7 Hidangan Lokal Lezat yang Wajib Anda Coba di Andalusia

By Halal Trip | 05, Jan, 2024
7 Hidangan Lokal Lezat yang Wajib Anda Coba di Andalusia

Sebuah perjalanan tidak akan lengkap tanpa mendalami gastronomi di tempat yang Anda kunjungi. Kota, desa, monumen, pemandangan, orang, dan gastronomi adalah bahan-bahan penting untuk perjalanan yang tak terlupakan.

Spanyol dan Andalusia adalah pusat dari berbagai daya tarik pariwisata dan gastronomi. Ini bukanlah suatu kebetulan, melainkan salah satu alasan untuk mencapai sebuah keselarasan dan keindahan. Berasal dari sejarah yang kaya di mana berbagai budaya telah meninggalkan dampak yang mendalam, tercermin tidak hanya dalam monumen, seni, dan gaya hidup, tetapi juga dalam bahan dan rasa, dan ini terutama terlihat jelas di Andalusia.

Kuliner dari wilayah paling selatan Spanyol adalah hasil dari perpaduan antara masakan Arab, budaya Mediterania tradisional dengan zaitun dan anggur, serta produk dan bumbu dari Amerika. Ini adalah sebuah repertoar kuliner, kuno dan baru, penuh dengan perpaduan warisan dari budaya yang berada di tanah Andalusia - pengasinan ikan Fenisia; kontribusi Romawi dan Arab dari minyak zaitun dan berbagai sayuran; rempah-rempah, buah, dan kacang dari Timur selama Al-Andalus, serta produk dan bahan-bahan 'baru' dari Amerika.

Minyak zaitun adalah bahan utama dan pemain kunci dalam hidangan Mediterania (dinyatakan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2010), dengan Andalusia sebagai produsen terbesar di dunia. Minyak zaitun extra virgin, yang paling berharga dan tanpa tahap olahan tambahan (yang artinya, minyak diekstraksi dari zaitun hanya menggunakan metode tekan dingin) adalah bahan pokok dalam sarapan tradisional Andalusia yang berupa roti dengan minyak zaitun tersebut. Ini juga digunakan dalam kue dan persiapan hidangan paling terkenal Andalusia karena nilai nutrisinya dan kemudahan persiapannya: gazpacho.

Berita baik: seperti gazpacho, sebagian besar hidangan Andalusia dibuat dengan bahan halal. Catatlah tujuh harta gastronomi Andalusia dan masukkan dalam daftar 'harus dilakukan' Anda untuk dinikmati pada kunjungan Anda, dan kelak, dalam kenangan perjalanan Anda.

Baca lebih lanjut mengenai 6 Tips untuk Menikmati Makanan Halal di Andalusia.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Gazpachogazpacho

Ini adalah hidangan paling populer dalam masakan Andalusia, hadir di seluruh Spanyol pada bulan-bulan musim panas. Ini adalah sup dingin yang terbuat dari berbagai sayuran, biasanya tomat, paprika merah atau hijau, ketimun, bawang putih, dan roti, biasanya yang mengeras dan direndam dalam air. Semua bahan dicampur, dengan minyak zaitun, cuka, dan air secara bertahap.

Ini adalah hidangan dingin yang disajikan dalam piring atau dalam mangkuk tanah liat, disertai dengan topping seperti roti panggang cincang atau sayuran mentah.

 

Pescaíto frito (Gorengan ikan kecil)Pescaito frito_TURISMO SEVILLA

Kredit Foto: TURISMO SEVILLA

Ikan kecil yang digoreng adalah hidangan sederhana namun lezat ini merupakan hidangan khas di seluruh penjuru Andalusia, terutama di daerah pesisir. Biasanya ditemukan sebagai tapas di bar dan restoran tepi pantai, serta di restoran. Ikan kecil tanpa tulang seperti anchovy, merah, cumi-cumi kecil, atau ikan makarel adalah jenis yang umumnya digunakan. Beberapa menambahkan moluska seperti cumi atau sotong, dipotong menjadi potongan kecil, atau direndam dalam berbagai ikan. Ikan dilapisi tipis dengan tepung dan digoreng dalam minyak zaitun panas dan berlimpah dengan sedikit garam. Disajikan segar dan sangat panas, hidangan ini sering dinikmati sebagai pembuka.

