Jenuh? Kunjungi Beberapa Pulau Favorit ini di Kepulauan Seribu untuk Liburan Singkatmu!

By Muhammad Jodi Pratama | 16, Dec, 2022
Jenuh? Kunjungi Beberapa Pulau Favorit ini di Kepulauan Seribu untuk Liburan Singkatmu!

Ditengah berbagai kesibukan Anda, menjaga kesehatan fisik serta mental merupakan salah satu hal yang penting demi menjaga performa Anda untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu maupun tenaga yang cukup untuk berlibur dan berwisata ke destinasi populer. Jarak yang jauh, waktu yang terbatas, biaya yang besar, maupun tenaga yang habis setelah bekerja seminggu penuh terkadang membuat liburan yang dinantikan untuk berubah menjadi sebuah perjalanan yang melelahkan. 

Dengan batasan-batasan tersebut, bagaimana jika Anda berlibur ke beberapa pulau favorit di Kepulauan Seribu? Terletak di Provinsi DKI Jakarta namun jauh dari riuh kota, membuat aksesibilitas ke pulau-pulau indah ini menjadi mudah dan memungkinkan Anda untuk berlibur dengan hemat. Dengan keindahan alam dan atraksi yang menarik, berikut adalah beberapa pulau favorit di Kepulauan Seribu untuk sebuah liburan singkat!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Cara-cara untuk menuju ke Kepulauan Seribu:

Terletak berdekatan dengan Teluk Jakarta, moda transportasi yang tersedia serta termudah untuk mencapai ke Kepulauan Seribu adalah untuk menyebrangi teluk tersebut melalui beberapa titik akses di bibir teluk tersebut. Akses umum untuk menyebrang ke Kepulauan Seribu adalah melalui Pelabuhan Muara Angke, Muara Baru, Tanjung Pasir, Pelabuhan Kaliadem, serta Pelabuhan Marina Ancol. Terdapat banyak operator penyebrangan resmi maupun warga lokal yang menyediakan jasa tersebut. Jasa yang umumnya disediakan adalah penyebrangan menggunakan speed boat, kapal tradisional, maupun kapal feri.

Biaya yang perlu Anda keluarkan akan bergantung pada pulau yang Anda tuju, jenis kapal, operator, serta titik keberangkatan. Kami sarankan Anda untuk memesan tiket dari jauh hari untuk mencegah antrian, serta memeriksa harga tiket dan jam keberangkatan sebelum perjalanan Anda.

 

Hal-hal yang Perlu Dicatat Selama di Kepulauan Seribu

Eits, perlu diingat bahwa walaupun terletak dekat dengan Kota Jakarta, tidak seluruh pulau di Kepulauan Seribu memiliki infrastruktur yang sama dalam teknologi dan fasilitas dikarenakan banyaknya pengusaha lokal sebagai pelaku bisnis dalam beberapa pulau. Sehingga kami sarankan untuk para pengunjung untuk membawa uang tunai lebih untuk berjaga-jaga dan bertransaksi dalam pulau. 

Pengunjung juga harus mengetahui bahwa tidak semua kapal feri penyebrangan serta pulau yang dituju (umumnya didasarkan ukuran pulau) memberikan fasilitas penyebrangan kendaraan, sehingga disarankan untuk pengunjung untuk menitipkan kendaraannya sebelum menyebrang dan menggunakan jasa sewa kendaraan selama berada di pulau yang dituju.

Sebagian dari daerah Kepulauan Seribu juga merupakan taman nasional, cagar alam yang dilindungi, serta suaka taman purbakala (pulau bersejarah). Sehingga, disarankan bagi para pengunjung untuk bersikap dengan bijak ketika berkunjung dan menjaga lingkungan dari Kepulauan Seribu.



Pulau Populer Pilihan Wisatawan

Pulau Tidungpulau tidung kepulauan seribu

Kredit Foto: Hendra lonealone di TripAdvisor

Pulau ini mungkin adalah salah satu pulau paling ramah serta ramai wisatawan, dan untuk alasan yang baik. Dihubungkan dengan Jembatan Cinta, Pulau Tidung terbagi atas dua, Tidung Besar serta Tidung Kecil. Memiliki keindahan alam yang juga tidak kalah indah, banyaknya kegiatan watersport, hutan mangrove, dan dengan banyaknya spot foto, Anda tidak akan pernah kehabisan kegiatan untuk dilakukan. Pulau ini juga cocok bagi Anda yang senang berbaur dengan wisatawan lain maupun warga lokal dengan terdapat banyaknya homestay yang tersedia di setiap sisi pulau. 

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau yang terdekat dan mudah diakses dari Kota Jakarta. Dengan 20-30 menit perjalanan, Anda cukup menyediakan satu atau dua hari untuk menikmati seluruh aktivitas yang ditawarkan Pulau Bidadari. Dikenal sebagai eco resort, Pulau Bidadari serta resort yang ada didalamnya seluruhnya mengusung nuansa alami dan ramah lingkungan. Beberapa pilihan aktivitas populer yang umumnya dinikmati wisatawan diantaranya adalah menikmati deburan ombak di tepi pantai, island hopping, watersport, berenang bersama lumba-lumba, dan mengunjungi Benteng Martello.

Pulau Harapan

Jika Anda mencintai kegiatan alam dan berteman dengan ikan serta makhluk laut lainnya, Pulau Harapan adalah destinasi yang tepat. Walaupun merupakan Pulau berpenduduk, kekayaan bawah laut yang ditawarkan merupakan salah satu yang terbaik di Kepulauan Seribu. Merupakan pulau favorit wisatawan untuk snorkeling dan diving, Anda dapat menjumpai banyaknya spesies biota laut dan terumbu karang dengan jelas disini. 

Pulau Paripulau pari kepulauan seribu

Kredit Foto: SheDebora di TripAdvisor

Bagi Anda manusia-manusia pantai, Pulau Pari adalah objek wisata favorit untuk merasakan sensasi berjalan diatas pasir putih nan bersih serta menikmati jernihnya air laut. Dinamai karena bentuk pulau yang menyerupai ikan pari, kebersihan dan keadaan alam Pulau Pari masih sangat terjaga. Beberapa objek wisata favorit di Pulau Pari adalah Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek, dan Dermaga Bukit Matahari.

Pulau Pramuka

Daerah yang merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Kepulauan Seribu ini juga pilihan yang menarik untuk Anda kunjungi. Cocok bagi pengunjung yang lebih mengutamakan kesederhanaan dan pengalaman, Anda dapat berkemah dan memancing di pulau ini. Watersport serta aktivitas air lainnya juga tersedia disini. Salah satu aktivitas populer di Pulau Pramuka yang perlu Anda kunjungi terutama bagi pecinta alam adalah Area Konservasi Mangrove, serta ke penangkaran Penyu Sisik dan Ikan Hiu.

 

Pulau Bagi Pecinta Keheningan dan Fasilitas Mewah

Pulau Ayer/Payung

Pulau yang terkenal atas keindahannya sejak masa Presiden Soekarno ini merupakan salah satu pulau resort non-penghuni yang wajib dikunjungi. Salah satu keunikan Pulau Ayer adalah pengunjung dapat bermalam di cottage terapung ala Maldives yang didekorasi dengan gaya suku Asmat. Pulau Ayer adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang lebih memilih bersantai, menikmati angin laut, dan menyatu dengan alam.

Pulau Macanpulau macan kepulauan seribu

Kredit Foto: @pulaumacanofficial di Instagram

Pulau Macan adalah Pulau yang sempurna bagi Anda yang ingin berlibur seakan di pulau milik sendiri. Dengan akses yang terbatas bagi pengunjung yang sudah melakukan reservasi, keindahan yang dimiliki pulau ini sangatlah terjaga karena kuota yang terbatas dan tertutup untuk umum. Baik berleha-leha di pantai, snorkeling/diving, trekking, hingga berpesta barbecue didepan api unggun, semuanya bisa dilakukan disini!

Pulau Putri

Pulau ini adalah destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang menginginkan perpaduan antara kemewahan resort berbintang dan pengalaman yang berbeda. Walaupun memiliki ukuran yang cukup kecil, Anda dapat mengunjungi beberapa atraksi unik untuk menikmati keindahan pulau ini. Dengan tersedianya Glass Bottom Boat serta Undersea Tunnel Aquarium, Anda dapat menjumpai biota laut tanpa harus basah!

 

Pulau Dengan spot Foto Terbaik

Pulau Sepapulau sepa kepulauan seribu

Kredit Foto: Tour Kepulauan Seribu

Dijuluki “The Little Bali”, keindahan Pulau Sepa memang tidak terbantahkan lagi. Baik kunjungan Anda ditujukan untuk menikmati keindahan alam maupun untuk mengabadikan perjalanan Anda, spot foto yang dimiliki oleh Pulau Sepa baik diatas maupun dibawah air sangatlah tidak terbatas. Baik dalam menyambut sunrise/sunset, diving/marine walker, maupun sesimpel mendayung kano, kami jamin foto yang Anda dapatkan disini adalah tidak kurang dari indah. 

Pulau Onrust

Penuh dengan sejarah dan misteri, pulau ini dipenuhi dengan relik serta peninggalan bangsa Belanda pada masa VOC dan perang. Dengan banyaknya benteng, pelabuhan kuno, rumah sakit, dan pemakaman, memang Pulau Onrust bukanlah destinasi wisata yang umum. Namun dengan peninggalan sejarah kaya dan atmosfer yang tidak biasa, menjadikan pulau ini destinasi yang cocok bagi Anda yang suka tantangan dan mengambil foto indah dengan suasana yang tidak biasa.

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment