5 Kota Ramah Muslim di Amerika Serikat

By Halal Trip | 16, Sep, 2022
5 Kota Ramah Muslim di Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara yang penuh dengan hal dan budaya beragam, dan keragaman ini juga sejalan dengan agama yang dianut. Meskipun kebanyakan orang di Amerika menganut agama Kristen, keberadaan dan kehadiran agama-agama juga sangatlah kuat di AS.

Islam adalah salah satu agama yang sedang berkembang dengan pesat di Amerika, terutama di kalangan Afrika-Amerika. Saat ini terdapat sekitar setengah dari kalangan Afrika-Amerika yang sudah bermualaf dan menerima Islam sebagai iman yang dipercayainya. Membuat Amerika Serikat lebih ramah dikunjungi bagi Muslim dari seluruh dunia.

Jadi, kota apa saja yang merupakan kota ramah Muslim dan dimana Anda bisa mengenal lebih banyak tentang budaya Islam Amerika? Berikut adalah 5 kota/daerah yang ramah Muslim dengan beberapa komunitas terbesar/aktif di Amerika Serikat.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

New York dan New Jersey

new york skyline

Image Credit: Michael Discenza on Unsplash

New York dan New Jersey dapat dikatakan negara bagian dengan jumlah Muslim terbesar di Amerika Serikat. Kota New York sendiri adalah rumah bagi 275 masjid, yang merupakan konglomerasi masjid terbesar di AS. Anda dapat menemukan jejak budaya Islam di seluruh wilayah New York, yaitu Brooklyn dan Bronx.

Paterson, New Jersey, juga merupakan salah satu pusat penting bagi umat Islam. Sebagai bagian kota yang  merupakan tempat berkumpul imigran Turki dan Bangladesh, keramahan terhadap umat muslim di New Jersey tidak perlu diragukan lagi.

Masjid di New York

 

Los Angeles dan San Francisco, California

san fransisco bridge

Image Credit: Maarten van den Heuvel on Unsplash  

California, terutama pada kota Los Angeles dan San Fransisco, juga merupakan pusat besar komunitas bagi Muslim di Amerika.

Anda dapat menemukan banyak makanan halal, masjid, dan pusat Islam, dimana di daerah ini komunitas Muslim setempat umumnya berkumpul, berdiskusi, dan berbagi mengenai nilai-nilai Islam mereka.

Orang Afrika-Amerika merupakan bagian besar dari komunitas Muslim di LA, dengan banyaknya tokoh besar bagi kalangan Afrika-Amerika seperti Muhammad Ali, Mike Tyson, Dave Chapelle, dan Malcolm X yang meninggalkan pengaruh besar terhadap berkembangnya Muslim di daerah tersebut.

Masjid di Los Angeles

Masjid di San Francisco

 

Chicago, Illinois

chicago city view

Image Credit: Sawyer Bengtson on Unsplash

Menurut Washington Post, "Chicago is Ground ZERO in US Muslim Renaissance." yang berarti Chicago merupakan pusat Muslim di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena komunitas Muslim di Chicago yang merupakan salah satu kelompok agama paling aktif di Amerika Serikat. Keyakinan yang kuat terhadap kepercayaannya mendorong komunitas Muslim Chicago, terutama anggota dari IMAN (Chicago's Inner-City Muslim Action Network), untuk memperluas layanan komunitas mereka ke komunitas non-Muslim juga.

Masjid di Chicago

 

Houston dan Dallas, Texas

Texas flag USA

Image Credit: Pete Alexopoulos on Unsplash

Walaupun negara bagian Texas didominasi oleh Kristen konservatif (sekitar 87%) dan tidak terdapat banyak Muslim dibandingkan mayoritas agama di kota tersebut, kedua kota dari Houston dan Dallas salah satu wilayah terbaik di AS di mana seorang Muslim dapat berkunjung dan hidup dengan damai.

Namun saat ini, jumlah Muslim dan orang yang masuk Islam di Texas meningkat cukup signifikan sehingga Anda tidak akan merasakan kekurangan dari fasilitas yang mendukung kualitas hidup dan beragama seorang Muslim seperti masjid, restoran halal, dan madrasah di Houston maupun Dallas.

 

Philadelphia, Pennsylvania

landscape of philadelphia

Image Credit: Charl Folscher on Unsplash

Dengan banyak pendatang dari Timur Tengah, Afrika Utara, Pakistan, Bangladesh, dan India yang menetap di Sisi Timur, Islam telah melihat pertumbuhan besar di sekitar Philadelphia.

Saat ini, terdapat konsentrasi besar dari komunitas Muslim tinggal di bagian Timur Laut dan Utara dari Philadephia. Pusat kota, Philadelphia Barat, dan daerah sekitarnya juga merupakan rumah bagi banyak Muslim. Pertumbuhan ini terjadi dalam besaran yang cukup besar selama dua dekade terakhir.

Menurut beberapa statistik, Philadelphia juga dipercayai sebagai salah satu wilayah metropolitan Amerika dengan proporsi Muslim tertinggi.

 

Kesimpulan

Komunitas Muslim sangatlah tersebar di seluruh dunia, sehingga mudah bagi kita semua untuk bertemu Muslim lain dan Allah SWT pun akan membimbing mereka dimanapun mereka berada.

Selalu menyenangkan untuk dapat mengetahui dan mempelajari berbagai gaya hidup yang berbeda dari Muslim di seluruh dunia. Adapun cara terbaik untuk bisa menemukan komunitas Muslim di seluruh dunia adalah dengan melakukan sholat di masjid dan makan di restoran halal terdekat.

Masih khawatir? Untuk para wisatawan kami menyarankan Anda untuk mengunduh aplikasi HalalTrip di gawai maupun ponsel seluler untuk mempermudah perjalanan Anda. Dengan layanan yang terintegrasi penuh, Anda dapat mengetahui waktu shalat dimanapun Anda berada (bahkan dalam penerbangan), menemukan makanan dan restoran halal terdekat, melakukan pemesanan untuk hotel yang ramah muslim, merencanakan jadwal perjalananpanduan untuk kota yang ingin dituju, mengetahui arah kiblat, menemukan masjid terdekat, dan fitur-fitur lainnya!

Leave a comment