11 Situs Bersejarah Islam yang Wajib Dikunjungi di Spanyol

By Arwa Munnaverali | 14, Dec, 2018
11 Situs Bersejarah Islam yang Wajib Dikunjungi di Spanyol

Spanyol telah melakukan hal-hal yang menakjubkan yang berkaitan dengan keberagaman budaya, makanan, dan masyarakatnya seiring dengan adanya begitu banyak fenomena mempesona yang ditanamkan ke dalam DNA Spanyol.

Seiring dengan atraksi lain di Spanyol, salah satu faktor utama yang menjadikan Spanyol seperti sekarang ini adalah karena kekayaan budaya Islam yang melimpah baik masa lampau maupun sekarang. Adanya istana-istana megah, masjid-masjid yang dibangunkan pada zaman lampau dan monumen-monumen yang kaya dengan dekorasi bergaya Spanyol menjadikan ia sebagai negara yang kaya akan situs warisan bersifat artistik dan arsitektonis.

Spanyol benar-benar indah untuk dijelajahi jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan sejarah Islam di sana. Berikut adalah panduan untuk liburan ke Spanyol yang ramah bagi orang Muslim. Inilah 11 Situs Bersejarah Islam yang Paling Historis untuk Dikunjungi buat perencanaan perjalanan Anda ke Spanyol:

1. Primate Cathedral of Saint Mary of Toledo

Dipengaruhi oleh gaya Gothic Perancis pada abad ke-13, Primate Cathedral Saint Mary of Toledo adalah Gereja Katolik Roma di Toledo, Spanyol.

Sebelum menjadi katedral, masjid utama kota Toledo didirikan di atas lokasi tersebut. Anda masih dapat melihat sisa menara yang dulunya digunakan oleh para muadzin untuk panggilan adzan.

Beberapa sejarawan mengatakan bahwa aula doa pada masjid tersebut terdapat kemiripan dengan desain lima ruang doa yang ada pada katedral. Taman masjid serupa dengan pembagian biara yang ada dan juga dengan kapel Saint Peter.

Pilar marmer yang melingkupi sektor luar tempat paduan suara tersebut merupakan hasil renovasi dari bangunan tua Muslim, dan gerbang lengkung menyilang dengan model zaman khalifah di triforium kapel utama serta lorong yang serupa dengan adat struktur Muslim Cordoba.

Cara Menuju Kesana

Untuk berkunjung ke Toledo dan ke tempat ini, cara terbaik adalah menggunakan kereta cepat AVE dari Madrid yang memakan waktu 30 menit sedangkan sebuah bus atau sebuah mobil mengambil 1 jam.  

Alamat: Calle Cardenal Cisneros, 1, 45002 Toledo, Spanyol
Jam Buka Museum: 10AM s/d 6.30PM (Senin-Sabtu)
                                 2PM s/d 6.30PM (Minggu & Hari yang Ditentukan)
                                  Tutup pada 1 Jan, 25 Des & Hari-hari Perayaan 
                                  (Lihat disini untuk info lebih lanjut tentang Jam Buka)
Harga Tiket Museum: €12.50 (Tur Lengkap)
                                    €10 (Museum)
                                   (Lihat disini untuk info lebih lanjut mengenai Harga Tiket)
Kontak: (+34) 925 22 22 41
Situs web: CatedralPrimada

2. Madinat al Zahra

Bertempat di pinggiran barat Córdoba, Spanyol, Madinat al Zahra juga dikenal sebagai Medina Azahara dan "kota yang bersinar". Ia berupa sebagai puing-puing sebuah kota istana Moor yang besar dan dibangun oleh Abd-ar-Rahman III.

Didirikan di atas tanah yang luas, bagian yang mencolok dari Madinat al-Zahra pastinya adalah Aula Abd al-Rahman III di mana para wisatawan masuk, setelah melewati semua jalan melalui teras yang mendominasikan sisa-sisa dari masjid tersebut.

Sebagai sebuah tempat bagi peristiwa yang langka, keindahan aula ini adalah kemewahan yang menyolok.

Orang-orang yang berkunjung akan dapat melihat beberapa tempat luar biasa seperti Edificio Basilical Superior, yang digunakan sebagai kantor bagi banyak pejabat negara serta Casa de Yafar, kediaman perdana menteri Khalifah.

Cara Menuju Kesana

Kantor pariwisata saat ini menjadwalkan sebuah bus untuk berangkat pada pukul 10.15AM atau 5PM dengan tarif €7. Perlu diingat bahwa tidak ada bus lokal yang mengarah ke Madinat, tetapi Anda dapat naik taksi ke lokasi dan kemudian meminta staf museum untuk memaggilkan taksi ketika Anda ingin kembali ke pusat kota Cordoba.

Jika Anda pergi menggunakan mobil, tersedia tempat parkir yang cukup. Lokasi pusat informasi pengunjung berada di bawah bukit dan akan ada shuttle bus regular yang akan mengantar Anda ke pintu masuk.

Menggunakan taksi dari pusat kota Cordoba akan menghabiskan biaya sekitar €14 sekali jalan. Setelah itu Anda harus menggunakan bus yang tersedia di lapangan museum untuk menuju ke reruntuhan arkeologi yang sebenarnya, dengan biaya €2.10 untuk perjalanan pulang-pergi. Mencapai Madinat itu sendiri memerlukan banyak jalan kaki, pertama dengan menuruni bukit kemudian kembali menanjak bukit, sehingga akan menjadi tantangan bagi seseorang yang mungkin memiliki masalah mobilitas.

Alamat: Carretera de Palma del Río, km. 5, 5, 140 71 Cordoue
Jam Buka: 1 Januari sampai 31 Maret
                         9AM s/d 6PM (Selasa-Sabtu)
                         9AM s/d 13PM (Minggu & Hari Libur)
                         1 April sampai 30 Juni
                         9AM s/d 9PM (Selasa-Sabtu)
                         9AM s/d 3PM (Minggu & Hari Libur)
                         1 Juli sampai 15 September
                         9AM s/d 3PM (Selasa-Sabtu)
                         9AM s/d 3PM (Minggu & Hari Libur)
                         16 September sampai 31 December
                         9AM s/d 6PM (Selasa-Sabtu)
                         9AM s/d 3PM (Minggu & Hari Libur)
Harga Tiket: Bergabung dalam grup di Cordoba
                     €26 (3jam Wisata dgn Pemandu) | €25 (1jam 30mnt Wisata Malam)
                     Bergabung dalam grup di Medina Azahara
                     €18 (2jam Wisata dgn Pemandu) | €15 (1jam 30mnt Wisata Malam)
                    (Lihat disini untuk informasi lebih lanjut)
Kontak: (+34) 699 34 11 42
Situs Web: MedinaAzahara

Restoran Halal Terdekat

Masjid Cordoba di Mezquita

Dibangun pada abad ke-16, Masjid Agung Cordoba diakui karena gaya arsitekturnya yang melambangkan pengaruh dan kekuasaan kaum Muslim di negara Barat selama bertahun-tahun.

Awalnya, Abd al-Rahman membeli setengah dari Katedral itu supaya komunitas Muslim bisa melaksanakan ibadah mereka. Dia kemudian memperoleh setengah lainnya untuk membangun masjid baru. Tidak lama setelah itu, sebuah katedral dibangunkan tepat di tengah-tengah masjidnya, maka jadilah nama 'Mezquita-Catedral'.

Setibanya di Cordoba, para wisatawan menyaksikan banyak gerbang lengkung yang berbeda dan tebal, yang dikenal sebagai gerbang lengkung tapak kuda. Mereka yang merupakan adaptasi gerbang lengkung Muslim pertama yang digunakan di Masjid Agung Umayyah di Damaskus.

Bangunan ini paling dikenal dengan aula hypostyle beratap-nya, dengan 856 kolom jasper, onyx, marmer, granit, dan porfiri. Konstruksi ini dipandang sebagai salah satu monumen paling  hebat dari arsitektur Moor.

Masjid Agung Cordoba memegang peranan penting di kalangan komunitas Islam selama tiga abad. Ia berfungsi sebagai aula untuk beribadah yang signifikan untuk megabdikan diri.

Jika Anda berencana mengunjungi masjid ini, waktu yang ideal adalah pada pagi hari karena dari jam 11 pagi hingga jam 3 sore merupakan periode yang cenderung ramai dikunjungi wisatawan dan jamaah.

Cara Menuju Kesana

Cordoba berjarak 400 km dari Madrid dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dan 45 menit melalui kereta AVE. Stasiun kereta api modern Cordoba terletak di Avenida de America, di ujung utara distrik pusat. Untuk sampai ke kota tua dan Mezquita, Anda dapat menggunakan taksi (sekitar €6) atau hanya berjalan sejauh 25 menit (berjalan di sepanjang Avenida de America dan belok kanan ke Avenida del Gran Capitan).

Alamat: Calle Cardenal Herrero, 1, 14003 Córdoba, Spanyol
Jam Buka: 8.30AM s/d 11.30AM | 3PM s/d 7PM (Senin-Sabtu)
Harga Tiket: €10 (Masjid-Katedral)
                     €2 (Menara Lonceng)
                     €18 (The Soul of Cordoba | Kunjungan Malam)
                     (Lihat disini untuk Harga yang Dipotong)
Kontak: +34 957 47 05 12
Situs web: mezquita-catedraldecordoba

Restoran Halal Terdekat

4. Alcazar

Sebuah istana kerajaan di Sevilla, Spanyol, Alcazar dibangun untuk Raja Christian Peter dari Castile pada tahun 913 oleh umat Christian Castilian di lokasi benteng perumahan Abbadid Muslim yang hancur setelah invasi Christian dari Sevilla. Bagian atas istana Alcazar masih ditinggali oleh keluarga kerajaan. Ini adalah istana kerajaan tertua yang masih digunakan di Eropa, dan terdaftar pada tahun 1987 oleh UNESCO sebagai sebuah Situs Warisan Dunia.

Keunikan dari istana ini adalah ukiran-ukiran rumitnya yang ditorehkan di dinding batunya dan kebun istana yang rimbun dengan berbagai macam pohon buah-buahan, hasil hortikultura dan pilihan bunga aromatik. Kebun buah-buahan tidak hanya menyediakan makanan untuk penduduk istana tetapi memiliki fungsi artistik sebagai pemandangan indah. Air selalu tampak dalam bentuk air mancur, saluran irigasi, kolam renang, terowongan, dan kolam.

Wisatawan yang lelah berjalan-jalan di sekitar istana diberikan pilihan untuk ikut serta dalam berbagai macam kegiatan dan acara-acara yang diselenggarakan oleh Dewan Perlindungan dan Balai Kota Kerajaan Alcazar.

Cara Menuju Kesana

Trem atau juga dikenal sebagai 'tranvia' menuju ke arah selatan dari Plaza Nueva (pusat kota) dan memiliki empat perhentian, yang mencakup keseluruhan jarak 1,4 km. Setelah berangkat dari Plaza Nueva, menuju ke Avenida de la Constitucion melewati Katedral, berhenti di Archivo de Indias (di samping Istana Alcazar), San Fernando (di mana stasiun Metro Puerta Jerez berada), Prado de San Sebastian (stasiun Metro) , dan akhirnya di stasiun kereta San Bernardo (stasiun Metro), di mana Anda dapat naik kereta Cercanias. Ini beroperasi dari pukul 6AM hingga 1.30PM.

Anda dapat membeli tiket seharga €1.20 di stasiun manapun. Pilihan yang lebih hemat biaya adalah gabungan jalur bus/trem yang dapat diisi ulangTarjeta Multiuso.

Alamat: Patio de Banderas, s / n. 41004 - Sevilla
Jam Buka: Oktober hingga Maret
                  9.30AM s/d 5PM (Senin-Minggu)
                  April hingga September
                  9.30AM s/d 7PM (Senin-Minggu)
Harga Tiket: €1 (Kunjungan Umum)
                     €5.50 (Mengunjungi Alcazar + Ruangan High Real)
                     €11.50 (Mengunjungi Alcazar + Ruangan Real High + Audioguide)
                     €14 (Wisata Teatrikal Malam)
                     (Lihat disini untuk pilihan tiket lebih lanjut)
Kontak: (+34) 954 50 23 24
Situs web: www.alcazarsevilla.org

Restoran Halal Terdekat

  • Alcázar halal restaurante

5. Castillo Arabe

Dinyatakan sebagai Monumen Nasional pada tahun 1931 dan bertempat di "Cerro de las Torres", Castillo Arab dibangun oleh orang-orang Arab yang berasal dari zaman Fenisia dan Romawi. Castillo Arabe merupakan ruangan tertutup dengan sebuah gerbang lengkung tapak kuda yang runcing.

Untuk menerima manfaat penuh dari monumen tersebut, kunjungi Jembatan Muslim kuno sebelum mendaki gunung Castillo Arabe untuk memahami keberanian dari skema pertahanan Muslim dan menikmati pemandangan yang memukau saat anda berjalan di reruntuhan benteng ini. Renungkanlah sejarah Castillo Arabe, yang berasal dari abad ke-12 dan seterusnya.

Cara Menuju Kesana

Malaga terkenal dengan Taksi Sepeda (Trixis) nya. Trixis adalah cara cepat untuk melihat Kota Malaga. Disebabkan Anda akan sepenuhnya terlindungi, taksi sepeda layak untuk manjadi pilihan perjalanan di semua cuaca serta alat transportasi ke lokasi ini yang kebetulan berada di Malaga juga. Harga ditetapkan pada €9 per orang, tetapi mereka berbeda sesuai dengan seberapa jauh Anda pergi dan perusahaan mana yang Anda pesan.

Wisatawan yang mengunjungi Castillo Arabe juga dapat sampai di sana menggunakan kereta lokal bernama Alhameda yang terletak di Explanada de la Estacion dekat museum CAC.

Malaga juga memiliki sistem metro dua jalur yang berangkat dari pusat ke barat dan barat daya kota, mulai dari Maria Zambrano.

Anda bahkan dapat memanfaatkan jaringan layanan bus lokal untuk menghubungkan anda ke area di sekitar pusat kota.

Alamat: Calle Castillo Málaga
Jam Buka: 10AM s/d 6PM (Sabtu-Minggu, Hari Festival)
Harga Tiket: Masuk Gratis
Kontak: (+34) 95 249 55 77
Situs Web: Andalucia

6. Alhambra Palace

Terletak di Andalusia, terdirinya Alhambra atau juga dikenali sebagai "mutiara yang tenggelam dalam zamrud". Alhambra adalah sebuah istana dan benteng yang dianggap sebagai salah satu tempat wisata utama di Spanyol, menggambarkan arsitektur Islam yang paling penting dan terkenal di negara ini.

Awalnya dibangun sebagai benteng kecil pada tahun 889 M pada sisa-sisa benteng Romawi dan dibangun kembali pada pertengahan abad ke-13 oleh Nasrid emir Mohammed bin Al-Ahmar dari Emirat Granada.  Alhambra ditetapkan menjadi benteng kerajaan pada tahun 1333 oleh Yusuf I, Sultan Granada. Istana ini ditetapkan sebagai benteng militer karena posisi taktisnya, karena posisinya dapat mengamati kota secara keseluruhan.

Alhambra tersebut adalah sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO dan inspirasi untuk beberapa lagu dan cerita.

Dekorasi hiasan istana ini terdiri dari prasasti Arab yang terpatri ke dalam cetakan geometris. Mosaik ubin dengan pola-pola matematis yang rumit pada prinsipnya digunakan sebagai panel untuk bagian bawah.

Terlepas dari referensi historisnya, ada bermacam-macam situs yang berbeda yang dapat dinikmati - mulai dari Alcazaba dan istana-istana, the Hall of the Boat, bangunan Baths, Patio of the Lions, hingga Comares Room dan Justice Gate.

Pro Tip: Karena wisatawan terlalu padat pada periode puncak musim panas, kami menyarankan untuk memesan wisata dan tiket sebelumnya untuk menghindari kekecewaan. Idealnya, akan lebih baik untuk berkunjung selama musim dingin untuk menghindari keramaian.

Jangan lupa untuk membawa sebotol air menghindari dehidrasi ketika perjalanan! Ingatlah bahwa anda harus menyatakan dengan jelas kepada penjual tiket mengenai waktu yang diinginkan untuk mengikuti tur anda. Ketepatan waktu adalah suatu keharusan karena keterlambatan kedatangan tidak akan ditoleransi.

Cara Menuju Kesana

Anda dapat menggunakan minibus merah Bus Alhambra C3, yang berangkat setiap 10 menit dari Plaza Nueva ke Alhambra. Pemberhentian yang perlu Anda ingat disebut 'Generalife'.

Harga satu buah tiketnya adalah €1.20 dan dapat dibeli langsung di bus itu sendiri. Jika Anda berencana untuk menambah beberapa hari untuk tinggal di Granada dan akan bepergian dengan bus tujuh kali atau lebih, akan menjadi pilihan bijak jika Anda berinvestasi pada Kartu Perjalanan yang disebut Bonobus, yang akan membuat biaya perjalanan Anda lebih ekonomis.

Dari pusat Granada, sebuah taksi akan menelan biaya sekitar €6 hingga €8. Dari stasiun bus di Granada, akan memakan biaya sekitar €10 hingga €12.

Mobil-mobil tidak diizinkan masuk ke Alhambra tetapi ada parkiran di sekitar samping monumen. Biayanya sekitar €2.50/jam

Alamat: C/ SAN ANTON, 72, Ed. Real Centre, 1º Izquierda - LOCAL 39. 18005 Granada
Jam Buka: 1 April hingga 14 Oktober
                  Kunjungan Pagi | 8.30AM s/d 8PM(Senin-Minggu)
                  Kunjungan Malam | 10PM s/d 11.30PM (Selasa-Sabtu)
                  15 Oktober hingga 31 Maret
                  Kunjungan Pagi | 8.30AM s/d 6PM (Senin-Minggu)
                  Kunjungan Malam | 8AM s/d 9.30PM (Jumat-Sabtu)
Harga Tiket Masuk: €14 (Lihat disini untuk pilihan tiket lainnya)
Kontak: (+34) 902 88 80 01 (Lokal) | +34 958 926 031 (Internasional)
Situs Web: www.alhambra.org

Restoran Halal Terdekat

  • Puerta de Syria
  • Kabab King No 1 / Kebab Granada

7. Istana Viana

Apakah Anda penggemar arsitektur dan desain interior? Istana Viana harus menjadi tempat wisata Anda selanjutnya!

Dibangun pada abad ke-15 dan rumah bagi Marquiasate of Villasica, Anda akan mendapat pengetahuan dan merasakan pengalaman seperti apa tinggal di rumah tradisional bangsawan.

Interior yang indah dan tidak seperti yang lainnya, memancarkan bagaimana kehidupan pada waktu itu, memungkinkan anda merasa seperti anda telah membawa diri kembali ke masa lalu!

Poin plus lainnya adalah tempat ini tidak selalu penuh dengan turis dibandingkan dengan situs wisata lain di sekitar Spanyol, jadi lebih mudah untuk menavigasi diri Anda dengan lebih santai.

Istana ini memiliki perpustakaan dengan lebih dari tujuh ribu volume dan koleksi permadani Flemish and Goyesque, perabotan perak Cordoba, karpet, Furnitur abad ke-17, porselen dll.

Salah satu atraksi utamanya adalah 12 halamannya yang indah, semuanya terhubung menjadi satu, dihiasi dengan berbagai macam flora.

Cara Menuju Kesana

Seiring dengan menjadi salah satu pilihan paling terjangkau, bus adalah mode transportasi yang disukai oleh kebanyakan orang di Córdoba dan ke tempat ini. Harga tiket adalah €1.30 (sekali jalan) tetapi jika Anda harus sering bepergian dengan bus, saya sarankan Anda membeli tiket Bonobús untuk menghemat uang.

