6 Tempat Terbaik Untuk Berkemah/Camping di Seluruh Dunia

By Halal Trip | 16, Aug, 2022
6 Tempat Terbaik Untuk Berkemah/Camping di Seluruh Dunia

Camping mungkin adalah salah satu kegiatan paling populer saat ini, baik untuk melarikan diri dari keramaian kota, maupun untuk dilakukan bersama teman dan keluarga. Dengan camping, Anda dapat menyaksikan keindahan alam dan menikmati keheningan dalam pelarian singkat Anda. Dengan camping, Anda juga dapat berhubungan dengan alam, menemukan jiwa petualang Anda, dan hal-hal baru dalam perjalanan tersebut.

Baik itu hiking ke gunung, sungai, pantai, atau taman nasional, Anda akan selalu dapat mencoba untuk menjelajah dan camping di beberapa tempat indah ini. Jadi, jika Anda berencana untuk mencari tempat dengan pemandangan menakjubkan serta lingkungan yang menyenangkan untuk bertualang dan melakukan camping, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Berikut adalah beberapa tempat camping terbaik dari seluruh dunia.

 

1. Gunung Cook, Selandia Baru

Camping in Mount Cook National Park, New Zealand

Image Credit: Karl Anderson on Unsplash

Dikunjungi oleh pendaki gunung di seluruh dunia, Gunung Cook merupakan puncak tertinggi dan adalah salah satu destinasi terpopuler untuk hiking di Selandia Baru. Karena tingginya, puncak dari gunung ini dikenal sebagai "Aoraki", yang berarti "penindik awan."

Dengan puncak yang dikelilingi oleh hutan dan gletser, menjadikannya sangat cocok untuk tempat camping. Di sini, Anda akan mendapatkan pemandangan dari Pegunungan Alpen Selatan, hutan hujan yang beriklim sedang, beserta beberapa gletser besar seperti Gletser Tasman di sisi utara dan Gletser Hooker di sisi selatan.

Selain menyaksikan pemandangan yang menakjubkan, Anda juga dapat menikmati dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang umumnya disediakan disekitar Gunung Cook. Baik kegiatan santai seperti menyusuri gunung berpemandu hingga mendaki ke puncak, camping di gunung ini akan cocok dan selalu ada sesuatu yang sesuai untuk dilakukan oleh semua orang.

 

2. Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat

Dikelilingi oleh Hutan Nasional Sierra di selatan dan Hutan Nasional Stanislaus di utara, Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat adalah definisi dari camping sedekat mungkin dengan alam.

Anda juga dapat ikut dalam beribu aktivitas petualangan di Taman Nasional Yosemite, seperti backpacking, bersepeda, arung jeram, panjat tebing, ski, memancing, bermain golf, berenang, hiking, snowshoeing, menunggang kuda, ice skating, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang mencari keindahan alam, tidak perlu khawatir, Anda dapat mengunjungi banyak wisata alam dalam kegiatan camping Anda. Diantara wisata alam tersebut, beberapa atraksi yang paling populer dan wajib dikunjungi meliputi Yosemite Falls, El Capitan Meadow, Tunnel View, Glacier Point, Bridalveil Fall, dan banyak situs lainnya yang akan membuat Anda terpukau.

 

3. Pulau Vancouver, Kanada

Camping in British Columbia Canada

Image Credit: Scott Goodwill on Unsplash

Pulau Vancouver mungkin bukanlah salah satu tujuan camping yang populer atau terpikirkan ketika akan camping, namun jangan salah, Pulau Vancouver merupakan salah satu tempat camping yang wajib dikunjungi atas keindahan alamnya dan jumlah wisata yang ditawarkan di Kanada.

Ketika camping di pulau ini, Anda akan disuguhkan pemandangan dan berada di antara pegunungan dan lautan pasifik di sisi lain. Di pulau ini juga Anda dapat menemukan banyak tempat perkemahan di seluruh pulau, namun, apabila Anda ingin pengalaman berbeda dan lepas, Anda juga memiliki kebebasan untuk mendirikan kemah dimanapun Anda mau.

Selain berada lebih dekat dengan alam, anda juga dapat berpartisipasi dalam beberapa kegiatan petualangan yang dapat Anda ikuti selama berkemah di Pulau Vancouver, diantaranya adalah berselancar, menonton ikan paus, hiking, scuba diving, dan ski. 

 

4. Taman Nasional Garden Route

Taman Nasional Garden Route adalah salah satu taman nasional yang wajib Anda kunjungi. Memiliki ukuran yang masif, taman nasional ini terletak membentang melintasi provinsi Cape Barat dan Timur di Afrika Selatan. Di taman nasional ini Anda dapat menjumpai beberapa hutan adat, otter trails, serta garis pantai yang luas.

Pada pengalaman berkemah Anda di Taman Nasional Garden Route, Anda dapat membenamkan diri dalam keindahan pada hutan pegunungan yang basah, dataran tinggi pesisir, Sungai Karatara, Sungai Duiwe, Sungai Touw serta perkebunan pinus dan eukaliptus.

Anda juga dapat mengambil bagian dalam aktivitas olahraga outdoor seperti hiking, birding, olahraga air, bersepeda gunung, wisata hutan, dan lainnya dalam kunjungan Anda.

 

5. Pulau Arran, Skotlandia

Camping off the coast of the Isle of Arran Scotland

Image Credit: summonedbyfells on flickr, CC BY 2.0

Dikenal sebagai "Miniatur dari Skotlandia", Pulau Arran adalah sebuah pulau yang terletak dekat dengan pesisir pantai barat Skotlandia. Pulau ini juga dikenal sebagai “surganya ahli geologi” dikarenakan topografi dan perbedaan permukaan antara dataran tinggi dan dataran rendah.

Dengan terdapatnya perbedaan permukaan tersebut, Anda sebagai pengunjung akan disuguhkan dengan banyak medan yang menarik untuk Anda jelajahi di pulau tersebut. 

Dalam kegiatan berkemah Anda, Anda dapat mengikuti banyak aktivitas yang memacu adrenalin seperti olahraga air, jalur alam, hiking, tur bersepeda, maupun aktivitas ringan seperti memberi makan kambing dan aktivitas-aktivitas lain yang cocok dilakukan untuk bersantai. Saat Anda berada di Pulau Arran, jangan lupa untuk mengunjungi banyak tempat bersejarah yang penting seperti kastil dan gua.

 

6. Taman Nasional Corcovado, Kosta Rika

Taman Nasional Corcovado merupakan taman nasional yang terletak di Semenanjung Osa di barat daya Kosta Rika dan merupakan taman nasional yang disebut "paling intens secara biologis di Bumi untuk keanekaragaman hayati".

Jadi, jika Anda mencari tempat berkemah di mana Anda dapat mengagumi keajaiban alam, tidak ada tempat yang lebih baik untuk Anda dari Taman Nasional Corcovado. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi taman laut yang berada di dalam lokasi tersebut. Beberapa spesies mamalia yang paling populer di taman ini adalah ikan duyung, lumba-lumba pemintal, lumba-lumba bergigi kasar, paus pembunuh, dan cetacea.

 

Kami berharap setelah membaca artikel ini, Anda siap untuk memulai petualangan berkemah yang tidak akan pernah Anda lupakan!

Leave a comment