5 Restoran dan Kafe Favorit di Bandung Dengan Hidangan Klasik dan Suasana Jadul, Cocok Untuk Nongkrong!

By Muhammad Jodi Pratama | 30, May, 2023
5 Restoran dan Kafe Favorit di Bandung Dengan Hidangan Klasik dan Suasana Jadul, Cocok Untuk Nongkrong!

Bandung adalah kota dengan ribuan daya tarik dan pesona yang memanjakan semua pendatangnya. Dengan banyaknya atraksi wisata yang bisa kamu datangi, berkeliling Bandung hanyalah lengkap jika diiringi dengan nikmatnya wisata kuliner yang bisa kamu jelajahi. Kuatnya pengaruh tempo dulu serta budaya khas Bandung yang memikat, telah membentuk kota kembang yang saat ini kita kenal, sebuah destinasi wisata yang spesial. 

Dengan memadukan sejarah masa lalu dan kultur “hip” anak muda, kamu dapat menemukan berbagai jenis kuliner yang pastinya penuh dengan keistimewaannya masing-masing. Dengan banyaknya pengaruh kolonialisme dan budaya tradisional, kuliner yang menurut banyak orang paling spesial untuk dinikmati di Bandung tentunya adalah hidangan klasik zaman dahulu. Butuh sepotong kue atau segelas kopi? Tempat-tempat ini juga bisa menjadi pilihan kamu.

Penuh dengan makanan enak serta suasana dan atmosfer yang nyaman, berikut adalah 5 Restoran dan Kafe Favorit di Bandung Dengan Hidangan Klasik dan Suasana Jadul, Cocok Untuk Nongkrong!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Warung Kopi Purnamawarung kopi purnama

Kredit Foto: @warungkopipurnama di Instagram

Termasuk salah satu warung kopi atau kopitiam pertama di Bandung, Warung Kopi Purnama adalah salah satu tempat favorit banyak orang untuk secangkir kopi pilihan yang nikmat, dengan suasana yang nyaman dan hangat. Telah beroperasi sejak tahun 1930, Warung Kopi Purnama dikenal dengan kopi berkualitas tinggi yang diolah secara tradisional, dengan opsi makanan yang cocok untuk menemani kumpul-kumpulmu.

Baik panas maupun dingin, kamu dapat menikmati berbagai macam kopi, susu, teh, cokelat, bahkan minuman tradisional maupun berbahan dasar buah. Dijamin cocok untuk dinikmati bersama berbagai roti panggang mereka yang terkenal. Kamu juga bisa menikmati berbagai makanan ringan seperti bacang atau rujak, sampai dengan makanan berat seperti yamien dan tahu telur. Dengan banyaknya pilihan yang bisa kamu nikmati, Warung Kopi Purnama adalah tempat yang tepat untuk nongkrong setelah jalan-jalan singkat di pagi hari.

Harga: 

  • Makanan: Rp5.000 - 46.000
  • Minuman: Rp5.000 - 28.000

Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Jam Buka: Senin - Minggu, 06.30 - 22.00 WIB

 

2. Braga Permaibraga permai

Kredit Foto: @bragapermaibandung di Instagram

Terletak di sebuah bangunan heritage di daerah Braga, restoran yang dikenal dahulu dikenal dengan nama Maison Bogerijon ini merupakan salah satu restoran tertua di kota Bandung. Dibangun pada tahun 1923 di gedung de Vries, restoran ini terkenal sebagai salah satu restoran ter-elit dengan menu otentik bagi warga lokal dan turis mancanegara. Dengan berbagai jenis menu makanan yang disajikan, kamu dapat memilih berbagai jenis dari makanan khas Indonesia, Italia, Cina, Belanda, sampai dengan hidangan Eropa lainnya!

Beberapa menu wajib coba disini adalah salmon wellington, sop buntut kuah, hidangan pasta, huzansrela, serta nasi goreng salmon. Untuk Anda yang menginginkan hidangan ringan atau untuk sharing, kami rekomendasikan untuk mencoba pizza, bitter ballen, pisang goreng, dan poffertjes. Braga Permai sangatlah cocok untuk kamu yang ingin menikmati area yang strategis, dengan makanan yang berkualitas.

