8 Mie Ayam Halal Legendaris yang Wajib Kamu Coba di Jakarta

By Halal Trip | 17, Feb, 2023
8 Mie Ayam Halal Legendaris yang Wajib Kamu Coba di Jakarta

Artikel ini merupakan terjemahan dari "8 Legendary Halal Chicken Noodles You Should Try While Traveling In Jakarta" yang ditulis dalam bahasa Inggris oleh Leo Galuh.

Jakarta, ibu kota Indonesia, memiliki beberapa jajanan pinggir jalan halal terbaik seperti sate, bakso, nasi goreng, gado-gado, dan ayam goreng. Demikian pula, ada berbagai makanan mie dengan rasa yang enak.

Ada banyak warung mie ayam di Jakarta yang dapat memuaskan perut lapar Anda terutama untuk makan siang. Bakmi adalah nama yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan mie ayam.

Nah, agar Anda dan pelancong muslim lainnya tidak kebingungan, berikut adalah 8 warung mie ayam di Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Scroll halaman ini untuk membaca rekomendasi kami!

 

Bakmi Acang

Destinasi warung mie yang pertama adalah Bakmi Acang di Jakarta Barat yang menyajikan semangkuk Bakmi Acang dengan irisan ayam kampung, irisan daun bawang, dan sayuran di atas mie keriting kenyal yang ditemani semangkuk kelezatan kaldu yang gurih.

Acang, seorang warga keturunan Tionghoa yang memiliki usaha Bakmi Acang, telah berjualan mie ayam di kawasan Grogol Jakarta Barat sejak tahun 1973. Dengan harga sekitar Rp35.000, kamu sudah bisa menikmati semangkuk mie ayam enak. Pembeli juga bisa memilih topping tambahan seperti Suikiaw dengan isian ayam dan udang, telur ayam, bakso, dan masih banyak lagi. Bakmi Acang menggunakan ayam kualitas terbaik untuk memberikan kenikmatan sajian mie ayam yang lengkap.

Acang saat ini memiliki tiga restoran, dengan tiga anaknya yang bertanggung jawab atas restoran-restoran tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas mie yang ditawarkan kepada pengunjung.

Alamat: Jalan Dr. Susilo III Nomor 14, Jakarta Barat

Nomor kontak: +621 5602343

Jam buka: 06.30 hingga 14.00 (Selasa hingga Minggu)

Harga: Rp30.000

 

Bakmi Bangka Aloiybakmi bangka aloiy

Kredit Foto: @bakmibangka777aloiy di Instagram

Mie Bangka tradisionalnya memang dibuat dengan menggunakan daging babi. Namun, banyak penjual mie Bangka di Jakarta yang beralih dari babi ke ayam.

Berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya Meruya Utara, ada warung mie terkenal yang wajib untuk Anda coba. Bakmi Bangka Aloiy telah menyediakan sarapan dan makan siang bagi penduduk setempat sejak tahun 2002.

Saat pengunjung datang ke warung Bakmi Bangka Aloiy, perhatian mereka kerap tertuju ke meja makan. Terdapat banyak lauk dan pelengkap untuk mie Anda di meja ini. Baik itu bakso, pangsit goreng, cuka, sambal, dan kecap semuanya ada di depan mata. Aloiy dan istrinya Afung tidak pernah membuat pelanggan mereka menunggu terlalu lama. Mereka berdua telah bekerja tanpa lelah demi menyiapkan semangkuk mie Bangka dengan lauk pauknya seperti tahu Bangka, bakso ikan, fukian, siomay, dan lain-lain.

Elemen penting yang membedakan warung ini dengan warung bakmi lainnya adalah penggunaan perasan jeruk hijau yang dituangkan dan dicampur setelah mie benar-benar matang.

Dua dekade lalu, Bakmi Bangka Aloiy ditawarkan dengan harga Rp3.500 per mangkok. Namun seiring berjalannya waktu, harganya kini berkisar antara Rp19.000 hingga Rp25.000 per mangkok.

Alamat: Blok H 4, Jalan Taman Aries Nomor 9, Meruya Utara, Jakarta Barat

Nomor kontak: +62 8113371777

Jam buka: 07.00 hingga 14.00 (Kamis hingga Minggu)

Harga: Rp10.000 - Rp34.000

 

Bakmi Gajah Mada bakmi gm takeaway

Kredit Foto: Bakmi GM

Bakmi Gajah Mada secara subyektif adalah mie ayam terenak bagi banyak orang sekaligus restoran mie tertua dan paling terkenal di Indonesia. Bapak Tjhai Sioe dan Ibu Loei Kwai Fong, sepasang suami istri, memulai rumah makan yang kini dikenal dengan nama Bakmi GM pada tahun 1959. Mereka membuka warung pertama di Melawai, Jakarta Selatan, pada tahun 1971.