Alamat: Plaza de don Gome, 2 14001 Córdoba
Jam Buka: Musim Dingin (1 September kedepan)
                  10AM s/d 7PM (Selasa-Sabtu)
                  10AM s/d 3PM (Minggu)
                  10AM s/d 7PM (12 Oktober)
                  11AM s/d 8PM (19 Oktober - 28 Oktober)
                  Musim Panas (Juli & Agustus)
                  9AM s/d 3PM (Selasa-Minggu)
Harga Tiket: €8 (Kunjungan Penuh) | €5 (Kunjungan hanya Teras)
                      Gratis (Setiap Rabu mulai 2PM sampai 5PM)
                      (Lihat disini untuk informasi lebih lanjut)
Kontak: (+34) 957 49 67 41
Situs web: Palaciodeviana

Restoran Halal Terdekat

  • Alhambra
  • Halal Moroccan Food
  • Restaurante "Bocaito Andalusí Halal"
  • Alzahra

8. Mezquita del Cristo de la Luz (Masjid Kristus Cahaya)

Menjadi masjid jama dulu di Toledo, Spanyol, Mezquita del Cristo de la Luz berdiri pada periode Moor. Konstruksi itu kemudian dikenal sebagai Mezquita Bab-al-Mardum, yang mengambil namanya dari gerbang kota Bab al-Mardum. Kembali dari masa lalu di abad ke-10, itu adalah monumen Moor standar yang masih berdiri tegak sampai hari ini.

Perhatikan terus tulisan Arab di ujung barat daya yang menampilkan sejarah bagaimana masjid berubah dari waktu ke waktu. Bangunan antik ini sangat menarik karena merupakan campuran dari beberapa budaya. Pilar-pilarnya dan gerbang lengkung tapak kudanya menggambar sembilan bagian, yang tiap bagiannya memberikan desain geometri yang rumit.

Cara Menuju Kesana

Stasiun kereta api dan bus berjarak 2 km dari Masjid tersebut. Wisatawan bahkan dapat menyewa mobil sewaan atau taksi untuk mereka yang bepergian dari Madrid ke Toledo.

Bus sebagai transportasi lebih hemat biaya daripada kereta, memakan biaya sekitar 5 Euro sekali jalan dan membutuhkan waktu satu setengah jam untuk pulang pergi antara Madrid dan Toledo. Bus berangkat setiap setengah jam dari Plaza Eliptica ke selatan Madrid.

Kereta cepat dari Madrid ke Toledo berangkat dari Atocha, yang merupakan stasiun kereta api utama di Madrid. Kereta berangkat setiap jam atau setengah jam di pagi hari dan setiap jam di waktu malam. Ia hanya memakan waktu selama maksimal tiga puluh menit.

Alamat: Calle Cristo de la Luz, 22, 45003 Toledo
Jam Buka1 Maret hingga 15 Oktober
                  10AM s/d 6.45PM (Setiap hari)
                   16 Oktober hingga 28 Februari
                  10AM s/d 5.45PM (Setiap hari)
                   *Tutup pada tanggal 1 Januari dan 25 Desember
                   *Tutup pukul 13.00 pada 24 Desember dan 31 Desember
Harga Tiket: €2.80
                     €9 (Gelang Turis)
                    (Lihat disini untuk pilihan tiket lebih lanjut)
Kontak: (+34) 925 254 191
Email: mezquitaermitacristodelaluz@gmail.com
Situs WebToledoMonumental

9. Katedral Seville - Santa Maria de la Sede Cathedral

Katedral Seville, atau lebih dikenal sebagai Katedral Santa Maria de la Sede memiliki area seluas 11.520 m²,  dan masih merupakan salah satu katedral gotik terbesar di dunia.

Itu adalah kota utama dari Kekhalifahan Umayyah dari abad ke-8 hingga abad ke-13 sampai ketika Sevilla diambil alih oleh orang-orang Kristen pada abad ke-12, dimana mereka memutuskan untuk menggunakan masjid tersebut sebagai sebuah gereja.

Para pekerja konstruksi melestarikan beberapa fitur dari masjid antik seperti taman / halaman masjid (sahn), yang merupakan tempat untuk mengambil wudhu yang dikenal hari ini sebagai Patio de los Naranjos. Ini terdiri dari sebuah air mancur dan pohon jeruk. Tidak melupakan Minaret yang paling terkenal, yang diubah menjadi menara lonceng bernama La Giralda.