Harga: 

  • Makanan: Rp12.500 - 355.000
  • Minuman: Rp16.500 - 55.000

Alamat: Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Jam Buka: 

  • Senin - Kamis, 08.00 - 22.30 WIB
  • Jumat, 08.00 - 23.30 WIB
  • Sabtu - Minggu, 07.00 - 23.30 WIB

 

3. Rasa Bakery and Cafe (PT. Rasa)rasa bakery and cafe

Kredit Foto: @rasabakerycafe di Instagram

Mencari tempat untuk menikmati makanan berat, pastry, kue, es krim, dan minuman dari berbagai banyak macam pilihan favorit untuk berbagai jenis pelanggan? Rasa Bakery and Cafe adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba berbagai hal dalam satu kali duduk. Dengan banyaknya pilihan baked goods yang disediakan oleh Rasa, toko ini juga cocok bagi kamu yang mencari makanan untuk dibawa pulang maupun sebagai oleh-oleh.

Makanan legendaris yang wajib kamu coba disini sudah pasti adalah es krim serta dessert berbasis dairy lainnya. Terkenal dengan konsistensi rasanya sejak tahun 1936 membuat harganya yang relatif cukup tinggi dibanding kompetitornya, menjadi masuk akal untuk kamu beli dan nikmati bersama kawan-kawan. Menu-menu Indonesia, kue, serta pastry lainnya juga wajib kamu coba dalam kunjunganmu.

Harga: 

  • Makanan: Rp8.500 - 75.000
  • Minuman: Rp12.000 - 55.000

Alamat: Jl. Tamblong No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 21.00 WIB

 

4. Sumber Hidangan (1929)

Ingin merasakan rasa pastry yang dibuat dengan resep super autentik dan dipersiapkan dengan peralatan jadul? Coba kunjungi toko roti ini. Dengan peralatan dan resep dari era Belanda, toko ini telah berjualan sejak 1929 dan telah mempertahankan interiornya seasli mungkin. Menu andalan di Sumber Hidangan ini adalah pastry/roti, kopi, dan juga es krim.

Dikenal dulunya sebagai Het Snoephuis, menu-menu yang digunakan pada setiap item juga uniknya masih menggunakan bahasa Belanda dan mengikuti penamaan pada masa Hindia Belanda. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam karena walaupun Sumber Hidangan terletak di area Braga, harga yang ditawarkan masih relatif murah dibandingkan restoran dan kafe di sekitarnya.

Harga: 

  • Makanan: Rp25000 - 75000
  • Minuman: Rp8000 - 30000

Alamat: Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 47, Cilaki, Bandung

Jam Buka: Senin - Minggu, 11.00 - 21.30 WIB

 

5. Roemah Nenekroemah nenek

Kredit Foto: Bandung Culinary Hunter di Facebook

Walaupun tidak setua restoran dan kafe lainnya, Roemah Nenek adalah kafe yang tepat untuk kamu yang ingin merasakan atmosfer kafe jaman dulu. Menyajikan kuliner perpaduan barat dan timur (a.k.a. Hidangan Indonesia), kafe ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan berbagai pilihan makanan yang dengan suasana kuno.

Beberapa menu favorit yang wajib kamu coba saat berkunjung diantaranya adalah nasi goreng lidah, iga garang asam, taragon chicken steak, lidah jamur, dan pizza Roemah Nenek. Kurang cocok? Kamu bisa juga memesan steak, pasta, soup, aneka menu kuah, nasi, sate, dan berbagai menu special Roemah Nenek. Dengan berbagai jenis snack dan minuman untuk kamu nikmati, kafe ini juga cocok untuk kamu yang ingin nongkrong-nongkrong lucu di sore hari. 

Psst, di sebelah kanan dalam area kafe Roemah Nenek juga terdapat coffee shop kecil yang kamu wajib coba!

Harga: 

  • Makanan: Rp25000 - 75000
  • Minuman: Rp8000 - 30000

Alamat: Jl. Taman Cibeunying Selatan No. 47, Cilaki, Bandung

Jam Buka: Senin - Minggu, 11.00 - 21.30 WIB

 

Kredit Foto Cover: Pradamas Gifarry di Unsplash

 

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment