Kenikmatan ala Spanyol: Resep Paella Seafood

By Halal Trip | 30, Jan, 2024
Kenikmatan ala Spanyol: Resep Paella Seafood

Tidak perlu diragukan lagi bahwa paella adalah salah satu hidangan Spanyol yang paling terkenal secara internasional. Ini adalah makanan yang harus dicoba saat bepergian ke Spanyol setidaknya sekali seumur hidup.

Paella, dengan beras sebagai bahan utamanya, berasal dari wilayah Valencia (tepatnya di mana bangsa Arab memperkenalkan beras pada masa Al-Andalus). Kita hampir bisa mengatakan bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk mencoba paella selain di Valencia, meskipun ini kadang-kadang menjadi perdebatan di antara orang Spanyol. Yang benar adalah Anda dapat menikmati paella lezat di seluruh Spanyol dan, tentu saja, juga di Andalusia.

Ada puluhan variasi paella, beberapa di antaranya menggunakan bahan yang biasanya tidak halal di Spanyol, seperti ayam (kecuali Anda pergi ke restoran Muslim). Tetapi kabar baiknya adalah bahwa versi paling populer dari paella adalah paella seafood (boga bahari), atau 'paella de marisco'. Variasi paella ini penuh dengan ikan segar, udang, cumi-cumi, kerang, dan remis, tetapi harta karun dari kenikmatan makanan ini sebenarnya adalah berasnya.

Jika Anda sudah pernah ke Andalusia atau bagian lain dari Spanyol, atau jika perjalanan ini masih ada di daftar keinginan Anda, kami hampir yakin bahwa resep paella seafood ini akan menarik minat Anda untuk mencoba membuatnya sendiri. Walaupun sederhana, terdapat beberapa poin kunci yang tidak boleh Anda lewatkan agar paella menjadi benar-benar lezat dan bukan hanya hidangan nasi lain ang biasa. Sebelum membahas bahan dan resep langkah demi langkah, catatlah tips ini:

Baca lebih lanjut mengenai 7 Hidangan Lokal Lezat yang Wajib Anda Coba di Andalusia.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Tips Dalam Memasak Paellapaella

Kredit Foto: freepik di freepik

Rahasia rasa pada beras

Kami akan mengulanginya lagi karena ini benar-benar kunci fundamental: rahasia dari paella yang enak ada pada berasnya. Tidak semua jenis beras cocok untuk membuat paella. Orang Spanyol biasanya memilih varietas yang disebut beras 'bomba' karena dapat menyerap 3x cairan dari beras jenis panjang tanpa hancur dan menjadi bubur. Varietas beras ini memiliki butiran bulat, dan meskipun aslinya dari India, telah dibudidayakan di Spanyol sejak Abad Pertengahan. Jika Anda tidak dapat menemukan beras 'bomba', gantilah dengan beras Arborio atau jenis beras bulat lainnya yang memiliki daya serap yang baik. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik dengan beras jenis panjang.

Jenis wajan juga penting

Alat masak khusus yang digunakan untuk memasak paella disebut "wajan paella", atau senama dengan nama hidangannya, hanya "paella." Istilah "paellera" kadang-kadang juga digunakan untuk merujuk pada jenis wajan yang sama. Wajan ini memiliki dasar datar dan lebar dengan pinggiran sedikit miring, memungkinkan distribusi panas yang merata dan memfasilitasi penguapan cairan. Karena Anda mungkin tidak memiliki 'wajan paella' tertentu, gunakan wajan terlebar yang Anda miliki dengan dasar datar dan sisi tidak terlalu tinggi.

Jenis seafood yang digunakan

Ada hampir sebanyak resep paella dan masing-masing dari mereka sedikit berbeda, tetapi paella seafood biasanya akan mencakup cumi-cumi atau sotong, udang atau rebon, dan kerang dan/atau remis. Anda dapat bereksperimen dengan seafood favorit Anda atau dengan apa yang Anda miliki.

Saffron, bahan ajaib kecil

Saffron memberi paella warna khasnya dan menambahkan rasa yang lembut. Jika Anda tidak dapat menemukan saffron atau itu mahal, Anda dapat menggunakan sedikit kunyit untuk memberi warna pada nasi yang identik dengan paella pada umumnya (atau cukup dengan tidak menggunakannya sama sekali).

Jangan asal mengaduk nasi!