Organ Katedral

Bagian dalamnya memiliki lorong terpanjang daripada katedral manapun di Spanyol. Lorong  paling dalam mempunyai ketinggian 42 meter. Di jantung katedral, fitur yang paling jelas adalah loteng paduan suara berupa kotak besar, yang mengambil bagian tengah dari lorong dan Gothic retablo (altar) yang merupakan ukiran adegan kehidupan Kristus. Altar ini adalah karya Pierre Dancart, seorang pengrajin yang menyelesaikan karya ini seorang diri.

Turis harus banyak berjalan kaki ketika ingin menjelahi katedral ini secara sepenuhnya maka Anda disarankan untuk membawa serta camilan dan air agar tetap terhidrasi (Jangan lupa mambawa sepatu! Sandal dan selop tidak diijinkan).

Cara Menuju Kesana

Anda bisa pergi ke Katedral Sevilla (Catedral de Sevilla) dengan Bus, Metro atau Kereta. Berikut adalah garis dan rute yang berhenti di halte terdekat.

Metro: L1

Kereta: C4

Bus: 21, 37, C1, C4

Alamat: Avenida de la Constitución, s/n, 41004 Sevilla, Spanyol
Jam Buka: 11AM s/d 3.30PM (Senin)
                  11AM s/d 5PM (Selasa-Sabtu)
                  2.30AM s/d 6PM (Minggu)
                  Juli & Agustus (Kecuali 17 & 25 Juli)
                  10.30AM s/d 4PM (Senin)
                  10.30AM s/d 6PM (Selasa-Sabtu)
                  2AM s/d 7PM (Minggu)
                  *Tutup pada tanggal 1, 6 Januari, dan 25 Desember
                  (Lihat disini untuk informasi lebih lanjut)
Harga Tiket: €9 (Katedral, Giralda & Salvador)
                    €15 (Atap Katedral)
                    €12 | Dengan minimal 10 orang dalam tur (Huella de lo Sagrado)
                    €4 (Hanya El Savador)
*Masuk ke Katedral & Giralda pada hari Senin gratis
(Lihat disini untuk pilihan tiket lainnya)
Kontak: (+34) 902 09 96 92
Situs Web: CatedraldeSevilla

10. Menara Calahorra

Menara Calahorra adalah gerbang di pusat bersejarah Córdoba, Spanyol. Awalnya dibangun oleh bangsa Moor dan setelah itu didirikan kembali oleh Raja Enrique II pada tahun 1369, sebuah menara tambahan ditambahkan ke gerbang untuk menyatukan dua menara lainnya yang lebih tua.

Turis dapat menyaksikan kisah terkenal tentang orang Kristen, Muslim, dan Yahudi yang hidup dalam ketenangan yang harmonis pada masa pemerintahan kala itu ketika berpetualang di menara tersebut.

Kekayaan monumental yang sekarang berdiri, dulunya digunakan sebagai batas pertahanan dari serangan musuh, yang kemudian berubah menjadi penjara dan sekolah perempuan.

Museum ini melestarikan artefak yang menampilkan mata pencaharian tiga agama yang berbeda dalam bentuk dokumen dan gambar, memungkinkan wisatawan untuk mengintip ke dalam gaya hidup pada era tersebut.

Cara Menuju Kesana

Wisatawan memiliki pilihan untuk memanfaatkan metode kereta api, melalui Stasiun Kereta Api Cordoba, atau bus melalui Estación de autobuses interurbanos de córdoba untuk tujuan perjalanan yang berada dalam radius 2 km dari objek wisata.

Alamat: Menara Calahorra, Puente Romano s / n, 14009 - Córdoba (Spanyol)
Jam Buka: Musim Dingin (1 Oktober s/d 30 April)
                  10AM s/d 6PM (Senin-Minggu)
                   Musim Panas (1 Mei s/d 30 September)
                  10AM s/d 2PM | 4.30PM s/d 8.30PM (Senin-Minggu)
Harga Tiket: €4.50
                    (Lihat disini untuk pilihan tiket lainnya)
Kontak: +34 957 293 929
Situs Web: TorreCalahorra

11. La Madraza Granada

Didirikan pada tahun 1349 oleh raja Nasrid Yusuf I, Sultan Granada, Madrasah Granada adalah sebuah masjid/sekolah di Granada, Andalusia, Spanyol. Subyek yang diajarkan adalah teologi, kedokteran hukum, astronomi, logika, matematika, geometri, dan mekanika.

