Hal-Hal Yang Kita Rindukan Dari Hong Kong

By Leo Galuh | 11, Jun, 2020
Hal-Hal Yang Kita Rindukan Dari Hong Kong

Artikel ini aslinya ditulis oleh Nazirah Nurfatin dalam bahasa Inggris. Kamu bisa membaca artikel versi Inggris yang ditulisnya di sini.

Hong Kong adalah kota metropolitan yang penuh antusian dengan banyak daya tarik dan bangunan-bangunan terkenal. Ada banyak tempat yang bisa kamu jelajahi dan nikmati di Hong Kong misalnya gedung bertingkat tinggi, warisan budaya, dan makanan adalah beberapa pilihan yang bisa kamu dapatkan di sini. Tapi, karena kondisi saat ini yang menyebabkan kita tidak bisa pergi ke sana, kita belum bisa menikmati keelokan yang ditawarkan kota ini. Sebagai wisatawan, terutama yang sudah pernah ke Hong Kong, ini adalah beberapa hal yang dirindukan dari kota tersebut!

i miss you GIF

via GIPHY


1. Lingkungan Perumahan yang Asyik

Image Credit: Merlin Shaw on Unsplash 

Perumahan di Hong Kong memiliki pemandangan cantik yang bisa dipakai untuk tempat berfoto. Beberapa perumahan terkenal terkenal di kalangan selebriti, social influencer, dan turis. Choi Hung Estate adalah salah satunya. Di sana terdapat bangunan yang berwarna-warni dan lokasinya menarik para wisatawan dan fotografer. Katanya, berfoto di sana membuat kita merasa berada di pusat dunia. Perumahan terkenal lainnya adalah Lok Wah Estate dan Ping Shake Estate. Tempat-tempat tersebut pasti selalu dikunjungi para turis.

Image Credit: Michael Rivera  on Unsplash

Selain itu, kita akan merindukan gedung-gedung tinggi dengan banyak toko di bawahnya yang memenuhi kota Hong Kong. Gedung Yik Cheong dengan estetikanya di mana unit perumahan terletak berdekatan satu sama lain dan ada berbagai toko di bawahnya. Gedung ini menawarkan kesempatan langka bagi para wisatawan untuk menikmati bangunan disekelilingnya. Kita pasti merindukan warna-warni kawasan tersebut yang menambah keunikan dari Hong Kong.


2. Kuliner Lokal

Image Credit: SJ Baren on Unsplash

Sewaktu lagi mikirin Hong Kong, pasti terlintas makanan khasnya yang sangat terkenal! Dim sum rumahan, tart telur, nasi bebek panggang, veal goulash (mantap!) dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan rasa yang khas dan asli dari hidangan lokal ini, Hong Kong adalah kota yang paling cocok. Pastinya kita bisa makan hidangan ini di tempat lain, tapi cita rasa yang didapat akan berbeda. Rasa dari veal goulash halal yang selesai dimasak di Restoran Ma, macam macam menu dim sum yang bisa kita pilih di Islamic Centre Canteen atau telur tart dari toko roti Chrisly yang akan meleleh oas masuk ke dalam mulut (duh kangen banget!).

Kita bakalan kangen dengan pengalaman mencari kuliner lokal di Hong Kong. Pasti kalian pernah gantri untuk beli dim sum atau tart telur yang terkenal, dengan aroma lezat yang tercium sampai ke luar toko.


3. Makanan Halal Berbintang Michelin

Image Credit: bady qb on Unsplash

Kita pasti kangen makan makanan halal dengan bintang Michelin. Sebagai kota kosmopolitan, Hong Kong punya banyak pilihan masakan dari seluruh dunia, termasuk makanan lokal sampai makanan Western. Ngomogin kualitas hidangan yang terbaik dan rasa yang enak dari makanan bersertifikat halal ini pasti bikin para wisatawan lapar dan pengen segera makan.

Image Credit: Bombay Dreams on Facebook

Bombay Dreams, sebuah restoran India yang dianugerahi Bintang Michelin menyajikan beberapa masakan terbaik yang menonjolkan cita rasa dari India Utara. Kita pasti kangen makan di restoran ini, menikmati suasana dan kebersamaan saat menyantap hidangan yang tersedia.

Image Credit: Imperial Patisserie on Facebook

Dan, buat pecinta cemilan manis, kita pasti akan rindu datang ke toko roti bersertifikat halal seperti Imperial Patisserie. Toko roti ini juga dianugerahi penghargaan Bintang Michelin menawarkan macam-macam hidangan manis seperti kue kering, kue basah, pastri yang bisa dipilih para pengunjung. Desain dari toko roti ini menggabungkan gaya modern dan tradisional agar para pelanggan dapat bernostalgia. Beli hidangan manis di toko roti ini buat hadiah untuk teman, keluarga, atau diri sendiri pasti sangat dirindukan.