 

Berenjenas a la miel (Terong dengan madu)Berenjenas a la miel_SABOR A MÁLAGA

Kredit Foto: SABOR A MÁLAGA

Ini adalah salah satu hidangan istimewa yang diwarisi dari Al-Andalus, terutama populer dalam gastronomi Córdoba. Terong yang dipotong atau dikupas, direndam sebelumnya dalam air, dilapisi dengan lapisan tipis tepung dan digoreng dalam minyak zaitun berlimpah. Kemudian disiram dengan madu tebu - sebuah molase dari tebu, sebuah produk lain yang diperkenalkan ke Semenanjung Iberia dari Timur pada periode Al-Andalus.

 

SalmorejoSALMOREJO_FREEPIK

Kredit Foto: FREEPIK

Sebagai saudara kandung gazpacho, salmorejo adalah hidangan khas dari provinsi Córdoba dan sering disajikan sebagai pelengkap karena teksturnya yang ringan. Dibuat dengan mencampurkan remah roti dengan tomat, bawang putih, minyak zaitun, dan garam. Perbedaan utamanya dari gazpacho adalah konsistensinya yang lebih kental, lebih mirip dengan bubur atau krim. Biasanya dihias dengan potongan roti goreng berbentuk kubus atau kuning telur rebus parut. 

Tetapi berhati-hatilah: salah satu topping paling khas untuk salmorejo adalah ham cincang. Cara untuk menghindarinya cukuplah mudah - beri tahu saat memesan bahwa Anda menginginkannya "sin jamón" (tanpa ham). Ham adalah sesuatu yang kadang-kadang ditambahkan sebagai topping saat penyajian, yang berarti tidak dicampur dengan bahan makanan lainnya pada saat memasak sebelumnya.

 

AjoblancoAJOBLANCO_ FREEPIK -OLEG DOROSHENKO

Kredit Foto: FREEPIK - OLEG DOROSHENKO

Populer di seluruh Andalusia, terutama di Málaga, ajoblanco adalah sup dingin yang terbuat dari almond bubuk, roti, bawang putih, air, minyak zaitun, dan garam. Beberapa juga menambahkan cuka. Sup ini dianggap sebagai variasi gazpacho khas Andalusia dan sering disajikan dengan anggur atau melon.

 

Tortilla de Camarones (Tortilla Udang Kecil )Tortilla de camarones_FREEPIK

Kredit Foto: FREEPIK

‘Camarón’, juga dikenal sebagai ‘quisquilla’, adalah krustasea yang mirip dengan udang tetapi jauh lebih kecil, dan sangat mudah ditemukan karena jumlahnya yang melimpah di Cadiz, provinsi paling selatan Andalusia. ‘Tortilla de camarones’ adalah hidangan khas di Cádiz, tetapi dapat ditemukan di kota-kota Andalusia lainnya, terutama di tempat-tempat yang menyediakan gorengan ikan. ‘Tortilla’ kecil ini dibuat dengan adonan tepung gandum, tepung kacang arab, bawang, peterseli, air, garam, dan tentu saja, krustasea kecil yang disebut ‘camarones’. Adonan tersebut digunakan untuk membuat tortilla yang menyerupai pancake kecil di wajan, yang lalu digoreng dalam minyak zaitun berlimpah, dan dimakan segar setelah digoreng, menghasilkan camilan yang lezat dan renyah.

 

PipirranaPIPIRRANA_FREEPIK

Kredit Foto: FREEPIK

‘Pipirrana’ adalah istilah unik yang berasal dari Andalusia dan berarti campuran. Pipirrana adalah hidangan segar musim panas, terdiri dari salad yang terbuat dari tomat, bawang, dan paprika hijau yang dipotong kecil-kecil, dengan timun yang terkadang ditambahkan di beberapa wilayah. Bahan lain seperti telur rebus atau tuna sering ditambahkan untuk membuatnya lebih kompleks.

 

Tidakkah terdengar lezat? Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba tujuh hidangan sederhana dan istimewa ini untuk pengalaman 'Andalusia' yang lengkap. Anda akan menemukan informasi tentang tempat-tempat makan di mana Anda dapat menikmati hidangan ini dalam panduan ‘Andalusia for Muslim travelers’, yang diterbitkan oleh Turespaña, Dewan Pariwisata Spanyol.

 

Ditulis oleh: Noor González dalam Bahasa Inggris

Leave a comment