Mau Mudik Lebaran? Berikut Adalah Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

By Muhammad Jodi Pratama | 14, Apr, 2023
Mau Mudik Lebaran? Berikut Adalah Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

Asik, sedikit lagi hari besar yang semua umat Muslim tunggu-tunggu akan datang lho! Menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, kami HalalTrip mendoakan kita semua agar dipenuhi oleh keberkahan Allah dalam menjalani bulan Ramadan ini, dipenuhi dengan ibadah dan kegiatan yang bermanfaat, serta diberikan kemudahan dalam menjalani hari puasa yang tersisa.

Untuk Anda yang akan pulang ke kampung halaman, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, akan lebih baik untuk menyiapkan perjalanan Anda dengan matang demi kenyamanan Anda dan keluarga. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk perjalanan mudik Anda!

Kunjungi halaman Ramadan 2023 kami untuk lebih banyak konten mengenai Ramadan dan Eid!

PledgeYourLunch 2023

 

1. Transportasimacet saat mudik

Kredit Foto: Ezequiel Garrido di Unsplash

Bagi Anda pengguna kendaraan umum, pastikan bahwa Anda sudah tiba di titik keberangkatan paling tidak satu dampai dengan dua jam sebelum keberangkatan. Hal ini dikarenakan pada saat keramaian arus mudik, faktor macet pada perjalanan menuju tempat keberangkatan bahkan jadwal keberangkatan sendiri dari kereta, bis, maupun pesawat Anda dapat berubah-ubah berdasarkan situasi pada saat itu. Lebih baik bagi Anda untuk bersiap untuk hal yang tidak terduga dan meluangkan waktu sebelum perjalanan dibandingkan tertinggal pada saat moda transportasi pilihan Anda berangkat. Perlu diingat bahwa pada musim mudik ini, reschedule maupun pembelian tiket secara dadakan hampir tidak mungkin untuk dilakukan. 

Jika Anda merupakan pejuang arus mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kendaraan Anda siap untuk menempuh jarak yang jauh dan waktu tempuh yang bahkan bisa mencapai dua sampai tiga kali lamanya dibandingkan perjalanan Anda pada umumnya. Pastikan bensin, oli, dan komponen lainnya dalam kendaraan Anda berada pada kondisi yang optimal dan cukup sehat untuk membawa Anda, keluarga, serta barang bawaan ke kampung halaman.

 

2. Perlengkapan Pendukung

Jangan sampai kendaraan Anda sudah siap, namun tiket dan uang digital yang Anda perlukan justru tertinggal di rumah. Fix langsung nangis sih. Oleh karena itu selalu periksa dua kali atas keberadaan barang-barang kecil nan penting ini sebelum keberangkatan Anda. Kami sarankan untuk mengecek kembali tanggal keberangkatan di tiket Anda dan melakukan top-up pada uang digital sebelum berangkat.

 

3. Berita Arus Mudik dan Aturan yang Berlakuberita koran dan elektronik

Kredit Foto: Matthew Guay di Unsplash

Jangan sampai semangat mudik Anda pudar karena tidak mengetahui aturan mudik yang diimplementasikan oleh pemerintah tahun ini lho! Selain yakin bahwa cuti dan aturan kantor memperbolehkan Anda untuk mudik (hehe), Anda harus mengetahui (terutama bagi pengguna kendaraan pribadi) apakah ada aturan contra flow yang berlaku atau penutupan jalan yang dilakukan di rute mudik Anda. Mengetahui kapan arus mudik yang ramai dan sepi juga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara Anda.

Bagi pengguna kendaraan umum, lebih baik untuk langsung memesan tiket pulang dari jauh hari agar Anda tidak kehabisan (lagi) saat arus balik.

 

4. Barang Bawaan

Seperti kata pepatah, “Sesuatu yang berlebih-lebihan itu tidak baik”. Karena selain terdapat kemungkinan atas barang yang Anda bawa pulang dapat mencerminkan kesombongan, kami yakin bahwa setiap kendaraan yang Anda gunakan juga memiliki kapasitas maksimal. Anda mungkin bisa mengkompromikan kenyamanan, namun keamanan Anda bisa jadi tidak, dan sebaliknya. Oleh karena itu jangan sampai Anda membawa terlalu banyak barang bawaan sehingga mempersulit kegiatan perjalanan Anda, apalagi orang lain (kami maksud Anda pengguna kendaraan umum)! 

 

5. Bekal Makanan dan Obat-obatanBekal di dalam lunchbox

Kredit Foto: S'well di Unsplash

Dengan waktu tempuh yang tidak tentu, rest area yang bisa jadi penuh, maupun restoran di stasiun atau bahkan bandara bisa jadi penuh dengan antrian (terutama pada waktu sahur dan berbuka yang omg tidak tertolong lagi ramainya), kami sarankan bagi Anda untuk membawa bekal yang cukup untuk perjalanan ini. Baik snack ringan maupun serantang makan yang lengkap untuk sekeluarga, antisipasi saja apabila Anda tidak isa membeli makanan dari vendor-vendor terutama di waktu sibuk. 

Dengan alasan yang sama ditambah dengan ruang bergerak yang terbatas serta paparan AC secara terus menerus, kami sarankan untuk menyediakan obat anti mual, masuk angin, dan obat-obat lainnya yang mungkin dapat membantu meredakan masalah kesehatan tersebut. 

 

6. Pakaian

Kami yakin Anda sangat antusias dalam mudik kali ini, namun ingatlah bahwa tujuan mudik adalah untuk pulang ke kampung halaman, bertemu dengan keluarga dan kerabat di hari besar tersebut. Oleh karena itu kami sarankan untuk berpergian dengan pakaian yang nyaman untuk kenakan. Tidak terlalu tebal dengan bahan yang membuat gatal, terlalu tipis hingga Anda harus kedinginan, maupun terlalu “nyentrik” sehingga Anda mungkin akan “ribet sendiri” dalam perjalanan panjang Anda. Ingat, bahwa Anda sedang mudik bukan berada dalam fashion show di runway bandara :). 

 

7. Tempat Ibadahmusholla di kereta

Kredit Foto: Nadiya Fitriana

Memang Anda bisa melakukan shalat sambil duduk di kursi Anda maupun men-jama dan qashar, namun akan lebih baik jika Anda mampu melakukan shalat sebaik mungkin. Cari lah tempat-tempat yang memungkinkan Anda untuk beribadah seperti masjid di rest area atau musholla di tempat-tempat umum. Saat arus mudik akan banyak juga penambahan tempat ibadah tambahan, atau bahkan tempat shalat yang banyak orang tidak ketahui.

Sebagai contoh, tahukah kamu bahwa di dalam sebuah rangkaian kereta api terdapat gerbong restoran bernama restorasi yang didalam rangkaian tersebut terdapat musholla untuk umat Muslim shalat? Lengkap dengan sandal untuk wudhu dan perlengkapannya, cobalah untuk melakukan kegiatan ibadahmu di tempat yang terbaik.

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment