Kelezatan dan Kekayaan Kuliner Nusantara: Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Indonesia

By Muhammad Jodi Pratama | 04, May, 2023
Kelezatan dan Kekayaan Kuliner Nusantara: Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan kuliner yang luar biasa dimana setiap daerah memiliki hidangan khas yang lezat dan menggugah selera. Dengan kekayaan kuliner yang sangat beragam, Anda dapat menemukan berbagai hidangan, mulai dari masakan tradisional hingga modern yang sangat menggoda lidah dengan cirinya masing-masing. Di sini, kami telah merangkum beberapa destinasi wisata kuliner terbaik di Indonesia untuk memuaskan jiwa petualangan sekaligus menikmati makanan enak dalam perjalanan Anda!

PledgeYourLunch 2023

 

1. Yogyakartagudeg yogyakarta

Kredit Foto: Riza Nugraha di Flickr

Yogyakarta adalah salah satu kota wisata paling populer di Indonesia. Selain wisata sejarahnya, kota ini juga terkenal dengan makanannya yang lezat. Yogyakarta juga terkenal dengan kuliner khasnya, yaitu gudeg. Gudeg merupakan masakan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek. 

Yogyakarta juga terkenal dengan nasi kucing yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di warung-warung pinggir jalan. Jangan takut karena Anda tidak akan menyantap seekor kucing, namun nasi dengan lauk dalam porsi kecil sehingga diasosiasikan dengan porsi makanan kucing. Akhiri sesi makan Anda dengan mencoba wedang ronde, minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Mampu memberikan kehangatan dengan sedikit rasa pedas dan manis sehingga cocok untuk musim hujan! 

Beberapa hidangan yang perlu Anda coba juga dalam perjalanan Anda diantaranya adalah bakpia, sate klathak, kopi joss/kopi arang dan bakmi jawa. Tempat terbaik untuk menikmati hidangan-hidangan ini di Yogyakarta adalah di Pasar Beringharjo dan Malioboro.

Butuh pergantian suasana? Terdapat juga banyak kafe dan restoran-restoran dengan hidangan non-tradisional dan nusantara modern di berbagai daerah Yogyakarta. Semua yang Anda butuhkan hanyalah sistem navigasi Anda dan perut kosong!

 

2. Balinasi campur bali

Kredit Foto: Eny Santiati, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Bali merupakan destinasi wisata populer di Indonesia yang terkenal dengan pantainya yang indah dan juga kuliner khasnya. Ayam betutu dan sate lilit adalah beberapa hidangan yang harus Anda coba saat berkunjung ke Bali. Ayam betutu merupakan ayam utuh yang dimasak dengan rempah-rempah khas Bali, seringkali memiliki rasa yang pedas sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan rasa yang eksotis, namun segar dimulut. Ayam betutu biasanya disajikan bersamaan sebagai nasi campur sehingga lebih lengkap dan nikmat untuk disantap.

Jika Anda butuh sesuatu yang memiliki bentuk yang lebih familiar namun dengan rasa yang baru, coba lah sate lilit! Dengan rasa yang gurih dari campuran daging, rempah ala Bali yang wangi, dan campuran bumbu yang kuat membuat rasa dari sate ini tidak seperti pada umumnya. Sate lilit juga umumnya akan dihidangkan dengan tusukan dari batang sereh sehingga meningkatkan kenikmatan dan wangi dari hidangan tersebut.

Butuh pilihan kuliner lain? Pencuci mulut? Atau oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman? Cobalah untuk membawa kembali pie susu dan pia bali. Kami sarankan untuk membawa kembali paling tidak satu varian original serta rasa lain seperti kacang atau buah-buahan untuk bisa merasakan rasa dan tekstur yang beragam.

Walaupun bukan daerah dengan mayoritas penduduk Muslim, tidak akan sulit bagi Anda untuk menikmati hidangan-hidangan yang enak selama berkunjung di Bali. Cari lah restoran halal dengan pemandangan yang indah dan kami jamin bahwa petualangan Anda di Bali akan menjadi suatu liburan yang tak terlupakan.

 

3. Medanbika ambon, medan

Kredit Foto: Midori, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Medan adalah kota terbesar di Sumatera Utara yang terkenal dengan makanannya yang lezat dan beragam. Soto medan adalah hidangan khas Medan yang terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan mie, kentang, telur, dan potongan ayam. Selain itu, Anda juga harus mencoba bika ambon (ya, berasal dari Medan dan ambon hanyalah nama), kue tradisional Medan yang terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan gula merah. 

Pecinta karbohidrat dan kuah bersantan? Medan adalah destinasi yang tepat untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut. Mi gomak dan lontong medan adalah beberapa hidangan ala Medan yang harus Anda coba. Gurih dan lekoh, kaldu yang digunakan sangatlah penuh dengan cita rasa yang kuat dan aroma yang nikmat. Dijamin akan menggugah selera makan Anda.

Kota ini juga memiliki banyak hidangan lezat yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Pulau Sumatera, namun dalam versinya sendiri. Salah satu hidangan yang bisa Anda nikmati diantaranya adalah sate padang, rendang, gulai ikan patin, dan nasi goreng. Salah satu tempat yang harus Anda kunjungi adalah Pasar Siti Maimun untuk menemukan berbagai jenis makanan tradisional ala Sumatera Utara tersebut.

 

4. Makassarcoto makassar

Kredit Foto: Irayani Queencyputri di Flickr

Makassar adalah kota terbesar di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan banyak hidangan khasnya. Dua hidangan yang wajib untuk Anda coba adalah coto makassar dan konro bakar. Coto Makassar adalah sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan disajikan dengan burasa atau ketupat dan emping. Sedangkan konro bakar adalah daging iga sapi yang dipanggang dengan bumbu khas Makassar.

Butuh camilan ringan dalam sesi istirahat berkeliling kota Anda? Anda bisa mencoba Jalangkote dengan berbagai isian dan bumbu yang menawarkan tekstur dan rasa yang menarik, lengkap dengan sambal cuka dan cabai. 

Sebagai salah satu daerah terpanas di Indonesia, pilihan yang terbaik adalah untuk menikmati hidangan yang manis dan dingin. Es pisang ijo dan es palubutung adalah pilihan yang tepat dalam melawan panasnya cuaca Makassar. Manis, segar, dan dingin, keduanya merupakan hidangan pisang yang disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah, es batu, dan terkadang topping-topping lainnya. Perbedaan keduanya adalah es pisang ijo dibalut dengan kulit dadar, serta jenis pisang yang digunakan. 

 

Destinasi mana yang menarik perhatian Anda dari ke empat pilihan kami? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar yaa!

A young and inspired boy who is on his way to be a man. Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers calm ambience. He pours his love on travelling through HalalTrip.

Leave a comment