disekitar Anda dan mendapatkan pengalaman bepergian yang lebih baik sebagai Muslim.

Leave a comment