5 Tempat Bersejarah di Melaka, Malaysia

By Halal Trip | 02, Nov, 2022
5 Tempat Bersejarah di Melaka, Malaysia

Dengan semakin banyaknya bentuk atraksi dan destinasi liburan, membenamkan diri Anda dalam tempat-tempat bersejarah adalah salah satu kegiatan terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini. Salah satu tempat terbaik yang kaya akan sejarah untuk Anda kunjungi adalah Melaka. Berkunjung ke beberapa tempat bersejarah terbaik di Melaka akan membawa Anda dalam sebuah perjalanan kembali ke masa lalu ke salah satu kota paling bersejarah di Malaysia. Mengunjungi Melaka beserta beberapa destinasi ini akan membantu Anda mempelajari sejarah dari bagaimana kota ini dibangun dan menjadi salah satu warisan dunia. Di sini kami akan membawa Anda melalui beberapa atraksi yang harus dilihat yang dipenuhi dengan berbagai nilai sejarah yang luar biasa. Dijamin akan membuat perjalanan Anda semakin lengkap dan penuh pengalaman yang tak tergantikan.

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

1. Masjid Tengkera

masjid tanquerah

 

Sebagai tempat bersejarah terpopuler untuk dikunjungi di Malaka, Masjid Tengkera adalah atraksi yang tidak bisa dilewatkan pada kunjungan Anda. Dibangun pada tahun 1728, masjid ini adalah salah satu masjid tertua di seluruh Malaysia. Struktur bata dari masjid bersejarah tersebut saat ini telah berusia lebih dari 200 tahun dan menampilkan fasad bergaya Sumatera. Masjid ini juga memiliki sebuah menara yang menyerupai pagoda dengan pengaruh Tiongkok. 

Struktur asli dari masjid ini terbuat dari kayu berasal dari Kalimantan yang saat itu dikuasai Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC). Masjid ini juga menampilkan beberapa kombinasi unsur-unsur budaya dalam arsitekturnya, diantaranya seperti Jawa, Melayu, Cina dan Indonesia/Nusantara. Sebagai salah satu tempat wisata Malaka yang wajib dikunjungi, masjid ini dapat Anda temukan sekitar dua kilometer pada jalan menuju Port Dickson, Melaka. Pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda selama waktu sholat!

 

2. Stadthuys

stadthuys red square

Image Credit: (WT-shared) Slleong at wts wikivoyage, CC BY 1.0, via Wikimedia Commons

Stadthuys merupakan destinasi bersejarah teratas lainnya yang wajib untuk dikunjungi di Malaka. Berasal sejak jaman kependudukan Belanda di 1650, Stadthuys merupakan nama yang berasal dari ejaan lama yang apabila diterjemahkan berarti balai kota dan berfungsi sebagai kantor gubernur pada masanya. 

Karena bangunannya yang dicat merah, Stadthuys beserta menara jam yang terletak disekitarnya sering disebut dan dikenal sebagai Red Square. Saat berada di area tersebut, Anda akan dapat mengunjungi beberapa atraksi utama di Melaka, diantaranya Museum Sejarah dan Etnografi, Air Mancur Memorial Ratu Victoria, Alun-Alun Belanda, Gereja Kristus, dan banyak bangunan indah bersejarah lainnya.

 

3. Mausoleum Hang Jebat

hang jebat mausoleum

Image Credit: ChongkianCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Di antara tempat-tempat untuk dikunjungi di Malaka, Anda juga harus mengunjungi tempat pemakaman dari Hang Jebat atau yang biasa dikenal dengan Mausoleum Hang Jebat. Mausoleum ini terkenal sebagai tempat pemakaman megah yang didedikasikan untuk Hang Jebat, seorang pejuang legendaris sekaligus sahabat dekat dari pahlawan besar Melaka, Hang Tuah. 

Ketika Anda memasuki mausoleum tersebut, Anda akan disambut dengan tulisan Jawi kuno yang terukir di pintu masuk sebagai tanda bahwa Anda sudah memasuki area pemakaman pahlawan legendaris. Aksara jawi tersebut umumnya berdiri berdampingan dengan makam bergaya Aceh yang biasanya digunakan untuk menandakan tempat pemakaman sultan atau menteri berpangkat tinggi.

 

4. Melacca Maritime Museum

melacca maritime museum

Image Credit: CEphoto, Uwe Aranas, CC BY-SA 3.0, via Wikipedia Commons

Jika Anda ingin mengunjungi atraksi yang unik, maka Melacca Maritime Museum merupakan salah satu atraksi yang harus dilihat di Melaka. Keunikan dari seluruh museum ini dapat Anda lihat bahkan sebelum memasuki perimeter museum. Museum ini dibuat sebagai replika kapal Portugis yang terkenal, Flor de la Mar, yang diyakini tenggelam dalam perjalanannya ke Portugal dalam misinya untuk membawa barang rampasan yang dijarah dari Melaka. Saat Anda mengunjungi lokasi ini, Anda akan dapat menyaksikan berbagai pajangan artefak yang dikumpulkan dari berbagai era bersejarah Malaka.

 

5. A Famosa

a famosa malacca

Image Credit: ChongkianCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

A Famosa adalah benteng Portugis di Melaka yang juga merupakan salah satu arsitektur peninggalan Eropa tertua di seluruh Asia. Dibangun pada tahun 1511, Anda dapat mampir ke lokasi ini untuk mengambil beberapa foto bagus untuk mengenang kunjungan Anda. Saat ini, situs bersejarah A Famosa terdiri oleh sisa-sisa gerbang yang bernama Porta de Santiago. A Famosa sendiri diketahui pernah menjadi pusat administrasi Portugis selama abad ke-16.

 

Cover Image Credit: Hao Pan on Unsplash

Leave a comment