Bangunan mengesankan ini layaknya karya-karya lain dari Yusuf I, Sultan Granada, dengan akses marmer putih, sisa-sisanya sekarang ditampilkan di Museum Arkeologi Granada.

Muka bangunan abad ke-18 itu dihiasi dengan prasasti puisi dan filsafat. Mihrabnya berasal dari abad ke-14.

Konstruksi bangunan tersebut, yang berada di bawah kepemilikan ke Universitas Granada, mengalami penggalian arkeologi yang besar-besaran pada tahun 2006–2007 kemudian pada pembukaan kembali ke publik pada tahun 2011.

Cara Menuju Kesana

Sebagai pengganti AVE, ada juga kereta yang lebih murah yaitu RENFE, seperti Lanzaderas ke Seville dan Malaga (sekitar €15 sampai €20) atau kereta Altaria dan Alivia menuju Granada (2 jam 30 menit) dan Madrid (2 jam 30 menit). Anda dapat merujuk ke Renfe untuk melihat jadwal, harga, dan tiket.

Jika Anda menuju ke tempat ini dari lokasi yang jauh di Spanyol, Anda dapat tiba melalui udara. Granada memiliki bandara yang terletak 12 km di sebelah barat kota. Perjalanan bus yang rutin dari Seville, Málaga, Madrid, dan Cordoba juga tersedia.

Stasiun bus berada sekitar 2 mil dari pusat kota. Dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit dengan bus (bus lokal SN1, €1,20 sekali jalan), atau 30 menit jika Anda memilih berjalan untuk sampai ke stasiun kereta.

Berkendara di Granada adalah mimpi buruk mutlak yang sebaiknya dihindari dengan segala cara. Distrik pusat sangatlah kacau, karena jalan tersebut merupakan jalan satu arah yang sempit dan terbatas untuk bus, taksi, dan skuter.

Alamat: Espacio V Centenario, Avda. Madrid, s / n, 18071 Granada - Spanyol
Jam Buka: 10.30AM s/d 1PM (Senin-Minggu)
Situs Web: lamadraza

Restoran Halal Terdekat

  • Halal Butcher: Carnicería Albaicin - Calderería Vieja 16, Albaicin
  • Churreria Desi - Acera del Darro dan Calle Palencia 20, Zaidin
  • Halal Tapas - Om Khalsoum on Calle Jardines

Beberapa panduan umum untuk diikuti:

Selama bulan Juni-Agustus, musim panas menyelimuti Spanyol, menarik banyak wisatawan ke negara itu. Sebaiknya jangan bepergian selama bulan-bulan ini karena iklim yang menyengat dan harga akomodasi dan tanggal tur yang inflasi/meningkat.

Jika Anda memilih musim panas untuk perjalanan Anda di Spanyol maka akan tiba saatnya untuk memakai pakaian katun ringan dan bersama dengan beberapa celana jins longgar dan sepasang sepatu yang nyaman karena anda akan banyak berjalan!

Waktu ideal untuk berkunjung adalah selama bulan-bulan musim semi dan musim gugur, Maret-April/Oktober-November, karena cuaca yang sejuk lebih mudah untuk dihadapi(jangan lupa mengenai jumlah turis yang lebih sedikit!).

Karena bulan-bulan musim dingin(November - Februari) adalah bulan-bulan di luar musim, banyak dari wisata dan situs menutup operasi.

Jika Anda berencana untuk berkunjung selama bulan-bulan ini, akan sangat ideal untuk memeriksa ketersediaan sebelumnya. Dalam hal pakaian, karena alasan yang jelas, jaket, jas hujan, sepatu dan banyak pakaian hangat adalah suatu keharusan, kecuali jika Anda adalah penggemar suhu dingin.

11 Masakan Lokal Spanyol Yang Harus Anda Coba

 

Living life vicariously through myself by being an experienced napper, professional binge eater, crazy cat lover, avid reader and so-called addict of social media.