Jangan lupakan tahap ini karena ini adalah kunci penting lainnya untuk paella yang lezat. Pada tahap awal ketika nasi ditambahkan ke panci, bahan harus diaduk untuk digoreng sedikit dan dicampur dengan bahan yang sebelumnya ditumis dalam minyak zaitun. Kemudian, bahan-bahan itu harus disebar merata di panci, dan, setelah itu, kaldu ditambahkan.

Sangat penting: setelah kaldu ditambahkan, jangan mengaduk nasi! Mengaduk bahan hanya diperbolehkan pada tahap-tahap awal ketika mematangkan dan meratakan bahan.

 

Resep Paella Seafoodpaella la fallera

Kredit Foto: La Fallera

Sekarang, mari kita masuk ke detail untuk cara memasaknya:

Bahan-bahan:

  • 2 cup beras butiran pendek (jenis beras dengan penyerapan yang baik, hindari beras jenis panjang)
  • 4 cup kaldu ikan
  • Sejumput benang saffron
  • 1/4 cup minyak zaitun
  • 1 bawang bombay, dicincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah tomat, dicincang
  • 1 sendok teh paprika manis
  • Garam, secukupnya
  • 2 buah sotong besar, dibersihkan dan dipotong menjadi cincin (tentakel tidak digunakan dalam hidangan ini)
  • 12 buah udang besar atau rebon dengan kulit jika memungkinkan untuk rasa ekstra
  • 12-16 buah remis, dibersihkan.

Instruksi:

1. Siapkan kaldu

Didihkan kaldu ikan hingga mendidih secara perlahan didalam panci. Tambahkan sejumput benang saffron dan biarkan meresap dengan api kecil.

2. Tumis bumbu dasar dengan tomat dan bahan aromatik
tumis bumbu dasar

Kredit Foto: La Fallera

Letakkan wajan di atas api sedang-tinggi dan tambahkan minyak zaitun. Tambahkan bawang yang dicincang dan tumis hingga transparan. Tambahkan bawang putih cincang dan masak selama 1-2 menit sampai harum. Tambahkan tomat cincang, paprika, dan sejumput garam. Lanjutkan memasak sampai tomat hancur dan campuran tersebut beraroma.

3. Masak sotong
masak sotong

Kredit Foto: La Fallera

Tambahkan sotong iris ke dalam wajan dan tumis selama sekitar satu menit sampai sotong berubah warna.

4. Tambahkan beras
tambahkan nasi

Kredit Foto: La Fallera

Selanjutnya, masukkan dan aduk nasi ke dalam wajan dan masak selama 1 menit. Kemudian sebarkan nasi hingga merata di seluruh permukaan wajan.

5. Tuang kaldu

Tuangkan kaldu ikan yang mendidih ke dalam wajan sekaligus. Kurangi panasnya menjadi kecil dan biarkan mendidih tanpa diaduk selama 10 menit.

6. Tambahkan udang atau rebon dan remis
tambahkan boga bahari

Kredit Foto: La Fallera

Susun dengan hati-hati udang atau rebon dalam pola melingkar di atas nasi. Masak selama 10 menit tambahan, membalikkan udang saat berubah merah muda. Sementara itu, kukus remis secara terpisah sampai cangkangnya terbuka dan letakkan di atas nasi dengan cara dekoratif. Jika nasi mulai mengering sebelum udang matang, Anda dapat menambahkan lebih banyak kaldu panas, sekitar setengah cangkir setiap kali.

7. Masak hingga matang

Ketika kaldu paella telah benar-benar menguap, Anda akan mendengar suara gemerincing ringan di bagian bawah wajan. Ini berarti nasi sudah matang. Jika tidak, sebentar naikkan api menjadi sedang. Ketika nasi telah dimasak selama 18-20 menit total, seharusnya sudah matang.

8. Tiriskan dan sajikan

Angkat paella dari api, tutup dengan handuk dapur, dan biarkan selama 3 menit. Buka dan sajikan langsung dari wajan. Anda harus memakannya pada saat itu juga, jangan tinggalkan untuk nanti hingga dingin, dan jangan memanaskannya lagi.

Hanya satu langkah terakhir: Nikmati paella seafood lezat Anda!

Dalam panduan perjalanan ‘Andalusia for Muslim Travelers’, yang diterbitkan oleh Turespaña - Badan Pariwisata Spanyol - Anda akan menemukan restoran untuk menikmati paella selama perjalanan Anda di Andalusia.

Leave a comment