Karena pengalaman mereka selama 67 tahun, Bakmi GM memiliki cita rasa yang sama di setiap cabang. Terdapat berbagai jenis mie yang bisa pengunjung coba, masing-masing dengan penyajian dan rasa yang unik.  Ada pilihan menu lain selain mie untuk Anda coba saat berkunjung, seperti nasi dan lauk pauk lainnya.

Beberapa menu favorit di restoran ini termasuk bakmi spesial GM bakso yang dilengkapi potongan ayam yang juicy dan bakso yang menggoda. Menjadikan menu ini pilihan yang digemari oleh semua kalangan usia dari anak-anak hingga dewasa, dengan harga mulai dari Rp30.091. 

Selain mie bakso GM, ada juga menu mie goreng seharga kurang lebih Rp 44.546 yang dilengkapi dengan berbagai topping seperti kol, telur, jamur, bok choy, tauge, bakso, dan lain-lain. Dengan porsi yang cukup besar, rasa gurih dan manis dari hidangan ini pasti akan memuaskan Anda. Bakmi GM saat ini tersedia hampir di setiap mal dan pusat perbelanjaan Jakarta.

Nomor kontak: +621 565500

Jam buka: 10.00 pagi hingga 21.00 malam (setiap hari)

Harga: Rp13.637 - Rp80.000

 

Mie Blo'on

Nama warung mie kali ini cukup lucu dan terlihat nyentrik karena diambil dari kata blo’on yang berarti bodoh. Blo'on diambil dari penuturan pendiri warung mie Blo'on yang pernah beberapa kali dirampok toko mienya, sehingga banyak pelanggan yang menyebutnya sebagai blo'on karena sering kecolongan. Selain alasan tersebut, semasa hidupnya, pendiri warung bakmi blo'on ini dulunya juga tidak pernah bersekolah, sehingga banyak pelanggannya yang menyebutnya sebagai blo'on.Warung yang berdiri sejak tahun 1969 ini terletak di pinggir jalan gereja Theresia di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Pilihan menu di warung ini hanya ada dua yaitu mie yamin dan mie ayam dengan harga Rp 18.000. Mie ayamnya memiliki rasa yang gurih, sedangkan mi yaminnya menggunakan kecap manis dengan taburan bawang goreng yang harum, menambahkan rasa gurih dan manis pada mie yamin tersebut. Potongan ayam manis, bakso, dan pangsit juga disajikan di atas kedua jenis mie tersebut sebagai topping.

Alamat: Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat

Nomor kontak: +621 3862362

Jam buka: 09.00 hingga 22.00 (setiap hari)

Harga: Rp8.000 - Rp26.000

 

Mie Ayam Gondangdiamie ayam gondangdia

Kredit Foto: @miegondangdia68 di Instagram

Warung mie ayam ini sudah ada sejak tahun 1968 dan menawarkan mie bakso pangsit yang sangat enak dengan harga Rp 45.000 per mangkok. Dengan ukuran yang cukup besar dan ditaburi dengan potongan ayam yang gurih dan manis, Anda juga akan dapat merasakan aksen kuah kaldu yang creamy yang dijamin akan memuaskan perut dan membuat hati senang.

Hidangan Cina lainnya yang disajikan di restoran mie Gondangdia untuk Anda coba diantara lain adalah Fuyunghai, Ifumie, aneka mie, dan nasi.

Alamat: Jalan RP Soeroso Nomor 36, Menteng, Jakarta Pusat

Nomor kontak: +621 31937835

Jam buka: 10.00 hingga 20.00 (setiap hari)

Harga: Rp10.000 - Rp104.000

 

Bakmi Berdikari

Bakmi Berdikari adalah salah satu bakmi paling terkenal di kalangan penggemar mie dan makanan Cina di Jakarta. Pendiri restoran ini, Samuel Widjaja, mendirikan restoran Bakmi Berdikari pertamanya di Tebet, Jakarta Selatan, pada tahun 1978. Selain lokasi di Jalan Tebet Timur Dalam, terdapat pula cabang Bakmi Berdikari lainnya yang bisa Anda kunjungi di Jalan Dewi Sartika, Kramat Jati.