4. Kereta Trem Hong Kong

Image Credit: Ruel Del Jamorol on Unsplash

Kereta trem di Hong Kong menjadi jenis transportasi paling populer di kalangan wisatawan. Hal ini disebabkan karena jalur kereta trem mennjangkau berbagai tempat wisata, sehingga memudahkan para wisatawan untuk melakukan tur keliling Hong Kong. Kereta trem juga menjadi pilihan alternatif yang terjangkau untuk berkeliling kota melihat pemandangan cantik dan bangunan ikonik di seluruh Hong Kong. Tak hanya itu, kereta ini juga mudah ditumpangi; penumpang dapat membeli Octopus Card di stasiun MTR manapun dan menggunakannya untuk membayar tarif kereta.

Image Credit: Photo by Chromatograph on Unsplash

Kereta trem memiliki sejarah yang panjang. Kereta ini adalah salah satu angkutan umum pertama di Hong Kong dan sudah bertahan sejak jaman pemerintahan Inggris.


5. Cuaca yang Sejuk

Image Credit: John O'Nolan on Unsplash

Salah satu hal yang dikangenin dari Hong Kong adalah cuacanya yang sejuk. Cuaca Hong Kong dari bulan Oktober sampai Desember dinilai paling ideal karena cerah dan sejuk. Wisatawan sangat direkomendasikan untuk berkunjung pada bulan-bulan itu.

Jika kita ingat saat dulu bisa berkunjung ke taman hiburan seperti Hong Kong Disneyland dan foto-foto di Victoria Peak didukung cuaca yang bagus, kita pasti pengen balik ke Hong Kong untuk merasakan euforia itu lagi.


6. Keramahan Warga Hong Kong

Image Credit: Big Dodzy on Unsplash

Hong Kong terkenal sebagai tempat tujuan yang ramah untuk wisatawan. Sebagian besar dari penduduknya dapat berbahasa inggris dan mereka sering menawarkan bantuan kepada wisatawan mancanegara. Ada juga penduduk setempat yang selalu menawarkan bantuan di stasiun kereta. Mereka membantu wisatawan yang kesulitan dalam bertransportasi.

Selain itu, rambu-rambu jalan juga ada dalam bahasa inggris, ini memudahkan para wisatawan untuk berkendara di jalan. Keramahan yang luar biasa dari penduduk setempat bakal bikin para wisatawan asing menikmati liburan yang aman dan nyaman tentunya akan sangat dirindukan.


7. Budaya dan Warisan Lokal
Hong Kong Museum of History | 香港歷史博物館

Image Credit: Hong Kong Museum of History

Apa kalian ga rindu belajar tentang budaya dan warisan setempat di Hong Kong? Saya merindukannya! Hong Kong menawarkan banyak bangunan ikonik dan bersejarah, serta museum yang menjelaskan tentang sejarah dan kekayaan budayanya.

Museum Sejarah Hong Kong menampilkan berbagai pameran dan artefak yang tersebar di 8 galeri. Budaya dan warisan lokal dapat dipelajari di sini karena museum ini menyoroti perkembangan Hong Kong dan menunjukkan peristiwa serta tokoh penting yang berperan dalam perkembangan kota ini.

Di sana juga terdapat warisan peninggalan budaya Cina dan Kolonial yang bisa dikunjungi untuk mengetahui lebih banyak sejarah dan budaya Hong Kong. Kita pasti akan kangen masuk ke museum satu ke museum lainnya dan warisan budaya yang terkenal di Hong Kong.

 

Itulah 7 hal tentang Hong Kong yang akan sangat kita rindukan. Walaupun sekarang ini kita tidak bisa pergi kemana-mana karena situasi yang tidak memungkinkan, semoga kamu tidak akan melupakan kenangan indah saat menghabiskan waktu di Hong Kong, ya! Mudah-mudahan, setelah situasi ini mulai membaik, kita dapat mengingat kembali kenangan indah di kota ini dan bahkan membuat memori baru dengan mengunjungi tempat lainnya.

Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.

Happy You And I GIF by Rosanna Pansino

via GIPHY

Freelance journalist. Currently aggregating economic news for analytical news service dedicated to competition law and regulatory developments around the world. Former reporter of tvOne (Indonesian television news channel) and NHK (Japan Broadcasting Corporation).