Sesuai dengan namanya, menu utama restoran ini adalah mie. Restoran ini memiliki banyak pelanggan setia karena keunikan dan rasa mie yang khas. Salah satu menu unggulan Bakmi Berdikari, mie ayam lada hitam yang disajikan di atas hot plate dan dilumuri saus lada hitam yang dijamin akan menggoda selera Anda hanya dengan melihatnya. Rumah makan ini juga memiliki kurang lebih 193 alternatif menu yang sama-sama memikat pengunjung.

Alamat:

  • Jalan Tebet Timur Dalam Raya Nomor 39 dan 41, Tebet, Jakarta Selatan
  • Jalan Dewi Sartika Nomor 136A, Kramat Jati, Jakarta Timur

Nomor kontak: +621 8280246 dan +621 80882581

Jam buka: 09.30 hingga 22.00 (setiap hari)

Harga: Rp35.420 - Rp60.720

 

Bakmi Berkatbakmi berkat

Kredit Foto: @bakmieberkat22 di Instagram

Bakmi Berkat adalah restoran mie dan nasi halal populer di daerah Sunter, Jakarta Utara dan telah beroperasi selama 20 tahun. Dengan harga yang terjangkau, mie, bihun, bubur ayam, nasi hainan, cakwe, dan bakso goreng adalah beberapa pilihan yang tersedia dan wajib Anda coba di warung Bakmi Berkat.

Hidangan utama dan paling populer mereka adalah mie bakso sapi dengan harga perporsi sebesar Rp 34.000. Menu ini menggunakan mie yang lebih tebal dan berdiameter lebih besar sehingga tetap empuk dan kenyal saat dimakan, dengan topping potongan ayam rebus dan sawi. Setiap gigitan terasa nikmat karena rasa gurih dan tekstur mie yang lembut seperti sutra.

Jangan lewatkan siraman kuah bakso yang bisa membuat Anda “ngiler”. Bakso sapi yang disajikan di sini relatif polos, tanpa isian dan bertekstur lembut, namun dengan rasa daging sapi yang gurih dan kuat menjanjikan kenikmatan hingga suapan terakhir.

Selain mie, Anda juga bisa memesan Nasi Tim Ayam seharga Rp27.000 per piring dan cakwe goreng. Cakwe goreng khas Medan dapat Anda beli dengan harga Rp5.000 per buah, dengan memiliki tekstur yang renyah dan beraroma gurih untuk dinikmati dengan saus sambal khas Bakmi Berkat. Cakwe goreng ini disajikan hangat dan segar sehingga semakin memanjakan lidah pengunjung!

Alamat: Jalan Sunter Indah Raya Blok KA1 Nomor 14, Sunter, Jakarta Utara

Nomor kontak: +621 6500512

Jam buka: 06.00 pagi hingga 17.00 sore (setiap hari)

Harga: Rp5.000 - Rp56.500

 

Bakmi Boybakmi boy

Kredit Foto: @bakmiboysanta di Instagram

Kami tidak bisa melewatkan Bakmi Boy di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan sebagai bagian dari rekomendasi kami. Telah menjadi favorit sejak tahun 1963, Bakmi Boy wajib dikunjungi bagi para penggemar mie ayam. Kombinasi mienya cukup klasik, dengan pilihan bakso dan pangsit rebus atau goreng sebagai topping. Anda juga bisa memilih yamin dan bihun sebagai alternatif pengganti mie.

Ada beberapa menu mie yang bisa dipilih, dengan harga mulai dari Rp28.000 untuk pilihan polos tanpa topping hingga Rp45.000 untuk seporsi yang sudah lengkap dengan topping bakso dan pangsit goreng/rebus. Bakmi Boy juga tersedia dalam pilihan ukuran giant 1.5x. Mi ayam yang lezat ini dibuat dengan ayam cincang, saus lada hitam, bumbu putih, sawi, dan dilengkapi oleh kaldu dengan rasa yang ringan.

Alamat: Pasar Mayestik, Jalan Tebah III Nomor 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Nomor kontak: +621 7250358

Jam buka: 10.00 hingga 18.30 sore (tutup pada hari Minggu)

Harga: Rp24.000 - Rp67.000

 

Mengingat begitu beragamnya pilihan kuliner mie di Jakarta, mencoba salah satu mie ayam rekomendasi HalalTrip akan menjanjikan Anda pengalaman rasa yang tak terlupakan!

Leave a comment